DOKTRIN TENTANG NERAKA..!!!

Neraka yg selama ini dipercayai sebagai siksaan tanpa akhir berasal pertama kali dari cerita mitologi Mesir kuno dimana Dewa Anubis menimbang perbuatan baik dan jahat sehingga dapat memutuskan hukuman apakah tinggal selamanya di UNDERWORLD atau tinggal dengan para Dewa bagi ORANG BAIK… Intinya kita telah banyak dipengaruhi oleh banyak cerita dongeng Mesir, bahkan dari Yunani dan Romawi karena sejarah mengatakan bahwa orang Kristen memang pernah kenal, tahu, dan bergaul dengan mereka… :onion-head80:

Kalau SURGA saya percaya itu memang ada setelah kematian… Itulah hadiah atau bonus yg diberikan Tuhan karena kita telah punya IMAN dan PERCAYA sepenuhnya kepada-NYA… Logikanya menurutku sederhana saja, Tuhan adalah AYAH yg BAIK… Ia menciptakan manusia pasti ada maksudnya… Bukan hanya diciptakan lalu dibinasakan saja semua… Seorang ayah yg baik pasti akan memberikan RUMAH (SURGA) yg terbaik bagi ANAK-ANAK-NYA (manusia baik)… Dan AYAH yg BAIK tidak akan tega melihat anaknya yg tersiksa selamanya di tempat yg bernama Neraka hanya karena dosanya selama dia hidup di bumi… Jika Tuhan memang benar menciptakan Neraka, maka dengan berat hati harus diakui bahwa TUHAN BUKAN MAHA ADIL…! :tuzki70:

Neraka hanya karangan manusia agar orang berkuasa dapat menciptakan ketakutan terhadap masyarakat BODOH yg mau percaya pada Neraka… Maka dari itu para penguasa dapat bertindak seenaknya… Percaya atau tidak, beberapa dari Raja dan Kaisar Romawi ternyata menurut para ahli sejarah sebenarnya malah mengetahui bahwa para dewa dan dewi yang bangsa Romawi sembah tidak lain merupakan sebuah khayalan belaka… Para dewa dan dewi diciptakan oleh penguasa Romawi untuk menyebarkan ketakutan dan kepatuhan yang justru malah mendatangkan keuntungan bagi penguasa… Sayangnya masyarakat percaya saja bahwa dewa dewi yang mereka sembah adalah nyata… Tapi saya tidak mengatakan bahwa tidak ada Tuhan… Karena Tuhan tidak bisa disamakan dengan dewa dan dewi ciptaan manusia itu sendiri… :onion-head43:

Lalu bagaimana dengan nasib orang jahat…? Tentu saja orang jahat tidak akan mengalami yg namanya KEBANGKITAN… INGAT, kebangkitan bukan hanya roh saja tetapi TUBUH juga…! Dan orang jahat tidak akan
mendapatkannya… Mereka akan tertidur selamanya dalam tanah… Saya kira kita JANGAN pula PERCAYA dengan REINKARNASI…! Itu sama juga dengan Neraka yg berasal dari mitologi… Pilihannya adalah DIBANGKITKAN atau TIDAKvSAMA SEKALI…! Itulah inti Kristianitas yg sesungguhnya… Tanpa adanya Kebangkitan maka Kekristenan tidak akan berlaku… :tuzki26:

Jika yg dimaksud dengan Neraka dalah tempat yg disediakan Tuhan bagi para Malaikat yg telah jatuh (Lucifer, dkk) dimana yg ada di tempat itu hanya ada kehampaan dan keputusasaan sebagai penghukuman selamanya
dari Tuhan, ITU BARU BENAR… TAPI TIDAK ADA MANUSIA YG DISIKSA DI
SANA…! :tuzki48:

Sumber buku:
Thomas B.Thayer

Kadang saya berpikir bahwa ketakutan akan NERAKA malah suatu saat akan menghancurkan manusia itu sendiri… PERANG SALIB yg skalanya sudah seperti PERANG DUNIA abad pertengahan sebenarnya merupakan sugesti dari ajakan PAUS URBANUS untuk berperang dengan umat beragama lain dimana penjahat akan disucikan dosanya dan tidak masuk NERAKA kalau ikut berperang… Penyiksaan atau inkuisisi abad pertengahan oleh Gereja juga sama, memaksa non-Kristiani untuk memeluk agama Kristiani… PADAHAL YESUS TIDAK PERNAH DATANG DENGAN MEMBAWA NAMA AGAMA…!!! :onion-head16:

Menurut saya bukankah dunia akan menjadi lebih indah apabila semua orang tidak berpikir bahwa saya akan masuk SURGA atau NERAKA setelah kematian…? Akan lebih mulia bagi manusia kalau tujuan dari berbuat kasih adalah bahwa untuk MEMANUSIAKAN sesama manusia tanpa mengharapkan pamrih untuk bisa masuk SURGA… Toh, dengan tulus berbuat kasih tanpa meminta masuk SURGA pun kita akan masuk SURGA nantinya. :onion-head23:

Banyak orang percaya bahwa tidak ada neraka, dengan alasan bahwa Allah yang Mahabaik tidak akan menjatuhkan orang siapapun dalam nereka untuk selama-lamanya, meskipun dalam Kitab Suci Yesus lebih berbicara tentang neraka dan kuasa maut daripada berbicara tentang surga…

Pada tahun 1976 seorang yang bernama Mary Kathryn Baxter diberikan dari Tuhan wahyu tentang neraka, yang diterbitkan dalam buku yang berjudul A Divine Revelation of Hell. Buku itu sekarang diterjemahkan dalam banyak bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Dalam bahasa Indonesia, buku tersebut judulnya: SUATU WAHYU ILLAHI TENTANG NERAKA

Silakan membaca pdf buku SUATU WAHYU ILLAHI TENTANG NERAKA itu di situs web yang berikut:

Hati-hati ! Buku berisi deskripsi penglihatan yang dahsyat… orang setelah habis membaca buku langsung mengaku semua dosanya…

Selamat membaca…

saya sangat prihatin dengan posting saudara…

coba anda buka ALKITAB lagi…ayat mana yg mendukung pendapat anda ttg tidak adanya neraka??

Mungkin yang dimaksud TS bukannya TIDAK ADA NERAKA, tetapi bahwa neraka bukanlah yang seperti digambarkan pada umumnya yang berisi siksaan, api, dll
Apakah begitu?

Shalom

Ibrani 10:26-27

10:26 Sebab jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa itu.
10:27 Tetapi yang ada ialah kematian yang mengerikan akan penghakiman dan api yang dahsyat yang akan menghanguskan semua orang durhaka.

Ibrani 10 :30-31

10:30 Sebab kita mengenal Dia yang berkata: “Pembalasan adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan.” Dan lagi: “Tuhan akan menghakimi umat-Nya.”
10:31 NGERI BENAR, kalau jatuh ke dalam tangan Allah yang hidup.

Ibrani 12:29

12:29 Sebab Allah kita adalah api yang menghanguskan.

Salam

Membaca posting TS, yang mencantumkan denom Katolik, tetapi isinya koq berbeda jauh dengan doktrin Kristen ataupun Katolik, sepertinya saya (disertai permohonan maaf) meragukan kalau TS adalah seorang Katolik.

Adalah baik jika kita, walaupun berada di forum dunia maya, tetap menjunjung tinggi kejujuran. Jika Atheist katakan atheist, jika agnostik katakan agnostik, jika penganut SSY akui sebagai pnganut SSY, mengapa harus bersembuyi dibelakang denom yang bukan ‘miliknya’ ? Mengapa tidak tampil dengan identitas agama sebenarnya? Malu kah, atau tidak yakinkah?

Kepada mod, tolong awasi dengan ketat penyusup penyusup seperti ini, karena banyak sekali terdapat di dalam FK ini.

Syalom

TS Angel Camael , apa yg anda sampaikan sangat mirip dgn apa yg pernah disampaikan teman2 yg datang ke rumah dan mengaku dari SSY
Jadi memang pengakuan TS dr denom spt yg dicantumkan adalah tdk valid.
Sumber yg anda kutip itu adalah sumber kesesatan!.

Anda harus bertobat, anda mengaku kristen tapi tdk dpt menerima Alkitab sbg kebenaran? karena Alkitab dgn jelas menyatakan adanya neraka sbg tempat penghukuman kekal:

Matius 5:22 . . . harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala.
Matius 5:29 . . . . dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka.
Matius 5:30 . . . . dari pada tubuhmu dengan utuh masuk neraka.
Matius 10:28 . . . takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka.
Matius 18:9 . . . dari pada dicampakkan ke dalam api neraka dengan bermata dua.
Matius 23:15 . . . kamu menjadikan dia orang neraka, yang dua kali lebih jahat dari pada kamu sendiri.
Matius 23:33 . . . Bagaimanakah mungkin kamu dapat meluputkan diri dari hukuman neraka?
Markus 9:43 . . . dari pada dengan utuh kedua tanganmu dibuang ke dalam neraka, ke dalam api yang tak terpadamkan;
Markus 9:45 . . . dari pada dengan utuh kedua kakimu dicampakkan ke dalam neraka;
Markus 9:47. . . dari pada dengan bermata dua dicampakkan ke dalam neraka,
Lukas 12:5 . . . Takutilah Dia, yang setelah membunuh, mempunyai kuasa untuk melemparkan orang ke dalam neraka. . . .
Yakobus 3:6. . . sedang ia sendiri dinyalakan oleh api neraka.
GBU

Angel, kamu belajar dari mana sih ttg ini?? sampe bisa menulis dan menarik kesimpulan seperti ini,
ckckckckck,

om bruce, jangan salah loh, temen aku juga ada yg katolik (dan juga dr gereja protestan), tapi gag kenal-kenal amat ama ajaran gerejanya (paling gag yg aku perhatiin), istilahnya apa gt, katolik KTP, indiferen, or whatever,
ini akibat “jajan” kebanyakan kali yah,

positive thingking mode on

Betul bro, bahwa memang banyak Kristen/Katolik KTP, yang bahkan ke gerejapun belum tentu setahun sekali. Tetapi untuk doktrin tentang surga dan neraka, adalah sangat mendasar, bahkan anak SM ataupun SD Katolik, sudah bisa dipastikan mengerti apa itu surga dan neraka. Mungkin sama dasarnya seperti doktrin Tritunggal.

Kalau masalah sejarah gereja, kanonisasi Alkitab, mungkin perlu cari tahu sendiri, tetapi untuk yang sangat dasar, ibaratnya menjadi aneh kalau ybs bisa dibaptis sbg Kristen.

Syalom

Aneh juga yah, kalau diperhatikan dari tulisanya, Angel sepertinya bukan tipe2 ignorant, yang anti religiusitas, yang gak mau peduli masalah hal2 pengajaran keagamaan,
sepertinya dia hanya “salah asuhan”

semoga dia datang lagi dan menanggapi threadnya ini,

Justru itulah yang menjadi dasar ‘kecurigaan’ saya bro. Karena berdasarkan pengalaman mengikuti forum bertahun tahun, biasanya yang posting ‘pertanyaan berupa pernyataan’ dan tidak ada kelanjutannya, tidak pernah di follow up lagi, biasanya sih tetangga kita yang lagi iseng aja. Bukan juga ingin diskusi ataupun ingin bertanya untuk mengetahui. Tetapi, kalau kita lihat bahwa doktrin tetangga juga mempercayai neraka, maka satu satunya yang tersisa adalah SSY, karena mereka memang tidak mengakui keberadaan neraka.

:wink:

ckckckckck
kalau kecurigaan bro bruce benar, iseng banget nih TS Angel, kalau ditilik keisengan seperti bisa berakibat hal2 yg tdk diinginkan loh.
sy malah membayangkan kalau ada guests/member yg baca post #1, bisa jd berpikiran kalau tulisan tersebut adalah katekese gereja katolik mengenai neraka, karena Angel mengisi denom katolik, apalagi posts selanjutx banyak yg menyangga kebetulan dari denom lain,

Angel kamu harus konfirmasi postinan ini, jangan hit and run…

Nampaknya angel sebagai TS adalah seorang penganut anihilism, beberapa orang Kristen memang mempercayai hal tersebut

Nah justru karena TS ‘berani’ mencantumkan denom Katolik, maka dia saya kejar. Kalau TS tidak mencantumkan denomnya ataupun denom lain, maka saya paling menjawab sesuai ajaran Katolik.

Saya pikir seharusnya memang seperti itu di dalam forum, bro. Ketika seseorang mengaku sebagai denom ‘A’ tetapi melenceng, maka member lain dari denom ‘A’ harus berani mencari kejelasan dari member itu. Jangan justru karena member itu mengaku ‘A’ dibiarkan saja, bahkan dibela, walau post tentang doktrin yang isinya semau perutnya sendiri. Itu namanya pakai kacamata kuda. Ngomong-ngomong, banyak yang seperti itu lho di FK ini.

;D

Keprihatinan sodara dapat dimaklumi, namun janganlah terlalu dogmatis. Mungkin TS itu memang Katolik tapi memiliki sudut pandang “lain” atau sedang mendapat pencerahan baru? Mungkinkah dari 10 juta orang Katolik harus seiyasekata seperti robot yang tak berjiwa?

Syalum

Bukannya ngebelain TS Angel, tapi apa yang dia bilangnya itu masuk di akal sehat: Neraka itu tempat penghukuman kekal tapi bukan tempat siksaan kekal bagi manusia…

Tak usahlah neraka disebut tempat siksaan kekal, sebut saja tempat siksaan selama 10.000 tahun pun tidak masuk di akal qua…

Syalum

Mau dibelaiin juga terserah anda, cuma permainan kata2 saja tdk dpt menyelamatkan dari hukuman kekal api neraka.

Memang apa yg dikatakan oleh Firman Tuhan itu tidak masuk akal, karena itu hanya bisa diterima dgn iman, dan itu tanpa paksaan terserah anda mau meng-imaninya atau tidak, yang penting saya sdh menyampaikannya :slight_smile:
GBU

Penjelasan yang siippp banget! :afro:

Kalau menurut YESUS KRISTUS, neraka itu bukan disediakan untuk manusia, tetapi untuk iblis dan malaikat-malaikatnya; Tapi, kalau manusianya yang mau sendiri masuk ke sana ya jangan nuduh seolah-olah ALLAH tidak baik dong… wong manusianya sendiri yang mau kok :smiley:

Mat. 25:41 Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya: Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya.

Salam,