DOSA kah jika sudah menikah namun belum ingin memiliki anak dgn alasan ekonomi ?

teman saya ( pria ) sudah menikah, namun ia belum ingin memiliki anak, dikarenakan ekonomi masih senin kamis. jadi sang suami mengambil keputusan , untuk menghindari kehamilan, ia berhubungan dgn istri namun ia melakukan coitus interuptus ( sperma dikeluarkan di luar ) . apakah teman saya berdosa dalam hal ini ?
ia juga berkata ia melakukan hal ini untuk menghindari dosa yg lebih besar lagi ., yaitu dosa menggugurkan anak & dosa tidak mampu memberi nafkah pada si anak.
"daripada menggugurkan anak saya , lebih baik saya coitus interuptus .
daripada saya punya anak tapi tidak bisa memberi nafkah, lebih baik saya melakukan coitus interuptus .

mohon saran dari teman2 ?

mohon saran dari teman2 …

Shalom Bro UNITY,
kan pertanyaannya “DOSA kah jika sudah menikah namun belum ingin memiliki anak dgn alasan ekonomi ?”
Jawabnya TIDAK DOSA . yang dosa adalah Coitus Interruptus ( Keluar diluar ) apakah DOSANYA ? mari kita lihat :
Kejadian 38:9 Tetapi Onan tahu, bahwa bukan ia yang empunya keturunannya nanti, sebab itu setiap kali ia menghampiri isteri kakaknya itu, ia membiarkan maninya terbuang, supaya ia jangan memberi keturunan kepada kakaknya
10 Tetapi yang dilakukannya itu adalah jahat di mata TUHAN, maka TUHAN membunuh dia juga
Kan bisa Bro pakai metode KB yang lain atau pakai metode rekan2 katolik yang mirip dengan kalender Methode.

GBU.

jadi kalo pake metode KB , seperti pil , spiral & steril tidak dosa ? ada yg bilang itu secara tidak langsung menghalangi proses pembuahan dgn sengaja , sama halnya dgn coitus interuptus ? metode kalender & KB tidak selalu aman, bisa kebobolan juga . susahnya jadi orang kristen , banyak aturan . ini nggak boleh, itu nggak boleh …

Shalom ,
Sebenarnya nggak susah bro jadi orang Kristen kalau bro mau mengenakan Kuk KRISTUS :afro:
Bro , kita ini bukan anak GAMPANGAN dan memang masuk JALAN YANG SEMPIT ( SORGA )adalah lebih sulit dari pada masuk JALAN YANG LEBAR ( NERAKA ) …
Kembali ke laptop seperti pil , spiral & steril kalau paki Pil / Spiral , sperma dikeluarkan didalam atau diluar ? kalau coitus interuptus kan kelokur dilokur hehehe :cheesy: hendaklah engkau cerdik seperti ular dan TULUS seperti merpati bro…kalau ragu silahkan Bro baca Thread " Mengapa Katolik menolak KB " di situ diterangin methode Craighton atau apa itu yang cukup AKURAT Bro…jadi nggak takut Bobol hehehe… ;D kalaupun Bobol anggap itu adalah KARUNIA Tuhan :afro:
Kalau alasannya masalah EKONOMI ; saya cuma bisa bilang seperti yang TUHANKU bilang di Matius 6 : 25 "Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?
26 Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu?
27 Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?
NICH BRO YANG LEBIH PENTING :
31 Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai?32 Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu.

Bro mungkin pasangan muda yang secara ekonomi belum mapan ?! saya cuma sekedar Sharing dulu waktu awal saya nikah ada muncul planning seperti Bro untuk menunda kelahiran ! kita coba metode Kalender sampai 1 th dan Muncullah Kasih karunia hingga bobol hehehe :cheesy: tapi saya tidak MENOLAK anak dalm kandungan tersebut … Mau tahu bro Gimana dengan biaya melahirkan ( istri saya Caesar di Dr kandungan termahal di Hermina ! waktu itu adalah Dr.Soedibyo Toelus ) gimana dengan kebutuhan bayi( susu & Pampers MAHAL ) ? gimana denga pendidikan anak? Yah semua serba PAS-PASAN Bro… ketika saya & istri berseru pada TUHAN maka PAS butuh bayar selalu PAS ada BERKAT TUHAN ! makanya beranilah saya berkata : Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu.

C’mon Bro , jangan KUATIR karena semua sudah dalam RancanganNYA dan RancanganNYA adalah damai sejahtera bukanlah Rancangan KECELAKAAN ! pegang ini Bro ! :afro:

GBU.

Istri temannya Bersatu diminta pasang IUD aja, itu cara ber KB yang hemat saya paling baik dan juga cukup murah. Jadi temannya bersatu bisa lebih sejahtera (tidak usah buang keluar lagi), nyaman dan aman :slight_smile:

Selebihnya saya mendukung pendapatnya St.Susanto spt yang saya quote dibawah ini:

NICH BRO YANG LEBIH PENTING : 31 [b]Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai?32 Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu.[/b]

Salam

IUD itu yang ditanam di mulut rahim yah bro? saya pernah dengar cara kerjanya mengarah ke aborsi (walaupun masih diperdebatkan). Cara kerjanya katanya begini, setelah sel sperma berhasil masuk ke lian rahim dan menemukan sel telur maka terjadilah pembuahan, sel yang telah dibuahi ini kemudian akan menempel didinding rahim, nah si IUD ini kemudian akan menggesek sel ini dan sel ini akan jatuh sehingga tidak terjadilah kehamilan. yang menjadi kontroversi adalah, sel yang telah dibuahi ini (yang mungkin sudah melakukan proses pembelahan) apakah sudah dianggap embrio manusia? sebagian beranggapakan demikian, karena itu saya kenal beberapa dokter kandungan yang kristen sebagian tidak menyarankan bahakan tidak mau pasangin IUD. Saya sendiri menyarakankan ke kondom + calendar di gabung. Kalau suntik KB takutnya hormonal jadi tidak seimbang, kasian si istri. Btw, Coitus Interiptus itu tingkat kegagalannya tinggi lho kalao gak salah 50-60%…hati-hati untuk teman anda bro.

bukankah tujuan orang menikah untuk memperoleh keturunan seperti yang Tuhan bilang : Beranak cuculan & penuhilah bumi???semua udah diatur oleh Tuhan…ga perlu kuatir akan biaya…bukankah burung" diudara Tuhan pelihara???apalagi kita anak yang disayangi oleh Tuhan…selalu ada jalan, karena Tuhan ga akan membiarkan kita jatuh sampai tergeletak, jadi ga usah kuatir akan masalah ekonomi…

to : all
saya benar" baru tau kalau coitus interuptus itu dosa…makasih atas infonya… :afro:

Shalom Sis Linz ,
Nice sharing :afro: , terus maju dalam Kristus Sis…! Kuncinya SEPAKAT ( suami - istri ) minta ama TUHAN maka semua kebutuhan kita dipenuhiNYA ! Percaya dan ajak Suami ( semoga sudah baikan :D) pegang janji NYA SIS, YESUS Kristus tak akan mengecewakan kita :afro:
GBU

shalom pak…sudah baikan koq… sekarang RT kami lebih baik & suami lebih perhatian sekarang…memang dibalik setiap masalah pasti ada maksud Tuhan yang indah… :slight_smile: maaf ya jadi numpang di thread ini ceritanya… :slight_smile:

Gbu too… :slight_smile:

Kejadian 38:9 Tetapi Onan tahu, bahwa bukan ia yang empunya keturunannya nanti, sebab itu setiap kali ia menghampiri isteri kakaknya itu, ia membiarkan maninya terbuang, supaya ia jangan memberi keturunan kepada kakaknya
10 Tetapi yang dilakukannya itu adalah jahat di mata TUHAN, maka TUHAN membunuh dia juga

bentar bro, anda salah mengartikan . yg jahat di mata Tuhan pada ayat di atas bukan membiarkan maninya terbuang, melainkan perbuatan Onan yang berzinah dgn istri kakaknya .
jadi Tuhan membunuh Onan , karena Onan berzinah dgn istri kakaknya sendiri .

ada pertanyaan yg tidak terpikirkan oleh orang pada umumnya. apakah sperma itu manusia , sehingga Onan seolah2 dipersalahkan oleh Tuhan karena membuang sperma/ membunuh spermanya ?? sebagaimana kita tahu, janin hasil pembuahan sperma & sel telur adalah bernyawa, oleh karena itu pengguguran janin adalah dosa karena merupakan pembunuhan calon bayi manusia.

Lantas bagaimana dengan pengguguran sperma ? apakah sperma itu manusia ?
setahu saya sperma itu bukan manusia , ia merupakan bibit kehidupan. karena belum mengalami pembuahan dgn sel telur . kalo air mani/sperma bukan manusia , salahkah jika Onan membuang spermanya di luar ??

yang jelas2 salah menurut saya adalah Onan berzinah dgn istri kakaknya sendiri . oleh karena itu Onan mendapat hukuman dari Tuhan .

31 Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai?32 Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu

@ santo

ooo, jadi kalo gitu dgn adanya ayat di atas kita nggak perlu khawatir dgn apa yg anak istri kita akan makan. kita berhubungan badan saja dgn istri tanpa kontrol, sehingga nanti dikarunia 20 anak sekaligus !! bukankah anak itu anugrah / karunia ?? semakin banyak anak, maka semakin banyak anugrah / karunia , begitu kan menurut bro santo ??
bagaimana caranya menghidupi 20 anak sekaligus ?? tenang saja , bukankah Bapa di surga tahu kebutuhan kita ?
kalo demikian, bagaimana jika bro santo memberi teladan / contoh terlebih dahulu , dgn memiliki & menghidupi 20 anak kandung anda sendiri sekaligus, nanti bro santo akan tahu betapa besarnya "karunia & anugrah " Tuhan terhadap diri bro santo :slight_smile:

Kalau mau alami tapi takut bobol pakai metode calender dan bbt (basal body temperature) dan ngecek cervical mucus…gabung semua. (google deh apa itu) :slight_smile:

Btw. baru kali ini dibilang susah jadi Kristen. Biasanya pada nuduh enak enggak ada aturan (sex bebas, minum arak dll… :smiley: just kidding)

Dan Onan dihukum karena tdk mau memberi keturunan kepada istri kakaknya, yg merupakan tugasnya setelah sang kakak meninggal. Bukan karena berzinah…

Salam

metode kalender & metode kb, keduanya hanya bisa meminimalisir kemungkinan hamil, tapi tidak 100 % .
Di indonesia umumnya 1 keluarga dianjurkan 2 anak cukup, lebih dikenal dgn keluarga berencana .

  1. seandainya sebuah keluarga sudah memiliki 2 anak dan dirasa cukup, kemudian keluarga tsb ingin berhenti total memiliki anak lagi, saya yakin hal tsb bukan suatu kesalahan / dosa kan ?

  2. saya pernah dengar cara kb spiral atau steril , once for lifetime ( sekali untuk selamanya ) . saya rasa itu adalah jalan yang terbaik, bagi keluarga yg sudah memiliki 2 anak dan tidak ingin memiliki anak lagi . karena dgn metode STERIL tsb , 100 % suami istri AMAN dari kemungkinan pembuahan sperma & sel telur. daripada metode coitus interuptus , metode kalender, metode pil kb yg masih ada kemungkinan bobol .

bagaimana pendapat teman2 ?

any comment ?

Shalom Bro/Sis Bersatu,
Kan Judul Threadnya “DOSA kah jika sudah menikah namun belum ingin memiliki anak dgn alasan ekonomi ?” jadi dalam hal ini ada unsur KHAWATIRAN didalamnya ( hal Ekonomi ) dan Bukankah Bro / Sis BERSATU diciptakan TUHAN dengan memiliki HIKMAT Akal Budi ? ( ini lah yang membedakan dengan Binatang ) jadi kalau pendapat Ekstrim seperti diatas ya silahkan saja hehehe :smiley:
Yang jelas kita mau memilih BERJALAN sebagai pelaku FIRMAN atau menggunakan Kekuatan Akal Budi sendiri itu pilihan dan perlu kita sadari ANAK adalah " Karunia / Anugrah" TUHAN .
Hal ONANI silahkan Bro baca lengkapnya deh jadi tahu itu bukan perzinahan yang membuat murka TUHAN , didalmnya ada masalah KETAATAN ,kasihan anak2 YEHUDA bro…Tragis :’( .
GBU.

jika blom niat memiliki anak dengan alasan ekonomi, itu bukanlah dosa…itu jauh lebih baik, dari pada memiliki anak kemudian tidak sanggup membiayai kehidupan anak itu, bahkan akhirnya tidak terawat…

tp jangan menunggu terlalu lama…soal biaya Tuhan pasti akan membrkati…tp ingat jgn ingin memiliki anak dalam jumlah yg banyak klo nanti tidak mampu mmberikan yang terbaik kpd mereka…punya anak 1 dan 2…sdh cukup…

www.depan.org

Tuhan YESUS berkata :
“Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.
Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.
Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan.” (Matius 11:28-30)

lakukan apa yang terbaik bisa dilakukan, dan yang tidak bisa dilakukan, sudah Tuhan YESUS kerjakan.

semoga membantu. :wink:

Perlukah Memiliki Anak? Jangan Asal Bikin Anak
http://depanministryonline.com/perlukah-memiliki-anak-jangan-asal-bikin-anak

www.depan.org