Doa Orang Kristen: Tutup mata dan lipat tangan

Shalom…
Saya baru saja mencari di Google Images dengan query berikut
http://www.google.com/search?q=christian+praying

Lalu yang saya dapatkan ialah gambar orang-orang yang berdoa dengan melipat tangan dan menutup mata.

Pertanyaan saya, dari mana datangnya cara berdoa seperti itu? Di Alkitab jelas tidak ada, mungkin ada yang mau berbagi informasi dari sumber lain. :slight_smile:

Tuhan YESUS memberkati

Mungkin dari ini bro :

Mat 6:6 Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.

Mat 26:39 Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.”

Tidak ada keharusan menutup mata dan melipat tangan. Tetapi kalau kita sendiri di kamar, sujud dan berdoa kepada Tuhan, maka sepertinya aneh saja kalau tangan kita menggapai gapai kesana kemari. Begiu juga, dengan menutup mata sepertinya adalah kebiasaan kita jika ingin fokus, dalam hal ini menutup penglihatan kita yang mungkin mengganggu.

Mungkin punya pendapat lain?

Yep…lebih fokus kalau tutup mata…! :afro:

:slight_smile:

Gak harus koq om mod :slight_smile:

Cuma memang dari sekolah minggu, anak2 diajar untuk tutup mata dan lipat tangan :smiley:

Kelihatannya biar mereka lebih bisa konsentrasi dan tidak membuat kacau kelas / mengganggu teman2nya wkwkwkkw

Tapi bagi yang sudah dewasa, mo melek, mau angkat tangan, dsb gak masalah kaan :slight_smile:

Kalau berdoa di kamar tertutup, saya pikir juga belum tentu melipat tangan. Bisa saja mengangkat tangan ke atas sambil menengadah. Atau malah sambil sujud menyembah.

Ya, secara common sense memang lebih fokus. Kalau begitu, berarti ada kebiasaan orang Kristen yang datangnya dari common sense :smiley:

Itu gambar siapa ya? Apakah tokoh dalam gambar tersebut sedang berdoa?

Haha, saya juga berpikir begitu. Berarti yang menghasilkan kebiasaan berdoa tutup-mata-lipat-tangan adalah guru sekolah minggu dong :slight_smile:

Salam

Haha, saya juga berpikir begitu. Berarti yang menghasilkan kebiasaan berdoa tutup-mata-lipat-tangan adalah guru sekolah minggu dong

Saya waktu kecil dulu ngga ke sekolah minggu tuh

;D

Berarti tadi hanya berlaku bagi yang Sekolah Minggu. Lalu, yang tidak Sekolah Minggu tahu dari mana ya?

Salam

Mungkin, karena Tuhan sebagai curahan doa kita tidak kasat mata bro, berwujud Roh, sehingga kita mencarinya dalam hati (roh) kita, jika Tuhan kasat mata dan berdiri di hadapan kita, maka kita pasti membuka mata.

;D

Gambar TUHAN YESUS :slight_smile:

Kalo menurut Bambang Noorsena, iklim di Eropa itu dingin, jadi kalau orang Inggris, Jerman, Belanda, dsb berdoa di musim dingin, ya mereka mau tidak mau melipat tangan, dekatkan di dada, tutup mata, konsentrasi pada doa, biar tidak kedinginan. Tradisi ini yang dibawa sampai ke Amerika saat ini. Gereja-gereja Timur tidak ada yang model doanya seperti itu. Semuanya mirip Islam, karena memang Islam ambilnya juga dari mereka, hehehe…

Tapi anehnya, di Rusia tidak ada yang melipat tangan… walau sedingin apapun…

http://msnbcmedia.msn.com/j/MSNBC/Components/Photo/_new/pb-110118-epiphany-da2.photoblog900.jpg

;D

Apakah bisa saya kategorikan sebagai “common sense” seperti jawaban Natvanlee?

Apakah di gambar itu pose berdoa?

Terima kasih untuk infonya. Kira-kira kenapa di Rusia tidak melipat tangan?

Salam

Terima kasih untuk infonya. Kira-kira kenapa di Rusia tidak melipat tangan?

Sudah terbiasa dengan udara dingin mungkin?

;D

kalau saya berdoa malah lebih baik berdoa dengan buka mata
kalau tutup mata pikiran malah lebih gampang kemana-mana. :tongue:

hehe doa sama siapa vid doa sama Yesus manusia atau Yesus Allah ;D

Bisa jadi bro, karena ketika TUHAN YESUS mengajarkan doa Bapa Kami, dalam semua lukisan hampir mirip semua :slight_smile:

Sedangkan sumber yang lain:

Dalam tradisi lanjutan, beberapa gerakan sebelum berdoa dianjurkan, seperti misalnya membuat tanda salib, berlutut, atau membungkuk. Kebiasaan melipat tangan, menyatukan kedua tangan di depan dada, atau mengangkat tangan pun terkadang sering dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi ketika berdoa dan mengekspresikan isi doa. http://id.wikipedia.org/wiki/Kekristenan#Doa
:happy0025:

Tidak ada di alkitab tertulis : orang kristen Harus doa tutup mata dan lipat tangan.

Jadi memang ada ajaran yg tidak tertulis, dan kita harus menyikapi dengan NALAR dan/atau common sense…

Dalam Perayaan Ekaristi, untuk beberapa doa, sikap doa yang dilakukan oleh Imam Katolik adalah mengangkat tangan (sikap oran) seperti dalam gambar:

kalau menurut saya, mau buka mata atau tutup mata, mau kunci tangan atau tidak, berlutut atau berdiri, tidak masalah, yang penting kita sungguh-sunguh dan kosentrasi dengan Doa Kita, juga dengan keadaan yang sopan.

kalau kunci tangan tutup mata dan berlutut, itu mungkin adalah cara yang sopan dan redah diri dalam berDoa.