DOKTRIN DARI TUHAN ATAU MANUSIA

Apa alasan kita mempercayai suatu doktrin yang asalnya dari pemahaman manusia menjadi doktrin dari Allah yang tidak terbantahkan, contohnya doktrin yang paling rame diperdebatkan adalah doktrin trinitas, kenapa kita tidak bisa mentoleransi pemahaman doktrin yang berbeda?

Saya pernah didatangi oleh kelompok lain yang katanya tidak mengakui doktrin trinitas, tapi waktu mereka berdoa, doanya juga didasari dalam nama Tuhan Yesus Kristus, mereka juga percaya akan Roh Kudus, meskipun dalam arti perkataan yang berbeda yaitu dengan istilah tenaga aktif Allah, pertanyaan saya, apakah yakin doa orang yang tidak mempercayai doktrin trinitas pasti ditolak Allah, meskipun mereka juga mendasari doanya dalam nama Tuhan Yesus? Mohon pencerahan dari temen lainnya, please…!

Kesalahan dalam mencari (Kebenaran) Tuhan, adalah kesombongan. Di mana kesombongan juga yang menjatuhkan iman yg sempurna menjadi murtad. Berawal dari kerendahan hati/taat menjadi kesombongan/ tidak taat lagi. Ketaatan/rendah hati selalu menurut/sesuai FT itulah kasih kepada Tuhan, bukan sekedar iman yg sempurna. Lebih baik iman yg masih dangkal, tetapi taat; sehingga iman tsb. bertumbuh menjadi sempurna. Walau sudah sempurna, ketaatan/kasih kepada Tuhan tetap dipertahankan selamanya.
Celakanya, belum tahu apa2 (iman/pengetahuan masih dangkal) sudah mengajar di luar kemampuannya sendiri. Kecenderungannya adalah berbicara sendiri daripada FT. Satu ayat FT dijelaskan dengan pendapat pribadi, padahal sebenarnya ayat FT harus ditafsir dgn. ayat FT lainnya yg ada ada di Alkitab, sehingga minimal 2-3 ayat membentuk kesatuan arti/garis lurus; maka itu disebut: benar.
Tuan Yesus sendiri mengatakan dengan tegas, bahwa Dia tidak berbicara dari Diri-Nya sendiri tetapi dari Bapa.
Yang berbicara dari diri sendiri mencari kemuliaannya pribadi, bukan Tuhan.

Dengan sifat dosa = sombong; merasa tahu tetapi sebenarnya tidak tahu apa2.
Menurut anda, bagaimana kualitas produk yg dihasilkan?
Dengan dasar ini, kecenderungan hati ingin selalu bahas yg dalam, sedangkan yg dangkal2 aja belum mengerti dengan jelas.
(ayat2nya ada di dalam Alkitab)

Peace…

Terimakasih buat penjelasannya, dan saya setuju jika merasa tahu akan firman Tuhan, padahal tidak tahu apa apa, itu adalah kesombongan, yang jadi masalah adalah mereka juga mempunyai ayat2 penyanggah lainnya, sehingga urusannya jadi ribet :slight_smile:

Saya bukan seorang akhli Alkitab jadi tentu saya tidak akan berbantah2 dalam soal Alkitab, saya cuma menilai bahwa selama saya menjadi Kristen, yang dikatakan doktrin adalah pemahaman manusia juga, dan kita menerimanya sesuai iman masing2, jadi resiko ditanggung masing2 sampai saat penghakiman.

Sebelum Tuhan Yesus datang, akhli taurat mengatakan bahwa hukum taurat yang paling benar, karena hukum itu dari Allah, dan sangat masuk akal jika mereka berontak dan murka saat Tuhan Yesus menyatakan hukum kasih, dan secara iman kita menerima hukum kasih sebagai suatu kebenaran, tapi mereka yang tidak beriman ya resiko ditanggung sendiri.

Sama halnya dengan perbedaan pemahaman iman soal kristen dan katolik, baik dari cara ibadah maupun pemahamannya jelas berbeda, tapi soal kesesatan ada diiman masing2, begitu juga dengan pemahaman soal trinitas, itu tergantung iman masing2.

Jadi kembali lagi ke topik pembahasan, jika doktrin berdasarkan dari pemahaman manusia, kenapa orang yang tidak setuju harus dikatakan sesat?

Waktu saya tanya kepada mereka yang menganut ajaran nontrinitas, mereka percaya Yesus adalah Tuhan, dan jika dikatakan bahwa Yesus adalah Allah pun mereka tidak menolak, yang dianggap tidak sepaham dengan pemahaman mereka adalah jika Yesus dikatakan Yehuwa, itu saja.

Saya menyadari bahwa pengetahuan Alkitab saya kurang mendalam, tapi yang saya katakan adalah apa yang saya lihat, bahwa mereka yang menganut pemahaman non trinitas juga mengakui bahwa Yesus itu Tuhan Putra Allah, Roh Kudus adalah tenaga aktif Allah yang memampukan kita melakukan perbuatan baik, mengerti akan firman Tuhan.

Yang jelas, saat penghakiman, kita harus mempertanggung jawabkan iman perbuatan kita masing, sebab bukan orang yang berseru tuhan tuhan yang akan masuk kerajaan Allah, tapi mereka yang melakukan kehendak Tuhan, jadi buat saya doktrin itu adalah pemahaman manusia, dan sesuatu yang dari manusia itu tidak sempurna, jadi ya jangan menghakimi pemahaman mereka sesat.

Mabella, sebagai salah satu contoh kesalahan anda (maaf) adalah anda sudah lupa, padahal sudah saya sharingkan FT, bahwa tidaklah rumit untuk mengerti mana yg benar. Biarlah ayat menafsirkan ayat FT, dua atau tiga ayat minimal, sehingga membentuk kesatuan arti/solid/garis lurus, maka pengertian tsb. dikatakan: benar. Ini anda harus pegang erat/ingat terus, jika anda lupa lagi maka anda tidak akan mengerti untuk kelanjutannya.

Seperti tertulis di Alkitab, dalam melawan tipu daya satan, senjata kita adalah FT yg tertulis di Alkitab. Terjadinya ketidakjelasan sebenarnya karena akibat sifat dosa manusia, yg kecenderungannya berbicara sendiri dan tidak berdasarkan FT. Bukankah Tuan Yesus juga sudah menegaskan bahwa Dia berbicara dari Bapa-Nya, bukan Dia berbicara sendiri. Dan ketika dicobai satan, Tuan Yesus berkata: seperti ada tertulis. Semua dasarnya adalah tertulis.
Tertulis dalam Alkitab.

Sbg. misal dikatakan roh kudus adalah tenaga aktif. Kenapa bingung? Sudah jelas di Alkitab tidak tertulis demikian baik tersurat maupun arti tersirat, tidak ada samasekali. Dan banyak pengajaran lain yg tidak Alkitabiah, tidaklah rumit seperti yg dikatakan Mabella. Sangat jelas, sangatlah jelas sekali apa yg salah menurut Alkitab.

Anda boleh bertanya masalah apa yg menurut anda tidak jelas tentang ajaran SSY. Semua dapat dijawab dgn mudah menurut Alkitab. Yang menjadikan rumit adalah sifat dosa, yg suka berdebat tentang hal2 yang dibuat-buat. Persoalan yg dicari-cari.

Shalom,

Buat saya pribadi, saya mengimani doktrin trinitas, dan saya merasa tidak terpengaruh dengan ajaran non trinitas, jadi tidak ada yang perlu dibenarkan dan diperdebatkan masalah iman saya.

Yang saya kemukakan dalam topik saya adalah, buat mereka yang tidak percaya dengan doktrin pemahaman trinitas ya biarkan saja, kan resiko ditanggung sendiri, tapi tidak perlu diperdebatkan dengan statement sesat, gtu maksudnya.

Soal pemahaman yang didukung 2-3 ayat firman Tuhan sehingga menjadi satu garis lurus yang solid, saya juga setuju, dan seperti yang saya sebutkan diatas, saya tidak merasa terpengaruh dengan pemahaman non trinitas mereka, tapi saya juga tidak merasa perlu untuk memberikan statement sesat kepada mereka, sebab pada dasarnya mereka juga punya ayat2 Alkitab yang mendukung pemahaman non trinitas mereka.

Contohnya seperti uraian berikut ini:
”Stefanus, yang penuh dengan Roh Kudus, menatap ke langit, lalu melihat kemuliaan Allah dan Yesus berdiri di sebelah kanan Allah. Lalu katanya: ’Sungguh, aku melihat langit terbuka dan Anak Manusia berdiri di sebelah kanan Allah.’”​—Kisah 7:55, 56, TB.Apa yang disingkapkan penglihatan ini? Karena dipenuhi dengan Roh Kudus, Stefanus melihat Yesus ”berdiri di sebelah kanan Allah”. Maka jelaslah, Yesus tidak menjadi Allah setelah kebangkitannya ke surga tetapi, sebaliknya, ia adalah makhluk roh tersendiri. Tidak disebutkan adanya pribadi ketiga di sebelah Allah dalam catatan ini. Kendati ada berbagai upaya untuk mencari ayat Alkitab guna mendukung dogma Tritunggal, imam Dominikan Marie-Émile Boismard menulis dalam bukunya À l’aube du christianisme​—La naissance des dogmes (Berdirinya Kekristenan​—Lahirnya Berbagai Dogma), ”Pernyataan bahwa ada tiga pribadi dalam satu Allah . . . sama sekali tidak disebut dalam Perjanjian Baru.” …dan masih banyak lagi ayat pendukung lainnya.

Saya tidak merasa perlu pembahasan lebih panjang lagi, karena saya masih mengimani TRINITAS, dan saya tidak sepaham dengan mereka, tapi… saya tidak membenci mereka dan memberikan statement sesat kepada mereka, sama halnya jika saya ketemu dengan penganut ajaran Katolik, Advent, dan pemahaman doktrin yang tidak sama dengan apa yang saya imani, sebab buat saya doktrin itunpemahaman manusia, bukan doktrin dari Tuhan.

Jadi sekali lagi, saya masih beriman akan trinitas, dan saya tidak merasa terpengaruh dengan ajaran mereka, tapi saya tidak ikut memberikan statement sesat atau apapun yang negatif tentang pemahaman mereka.

Saya masih dipihak penganut TRINITAS lho bro… :slight_smile:

Kalau hanya SATU JALAN yaitu Sang Jalan , Kebenaran dan Hidup yg mengatakan bahwa Aku dan Bapa adalah SATU lalu ada orang yg TIDAK PERCAYA pada JALAN yg dijelaskan-Nya pada kita lalu mengikuti Jalan Ajaran Om Russel yg PASTI MENYESATKAN , kira2 orang yg mengikuti Jalannya si Om Russel (pendiri SSY tsb) kira2 orang yg mengikuti dan menapak di Jalannya Om Russel tsb akan sampai ke Tujuan yg Tuhan Yesus maksudkan atau TIDAK ?
Nah Jawaban Anda yg menentukan ia itu TERSESAT atau TIDAK kalau mengikuti Jalan Lain buatannya Om Russel tab !

Waktu saya tanya kepada mereka yang menganut ajaran nontrinitas, 1. mereka percaya Yesus adalah Tuhan, dan
Makanya Mabella, anda minta deh (BELAGAK PERCAYA ama Ocehan mereka) Kitab Inil Buatan Om Russel yg ada dalam bahasa Indonesia juga.....cari deh satu kalimat saja yg mereka cetak dalam Injil SSY itu menyatakan bahwa Yesus itu TUHAN (gak bakalan anda TEMUKAN !).,....yg ADA adalah bahwa Yesus itu TUAN bukannya TUHAN. Saya mah udeh sering meng olok2 Injil mereka tsb .......saya cuma TANYA pada mereka "APA [u][b]istilah atau Sebutan[/b][/u] Tuan diatas segala Tuan dan Raja diatas segala raja didalam Alkitab...??!! Kita semua , kecuali Umat SSY, menggantikan istilah yg PANJANG tsb dengan istilah/sebutan PENDEK [b]TUHAN[/b] ......ITU yg mereka tetap KEUKEUH MENOLAK sebutan TUHAN bagi Tuan diatas segala tuan dan Raja diatas segala raja, bagi Yesus , Allah Juruselamat itu !
2. jika dikatakan bahwa Yesus adalah Allah pun mereka tidak menolak, 3. yang dianggap tidak sepaham dengan pemahaman mereka adalah jika Yesus dikatakan Yehuwa, [u][b]itu saja[/b][/u].
Langsung aja TEMBAK LANGSUNG ke JIDAT nya dan tanyakan pada mereka......nama YESUS itu siapa yg tentukan ? Apakah orangtua jasmani-Nya, Yusuf dan Maria itu ? NAMA itu yg tentukan adalah yg BERTAHTA di Sorga dan disuruh sampaikan melalui Malaikat Gibrael kepada Yusuf dan Maria......karena Nama itu mempunyai Arti yg NYATA, JELAS, TEGAS dan gak boleh di ganti2 dengan Nama Isa sekalipun ...... Dalam Bahasa Ibrani tertulis dalam kata [b]YAH-SHUAH[/b] yg berarti [b]YAHWEH[/b] adalah [b]SHUAH=Juruselamat Manusia[/b] ! Matius 1 : 20 Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari ROH KUDUS. 21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia [b]Yesus (YAH-SHUAH)[/b], karena Dialah (YAHWEH lah) yang akan SHUAH - menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka." 22 Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: 23 Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia [b]Imanuel [/b]--yang berarti: [b]Allah, YAHWEH[/b] menyertai kita (saat Ia berada dibumi dalam Sosok yg kita kenal dalam NAMA Yesus ). 24 Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya, 25 tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan anaknya laki-laki dan Yusuf menamakan Dia Yesus (YAH-SHUAH).

Bersambung …

Sambungan …
Lalu anda suruh mereka baca baik2 apa arti IMANUEL itu yg disandangkan pada sosok Bayi Kudus itu !
Terachir suruh mereka BACA dan SIMAK BAIK2 apa yg ditulis oleh Nabi Yesaya dalam :
Yesaya psl 63 :
8 Bukankah Ia (YAHWEH) berfirman: “Sungguh, merekalah umat-Ku, anak-anak yang tidak akan berlaku curang,” maka Ia (YAHWEH) menjadi Juruselamat mereka

9 dalam segala kesesakan mereka. Bukan seorang duta atau utusan, melainkan Ia (YAHWEH) sendirilah yang menyelamatkan mereka; Dia (Yahweh)lah yang menebus mereka dalam kasih-Nya dan belas kasihan-Nya. Ia mengangkat dan menggendong mereka selama zaman dahulu kala.

10 Tetapi mereka memberontak dan mendukakan Roh Kudus-Nya (dengan bikin Alkitab SSY yg MENYESATKAN para Pengikut Om Russel tab); maka Ia berubah menjadi musuh mereka, dan Ia sendiri berperang melawan mereka… jadi deh kita semua Orang Percaya lalu dipakai-Nya buat memperingatkan mereka Umat Bidat tsb !

Saya menyadari bahwa: 1. pengetahuan Alkitab saya kurang mendalam, tapi yang saya katakan adalah apa yang saya lihat, bahwa 2. mereka yang menganut pemahaman [u][b]non trinitas[/b][/u] juga mengakui bahwa - Yesus itu Tuhan Putra Allah, - ROH KUDUS adalah [b]tenaga aktif [/b]Allah yang memampukan kita melakukan perbuatan baik, mengerti akan Firman Tuhan.
1. Makanya Mabella kalau kita KURANG DALAM tentang HIKMAH ALKITABIYAH kita, kalau nemu orang2 sekelas SSY, pasti deh kelabakan dan kebingungan menangkis dan menjelaskan Hikmah Alkitabiyah itu secara BENAR .... dengan Pengalaman INI maka kedepannya anda KUDU lebih TEKUN dan GIAT mengenal-Nya melalui Firman2 Nya dalam Alkitab !Mau JANJI dan ada AMIN ??!! :coolsmiley: :happy0062:

2.*) Mereka hanya mengakui Yesus adalah salah satu Ciptaan Allah tetapi bukan TUHAN, hanya TUAN !
*) Soal Tenaga Aktif mereka sering mengambil perumpamaan antara Pusat Tenaga Listrik (Identik Allah) dengan Aliran Listrik ( identik Roh Kudus) begitu JURUS2 yg mereka sering suguhkan kepada Para Trinitian …
Kita semua Tahu bahwa Aliran Listrik bukan Sumber Listrik…

Dalam Ajaran Trinitas…Allah yg Tuhan Yang Maha Esa itu bisa disebut dalam NAMA Bapa, Putra dan Roh Kudus…lagian kalimat tsb yg menyampaikannnya adalah Tuhan Yesus sendiri dalam Matius 28 :
18 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.
19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
NAH yg menjadi KEWAJIBAN Para Trinitarian adalah menjelaskan kepada setiap Orang yg MENUDUH Ajaran Trinitas itu SALAH…kapan anda menyebut Allah Sosok yg SAMA , Tuhan Yang Maha Esa itu dalam NAMA :
1. Bapa
2. Anak/Putra
3. Roh Kudus

Bisakah Anda menjelaskan-Nya ?
Bersambung …

Sambungan …

Yang jelas, saat penghakiman, kita harus mempertanggung jawabkan iman perbuatan kita masing, sebab bukan orang yang berseru tuhan tuhan yang akan masuk kerajaan Allah, tapi mereka yang melakukan kehendak Tuhan, jadi buat saya [u][b]doktrin itu[/b][/u] adalah [b]pemahaman manusia[/b], dan sesuatu yang dari manusia itu tidak sempurna, jadi ya [u][b]jangan menghakim[/b][/u]i pemahaman mereka [b]sesat[/b].
He he he ......karena Alkitab yg berisi Firman Tuhan itu diperuntukkan bagi manusia bukan MEONG atau GUKGUK.....ya PASTI yg dipakai untuk menuliskannya adalah MANUSIA !

Kalimat anda yg bunyinya EROR kek gini …
jadi buat saya doktrin itu adalah pemahaman manusia, dan sesuatu yang dari manusia itu tidak sempurna, jadi ya jangan menghakimi pemahaman mereka sesat.

KUDU di LURUS kan dulu ach menjadi …
doktrin itu adalah berasal dari ALLAH yg memimpin para Penulisnya (Nabi2 dan Rasul) melalui ROH KUDUS, sedang PENAFSIRAN itu adalah pemahaman manusia, dan sesuatu yang dari manusia itu tidak sempurna, jadi ya jangan menghakimi pemahaman mereka sesat.

Kalau IDE dan DOKTRIN dari semua yg TERTULIS di Alkitab mah dari Pemilik Sorga itu atuh ! Emangnya SAAT Penciptaan Alam Semesta yg namanya Nabi Musa hadir disana ? Itu salah satu contohnya.
Begitu juga soal Nubuatan2 dalam Kitabh Wahyu…bukankah Rasul Yohanes hanya disuruh MELIHAT dan MENCATAT seluruh Penampakan yg dipertontonkan kepada-Nya !
Apakah semua NUBUATAN yg TERLIHAT itu IDE nya rasul Yohanes atau IDE dan DOKTRIN dari Allah?

Wahyu 1:
9 Aku, Yohanes, saudara dan sekutumu dalam kesusahan, dalam Kerajaan dan dalam ketekunan menantikan Yesus, berada di pulau yang bernama Patmos oleh karena firman Allah dan kesaksian yang diberikan oleh Yesus.
10 Pada hari Tuhan aku dikuasai oleh Roh dan aku mendengar dari belakangku suatu suara yang nyaring, seperti bunyi sangkakala,
11 katanya: "Apa yang engkau lihat, tuliskanlah di dalam sebuah kitab

Nah menafsirkan atau memahami semua Catatan2 dalam Kitab Wahyu itu yg bisa membuat manusia EROR…kalau DOKTRIN nya mah gak pernah SALAH…semua YA dan AMIN PASTI akan terjadi !

Yang KUDU kita HATI2 dalam menafsirkannya adalah :
Wahyu 20 :
18 Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini: “Jika seorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis di dalam kitab ini.
19 Dan jikalau seorang mengurangkan sesuatu dari perkataan-perkataan dari kitab nubuat ini, maka Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus, seperti yang tertulis di dalam kitab ini.”
Jadi PENAFSIRAN semau gue’nya Om Russel itu seperti kata Anda…

pemahaman/penafsiran manusia (Russel), dan sesuatu yang dari manusia itu tidak sempurna, jadi ya apakah kita tidak boleh menghakimi pemahaman mereka sesat. :mad0261: :coolsmiley:

@Mabella,

kita diijinkan kok untuk menyatakan sesuatu sesat dengan keyakinan kita akan ajaran Alkitab.
artinya katakan YA jika YA dan TIDAK jika TIDAK.
dalam konteks itulah SSY bisa dinyatakan sesat karena ia memutarbalikkan Firman TUHAN.

SSY membuat klasifikasi sesuka hatinya tentang KEALLAHAN (Godhead) dimana TUHAN Maha Kuasa hanya YHWH dan Yesus adalah Tuhan (tidak semua huruf besar) yang dalam pengertian mereka hanyalah Tuan, Lord yang TIDAK MAHA KUASA.

Bukankah ALKITAB menegaskan bahwa pengenalan kita akan ALLAH secara benar merupakan kunci?

jadi jika kita tahu ada orang yang sengaja mendegradasi KEBENARAN ALKITABIAH ya kita sebut mereka sesat.

Bagaimana tahu KEBENARAN ALKITABIAH?

Memang sekali lagi melalui pemahaman akal budi. Jika 100 orang diminta mengerti sebuah pernyataan terdiri dari 5 kalimat, dan 99 orang memahami dengan pemahaman yang sama. Apakah sudah cukup untuk mengatakan 1 orang dengan pemahaman berbeda sebagai sesat? Secara manusiawi hal itu sudah cukup. Dan demikian juga secara ajaran, hal itu sudah dapat ditegakkan, artinya 1 orang tersebut entah ia ngotot atau memang ia keras kepala.

LAlu apakah ini berarti kebenaran ditentukan secara statistik?

Tidak juga, tetapi ini hanya menggambarkan bahwa HAL-HAL YANG SUDAH SANGAT JELAS BAGI SEMUA ORANG dan jika hal itu dipelintir juga, itulah maksudnya sesat.

Meski Alkitab terdiri dari 66 Kitab dan jika menggunakan kertas HVS tebal Alkitab bisa jadi kayak TV lama 14 inch, tetapi pesan-pesan mengenai IDENTITAS TUHAN ALLAH menjadi sangat jelas, sehingga HANYA ORANG KERAS KEPALA DAN SENGAJA TAK MAU MENDENGAR SAJA yang dapat mengajarkan lain.

demikian urun rembug

Mabella, apa yg anda katakan ada benarnya. Menghakimi dan menegur/menasihati adalah dua pengertian yang berbeda.

Menghakimi orang lain tetapi dia sendiri tidak benar:
Mat 7:3 Dan mengapa kamu melihat selumbar yang ada di mata saudaramu, tetapi tidak menyadari balok yang ada di matamu sendiri?
Mat 7:4 Atau, bagaimanakah kamu akan berkata kepada saudaramu: Izinkanlah aku mengeluarkan selumbar dari matamu! Namun, lihatlah, ada balok di matamu.
Mat 7:5 Hai munafik, keluarkanlah dahulu balok itu dari matamu, dan kemudian kamu akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar dari mata saudaramu!

Menghakimi orang lain berarti menjatuhkan hukuman. Berarti orang tsb. benar dan berkuasa:
2Co 10:4 Sebab senjata peperangan kami bukanlah kedagingan, melainkan kuasa di dalam Elohim untuk penghancuran benteng-benteng,
2Co 10:5 untuk meruntuhkan pemikiran-pemikiran dan setiap tempat tinggi yang diangkat melawan pengetahuan akan Elohim, dan untuk menawan setiap akal ke dalam ketaatan Kristus,
2Co 10:6 dan untuk bersiap sedia menghukum segala kedurhakaan tatkala ketaatanmu telah disempurnakan.

Menasihati/menegur dengan kasih dgn maksud untuk menyadarkan supaya bertobat:
1Ti 5:1 Engkau tidak boleh mencela, sebaliknya, berilah nasihat kepada pria tua sebagai ayah, pria yang lebih muda sebagai saudara,
1Ti 5:2 wanita-wanita tua sebagai para ibu, wanita-wanita yang lebih muda sebagai para saudari, di dalam segala kemurnian.

2Ti 4:2 Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, tempelaklah, tegurlah, nasihatilah dengan segenap panjang sabar dan pengajaran!

Jas 5:19 Hai saudara-saudara, jika ada seseorang di antara kamu yang tersesat dari kebenaran, dan ada seseorang yang dapat mengembalikannya,
Jas 5:20 biarlah dia mengetahui, bahwa orang yang mengembalikan seseorang yang berdosa dari kesesatan jalannya, dia akan menyelamatkan satu jiwa dari kematian dan dia akan menudungi banyak dosa.

Ayat2 tertulis jelas tentang Trinitas di PB, dua ayat di antaranya:
Mat 3:16 Dan sesudah dibaptis, YESUS segera keluar dari air. Dan tampaklah langit terbuka bagi-Nya dan Dia melihat Roh Elohim sedang turun bagaikan seekor burung merpati dan datang ke atas-Nya.
Mat 3:17 Dan, perhatikanlah suatu suara dari surga yang mengatakan, “Inilah Putra-Ku Yang Terkasih, kepada-Nyalah Aku berkenan!”

1Jn 5:7 Sebab ada tiga yang bersaksi di surga: Bapa, Firman, dan Roh Kudus; dan ketiganya ini adalah satu.

Perhatikan yg dibold, ayat dari anda. Jelas Trinitas:
Kisah 7:55, 56,
Act 7:55 Dan, dengan penuh Roh Kudus, sambil menengadah ke surga, dia melihat kemuliaan Elohim, dan YESUS yang tengah berdiri di sebelah kanan Elohim,
Act 7:56 dan dia mengatakan, “Lihatlah, aku melihat surga yang terbuka dan Anak Manusia yang tengah berdiri di sebelah kanan Elohim!”(Elohim; bentuk jamak).

Masih adakah ayat2 lain yg tidak anda mengerti? Silahkan ditanyakan kembali.

Shalom,

Bro… Enjoy, Liliput, dan Petra, terimakasih atas pencerahannya, dan melihat pengetahuan Alkitabiah anda yang begitu detil, saya juga termotivikasi untuk belajar Alkitab lebih baik lagi, amin!

Satu lagi yg menjadi ganjalan hatiku yaitu, kenapa cuma pemahaman saudara SSY saja yang dikatakan sesat, bagaimana dengan pemahaman gereja lainnya yang menurut pemahaman kita tidak alkitabiah? Misalnya teori kemakmuran, cara pembaptisan yang tidak sesuai dengan alkitab, doa untuk orang suci, dll, apakah mereka juga dikatakan sesat?

Tujuan topik saya sebenarnya bukan untuk mengkritik atau menghakimi pemahaman siapapun, cuma merasa gak pas aja, kenapa kita tidak bisa menghargai pemahaman alkitab lain yang tidak sepemikiran dengan kita, jadi kesannya seolah menyombongkan diri bahwa pemahaman/doktrin kita paling benar.

Mengenai pemahaman saudara SSY, kurasa tidak perlu diperdebatkan lagi, sebab apa yg dikatakan mereka dengan kita kok rasanya lain sama sekali, misalnya ibadah dengan Alkitab terjemahan sendiri di ibadah SSY tidak mutlak kok, artinya ada juga jemaat SSY yang melakukan ibadah dengan Alkitab LAI tidak dilarang, dalam ibadah juga sering disebut nama Roh Kudus, soal dalam pemahaman mereka RK diartikan tenaga aktif ya, menurut saya itu pemahaman mereka, trus dalam ibadah doanya juga disebutkan…dalam nama putra tunggalMu, Tuhan Yesus Kristus, amin…tapi kalau mereka menyebut kata Tuhan menjadi Tuan (Lord) ya, di Alkitab King James juga sering muncul kata2 Lord, yang penting mereka mengakui karya penebusan Yesus Kristus.

Mereka juga menjelaskan pemahaman Yohanes 1:1 sesuai pemikiran mereka, dan meskipun saya tidak sepaham dengan pemikiran mereka, menurut saya kondisi pemahamannya masih tidak separah pemahaman rekan gereja kita lainnya (gak perlu sebut nama) yg jauh lebih ngawur.

Btw, mo tanya, apakah bro Enjoy, Liliput dan Petra pernah mengikuti sistem ibadah mereka atau cuma sekedar “katanya”? Kalo saya, pernah mengikuti sistem ibadahnya, diskusi dengan saudara SSY langsung, makanya aku bilang kok pengertian yang bro tulis lain dengan sistem pemahaman dan ibadah mereka, malah kunilai ada point positif nya juga dalam beribadah yang perlu ditiru, termasuk komitment sikap hidup mereka dalam membaktikan hidupnya kepada Allah, jadi kalo seandainya ditanya bagaimana sikap kekristenan yang baik menurut saya, maka saya akan menjawab, beriman kepada Allah Bapa, Kristus dan RohKudus dalam pengertian Trinitas, dan menjalani hidup sesuai komitment yang loyal kepada Allah, seperti keloyalan saudara SSY, istilahnya di mix, karena aku kurang pas melihat fenomena bergereja akhir2 ini, yang menurut saya, sorry…tidak Alkitabiah, menurut pemahaman saya, jadi no argue please! :slight_smile:

Begitulah komentar saya, peace!

Saksi-Saksi Yehowah tidak menganggap Yesus itu TUHAN tetapi tuan, berdoa didalam nama tuan Yesus, bukan didalam nama TUHAN Yesus.

Trinitas Ilahi adalah penjabaran dari teks-teks yang ada didalam Alkitab tentang Yesus yang disebut Anak Allah, tentang Bapa yang adalah Allah dan Roh Kudus yang adalah Roh Allah. Ketiga sosok ilahi ini membuat penyelidik Alkitab bingung tentang bagaimana dan seperti apa bentuk Allah. Dengan ilham dari Roh Kudus maka mulailah disimpulkan tentang sosok Bapa, Yesus dan Roh Kudus sejak dari abad ke-1 sampai abad ke-7 dan ditetapkan dalam setiap Konsili Gereja (bukan sekali langsung jadi sebuah konsep doktrin tritunggal tetapi melalui berberapa abad proses penyelidikan Alkitab untuk menetapkan gambaran tentang Trinitas ilahi). Sejak Konsili Nicaea I, telah disimpulkan bahwa Bapa dan Yesus adalah satu substansi yang sama.

Istilah trinitas dipakai pertama kali oleh Theophilus dari Antiokhia pada abad ke-2 walau sejak abad ke-1 hal ini sudah dibicarakan tentang keilahian Yesus dan hubungannya dengan Allah Bapa. Selanjutnya istilah itu dipakai terus dan pada abad ke-3, Tertulianus dari Carthage (Tunisia) mendifinisikan trinitas.

Hari ini kita memiliki doktrin tentang Trinitas Ilahi adalah hasil dari kesimpulan para bapa gereja yang mengasihi Allah sejak abad ke-1 sampai dengan abad ke-7 dan dipakai terus sampai hari ini oleh seluruh denominasi gereja Kristen sebagai bagian dari pengakuan iman Kristiani. Sampai hari ini ada jutaan orang pandai, orang yang mangsihi Allah, penyelidik Alkitab dan orang yang menekuni naskah-naskah kuno, dan semuanya menerima apa yang telah disimpulkan oleh bapa gereja abad-abad awal.

Sekarang sebaliknya, mereka yang menolak Yesus sebagai TUHAN, hanya menganggap sebagai tuan saja. Mereka yang menolak Yesus satu substansi dengan Allah Bapa, dan hanya sekedar mahluk yang digelari anak Allah bukan Anak Allah, ia adalah orang-orang yang rasul Yohanes sebutkan sebagai para antikristus. Diantara mereka yang menolak hanya ada satu tokoh pemikir untuk masing-masing sekte yang ada, mulai dari abad pertama sudah ada dan gugur, ada lagi dan gugur lagi beberapa tetap ada dalam lingkungan terbatas.

Bagaimana menurut anda jika secara logis banyak orang berilmu yang menerima apa yang tidak masuk akal dari doktrin Trinitas Ilahi dibandingkan dengan segelintir orang yang diragukan pengetahuan Alkitabnya yang menerima sesuatu yang lebih masuk akal tentang tuan Yesus dan energi chi yang disebut Roh Kudus?

Bapa gereja, mereka yang disebut hamba Allah, yang namanya anda dapat sebut mulai dari yang masih hidup tokoh-tokoh gereja abad ini sampai dengan yang sudah mati jaman lampau sejak Yesus menyatakan diriNya, mereka semua menerima Yesus sebagai TUHAN dan Anak Allah, bukan tuan dan anak Allah dan mereka semua beriman atas Trinitas Ilahi. Sedangkan anda hendak meninggalkan jalan mereka dan memilih mengikuti jalan dari satu dua orang sejak berdirinya sekte tersebut sampai hari ini yang tidak anda kenal, menerima Injil yang berbeda tetapi mirip.

Berhati-hatilah… Iblis juga menjatuhkan orang pilihan Allah, sedangkan sasaran mereka jelas, adalah anda, bukan orang Hindu di India atau orang Islam di Arab Saudi.

kemakmuran itu alkitabiah juga jika kita benar-benar menyelidiki, babtisan percik atau pakai bendera juga tidak salah jika kita memahami tujuan babtisan, doa untuk orang mati dan sebagainya semua adalah respon anak-anak Allah dalam menyikapi hidup sesuai petunjuk Alkitab di dunia yang berkembang terus. Beberapa gereja memberi penekanan lebih disatu sisi sehingga terlihat melenceng dari apa yang seharusnya (lebih disisi lain artinya kurang disisi lainnya). Tetapi bukan menyesatkan.

SSY, disebut menyesatkan sebab ia melenceng bukan pada ranting pohon tetapi sudah berbeda pohon. Memang kelihatannya mirip sekali tetapi dasar bangunan mereka tidak sama dengan Kristen. Benih yang mereka taburkan juga bukan benih yang dari Kristus walau kelihatannya sama.

Banyak sekte yang memakai Yesus dan Allah Bapa dalam imannya, tetapi mereka menetapkan sendiri iman yang berbeda sama seperti agama Islam, memiliki banyak persamaan dengan Krsiten, ada Allah dan ada Yesus anak Maria. Tetapi mereka bukan Kristen dan tidak mengajarkan iman yang kita imani.

SSY setara dengan Islam, sebuah agama berbeda. Lain halnya dengan Protestan dan Katholik atau dengan Advent dan Babtis atau Pentakosta, semua adalah denominasi Krsiten yang menekankan penekanan berbedap-beda sesuai apa yang ditunjuk oleh Allah. Iman mereka sama, mereka beriman kepada TUHAN Yesus Kristus, mereka menyembah Allah Bapa dan mereka dimetaraikan oleh Roh Kudus. Yesus, Bapa dan Roh Kudus adalah Allah yang esa.

Mabella, saya tidak pernah ikut ibadah SSY. Saya tidak anti mereka, bahkan saya dulu ketika belum pernah tahu Yesus, mereka jugalah yg memberitakan Yesus kepada saya. Saya juga berterimakasih, Tuhan bekerja dalam segala sesuatu sesuai tujuannya masing2. Terakhir tergantung kebijaksanaan untuk memilah yang benar dan tidak.
Untuk kedua kali setelah 20 tahun lalu, saya bertemu dengan mereka lagi, dan kita diskusi. Dan juga untuk ketiga kalinya bertemu, diskusi lagi. Kita sepakat berbicara harus tertulis dalam Alkitab. Saya juga ada belajar dari mereka. Tetapi untuk pertemuan terakhir, mereka berjanji akan menemui saya lagi sampai hari ini belum bertemu. Kita sepakat kalau tertulis di dalam Alkitab, maka barangsiapa yg salah harus mengakui kesalahannya sendiri.
Tetapi sayang mereka belum bertemu lagi dengan saya, karena hal2 yg didiskusikan belum selesai. Maksud hati saya ingin berbagi dan menasihati bagian mana yg tidak Alkitabiah.
Karena tanggungjawab dipikul masing2 pribadi, maka tidak perlu berlebihan dalam menyikapi hal2 yg tidak Alkitabiah.
Adalah bijaksana mengikuti FT:

1Th 5:21 Ujilah segala sesuatu, pegang eratlah yang baik!
1Th 5:22 Jauhkanlah dirimu dari segala bentuk yang jahat!

Jadi saya juga belajar kebenaran FT dari SSY, yang benar saya pegang erat dan yg salah saya buang.
Berusaha harus berimbang, jangan karena berlebihan; kita kehilangan pengetahuan FT yg benar.
Setahu saya di Alkitab bahasa Indonesia diterjemahkan Tuhan, padahal di versi luar bahasa Indonesia diterjemahkan Tuan. Mesti dilihat bahasa aslinya lagi, bagaimana sebenarnya. Pengertian Tuhan dan Tuan adalah identik, walau tidak sepenuhnya sama.

Shalom,

Kita semua walaupun sudah kristen adalah domba sesat. Kesesatan ini dalam arti sesungguhan/ dalam arti luas.
Karena FT itu keseluruhan kebenaran, semakin kita memperbarui diri sesuai FT semakin berkurang pula kesesatan kita, sehingga kita pada posisi tertentu menjadi bersih (benar2 bersih).

Joh 17:17 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran-Mu; firman-Mu adalah kebenaran.

Joh 15:1 “Akulah pokok anggur yang benar, dan Bapa-Ku adalah petaninya.
Joh 15:2 Setiap ranting pada-Ku yang tidak menghasilkan buah, Dia membuangnya; dan setiap ranting yang menghasilkan buah, Dia memangkasnya supaya dia menghasilkan lebih banyak buah.

Psa 119:105 Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang pada alurku.

Joh 12:36 Selagi kamu memiliki terang, percayalah kepada terang itu, supaya kamu menjadi anak-anak terang.” YESUS mengatakan hal-hal itu, dan sambil menyingkir, Dia menyembunyikan diri dari mereka.

Joh 15:3 Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu.
Joh 15:4 Tinggallah di dalam Aku, dan Aku di dalam kamu; sama seperti ranting tidak dapat menghasilkan buah dari dirinya sendiri jika dia tidak tinggal di dalam pokok anggur, demikian pula kamu tidak dapat, jika kamu tidak tinggal di dalam Aku.

Dari ayat di atas dapat disimpulkan, walaupun kita semua domba sesat, untuk menjadi benar membutuhkan ketaatan dalam proses pembersihan dosa/pembentukan hingga benar2 bersih. Dan ketaatan harus dipertahankan selamanya.
Kesesatan kita akan benar2 menjadi sesat, apabila tidak menerima teguran dan nasihat FT.

Demikianlah.
Shalom,

Nah kalau yg BEGINI an lihat aja deh apa TUJUAN itu semua dilakukan oleh si umatnya ! iadi tinggal lihat aja TUJUAN nya, dan gunakan Parameter dan Barometer yg tersedia yaitu ALKITAB …bila BERBEDA apalagi BERTENTANGAN denagn ALKITAB…ya So Pasti namanya SESAT !
Kamu SESAT karena TIDAK MENGERTI Kitab Suci dan Kuasa Allah, kata Tuhan Yesus. ITU saja yg jadi pegangan kita semua !

Tujuan topik saya sebenarnya bukan untuk mengkritik atau menghakimi pemahaman siapapun, cuma merasa gak pas aja, kenapa kita tidak bisa menghargai pemahaman alkitab lain yang tidak sepemikiran dengan kita, jadi kesannya seolah menyombongkan diri bahwa pemahaman/doktrin kita paling benar.
Itu dia....kalau YA katakan YA kalau TIDAK katakan TIDAK biar apapun kata orang pada pendapat Kebenaran Alkitab yg kita sampaikan !
Mengenai pemahaman saudara SSY, kurasa tidak perlu diperdebatkan lagi, sebab apa yg dikatakan mereka dengan kita kok rasanya [u][b]lain sama sekali,[/b][/u] misalnya ibadah dengan Alkitab terjemahan sendiri di ibadah SSY tidak mutlak kok, artinya ada juga jemaat SSY yang melakukan ibadah dengan Alkitab LAI tidak dilarang, dalam ibadah juga sering disebut nama ROH KUDUS, soal dalam pemahaman mereka RK diartikan [u][b]tenaga aktif [/b][/u]ya, menurut saya itu pemahaman mereka, trus dalam ibadah doanya juga disebutkan...dalam nama putra tunggalMu, Tuhan Yesus Kristus, amin...tapi kalau mereka menyebut kata Tuhan menjadi Tuan (Lord) ya, di Alkitab King James juga sering muncul kata2 Lord, yang penting mereka mengakui karya penebusan Yesus Kristus.
Yap sampai yg kulit2nya sih belum menyangkut yg BEDA2nya, kalau dikuopas lebih dalam kelihatan deh BELANGNYA yg SESAT itu !
Mereka juga menjelaskan pemahaman Yohanes 1:1 sesuai [u][b]pemikiran mereka[/b][/u], dan meskipun saya tidak sepaham dengan pemikiran mereka, menurut saya kondisi pemahamannya masih tidak separah pemahaman rekan gereja kita lainnya (gak perlu sebut nama) yg jauh lebih ngawur.
Ya tinggal berpulang pada kita aja deh, BERANI apa kagak menyatakan YA diatas yg YA dan TIDAK diatas yg TIDAK ! :mad0261: :coolsmiley: :happy0062:
Btw, mo tanya, apakah bro Enjoy, Liliput dan Petra pernah mengikuti sistem ibadah mereka atau cuma sekedar "katanya"? Kalo saya, pernah mengikuti sistem ibadahnya, diskusi dengan saudara SSY langsung, makanya aku bilang kok pengertian yang bro tulis lain dengan sistem pemahaman dan ibadah mereka, malah kunilai ada point positif nya juga dalam beribadah yang perlu ditiru, termasuk komitment sikap hidup mereka dalam membaktikan hidupnya kepada Allah, jadi kalo seandainya ditanya bagaimana sikap Kekristenan yang baik menurut saya, maka saya akan menjawab, beriman kepada Allah Bapa, Kristus dan RohKudus dalam pengertian Trinitas, dan menjalani hidup sesuai komitment yang loyal kepada Allah, seperti keloyalan saudara SSY, istilahnya di mix, karena aku kurang pas melihat fenomena bergereja akhir2 ini, yang menurut saya, sorry....tidak Alkitabiah, menurut pemahaman saya, jadi no argue please! :-)

Begitulah komentar saya, peace!


Lima Tahun saya bergumul dan terlibat dengan mereka di AS , suatu Negara yg BEBAS beragama apapun gak ada yg larang asal gak mengganggu ketertiban.
Mereka diajarkan bahwa BERIMAN pada PEnebusan Tuhan Yesus saja TIDAK CUKUP …agar mereka masuk ke Sorga…HARUS PLUS meng INJILI orang2 lain…kalau enggak ya gak bakalan termasuk dalam 144.000 orang yg masuk ke Sorga, kata Om Russel.
Sebab diluar yg 144.000 tsb cuma HIDUP di Dunia Baru bukannya di Sorga, kata Om Russel.
Coba aja ikut dalam Perjamuan Kudus ala SSY dimana Anggur dan Roti tsb gak pernah dimakan dan diminum jema’atnya, cuma di estafetkan dari satu tangan ketangan lain di Ruang Ibadah Kingdom Hallnya mereka !
:mad0261: :coolsmiley: :coolsmiley: :happy0062:

Jadi makin anda TERLIBAT didalamnya dan asal anda sebelumnya SUDAH MATANG dalam Hikmah Alkitabiyah…maka anda akan melihat ke SESAT an yg mereka lakukan tanpa boleh mereka pertanyakan!
Ingat aja apa yg disebut Kaum BIDAAH atau BIDAT itu…cirinya ada Orang yg DI KULTUSKAN…apapun kata Sang Pemimpin gak boleh dibantah !
iapslesai Kebaktian ada Pembahasan dan Pendalaman Alkitab yg JAWABAN2nya HARUS Mereka ikuti dan tertulis dalam Buku Watch Towernya mereka…gak boleh menyimpang…harus HAFAL MATI !

@Mabella

dimana ya rasanya pernah dibahas bahwa penganjur SSY hanyalah orang awam yang bahkan tidak pernah kuliah teologia. pengetahuan Alkitabiahnya sangat dangkal dan mereka mengelurakan tafsiran yang dipegang erat. googling aja mestinya banyak datanya di inet.

intinya ujilah ajaran dengan belajar dari orang Kristen yang tulus lalu ujilah sendiri.

saran saya kepada brow Mabella, anda masih dalam pencarian dalam kondisi demikian harus sabar dan jangan buru buru mempercai apalagi ajaran yang selama bertahun tahun telah disebut bidat sesat.

kedua peganglah kejujuran pada diri sendiri. jika tidak percaya kepada orang Kristen lain setidaknya selidikilah sendiri ajaran mereka dari Alkitab, dan temukanlah sendiri apakah mereka mengajarkan kebenaran Alkitabiah atau kesesatan,

ketiga, jangan anggap diri sendiri bijak. melainkan selalulah rendah hati mau mendengar ajaran orang Kristen lain dengan tenang dan sikap seorang murid, berpura pura berhikmat tidak akan menolong, tetapi kesabaran seorang murid tetap terus belajar akan sangat membantu. tetaplan tinggal diam dan tenang sambil terus belajar.

kelima, jika kita percaya bahwa Tuhan Yesus adalah Guru kita, maka yakinlah bahwa Ia akan memberi pengertian dengan metodeNya yang luar biasa, maksudNya akan sampai dan terpenuhi.

Keenam, jangan keraskan hati. kebenaran akan memerdekakan manusia oleh karena itu jika ada ajaran bidat yang mengharuskan orang untuk mengikuti alur pemikiran. bidat selalu demikian. maka janganlah percaya karena kita diberikan kebebasan untuk menguji setup roh dengab Firman Tuhan

Ketujuh, hikmat yang BENAR hanya datang dari TUHAN, berdoalah kepadaNYA.

salam

Terimakasih bro buat penjelasannya yang amat sangat detil, pada dasarnya saya juga tidak sepaham dengan pemikiran SSY, karena saya meyakini TRINITAS yang benar, saya cuma berharap agar kita bisa menjaga sikap, jangan sampai membenci mereka aja, sebab saya lihat di forum diskusi lainnya kok kesannya mereka “dicaci maki” oleh beberapa member, dan waktu saya ingin kirim message pribadi ke member tersebut supaya jangan terlalu kasar diskusinya, ternyata gak bisa kirim message karena saya newbie, makanya terpaksa kutulis di forum :slight_smile:

Tapi gapapa deh, coz sekarang aku dapat masukan yang lebih baik lagi dari penjelasan bro bro semua.

GBU all…peace!

Saya juga mengenal ajaran SSY saat saya tinggal di USA, bahkan saya berteman dengan mereka lebih dari 7 tahun, tapi saya menghargai pemahaman mereka sebab sikap hidup kekristenan mereka sangat baik, bahkan jauh lebih baik dibanding teman2 kristen saya lainnya di USA, jadi saya lebih suka berteman dengan saudara SSY meskipun saya tidak sepaham, karena saya masih beriman dan meyakini TRINITAS yang benar, saya cuma berharap agar kita bisa menjaga sikap, jangan sampai membenci mereka aja, sebab saya lihat di forum diskusi lainnya kok kesannya mereka “dicaci maki” oleh beberapa member, dan waktu saya ingin kirim message pribadi ke member tersebut supaya jangan terlalu kasar diskusinya, ternyata gak bisa kirim message karena saya newbie, makanya terpaksa kutulis di forum :slight_smile:

Tapi gapapa deh, coz sekarang aku dapat masukan yang lebih baik lagi dari penjelasan bro bro semua.

GBU all…peace!

Saya setuju bro, kita harus menjadi pengkritik yang fair, yang salah gak usah diikuti, tapi yang benar kita tidak perlu malu untuk mengikutinya, pada dasarnya saya juga tidak sepaham dengan pemikiran SSY, karena saya meyakini TRINITAS yang benar, saya cuma berharap agar kita bisa menjaga sikap, jangan sampai membenci mereka aja, sebab saya lihat di forum diskusi lainnya kok kesannya mereka “dicaci maki” oleh beberapa member, dan waktu saya ingin kirim message pribadi ke member tersebut supaya jangan terlalu kasar diskusinya, ternyata gak bisa kirim message karena saya newbie, makanya terpaksa kutulis di forum :slight_smile:

Tapi gapapa deh, coz sekarang aku dapat masukan yang lebih baik lagi dari penjelasan bro bro semua.

GBU all…peace!