Doa Kepada Maria

Point pertama saya setuju FT hanya Tuhan yang bisa memproduksi.

Point ke 2.

Lihat latar belakangnya. Lukas menceritakan kisah rasul2.

Petrus mati lebih dulu dari pada Lukas.

Katolik mengatakan Petrus di Roma sebagai uskup dan dari situ timbul ajaran bahwa Gereja Roma jadi pimpinan gereja sedunia.

Lukas penulis sejarah rasul2 tidak menyebut apa2 tentang adanya peristiwa penting ini yang melatar belakangi riwayat Petrus Roma sebagai pimpinan gereja dunia malah menceritakan Paulus yang bukan pimpinan gereja dunia.

Disini letak kejanggalannya.

FT harus sebagai pembanding atau penimbang. Jadi kalau ada orang mengatakan dapat ilham dari Tuhan, harus di timbang2 apa sesuai dengan FT atau tidak.

Itu pedoman saya bro, saya tidak tahu pedoman bro.

Alkitab mengatakan ujilah setiap ajaran. Untuk ukurannya apa? tentu ajaran alkitablah ukurannya.

Jika, hingga hampir 18 abad sejak kematian Petrus, tidak ada keraguan tentang Petrus di Roma, kemudian justru ada ajaran yang entah dapat ilham dari mana yang megatakan bahwa Petrus tidak pernah di Roma. Dan dipercayai secara buta pula. Tentu harus dipertanyakan apa motifnya? Apa perlunya menyangkal keberadaan Petrus di Roma?

Sedangkan pencetus Protestanisme, Martin Luther tidak pernah meragukan keberadaan Petrus di Roma.

Motivasi gerakan penyesatan memang semakin lama semakin nyata, nehnya kok ya dipercaya secara buta.

Yah, mungkin juga ini yang sudah diramalkan oleh para Rasul dulu. Waspadalah, waspadalah…

Mas Cosmic, sebaiknya anda fokus dgn topiknya. Yang mengajarkan Paus tidak bisa salah itu ajaran Katolik, bukan protestan.

dan yang mengajarkan doa kepada Maria juga katolik mas

mungkin maksud mas Cosmic adalah Paus yang tidak mungkin salah mengajarkan berdoa kepada Maria, begitu ya?

wah… baru liat nih

kalau memang gak niat diskusi, sebaiknya tidak perlu melemparkan tuduhan klaim kosong segala

apa gak malu tuh (Y&R)

Acara liturgi bukan kesalahan mas, masak bisa seperti gitu pemikirannya

tapi berdoa pada Maria memohon keselamatan dll itu bukan masalah tidak tertulis atau sekedar liturgi mas Rod

penggunaan alat musik elektrik kok levelnya disamakan dengan berdoa pada Maria?

sebaiknya mas masuk katolik dulu supaya tau perbedaan alat musik elektrik dan berdoa pada Maria

he…he…baca dulu kronologisnya.
Semoga bro tidak dibutakan oleh label dari bro jericho.

Dalam hal ini momod sudah bertindak benar dgn memperingatkan hal-hal yg OOT.

Semoga mengerti dan tidak asal berucap. :mad0261:

Syalom

Bro apples.

Katolik tidak berdoa pada Bunda Maria minta keselamatan.

Tapi katolik meminta doa dari Bunda Maria, agar beroleh keselamatan dari Tuhan.

Beda itu…

  1. kamu berdoa kepada pendeta untuk minta keselamatan.
  2. Kamu minta doa dari pendeta agar beroleh keselamatan dari Tuhan

Beda ngga ??

Tentu berbeda.

Jadi inti masalah sebenarnya cuma beda persepsi saja.

ITu saja.

ada baiknya pak John Paul III melihat dulu doa2 yang ditujukan pada Maria sebelum membuat malu Paus John Paul III

Bro ini bagaimana ?
Saya kan orang katolik.
Tentu saya sudah tahu doa-doa yg dimaksud.

kenapa dulu mas Roderick menuduh orang katolik menyembah Maria?

Setau saya, orang katolik memang diajarkan seperti itu untuk menyembah Allah. Jadi kalau mas tanya sama orang katolik, pasti mereka bilang kalau nyembah Allah. Lah memang seperti itu yang diajarkan, bukan begitu?

Mengenai kenapa gereja katolik sampai bisa ngajarkan hal seperti itu, yaitu untuk mengganti Yesus sebagai perantara manusia dgn Bapa, tentu bukan wilayah umat katolik. Penyebab gereja mengajarkan semua ajaran diluar kitab suci mungkin kurang bisa dicerna oleh umat biasa.

Namun protestan juga mengajarkan kalau Yesus itu dilahirkan oleh perawan Maria. Jadi bukan itu penyebab mas Roderick pindah dari protestan ke katolik Orthodox menurut saya.

hal yg tidak ada di kitab suci tentu tidak otomatis tidak mengandung kebenaran. contohnya, tidur pake bantal walaupun tidak tertulis bukan berarti bertentangan dengan Firman.

Alat musik atau tidur pake bantal apa nggak jelas berbeda dengan ajaran berdoa pada Maria mas Roderick

Di India diantara orang hindu, Dewa2 mereka tidak diragukan hingga 5000 tahun.
Apa ini ukuran untuk dikatakan benar?

1.OK FT telah jadi manusia dan tidak diproduksi oleh Maria.

  1. Masalah sepele2 tidak harus didekte oleh alkitab, alkitab bicara masalah prinsip saja.

Namun perkara ajaran Petrus jadi ketua gereja dan jadi uskup di Roma sehingga dia berkedudukan di Roma.

Kenapa sampai2 Lukas tidak menulisnya? Sedang keberadaan Paulus di Roma ditulis oleh Lukas?

Tolong beri alasan untuk itu? Apa keberadaan Petrus di Roma tidak penting? Sedang keberadaan Paulus di Roma lebih penting?

Tolong beri alasan untuk itu? Apa keberadaan Petrus di Roma tidak penting? Sedang keberadaan Paulus di Roma lebih penting?

Coba dilihat antara judul dan pertanyaannya bro, kira kira masuk ngga?

Weleh weleh

Karena banyak umat katolik yang bahkan tidak tahu ajaran dan isi doa yang diajarkan gerejanya sendiri, mungkin kedepan akan saya postingkan di thread beberapa ajaran katolik biar tidak perlu muter-muter seperti ini

Menurut ajaran gereja katolik, Yesus pernah meminta supaya umat berdoa melalui Mak dan orang2 mati lainnya tidak?

Menurut ajaran gereja katolik, YESUS pernah meminta supaya umat berdoa melalui [b]Mak[/b] dan orang2 mati lainnya tidak?

Apa maksud kata kata ini?

Katolik tidak pernah menyembah Maria

Coba baca baik-baik doa salam Maria

disitu disebut “Santa Maria Bunda ALLAH Doakanlah kami”

bukan “Kabulkanlah”

Saya copy kembali posting saya tentang Petrus di Roma.

Ada 2 argument dibawah ini yang menyanggah dalih yang digunakan katolik untuk membuktikan Petrus uskup di roma.

  1. Surat Petrus yang mengatakan dari babilon oleh katolik dijelaskan bahwa babilon itu kode untuk Roma.

Artikel ini mengatakan bahwa itu tidak betul karena sejarah yahudi mengatakan babilon jadi kode untuk Roma setelah tahun 70 sedang surat Petrus ditulis sebelum tahun 70.

  1. Prof Michael D Goulder meneliti surat Clement yang digunakan oleh katolik sebagai bukti Peter uskup di Roma.

Ternyata pasal itu hanya membandingkan 7 orang di PL dan 7 orang di PB yang menderita karena iri hati.

Sama sekali tidak menyangkut informasi Peter di Roma.

  1. yang saya sendiri pelajari dari sejarah yang ditulis Lukas, dalam kisah rasul2 tidak menyebut2 Peterus sebagai uskup di Roma padahal menyebut Paulus di Roma.

Kejanggalan demi kejanggalan ditemukan seharusnya menjadi perhatian kita.

Ilmu pengetahuan sering juga dipercayai selama banyak tahun tapi begitu ada penemuan baru yang sebaliknya menentang pengatahuan yang salah, mestinya dicermati apakah penemuan baru itu menunjukan bukti2 yang kuat?

Was Peter Ever in Rome?www.vision.org/visionmedia/article.aspx?id=5820

saya kutip babilon dipakai sebagai code untuk Roma dibagiaan kalimat dibawah ini dari link diatas

Babylon is a coded name for Rome in the subsequent writing of the Revelation to John, and it clearly becomes a feature of second-century writing. In addition, Jews used the term Babylon in a polemical way after 70 C.E. when the Romans brought about the fall of Jerusalem and the destruction of the temple. Like the Babylonians before them, the Romans had destroyed the center of the Jewish religion. This usage came after the supposed date of Peter’s martyrdom but would certainly fit with the usage of Babylon for Rome in the book of Revelation.

Tentang keyakinan katolik bahwa paul dan Peter sama2 mati dibunuh di Roma, dibahas oleh Professor Michael D Goulder dari universitas Brimmingham di artikel ini sbb:

From this small section it is deduced that both Peter and Paul were martyred in Rome. But Clement’s statement is taken out of context. In an article published in the Scottish Journal of Theology in 2004, Michael D. Goulder, professor emeritus of biblical studies at the University of Birmingham in the United Kingdom, examined the context of Clement’s account. Applying literary analysis to the text, Goulder established that the statement about Peter and Paul had to be read in terms of the preceding and succeeding sections. Prior to the passage quoted above, Clement had given seven Old Testament examples of people who had suffered because of jealousy. (Only one, Cain’s brother Abel, had actually died because of the jealousy.) Goulder then proceeded to show that each Old Testament example had a New Testament parallel in that each individual or group had suffered in a similar way because of jealousy. Among these later examples, Clement listed first “the greatest and most righteous pillars” of the church; they, like Abel, had “contended even unto death.” This description would certainly fit the apostle James. Peter, Clement said, had fled (just as Jacob had fled his jealous brother, Esau); and Paul (like Joseph in the Old Testament) had been put in bondage.

In other words, as Goulder read the epistle, Clement didn’t even address the issue of whether or not Peter or Paul were martyred. The letter simply identified them as having suffered from the jealousy of others. Clement’s purpose in giving these examples was merely to correct the Corinthians with regard to the internal problems that he saw arising from the jealousy and envy that had developed among them (1 Clement 3). Goulder considers that based on this clarification, Peter may have died in his bed in Jerusalem for all Clement tells us.

Kepercayaan Peter dan Paul sama2 di roma dan mati dibunuh disana yang biasanya dipercayai katolik, menurut professor ini berasal dari surat Clement.

Professor ini menganalisa surat clement dan ternyata surat itu tidak menyebut apa2 tentang peter dan Paul mati diroma.

Clement hanya mengatakan Peter dan Paul sama2 menderita karena iri hati.

Clement hanya memberi contoh tujuh orang diperjanjian lama dan tujuh orang diperjanjian baru yang menderita karena iri hati.

Jadi menurut Professor ini clement tidak menulis apa2 tentang Peter di roma.

Itu adalah pertanyaan bro.

Pertanyaannya, apakah Yesus Kristus pernah mengajarkan supaya umat berdoa melalui perantara selain diriNya?

Apakah menurut ajaran gereja Katolik, Yesus yang minta supaya umat berdoa kepada Maria dan orang2 yg sudah mati lainnya? (santo-santa)

Jadi yang diajarkan pada umat oleh gereja katolik mengenai doa pada Maria ala katolik (Mak) itu apakah karena perintah Yesus ataukah karena ajaran bapa gereja katolik?

@jackson

Bro, salah tempat posting barangkali, coba check lagi judul dan materi postingannya

TQ

Tidak salah tempat bro memang itu saya posting di judul ini karena Bro Clay menggunakan Petrus di Roma sebagai salah satu pendukung argumentnya.

Jadi yang ini saya bahas, karena mau tidak mau kalau dibahas secara utuh akan menyangkut masalah lain juga yang sehubungan dengan ini.