Dosa dan korban Dosa

KEJADIAN 3:14 - 19 - Maka firman Tuhan kepada ular itu:
Sebab telah engkau berbuat yang demikian maka terkutuklah
engkau dari pada segala binatang hutan, maka engkau akan
menyulur dengan perutmu, dan engkau pun akan makan debu
tanah sepanjang umur hidupmu. Maka Aku akan mengadakan
perseteruan antaramu dengan perempuan ini, dan antara
benihmu dengan benihnya; maka ia akan meremukkan kepalamu
dan engkau pun akan mematukkan tumitnya. Maka firman Tuhan
kepada perempuan itu: Bahwa Aku akan menambahi sangat
kesusahanmu pada masa engkau akan beranak, dan engkau akan
takluk kepada lakimu dan ia pun akan memerintahkan dikau.
Lalu firman Tuhan kepada Adam: Bahwa sebab telah engkau
mendengar akan kata binimu serta sudah makan buah pohon yang
telah kupesan kepadamu jangan engkau makan dia, maka
terkutuklah bumi itu karena sebab engkau, maka dengan
kesusahan engkau akan makan hasilnya seumur hidupmu. Maka
bumi itu akan menjadi makananmu. Maka dengan berpeluh mukamu
engkau akan makan rezekimu sehingga engkau kembali pula
kepada tanah karena dari padanya engkau telah diambil; bahwa
abulah adamu, maka kepada abu pun engkau akan kembali juga.

ULANGAN 24:16 - Bahwa jangan bapa-bapa mati dibunuh serta
dengan anak-anaknya, dan jangan anak-anak itu mati dibunuh
serta dengan bapanya, melainkan masing-masing hendaklah mati
dibunuh karena sebab dosa dirinya sendiri.

YERMIA 31:30 - Melainkan tiap-tiap orang akan mati sebab
salahnya sendiri, dan tiap-tiap orang yang makan buah anggur
yang belum masak, giginya juga akan ngilu.

YEHEZKIEL 18:20 - Orang yang berbuat dosa, ia itu juga akan
mati; maka anak tiada akan menanggung kesalahan bapanya, dan
bapamu tiada akan menanggung kesalahan anaknya; kebenaran
orang yang benar akan bertanggung atasnya dan kejahatan
orang fasik pun akan tertanggung atasnya.

MATIUS 18:1-3 - Pada ketika itu juga datanglah murid-murid
itu kepada Yesus, serta berkata: Siapakah yang terlebih
besar di dalam kerajaan surga? Maka dipanggil oleh Yesus
seorang kanak-kanak, didirikannya di tengah-tengah mereka
itu, serta berkata: Sesungguhnya aku berkata kepadamu,
jikalau tiada kamu berbalik menjadi seperti kanak-kanak,
sekali-kali tiada kamu masuk ke dalam kerajaan surga.

MATIUS 19: 16-17 - Maka tiba-tiba datanglah seorang
kepadanya, serta berkata: Ya Guru, kebajikan apakah patut
hamba perbuat, supaya beroleh hidup yang kekal? Maka kata
Yesus kepadanya: Apakah sebabnya engkau bertanya kepadaku
dari hal kebajikan? Ada Satu Yang Baik. Tetapi jikalau
engkau mau masuk kepada hidup, turutlah hukum-hukum itu.

GALATIA 6:5 - Karena masing-masing akan menanggung bebannya
sendiri.

Yohanes 8:43-44
43 Apakah sebabnya kamu tidak mengerti bahasa-Ku? Sebab kamu tidak dapat menangkap firman-Ku. 44 Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.

Dear Ajun, mau diskusi dengan saya? Sepakati dulu aturan mainnya, PM saja … 24 Jam non stop.

Alkitab berkata demikian:

Setelah manusia jatuh dalam dosa, TUHAN mengadakan satu perjanjian yang pertama kali, Perjanjian yang mengandung berita penebusan:
Kej. 3:15
Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."

dan korban binatang pertama kali diadakan oleh TUHAN untuk menutupi manusia itu, bisa kita baca berikut ini:
Kej. 3:21
Dan TUHAN Allah membuat pakaian dari kulit binatang untuk manusia dan untuk isterinya itu, lalu mengenakannya kepada mereka.

Korban persembahan pertama kali tercatat dalam ayat berikut ini, tetapi korban ini bukanlah korban yang sedang kita gali.
Kej. 4:4
Habel juga mempersembahkan korban persembahan dari anak sulung kambing dombanya, yakni lemak-lemaknya; maka TUHAN mengindahkan Habel dan korban persembahannya itu,

Korban pendamaian antara TUHAN dengan umat-Nya, dapat kita ketahui misalnya dalam ayat berikut:
Kel. 30:10
Sekali setahun haruslah Harun mengadakan pendamaian di atas tanduk-tanduknya; dengan darah korban penghapus dosa pembawa pendamaian haruslah ia sekali setahun mengadakan pendamaian bagi mezbah itu di antara kamu turun-temurun; itulah barang maha kudus bagi TUHAN."
Im. 16:15
Lalu ia harus menyembelih domba jantan yang akan menjadi korban penghapus dosa bagi bangsa itu dan membawa darahnya masuk ke belakang tabir, kemudian haruslah diperbuatnya dengan darah itu seperti yang diperbuatnya dengan darah lembu jantan, yakni ia harus memercikkannya ke atas tutup pendamaian dan ke depan tutup pendamaian itu.
Bil. 29:5
dan seekor kambing jantan sebagai korban penghapus dosa untuk mengadakan pendamaian bagimu,

Kehadiran Kristus sebagai penebus telah dinubuatkan para nabi, di antaranya yang paling jelas dapat kita baca dalam seluruh kitab Yesaya pasal 53; ayat berikut dalam pasal ini menegaskan demikian:
Yes. 53:10-11
10 Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya. 11 Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas; dan hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan mereka dia pikul.

Penggenapannya dapat kita baca dalam perkataan Yesus berikut ini:
Yoh. 19:30
Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: “Sudah selesai.” Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya.

Yohane pembaptis bersaksi demikian di masa pelayanan Yesus di dunia ini:
Yoh. 1:29
Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.

Para rasul pun bersaksi mengenai hal ini:
Ibr. 1:3
Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi,
1Yoh. 2:2
Dan Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia.

==========================================================================================
Taurat diberikan sebagai standard kekudusa yang mutlak.

Tidak ada seorang pun yang sanggup mengamalkan seluruh hukum Taurat di seluruh kehidupannya.
Sehingga, sia-sialah usaha manusia itu.

Kristus adalah penggenapannya, dimana di dalam Dia, ketaatan kita akan diperhitungkan walaupun kita tidak sempurna, karena Dia telah menebus ketidaksempurnaan kita.

Ibr. 4:7
Sebab itu Ia menetapkan pula suatu hari, yaitu “hari ini”, ketika Ia setelah sekian lama berfirman dengan perantaraan Daud seperti dikatakan di atas: “Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu!”

Dengarlah, percaya dan bertobatlah!!!==========================================================================================

Yg bilang “dosa asal” = “anak menanggung dosa ortu-nya” itu sopo? Ngerti dosa asal engga?
Pahami dulu sebelum asal ngemeng…

Yesus sendiri datang untuk menebus dosa:
“Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.” (Matius 26:28)

Ex 20:5

Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,

Sembahlan Allah dlm Kebenaran ,spy kesalahan dlm menyembah allah yang salah kaga menimpa keturunanmu

Siapa Kebenaran itu???

Joh 14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

dosa muhamad siapa yang nebus JUNaedi ?

Makanya minta tolong didoakan, supaya insya Allah masuk surga.

si JUN koq gag bales2 ya…

Sedang di"jamah" kali bro.

bro kasih… whuahauhauhauhaua !!!

jamah atau ber"jamah"ah…

Aneh ya ada orang repot-repot buat topik tapi tdk perduli dengan tanggapanya? Jelas sekali motivasinya hanya menyebar “jaring” saja.

Tuk netter kristen tolong dijawab.

1.Kenapa tuhan yang menebus dosa?
2.Yang buat dosa itu siapa?dan kepada siapa?
3.Trus dengan ditebus dosa manusia, apa yang terjadi jika manusia kelak mengulangi dosa nya?

mohon dijawab dengan jelas.
thanks

  1. karena Tuhan sayang sm manusia,supaya kita tidak ter"salib"kan …
  2. manusia , kepada dirinya sendiri . .
  3. selama dia tidak bertobat, maka keselamatan / penebusan dosa tidak terjadi dalam kehidupan nya…
2. manusia , kepada dirinya sendiri . .

menrutku manusia gk berdosa ma dirinya sendiri tp kepada Tuhan…jd pertanggung jawaban kita ke Tuhan…

mungkin gw bicara tentang konsep . klo mengerti

karena klo selalu alesan manusia berdosa kepada Tuhan, selalu pake alesan karena anugrah , bisa lah itu di ampuni … sikit2 di ampuni… sikit2 di ampuni…

klo pandangan gw berdosa kepada dirinya sendiri… bakal sadar, oh iya gw berdosa dampaknya bakal merugikan gw… kenapa gw harus mengulangi nya … ?

mudah2an bisa di mengerti :smiley:

Setodjo ma sista Erlin… :char11:

Menjawab TS:

  1. Karena Tuhan baik. Aq dan dirimu juga baik. Baiknya Tuhan > baiknya qta.
  2. Manusia kpd Tuhan. Manusia laen menerima efek negatifnya
  3. Bandel (baca: nakal… :azn:)

ya mudah2an orang2 kristen gag “menyalahgunakan” anugrah dengan mengatakan dosa kepada Tuhan,tapi Tuhan itu penuh kasih… tetapi tidak menyadari akan dosa terhadap dirinya sendiri

GUA SETUJO MA BRO LUKAS :afro:

YANG PASTI “BANDEL” DIATAS TIDAK TERMASUK MENGKAMBINGHITAMKAN KAMBING YANG WARNA NYA TIDAK HITAM
PADA HARI KURBAN untuk menghapus Dosa sendiri.

hix…hix…hix…, bener gak bro arranger

hu uh… hehe

Tentunya bro…(Baca: Yaeyalah… :D)