Doktrin Mariology : Gereja itu jamak

Untuk membela doktrin mariologi, maka konsekuensinya para penganut doktrin ini harus ngotot bahwa gereja adalah JAMAK. Jika tunggal, maka bukanlah gereja.

Nah gereja yaitu pengantin Kristus itu dalam Alkitab adalah singular atau plural ?

Silahkan :smiley:

GBU

Jadi doktrin Maria Immaculata ini adalah unnecessary and WRONG.
Ya udah kitabahas topik lain aja yang berguna daripada meributin hal-hal keliru dan juga unnecessary. Buang-buang waktu. :slight_smile:

Thanks atas postingannya, singkat, jelas, padat, dan berbobot. Postingan begini yang mantap, kebanyakan member kalo memposting sesuatu apalagi berkenaan Mariologi serba tidak jelas, bercabang, dan plintat-plintut. Kadang ngotot “A benar”, kadang bilang “A salah”.

GBU

kalau membaca tulisan sis sdt
maksudnya bukan seperti topik yang anda tulis mas

maaf
cara diskusi seperti ini kurang elegan

gak nyambung sama topik
tp terserah anda dech sebagai ts

Full title of Mary

The title Our All-holy, immaculate, most blessed and glorified Lady, the Theotokos and Ever-Virgin Mary (Greek: Τῆς Παναγίας, ἀχράντου, ὑπερευλογημένης, ἐνδόξου, δεσποίνης ἡμῶν Θεοτόκου καὶ ἀειπαρθένου Μαρίας)[1] is often used in Orthodox services when Mary is mentioned.

  1. All-holy
    The title Panagia (all-holy) never was a subject of dogmatic definition, but it is accepted and used by all Orthodox. This is because she is the supreme example of cooperation between God and the free will of man. “Behold the handmaid of the Lord; be it unto me according to your word” (Luke 1:38). Sometimes Mary is called the New Eve because her obedient submission to the will of God offset Eve’s disobedience in Paradise.
  2. Immaculate
    The Orthodox Church calls Mary “immaculate,” “pure,” or “spotless” (achrantos in Greek). Some Orthodox state that she was free from actual sin, some say she never sinned, and others just say she died sinless.
    As for original sin and the Roman Catholic doctrine of the Immaculate Conception, the Orthodox Church has never made any formal and definitive pronouncement on the subject. The majority of Orthodox have rejected the doctrine, for it seems to separate Mary from the rest of mankind, putting her in a completely different class from all the other righteous men and women of the Old Testament. It is important that Mary was the same as all mankind so that all Christians can follow her example and submit to God’s will. Mary was born a sinner, a human with full human nature. Mary’s Son, Jesus the Christ, took flesh from her. So as Son of God, He assumed fallen human nature from her and redeemed humanity by His Crucifixion and Resurrection. Also, the original doctrine of the Immaculate Conception (1869) implies an understanding of original sin not held by the Orthodox Church.
  3. Most blessed and glorified Lady
    The Orthodox Church honors the Mother of God on account of the Son. St. Cyril of Alexandria, along with the Fathers of the Council of Ephesus, insisted on calling Mary “Theotokos” not just to glorify her, but to safeguard a right doctrine of Christ’s person, the Incarnation. Orthodox Christians feel that one cannot really believe in the Incarnation and not honor Mary.
  4. the Theotokos
    See above. This is often translated as “the Mother of God.”
  5. ever Virgin Mary
    See below. The Orthodox Church honors Mary as “ever Virgin.” In iconography, her virginity before, during, and after the birth of Christ is represented by three stars on her shoulders and forehead.[2]

copy from http://orthodoxwiki.org/Theotokos

Sory postingannya salah masuk. Tadi traffic dari luar Indonesia khusus ke FK error, muter-muter terus. Mungkin karena tampak hang saya pencet-pencet mouse postingannya salah masuk ke trit lain :slight_smile:

Dipindah saja ke trit yang sesuai.

GBU

Menurut saya: pertanyaan diatas itu merupakan pertanyaan asbun krn didasari dari logika dari pendapatnya dya yg amburadul (maaf).

Alasannya:

  1. yohanes saat itu TIDAK melihat sebuah kata tertulis “gereja” melainkan:
  • pada why 12:1 = ia melihat SEORANG perempuan …
  • pada why 12:5 = ia melihat SEORANG perempuan, SEORANG Anak Laki2.
  1. pada ayat why 12:1, 5 tidak tertulis kalimat ie; “Gereja/Jemaat yg terlahir kelak setelah 20 abad kemudian, mungkin juga setelah 30, 40, 50, dst abad kemudian masih aja beluuuum”

Logika:

  1. ketika saya melihat kumpulan believers (jamak), saya katakan bhw saya melihat Jemaat (yg singular itu bentuk kata dlm tulisan, sedangkan realitanya itu kumpulan believers-jamak)

  2. jadi kalo saya melihat TULISAN “Jemaat” = ya memang kata itu bentuk singular

  3. adapun kalo saya melihat KUMPULAN ORANG2 PERCAYA = ya itulah pengertian JEMAAT secara realitanya.

  4. so, jika yg dilihat yohanes wkt itu adalah kumpulan believers, maka ia akan menulis ie: “Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Jemaat berselubungkan matahari,…” atau “Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: suatu kumpulan orang2 percaya berselubungkan matahari,…”

  5. sebagaimana di ayat 7, ia melihat Mikhael (singular) dan malaikat2nya (jamak), naga (singular) dan malaikat2nya (jamak) maka ia tuliskan apa adanya: “Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya,”

Maka, pertanyaan dya itu langsung saya counter… (cf. why 12:1,5):

  1. buktikan bhw:
    a. yg dilihat yohanes waktu itu adalah sebuah kalimat yg tertulis “Gereja/Jemaat yg terlahir kelak setelah 20 abad kemudian, mungkin juga setelah 30, 40, 50, dst abad kemudian masih aja beluuuum”
    b. poin 1a-lah yg yohanes lihat namun yohanes dgn sengaja berbohong krn ia tidak menuliskan apa yg ia lihat seperti poin 1a pada ayat termaksud, melainkan menulis kata “perempuan”, “Anak laki2” pada ayat termaksud.

atau

  1. buktikan bhw:
    a. yg dilihat yohanes waktu itu adalah suatu kumpulan orang2 percaya yg terlahir kelak setelah 20 abad kemudian, mungkin juga setelah 30, 40, 50, dst abad kemudian masih aja beluuuum
    b. tidak ada Yesus, rasul2, Maria, the saints yg tlah almarhum pada kumpulan poin 2a tsb
    c. poin 2a dan 2b-lah yg yohanes lihat namun yohanes dgn sengaja berbohong krn tidak menuliskan apa yg ia lihat seperti poin 2a,b pada ayat termaksud, melainkan menulis kata “perempuan”, “Anak laki2” pada ayat termaksud.

atau

  1. jika anda tidak dapat membuktikan poin pertanyaan SdT poin 1 dan 2, maka buktikan langsung berdasarkan text ayatnya bhw ayat Why 12:1, 5 tertulis kalimat ie; “Gereja/Jemaat/kumpulan org2 percaya yg terlahir kelak setelah 20 abad kemudian, mungkin juga setelah 30, 40, 50, dst abad kemudian masih aja beluuuum YANG MANA tidak ada Yesus, rasul2, Maria, the saints yg tlah almarhum pada kumpulan tsb”

Sebab argumen dya valid hanya jika dya mampu membuktikan salah satu dari poin 1,2,3 pertanyaan SdT diatas…

Silahkan.

Silahkan sista berembuk dulu dengan teman-teman sista,doktrin katolik mana yang benar : gereja itu plurar atau gereja itu singular. Biasanya saya kalau diskusi dengan sista dkk suka dibuat bingung, sering ngotot A benar tetapi pada argumentasi yang lain ngotot A salah. Double face :slight_smile:

dan masih banyak lagi kalau saya mau kutip, tulisan2 retorika, di mana pada kesempatan lain argumentasi seperti di atas akan dibantahnya sendiri. :slight_smile:

GBU

Lho anda belum juga mampu mempertahankan konsep anda sendiri ???

  1. buktikan bhw:
    a. yg dilihat yohanes waktu itu adalah sebuah kalimat yg tertulis “Gereja/Jemaat yg terlahir kelak setelah 20 abad kemudian, mungkin juga setelah 30, 40, 50, dst abad kemudian masih aja beluuuum”
    b. poin 1a-lah yg yohanes lihat namun yohanes dgn sengaja berbohong krn ia tidak menuliskan apa yg ia lihat seperti poin 1a pada ayat termaksud, melainkan menulis kata “perempuan”, “Anak laki2” pada ayat termaksud.

atau

  1. buktikan bhw:
    a. yg dilihat yohanes waktu itu adalah suatu kumpulan orang2 percaya yg terlahir kelak setelah 20 abad kemudian, mungkin juga setelah 30, 40, 50, dst abad kemudian masih aja beluuuum
    b. tidak ada Yesus, rasul2, Maria, the saints yg tlah almarhum pada kumpulan poin 2a tsb
    c. poin 2a dan 2b-lah yg yohanes lihat namun yohanes dgn sengaja berbohong krn tidak menuliskan apa yg ia lihat seperti poin 2a,b pada ayat termaksud, melainkan menulis kata “perempuan”, “Anak laki2” pada ayat termaksud.

atau

  1. jika anda tidak dapat membuktikan poin pertanyaan SdT poin 1 dan 2, maka buktikan langsung berdasarkan text ayatnya bhw ayat Why 12:1, 5 tertulis kalimat ie; “Gereja/Jemaat/kumpulan org2 percaya yg terlahir kelak setelah 20 abad kemudian, mungkin juga setelah 30, 40, 50, dst abad kemudian masih aja beluuuum YANG MANA tidak ada Yesus, rasul2, Maria, the saints yg tlah almarhum pada kumpulan tsb”

Sebab argumen dya valid hanya jika dya mampu membuktikan salah satu dari poin 1,2,3 pertanyaan SdT diatas…

Jawab yg nyambung jangan mengalihkan persoalan kalau sudah kepojok tidak sanggup menjawab !
Masih wa tunggu juga jawaban yang mantap dan jelas ajaran Alkitabnya walau semakin tipis harapan akan hasilnya !

um… :onion-head48:

Muter-muter gak jelas juntrungannye :tongue:

GBU

Diskusi tidak akan maju maju kalau kamu tidak menjawab pertanyaan lawan diskusimu, mari kita lanjutkan diskusinya dengan cara yang bermartabat jika memang kamu mampu !

silahkan jawab pertanyaan saya ketimbang cuap cuap tidak nyambung!

Loh saya tanya, gereja itu jamak atau satu. Sista belum ada pendirian, jadi gimana bisa lanjut :slight_smile:

GBU

Saya hanya akan meladeni yang berbobot bukan komentar kacangan.

Hihihi… ginilah kalau udah mentok.
Die bingung mo jawab karena untuk doktrin yg ini die terpaksa harus berargumentasi bahwa gereja adalah pulral sedangkan untuk argumentasi yang lain teman-temannya ngotot bahwa gereja itu singular.

Lucu jugajadinya :smiley:

GBU

gak nyambung
anda cuma kabur dari pertanyaan sis sdt
jelas2 dari statement sis sdt
bahwa Yohanes menyebutkan single person
dan anda ditantang membuktikan bahwa single person tsb itu adalah bukan single person seperti yang di tafsir oleh sis sdt

katanya paham alkitab
tulisan sis sdt segampang gitu aja gak ngerti
bagaimana mo menafsir alkitab
tulisan manusia biasa seperti sis sdt saja gak sanggup untuk di tafsir

ck ck ck

iya memang lucu lihat orang seperti anda
mo mengoreksi orang dengan tafisran akan alkitab
tapi tafsiran nya untuk tulisan ringan oleh manusia biasa saja masih salah

lucunya orang kaya anda
;D ;D ;D

dya lagi2 menggunakan cara diskusi: “One has to buy dya’s illogical premise contained therein to begin making sense of his proof-texting.”


Jawab:
(cf. Ef 1:22):
a. ekklēsia ἐκκλησίᾳ, church, N-DFS = Singular

(cf. Why 21:9, 22:17):
a. nymphēn νύμφην bride, N-AFS = Singular
b. gynaika γυναῖκα wife N-AFS = Singular

(cf. Why 12:1):
a. gynē γυνὴ a woman N-NFS = Singular


Konsep dya:
(cf. why 12:1,5):
a. “Anak laki2” itu PASTI 100% BUKAN Yesus Kristus dan “Perempuan” itu PASTI 100% BUKAN Maria]
b. “Anak Laki2” dan “Perempuan” itu PASTI 100% BUKAN Gereja UNIVERSAL
* deskripsi "Gereja Universal: Tubuh Kristus (seluruh the saints baik yg belum/sudah almarhum)

alias:

(cf. why 12:1,5):
a. “Anak laki2” = PASTI 100% merujuk HANYA pada calon believers yg akan terlahir kelak entah pada abad ke-21, atau mungkin abad ke-30, ke-40, dst pun masih aja belum lahir
b. “Perempuan” = idem dgn diatas.

Sekarang PASTIKAN posisi anda per konsep anda:
Apakah menurut anda “pengantin perempuan, mempelai Anak Domba (why 21:9, 22:17)” ADALAH “perempuan berselubung matahari (why 12:1, 5)” ?

Cukup jawab:
a. YA, “pengantin perempuan, mempelai Anak Domba (why 21:9, 22:17)” ADALAH “perempuan berselubung matahari (why 12:1, 5)”
atau
b. TIDAK, “pengantin perempuan, mempelai Anak Domba (why 21:9, 22:17)” ADALAH BUKAN “perempuan berselubung matahari (why 12:1, 5)”

Silahkan…

Menurut pendapatku, yang tebal bergaris bawah itu harus didukung bukti. Jika tidak didukung bukti, jatuhnya menjadi fitnah, seolah penganut doktrin Mariologi mengaku bahwa Gereja itu jamak (lebih dari satu).
Tapi, memang adalah karakter @Dya4^^ suka asal bunyi, seperti suara angin lewat dubur.
Mungkin partisipan @Dya4^
^ sudah ngacir, tidak mampu mempertanggungjawabkan postingannya.
;D

Salam damai.