doa-doa

berasal dari manakah doa-doa katolik katanya kemuliaan terdapat di alkitab ane cari dari dulu gkx dpet2 kok dan mengapa bapa kami bisa diubah

ini lagi tanya apa sih?
forum diskusi jangan pakai “gaya bahasa sms-an” donk…

Diubah maksudnya ditambah Salam Maria?

Ha ha ha ha

Diubah itu, misalkan, kalimat; “Bu Ina adalah ibu Budi” menjadi “Bu Ani adalah ibu Budi”.
Kalau ada kalimat; “Bu Lusi, adik Bu Ina adalah tante Budi” bukan dirubah namanya…

Doa Bapa Kami dan doa Salam Maria, adalah dua teks doa yang berbeda bukan diganti. Doa Bapa kami diucapkan pada liturgi utama kalau boleh dikatakan utama dan doa Salam Maria diucapkan pada bagian yang lain, berhubungan dengan Bunda Maria.

doa bapa kami kenapa diubah kenapa ditambahin ?? dan kata pastor doa kemuliaan itu terdapat di lukas tapi saya cari2 gk dpet tuh ,

ow… tambahan “doksologi” maksudnya.
Dan lagi, orang Katolik tidak menambah2kan. Alkitab PB yang dipakai orang Protestan sumbernya dari Katolik :slight_smile:

met pagi dolo member baru ijin gelar tiker sambil ndeprok puh

katolik dri ortodox dan alkitab itu dari rasul na inti yg sya tanya mngapa berbeda bapa kaminya di puji syukur dan di matius6

perbedaan “doa dengan doksologi atau tanpa doksologi” itu bukan karena Katolik vs Protestan, perbedaan karena sumber naskah yang berbeda.

Kalau Anda mempertanyakan: “mengapa doa-doa katolik?” itu sudah tendensius menyudutkan Katolik. Thread2 macam ini tidak sehat… :slight_smile:

Mungkin bingungnya begini mas…
Bahwa lafalan doa ‘Bapa Kami’ yang diucapkan oleh katolik berbeda dengan yang tertulis dalam Alkitab, dan TS bertanya mengapa berbeda.

Demikian juga TS bertanya tentang doa ‘Kemuliaan’ yang sering dilafalkan oleh katolik.

“Kemuliaan kepada Bapa dan Putra dan ROH KUDUS, seperti pada permulaan, sekarang, selalu, dan sepanjang segala abad. (Amin.)” (referensi : buku Puji Syukur no.13)

Menurut penuturan TS, bahwa TS pernah bertanya pada pastur asal-usul doa itu dari mana, dan dijawab ada di Injil Lukas. Tetapi dicari-cari oleh TS gak ketemu.

Gitu tok. Mas SarapanPagi koq jadi ikut-ikutan hyper sensitif sich :tongue:

GBU

maaf bukan mw nyari ribut tapi cma mau tau doa itu berasal dari mana ??? istilahnya dibuat oleh siapa gitu … ???
penyrbab umat katolik berdoa seperti itu apa???

Kan tiap terjemahan beda beda
GBU