Doa ala Katolik

Kembali dalam rangka mempelajari masalah katolik yang masih saya pikirkan, saya membaca salah satu doa yang diajarkan oleh Katolik dibawah ini.

Memang hak masing2 untuk mempercayai cara untuk berdoa dan tidak ada yang boleh melarang, tapi saya lihat memang antara protestan dan katolik itu memang dua agama yang berbeda.

Sebagai orang protestan saya berdoa pada Yesus saja.
Umat katolik rupanya percaya Maria bisa mendengar doa2 mereka, menganggap Maria sebagai penolong abadi.

quote:

Aku mendengar semua orang menjulukimu sebagai tempat pelarian dan harapan para pendosa. Jadilah, karenanya, tempat pelarianku.

Coba perhatikan kalimat dibawah ini:

Quote:
Namun, aku tahu bahwa dengan bantuanmu, aku dapat mengatasi diriku. Aku tahu pula bahwa engkau akan membantuku bila aku mempercayakan diriku kepadamu. Namun, aku takut bahwa pada saat berdosa, aku lalai untuk berseru kepadamu sehingga bisa menghadapi risiko tersesat.

Pendoa ini percaya dengan bantuan Maria dia dapat mengatasi dirinya, dengan syarat mempercayakan dirinya pada Maria.

Pendoa ini kuatir lupa berseru pada Maria.

Pendoa ini betul2 mempercayai kemampuan Maria.

Quote:
Ya Bunda Penolong Abadi, tolonglah aku selamanya untuk berseru kepada kekuatan namamu, sejak namamu merupakan pertolongan bagi yang hidup dan keselamatan bagi yang dalam sakratul maut. Bunda Maria tersuci, Bunda Maria yang termanis, terpujilah bahwa namamu sejak hari ini dan seterusnya akan merupakan bagian hidupku. Engkau yang kusayangi, janganlah menunda datangnya bantuanmu bagiku, bila aku berseru kepadamu; untuk segala godaan yang mempersulit aku, di dalam semua keperluan hidupku, aku berseru kepadamu berulang-ulang:“Bunda Maria … Bunda Maria.”

Pendoa ini percaya nama Maria mempunyai kekuatan terlihat pada kalimat pertama diatas
Perhatian kalimat jangan menunda bantuanmu bagiku.

Saya berpendapat setelah menganalisa doa ini, Ini bukan hanya minta didoakan, tapi kombinasi antara minta didoakan dan berdoa pada Maria.

Silahkan teman2 memberikan analisanya, semoga makin memperluas pengetahuan kita tentang Iman kita, apakah katolik dan protestan beda agama?
Inilah yang ingin saya tahu sedalam2nya, dimana sejauh ini saya berpendapat memang beda agama, perbedaan sangat fondamental, terserah masing2 memilih yang mana adalah hak individu, namun mempelajari sedalam mungkin adalah lebih baik sebelum menentukan pilihan.
Sekali lagi bukan berarti kita harus saling membenci, tetap perintah Tuhan untuk mengasihi, namun jangan sampai mengasihi karena menyangka sama. Nanti kalau tahu beda jadi musuh. Itu yang bahaya.

Novena Kepada Bunda Maria Penolong Abadi
St. Alfonsus Maria deLiguori.
Kembali

Gambar ini adalah gambar ajaib Santa Perawan Maria Penolong Abadi. Semua huruf yang tertera dalam gambar ini adalah huruf Yunani dan semua kata disingkatkan. Keterangan dari gambar ini adalah sebagai berikut:

1.Di sebelah kiri dan kanan mahkota Maria tertera Matertheou, yaitu Bunda Allah.
2.Malaikat di sebelah kiri adalah O Archanggelos Michael, yaitu Malaikat Agung Mikhael. Ia di gambarkan memegang tombak dan lembing serta bejana beris cuka dan empedu.
3.Malaikat di sebelah kanan adalah O Archanggelos Gabriel. yaitu Malaikat Agung Gabriel. Ia memegang salib dan paku-paku.
4.Bunda Maria sedang memangku Iesous Kristos, yaitu Yesus Kristus ketika masih kanak-kanak.

Gambar Bunda Maria ini mengandung makna dan nilai teologis yang sangat dalam. Gambar ini bukan hanya mempersatukan Maria dengan Kanak-kanak Yesus, tetapi juga dengan karya keselamatan yang dilaksanakan Yesus dalam wafat-Nya

Pada Bunda Maria, Kanak-kanak Yesus mendapatkan perlindungan, dengan menggendong dan memegang tangan-Nya; tetapi Bunda Maria tidak memandang-Nya, melainkan memandang orang (kita sendiri) yang berdoa di depan gambar ini.

Jadi gambar ini mengungkapkan 3 peristiwa:

  1. Peristiwa gembira, Maria mendapat kabar gembira dari Malaikat Gabriel
  2. Peristiwa sedih, Yesus yang menderita sengsara dan wafat di kayu salib.
  3. Peristiwa mulia, Yesus dan Maria naik ke surga dan di muliakan di surga dengan mahkota di atas kepala Bunda Maria dan Kanak-kanak Yesus.

Gambar ini di lukis oleh seorang seniman dari Eropa Timur dan umurnya sekitar 500tahun. Asal gambar ini dari Pulau Kreta kemudian dibawa ke Roma. Santa Maria dalam suatu penglihatan minta supaya gambar ini diberi tempat di suatu gereja di pusat kota. Gambar in diberinya nama BUNDA KITA PENOLONG ABADI. (Our Mother of Perpetual Help)

Pada tahun 1798, waktu peperangan di zaman Napoleon, gereja tempat pentakhtaan gambar ini musnah, tetapi gambar ini selamat dan ditemukan setelah 70 tahun tersembunyi di antara reruntuhan gereja. Paus memberi perintah supaya gambar tersebut diperlihatkan dan dihormati kembali karena dipilih oleh Santa Maria sendiri.

Pada tahun 1866, gambar tersebut secara resmi ditempatkan di Gereja Santo Afonsus di Roma dan Paus Pius IX berpesan kepada para pastor Redemptoris:“Perkenalkanlah dia ke seluruh dunia.”

Kini gambar ini telah menjadi milik seluruh dunia. Paus Paulus VI berkata:“Nama “Bunda Penolong Abadi”, yang diberikan kepada Santa Maria, adalah nama yang sesuai dengan ajaran yang dirumuskan oleh Konsili Vatikan II, karena menonjolkan dan menekankan pengasuhan Ibu, yang dilaksanakan Bunda Allah terhadap Gereja yang kini masih berjuang di dunia.”

Doanya

Ya Bunda Penolong Abadi, lihatlah di bawah kakimu, seorang pendosa yang berharap kepadamu dan berkeyakinan penuh akan dikau. Engkau yang penuh belas kasih, kasihanilah aku. Aku mendengar semua orang menjulukimu sebagai tempat pelarian dan harapan para pendosa. Jadilah, karenanya, tempat pelarianku dan harapanku. Demi rasa cinta kepada Yesus Kristus, Putramu tolonglah aku. Ulurkanlah tanganmu kepada aku, orang berdosa, yang telah mempercayakan dan membaktikan diri untuk melayanimu sampai kekal. Aku memuji dan bersyukur kepada Tuhan yang dalam rahmat-Nya telah memberi kepadaku keyakinan akan dikau, sebuah janji yang pasti demi keselamatanku yang abadi.

Benar bahwa pada masa lampau, aku sungguh menyedihkan dan lemah sekali, telah jatuh dalam dosa karena aku tidak berharap kepadamu. Namun, aku tahu bahwa dengan bantuanmu, aku dapat mengatasi diriku. Aku tahu pula bahwa engkau akan membantuku bila aku mempercayakan diriku kepadamu. Namun, aku takut bahwa pada saat berdosa, aku lalai untuk berseru kepadamu sehingga bisa menghadapi risiko tersesat.

Rahmat ini aku dambakan darimu; untuk itu aku memohon kepadamu sebanyak yang aku tahu dan sebanyak yang aku dapat; untuk semua godaan dari neraka, aku boleh selamanya berharap kepadamu dan berkata kepadamu:“O Bunda Maria, tolonglah aku; O Bunda Penolong Abadi, jangan biarkan aku kehilangan Tuhanku.”

Salam Maria … (3x)

Ya Bunda Penolong Abadi, tolonglah aku selamanya untuk berseru kepada kekuatan namamu, sejak namamu merupakan pertolongan bagi yang hidup dan keselamatan bagi yang dalam sakratul maut. Bunda Maria tersuci, Bunda Maria yang termanis, terpujilah bahwa namamu sejak hari ini dan seterusnya akan merupakan bagian hidupku. Engkau yang kusayangi, janganlah menunda datangnya bantuanmu bagiku, bila aku berseru kepadamu; untuk segala godaan yang mempersulit aku, di dalam semua keperluan hidupku, aku berseru kepadamu berulang-ulang:“Bunda Maria … Bunda Maria.”

Betapa senang, betapa manis, betapa yakin, betapa terhiburnya jiwaku pada saat mendengar namamu, pada saat aku memikirkanmu. Aku mengucap syukur kepada Tuhan, karena untuk kebaikanku Ia telah memberi kepadamu sebuah nama yang begitu manis, begitu indah dan begitu berkuasa. Namun, aku tidak pantas hanya menyebut namamu; aku akan berseru kepadamu karena aku mengasihimu. Aku ingin agar cinta kasih mengingatkan aku selalu untuk berseru kepadamu sebagai Bunda Penolong Abadi.

Salam Maria … (3x)

Ya Bunda Penolong Abadi, engkau adalah perantara setiap rahmat yang Tuhan anugrahkan kepada kami di dalam kedukaan kami. untuk inilah Ia membuatmu begitu berkuasa, begitu mampu dan begitu baik; Engkau diperbolehkan menolong kami dalam kebutuhan kami. Engkau adalah perantara dari segala sesuatu yang terburuk dan para pendosa yang ditinggalkan, jika mereka datang kepadamu. Datanglah membantuku, karena aku telah menyerahkan diriku kepadamu.

Ke dalam tanganmu aku letakan keselamatan abadiku; kepadamu aku percayakan jiwaku. Masukanlah aku di antara pelayanmu yang utama. Ambilah aku di bawah perlindunganmu, itu cukup bagiku. Jika engkau melindungiku, aku tak akan merasa takut karena dosa-dosaku, sebab engkau akan mendapatkan bagiku pengampunan, bukan roh-roh jahat, karena engkau lebih berkuasa dari semua ketakutan dari neraka; aku juga tidak akan merasa takut pada Yesus, Hakimku, karena Ia ditenteramkan oleh doa darimu. Aku takut bahwa oleh kelalaianku sendiri aku lupa menyerahkan diriku kepada engkau dan kehilangan jiwaku. Bundaku tersayang, dapatkan bagiku pengampunan atas dosa-dosaku, rasa cinta akan Yesus, ketekunan terakhir, dan rahmat agar selalu memohon pertolonganmu sepanjang segala masa, O Bunda Penolong Abadi.

Salam Maria … (3x)


Printable view

HOME | EVENTS | FAITH | PRAYERS | CONTACT | LINKS

Saya akan memperjelas pandangan saya antara minta didoakan dan berdoa kepada.

Misal saya datang pada pendeta yang masih hidup dan minta didoakan karena sakit atau ada masalah dengan pekerjaan saya. Maka saya akan berkata kurang lebih sbb:

Pak, tolong doakan saya karena sakit dan pekerjaan lagi sepi, menguatirkan.
Saya tidak akang mengatakan pada pendeta, Ya pendeta penolong abadi, lihatlah dibawah kakimu pendosa berharap penuh kepadamu

Doa diatas diawali dengan:

Ya bunda penolong abadi.

Waktu saya minta didoakan pendeta, gelar penolong abadi akan saya berikan pada Yesus. Jadi fokus minta didoakan itu pada Yesus. Namun melihat doa diatas maka saya berpendapat adanya kombinasi fokus pada Maria dan Yesus.
Kembali terserah kepercayaan masing2, namun ini sekedar perbedaan yang saya lihat antara minta didoakan dan berdoa kepada.

Kesimpulan tentang Katholik Roma dengan mainstream Protestant (Lutheran-Calvinist-Zwinglian) sebagai dua agama terpisah tidak dapat diambil melalui hal-hal tidak esensial seperti ini. Saya rasa kita harus melihat ke inti dari agama itu, yaitu iman. Apakah Yesus yang diimani Katholik Roma dan Yesus yang diimani mainstream Protestant adalah dua Yesus yang berbeda? Jika ya, baru dapat disimpulkan bahwa Katholik Roma dan mainstream Protestant adalah dua kepercayaan/agama yang berbeda.

Kalau model-model seperti ini dijadikan reason untuk menjadikan dua agama terpisah, maka dapat diambil kesimpulan juga bahwa mainstream Protestant merupakan agama yang berbeda dengan Pentakostalisme-Karismatik.

Terimakasih buat tanggapan bro. Setiap orang memang punya pandangan yang berbeda2 dan itu wajar2 saja.

Cara menafsirkan ajaran Yesus yang sangat berbeda, bagi saya sudah cukup untuk membedakan agama.
Sebagai contoh, kalimat dibawah ini terdapa dalam doa diatas.

Ulurkanlah tanganmu kepada aku, orang berdosa, yang telah mempercayakan dan membaktikan diri untuk melayanimu sampai kekal. Aku memuji dan bersyukur kepada Tuhan yang dalam rahmat-Nya telah memberi kepadaku keyakinan akan dikau, sebuah janji yang pasti demi keselamatanku yang abadi.

Membaktikan diri untuk melayani Maria sampai kekal, adalah perbedaan serius bagi protestan, Misal digereja protestan saya diberi kesempatan untuk berdoa, lalu saya berdoa atau mengajarkan dalam katekisasi digereja saya, maka saya akan langsung diberhentikan.

Gereja karismatik berpedoman pada alkitab yang sama dengan protestan. Memang ada perbedaan penafsiran tentang bahasa lidah dan sebagian orang protestan menganggap itu agama lain juga, walaupun saya pribadi masih menganggap satu agama. Karena saya juga tidak masalah dengan bahasa lidah yang juga diajarkan di alkitab.

Namun doa ala katolik diatas adalah suatu yang berdasarkan ajaran gereja yang tidak tercatat dalam alkitab.

Saya rasa disini perbedaannya.

Sekali lagi adalah hak masing2 untuk percaya berdoa dengan cara apa saja, namun fokus saya bahwa perbedaan ini serius sekali. Pilih yang mana adalah hak masing2.

Iya bro, perbedaan pendapat adalah hal yang wajar. Yang sebenarnya agak bermasalah di sini adalah cara mengungkapkannya saja. Mungkin akan lebih baik jika bro menempatkan diri di luar kedua pihak yang ingin ditunjukkan perbedaannya. Kalo dari posting bro terlihat sebagai seorang Protestant sedang menjudge Katholik Roma.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, argumentasi bro belum cukup kuat untuk menyimpulkan bahwa Katholik Roma dan mainstream Protestant sebagai dua agama terpisah.

Saya rasa kita tidak pernah dapat membatasi TUHAN sejauh Alkitab. Alkitab bukan Kebenaran, tetapi hanya sebatas kesaksian tentang Kebenaran. TUHAN sendiri yang adalah Kebenaran. Saya rasa ini garis perbedaan kita dalam memandang posisi Alkitab. Saya tidak setuju jika Kebenaran ternyata hanya sebatas Alkitab saja. Kebenaran itu terlalu luas untuk dicatat oleh manusia. Saya rasa penulis Injil Yohanes menyadari hal ini sehingga menyebutkan di akhir Injilnya bahwa seluruh dunia pun tidak akan cukup menampung buku yang mencatat setiap bagian Kebenaran secara detil (Yoh 21:25). Alkitab hanya membawa kita kepada Kebenaran, tetapi bukan Kebenaran itu.

Selama Yesus Kristus diimani sebagai TUHAN dan Juruselamat, saya akan tetap menanggap mereka sebagai satu saudara dalam Kristus.

@Dany
@Phantom

mainstream # agama

mainstream = group of commonly accepted ideas and opinions about a subject

Bro mod, maksudnya saya hanya mempersempit istilah Protestant yang dimaksud oleh bro Dany sebagai mainstream Protestant, yaitu Lutheran, Calvinist, dan Zwinglian. Seperti kita tahu, istilah Protestant adalah “loose term” yang merujuk pada kelompok Kristen yang tidak mengakui “primacy of Rome”. Berarti di dalamnya dapat dimasukkan Pentakostalisme-Karismatik, Adventisme, Jehovah Witnesses, Mormonism, dsbnya.

Saya cuma ingin memastikan bahwa yang dipertentangkan oleh bro Dany adalah antara Katholik Roma dengan Lutheran-Calvinist-Zwinglian.

@Phantom
@Chrisma.

Terimakasih buat masukannya.
Memang yang saya maksud adalah seperti yang dikatakan bro phantom, yang saya ingin soroti adalah adanya perbedaan antara Katolik dan protestan seperti reform, karismatik, pantekosta.

Tulisan bro Phantom tentang kebenaran tidak dibatasi oleh alkitab saja, artinya doctrin katolik diambil dari tradisi juga. itu juga menunjukan perbedaan yang serius antara protestan dan katolik.

Terlepas dari mana yang benar kan saya membatasi membicarakan adanya perbedaan yang serius antara protestan dan katolik.

Karena perbedaan ini akan menghasilkan doctrine yang berbeda.

Cara doa juga yang saya tulis diatas kan saya tidak menghakimi apa2 hanya menunjukan ini sangat berbeda dengan ajaran protestan. Dan saya sudah katakan masing2 boleh menentukan pilih yang mana. Tentu saya memilih cara protestan, dan bro phantom pilih katolik. Itu hak masing2.

Saya lihat juga pandangan bro Phantom berbeda dengan saya, dan saya tidak tahu kalau bro phantom ini mewakili pandangan katolik. Setahu saya katolik mengatakan hanya gereja yang dibawah pimpinan penerus Petrus saja gereja yang benar.

Masalah ini sama sekali hak katolik, sekali lagi ini kan juga menunjukan adanya perbedaan yang sangat fundamental yang diakui doctrine katolik secara resmi. Dalam diskusi saya dengan bro Mav, beberapa kali bro Mav menyatakan hal ini.

Perbedaan konsep doa sangat jelas.
Protestan tidak percaya Maria bisa dengar doa kita.

Katolik percaya

Dalam doa penyerahan pada Bunda Maria, Katolik mengakui Maria sebagai Ratu surga. Protestan tidak

Ini kan semua perbedaan serius sekali karena memang beda agama.

Jadi yang saya tulis tentang doa ala katolik ini sebenarnya hanya satu aspek saja tentang seriusnya perbedaan diantara kita.

Doctrine hanya ada satu gereja yaitu dibawah penerus Petrus adalah menguatkan pandangan saya kan?

Diakui terang2an dan tetap damai lebih baik daripada ditutup2i dan akhirnya kalau tahu malah bertengkar. Kan setiap orang berhak menentukan pilihannya masing2.

Saya bukan Katholik bro Dany…

Kebetulan saya concern dengan “unity in diversity” dalam Kekristenan. Oleh sebab itu, saya memilih untuk bersikap berlawanan dengan ekstrimis baik dari Katholik Roma maupun dari mainstream Protestant. Ekstrimis dari Katholik Roma ada yang mengatakan bahwa Protestant adalah heretik, begitu pula ekstrimis dari Protestant ada yang mengatakan bahwa Katholik Roma adalah “Antikristus”.

Apa yang saya tulis, seperti tentang Alkitab, adalah hasil perenungan yang saya dapat sendiri. Itu bukan doktrin yang diambil dari mana pun.

Tujuan saya cuma supaya setiap orang yang percaya kepada Yesus sebagai TUHAN dan juruselamat tetap berada pada satu meja yang sama, meskipun banyak perbedaan.

Iya, setiap orang dapat memilih untuk mempercayai yang mana. Pertanyaan saya sederhana: “Yesus dalam Katholik Roma berbeda dengan Yesus dalam Lutheran-Calvinist-Zwinglian?”

Pertanyaan bro sulit untuk dijawab.

Ajaran Katolik katanya murni ajaran Yesus.

Ajaran Protestan juga murni ajaran Yesus.
Kenapa ajaran protestan dan katolik lain? Apa Yesus yang dimaksud katolik lain dengan Yesus yang dimaksud protestan.

Oh Ya ajaran bahwa diluar gereja yang didirikan Petrus adalah sesat itu kayaknya resmi ajaran katolik, dan bagi saya itu sih sah2 saja. Namun sebagian orang katolik tidak menyetujui ajaran resminya sendiri, mungkin karena tidak terlalu paham, sama dengan semua agama tidak semua anggautanya paham ajaran aslinya.

Dan berdasarkan ajaran resmi ini kan sebenarnya memang dari pihak katolik dengan secara tidak langsung mengatakan protestan dan katolik beda agama.

Sebaliknya Protestan tidak mengakui doa yang saya tulis sebagai ajaran Yesus. Kan ini berarti juga protestan mengatakan katolik melakukan yang bukan ajaran Yesus, yang berarti beda agama.

Tentu ada orang protestan yang tidak setuju paham resminya seperti juga orang katolik tidak setuju paham resminya. Ini sah2 saja dan hak individu. Namun penilaian saya berdasarkan ajaran resminya, Katolik dan Protestan itu dua agama berbeda.

Masalah duduk satu meja boleh2 saja dan bunuh2an bukan hal yang baik. Rukun tapi tahu memang beda kan lebih kelihatan jujur.

Tentu ada perbedaan antara Katholik Roma dengan Lutheran, Calvinist, dan Zwinglian. Juga ada perbedaan antara Lutheran, Calvinist, dan Zwinglian sendiri. Tetapi, apakah tidak ada persamaan fundamental juga di antara semuanya? Saya bilang Anda kurang fair karena tidak mempertimbangkan persamaan fundamental tersebut.

Ntah kenapa Anda selalu mengasosiasikan bahwa klaim “siapa yang paling benar” dengan pembunuhan. Apakah dengan membuat garis batas “agama”, permasalahan klaim siapa yang paling benar tersebut bisa diatasi? Bukankah pertikaian antar agama juga terjadi? Atau mungkin Anda ingin ada legalitas ketika yang dibunuh bukan saudara sendiri?

Tentang ajaran resmi. Kalo dari pihak Katholik Roma, coba kita ajak bro Maverick untuk memberikan tulisan langsung dari dokumen ensiklik tentang pandangan Katholik Roma terhadap Protestant. Kalo dari pihak Protestant, bro Dany sendiri mewakili gereja mana? Apakah PGI? Atau hanya salah satu gereja? Tolong disebutkan secara jelas dokumen dari gereja itu yang mewakili pandangannya tentang Katholik Roma.

Iman itu bukan milik gereja sebagai birokrat. Iman itu hubungan pribadi antara individu dengan TUHAN. Apa yang disebut “ajaran resmi” tetap dapat dipertanyakan dan diperdebatkan…

Semua memang sah dan hak individu untuk percaya yang mana. Tetapi, yang bro Dany lakukan di sini adalah melakukan persuasi terhadap orang lain untuk mengikuti kesimpulan bro Dany sendiri, yaitu bahwa Katholik dan Protestant adalah dua agama yang berbeda. Esensi dari thread ini bukan tentang doa, tetapi lebih kepada upaya persuasif. Upaya seperti ini wajar juga jika mendapat pertentangan dari pihak yang tidak setuju (seperti saya).

Jika bro Dany menyajikan tentang doa ini secara ekspositoris dan meninggalkan kesimpulan kepada para pembacanya, saya rasa itu lebih baik.

Saya orang protestan kecil saja dan sekarang anggauta biasa di First Babtis church, dulu pernah di reform, mennonite dll karena saya pindah2 dari kota ke kota dan pilih gereja yang dekat dan bisa saya ikuti. jadi saya tidak mewakili protestan. Namun pandangan saya ajaran resmi protestan dan ajaran resmi katolik itu beda sekali adalah hasil pengamatan saya dalam berbagai bacaan yang saya lakukan, walaupun untuk menyajikan tulisan resminya perlu merangkai dan butuh waktu yang cukup, saya harapkan teman2 lain yang tahu memberi uluran tangan untuk bisa memberikan dokumen2 resmi perbedaan2 ini.

Dari kebaktian2 digereja yang saya ikuti saya belum pernah diajar doa semacam diatas dan dari kotbah2 yang saya ikuti itu bukan ajaran protestan. Untuk memperdalam masalah inilah saya ajukan diskusi ini dan bahwa ada yang tidak setuju seperti bro juga suatu yang saya harapkan supaya saya lebih memperdalam masalah ini. Kalau semua setuju, lalu tidak ada proses pendalaman.

Sementara saya mencari, dokomen/ajaran2 resmi dari protestan pada umumnya tentang doa diatas, kalau ada teman2 yang sudah ada ditangan tolong ditayangkan.

Memang judul yang saya buat doa ala katolik, namun tujuan saya adalah menjadikan doa ini sebagai salah satu bukti perbedaan antara katolik dan protestan itu serius sekali. Tentu ada bukti2 lain namun kan satu persatu dibahas tidak bisa sekaligus dibahas semua kalau mau tahu lebih dalam.

Disemua gereja protestan yang pernah saya datangi, setahu saya masalah doa hanya pada Yesus saja. Masalah ini sering disinggung di kotbah2 walaupun tidak tiap minggu. Jadi ini masalah serius sekali dikalangan protestan.

Sebaliknya saya rasa di katolik juga masalah serius. Coba katolik disuruh mengubah doctrinnya untuk melarang umatnya berdoa dengan bantuan Maria, kan pasti tidak mau, Kenapa karena ini masalah serius bagi ajarannyakan?

Kalau sekedar disuruh merubah jam kebaktian, atau piano diganti organ, itu kan pasti tidak dipermasalahkan terlalu serius. Tapi ini salah prinsip yang menurut saya jadi patokan kenapa katolik dan protestan itu beda agama.

Ini bagi saya lho, namun kelihatannya bagi Bro ini bukan prinsip. Artinya bro kalau disuruh doa seperti itu juga mungkin tidak menolak. Tentu ini hak individu masing2 dan saya hormati saja. Namun saya menolak.

Iya, saya juga berharap ada kontribusi juga dari teman-teman di sini untuk menyediakan bahan-bahan dari sumbernya langsung. Nanti saya juga kalau sempat akan memasukkan tulisan-tulisan dari berbagai sumber.

Bro Dany, selama saya posting, saya belum pernah menunjukkan pendapat bahwa saya setuju atau tidak dengan doa yang demikian. Concern saya bukan di situ, tetapi di kesimpulan bro Dany sendiri yang mengatakan bahwa Katholik dan Protestant sebagai dua agama yang berbeda.

Sekarang, pertanyaan saya terhadap bro Dany jadi bertambah satu lagi selain yang sebelumnya:

  1. Apakah Yesus yang diimani Katholik berbeda dengan Yesus yang diimani Protestant?
  2. Apakah bro Dany menganggap saya berbeda agama karena saya memiliki pandangan fundamental yang berbeda dengan bro Dany?

ckckck… dany dany.

Payah sekali anda, hunting artikel antikatolik sebanyak itu.

untuk membuktikan Katolik tidak alkitabiah.

Padahal doktrin ALKITAB saja, itu saja sudah Sesat. Cek ayatnya, berikan pada saya dimana sesuatu harus based on BIBLE.

sekarang anda tahu tidak Doa kepada Maria itu isinya seperti apa?
Anda tidak tahu kan bentuk penghormatan Kami pada Maria?

Sok tahunya kok melebihi yang katolik… ckckck…

Waktu saya minta didoakan pendeta, gelar penolong abadi akan saya berikan pada Yesus. Jadi fokus minta didoakan itu pada Yesus. Namun melihat doa diatas maka saya berpendapat adanya kombinasi fokus pada Maria dan Yesus. Kembali terserah kepercayaan masing2, [b]namun ini sekedar perbedaan yang saya lihat antara minta didoakan dan berdoa kepada.[/b]
tell me then.
Gereja karismatik berpedoman pada Alkitab yang sama dengan protestan. Memang ada perbedaan penafsiran tentang bahasa lidah dan sebagian orang protestan menganggap itu agama lain juga, walaupun saya pribadi masih menganggap satu agama. Karena saya juga tidak masalah dengan bahasa lidah yang juga diajarkan di Alkitab.

Namun doa ala katolik diatas adalah suatu yang berdasarkan ajaran gereja yang tidak tercatat dalam Alkitab.


Show me.

Iya, setiap orang dapat memilih untuk mempercayai yang mana. Pertanyaan saya sederhana: "Yesus dalam Katholik Roma berbeda dengan Yesus dalam Lutheran-Calvinist-Zwinglian?"
Ya berbeda.

Bagi Katolik, Gereja adalah SATU dengan Yesus.

Bagi Protestan, gereja adalah sama dengan jemaat. jadi dimana ada umat kristen, disitu bisa membuat sebuah gereja.

Mas dany, penjelasan Matius 16:18 yang diterima oleh SELURUH bapa gereja dan banyak Scholar Protestan saja anda tidak paham. Atau mungkin anda sudah tercuci otak oleh doktrin2 anti katolik kali yah.

Ajaran katolik adalah ajaran yang asli, sebuah ajaran Gereja Purba. kalau anda maksa dengan cara pandang anda yang monggo, silahkan. anda yang menyimpang, bukan saya.

PENDAPAT dari saya.

seorang Katolik, jarang ada yang berkata Protestan adalah sesat.

tapi seorang Protestan MEMANG tidak berkata Katolik sesat, tapi TIDAK ALKITABIAH.

nah padahal pandangan SOLA SCRIPTURA saja sudah tidak ada di Alkitab.

aneh memang. Disaat diskusi saya dipaksa menggunakan referensi Alkitab saja. Eh tapi padahal ajaran itu saja udah gak Alkitabiah, na saya musti gimana?

Tar pokoknya gw jelasin abis gw libur. Titik.

@mod

kalo kasar edit aja, jangan delete. Males ketik panjang2.

Namaste,

Dominus Vobiscum.

Ini saya sedang bertanya tentang Yesus, bro Maverick, bukan tentang definisi Gereja.

  1. Yang ini pertanyaan sangat komplek seperti yang sudah saya katakan diatas.

Seperti Bro mav katakan katolik itu murni ajaran Yesus lihat diskusi saya sebelumnya dengan bro Mav.

Protestan juga mengatakan ajaran Yesus Murni.

Kok ajarannya lain. Kan ini lalu saya juga mempertanyakan apa Yesus yang disembah Katolik sama dengan Yesus yang disembah Protestan?

  1. Kalau agama dianggap sebagai suatu sistim kepercayaan, maka kalau beda sistem tentu beda agama.

Bro mav menulis.

sekarang anda tahu tidak Doa kepada Maria itu isinya seperti apa?
Anda tidak tahu kan bentuk penghormatan Kami pada Maria?

Sok tahunya kok melebihi yang katolik… ckckck…

Dany:
kalau baca permulaan dari diskusi ini saya sudah postingkan salah satu doa pada maria. Ini saya tidak sunting dari sumber anti katolik, ini dari katolik yang di florida. Saya cuma baca dan coba analisa dan melihat bedanya dengan doa yang diajarkan protestan.
Sekali lagi setiap orang bebas untuk memilih.

Bro Mav
Quote
Waktu saya minta didoakan pendeta, gelar penolong abadi akan saya berikan pada Yesus. Jadi fokus minta didoakan itu pada Yesus. Namun melihat doa diatas maka saya berpendapat adanya kombinasi fokus pada Maria dan Yesus.
Kembali terserah kepercayaan masing2, namun ini sekedar perbedaan yang saya lihat antara minta didoakan dan berdoa kepada.
tell me then.

Dany
yang dimaksud tell me then itu apanya?
Saya kurang paham, kalau yang dimaksud tell me itu tafsiran saya tentang yang diatas itu berdoa pada maria, itu saya lihat dari kalimat2nya.

contohnya sudah saya quote diatas ini saya quote lagi.

Namun, aku tahu bahwa dengan bantuanmu, aku dapat mengatasi diriku. Aku tahu pula bahwa engkau akan membantuku bila aku mempercayakan diriku kepadamu. Namun, aku takut bahwa pada saat berdosa, aku lalai untuk berseru kepadamu sehingga bisa menghadapi risiko tersesat.

Kalimat ini minta langsung pada maria untuk dibantu mengatasi diri.
Kalau minta didoakan mestinya kalimatnya seperti ini:

Tolong doakan saya ya bunda supaya Yesus memberi kekuatan pada saya untuk mengatasi diri.

bro Mav:1.
Padahal doktrin ALKITAB saja, itu saja sudah Sesat. Cek ayatnya, berikan pada saya dimana sesuatu harus based on BIBLE.

2 seorang Katolik, jarang ada yang berkata Protestan adalah sesat.

Dany:
Coba bandingkan 1 dan 2 Sering saya lihat kejadian semacam ini ditulis oleh bro Mav, maksud saya tidak konsisten.

Bro Mav tahu doctrin base on the bilble itu doctrin dari Protestan dan Bro mav katakan itu sesat.

Lalu Bro Mav katakan orang katolik jarang mengatakan protestan sesat.

Saya memang menginginkan diskusi berdasar alkitab karena itu pedoman saya, tapi tidak memaksa karena memang tidak punya wewenang untuk memaksa.

Buat bro Mav.
Ini sumber yang saya pakai waktu saya copy doa diatas. Jelas bukan dari sumber anti katolik.

KKI-FLORIDA
KOMUNITAS KATOLIK INDONESIA - FLORIDA … Media Komunikasi Cyber Komunitas Katolik Indonesia - Florida [site map] UPCOMING EVENT …www.kki-florida.org/welcome.php - Cached

Ini saya quote dari www.katolik.org, salah satu cerita tentang santa maria dari kazan. yang kembali membedakan antara iman katolik dan protestan.

Maria disini diyakini bisa melindungi rusia dari kepungan tentara luar
Jelas keyakinan ini tidak terdapat dalam iman protestan.

Sekali lagi saya tidak menghakimi, sekedar menunjukan memang ini dua agama yang berbeda.
Perbedaannya sangat mendasar,

Yang satu fondasinya Petrus, yang lain fondasinya Yesus.

Bagaimana kita bisa memperoleh bangunan yang sama kalau fondasinya beda.

Yang satu alkitab yang lain alkitab dan tradisi.

Yang satu fondasi presegi, yang satu bulat. Fondasi bulat akan menghasilkan rumah berbentuk bulat fondasi persegi menghasilkan rumah berbentuk persegi.

Terserah masing2 pilih rumah yang bulat atau persegi namun rumah bulat dan persegi itu lain.

Ketika Russia dikepung dari luar dan dalam oleh musuh-musuhnya dan beberapa pihak mengklaim tahta kekaisaran Russia, Uskup Germogen memanggil para patriot Russia untuk menempur pemimpin-pemimpin palsu dan menahan serangan asing, dengan meyakinkan mereka bahwa mereka akan didukung dan dilindungi oleh Bunda Allah. Dia sendiri ditawan oleh pasukan Polandia di tahun 1612 dan menderita wafat sebagai martir karena kelaparan. Rakyat Russia kemudian berdiri di belakang Uskup Yunani, Arsenius, yang sedang mengunjungi Russia pada waktu itu. Dalam suatu penglihatan, St.Serge, pendiri Biara Trinitas Mahakudus di Zagorsk, menampakan dirinya kepada sang uskup dan meyakinkan dia akan kemenangan dibawah perlindungan Santa maria. Mendengar hal ini, orang-orang Russia membawa ikon tersebut sebagai panji kemenangan dan menyerang dinding-dinding Kremlin dan membebaskan Moskow pada tanggal 27 November 1612. Pasukan Russia mengelu-elukan Santa Maria dari Kazan sebagai pembebas Russia. Untuk mengenang kemenangan ini, Gereja menyatakan tanggal 22 Oktober sebagai hari raya.

Kalo masih mau didiskusikan please jangan ambil kesimpulan sendiri dolo.

Langsung dijawab Yes/No aja bro Dany…

Nanti kalo jawaban nomor dua “Yes”, saya akan pindah diskusinya ke forum khusus non-Kristen. Itu untuk menghormati bro Dany yang menganggap dirinya sebagai satu-satunya Kristen di sini, pengikut Yesus yang sejati. Sementara saya, Maverick, dan lainnya yang bukan pengikut Yesus yang sejati.