DOSA kah Masturbasi dan Onani

Di pergaulan skrg bnyak ank muda yg suka bersetubuh…
Itu kan sudah pasti dosa
Tp sy bingung klo ditnya klo bgtu untk menghindari bersetubuh sblm nikah,blh
Masturbasi dan onani dnk…

Pertama-tama, saya kasih dulu refrensi ayatnya:
Tetapi Onan tahu, bahwa bukan ia yang empunya keturunannya nanti, sebab itu setiap kali ia menghampiri isteri kakaknya itu, ia membiarkan maninya terbuang, supaya ia jangan memberi keturunan kepada kakaknya.
(Kejadian 38:9) dan baca aja seterusnya.

Mengenai masturbasi & onani. Itu pasti melibatkan lust dan pikiran hawa nafsu dan mengingini seseorang (meskipun obyeknya hasil kreasi imajinasi sendiri)
Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.
(Mat 5:28)

Tuhan kita sudah menaklukan segala sesuatunya, dan Dia akan memampukan Anda untuk menaklukan hawa nafsu.

Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus,
(2Co 10:5)

Bawalah pikiran Anda kepada Kristus supaya ditaklukkanNya.

Kalau saya boleh bersaksi, saya dulu terikat dengan kebiasaan tersebut, namun Tuhan mampu melepaskan saya. Percayalah, kebebasan sejati tidak bisa dibandingkan dengan apapun. Minta kasih karunia supaya Anda dapat lepas dari keinginan-keinginan duniawi. Tuhan punya cara dan pendekatan yang lain untuk mengatasi masalah.

dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.
(John 8:32)

Thx2 buat jawabannya…sy emg bukan orang yang mengerti sekali akan firman Tuhan tp sy pengen ngerti…sy pengen lbh dkt lg…tp halangannya adalh pacar sy yg selalu ngomel apabila sy terjun pelayanan…dan lbh parah nya lg pcr sy suka melakukan onani gt…sy pgn meluruskan jalannya tp sy tdk berbekal firman yg cukp…maka it sy share d forum ini…makasih yah GBU

hehe sama dunk, saya juga ga ngerti sekali akan Firman Tuhan… mungkin seumur hidup saya juga ga bakal cukup buat ngerti bener Firman Tuhan…

Onani itu menyandukan.

Sudah married pun tidak jd jaminan bhenti onani.

Tp utk bhenti,
Harus ada ksadaran dlm dlm diri utk bhenti dan kemauan kuat utk tetap bhenti.

Saya tambah sedikit ya…

mengenai ayat Matius 5:28,
ayat ini kurang cocok dijadikan refernsi masalah onani karena yang dimaksud oleh Yesus adalah kalau kamu mengingini seorang Wanita yang sudah bersuami, dalam bahasa aslinya lebih jelas mengenai istilah “wanita”
Jadi ayat ini merujuk ke 10 perintah Allah, jangan mengingini milik orang lain.

(Mat 5:28)
Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.

Jadi muda mudi yang melihat lawan jenis lalu timbul keinginan untuk menjadi kekasihnya, itu adalah hal yang wajar dan tidak berdosa.

Salam.

Setelah saya lihat beberapa topik2 yg dibuka, saya kok ngerasa heran, Alkitab seperti dianggap buku daftar dosa. Begini dosa ga, begitu dosa ga. Jarang banget pertanyaan yg berlawanannya. Alkitab bukan buku daftar dosa, bukan seperti buku panduan hukum, kalau mencuri pasal mana yg kena, kalau ngerokok pasal mana yg kena, kalau dugem pasal mana yg kena, etc.

Alkitab itu “book of life”, bukan buku daftar dosa.

just my 2cent

@Aslan: Ga harus secocok itu kan. kalo ayat ini bisa untuk menguatkan supaya tidak melakukan onani, apa salahnya…
@Liel: betul “book of life” dan kalo di dalam life, tambah lama tambah tidak suka dosa…

@Aslan: Ga harus secocok itu kan. kalo ayat ini bisa untuk menguatkan supaya tidak melakukan onani, apa salahnya...

bisa jadi salah, jadi penting untuk tau konteks sebenarnya dari ayat2 Alkitab

@Liel: maafkan jika salah. jadi yang benar harusnya gimana kalo ada masalah semacam ini? dibenarkan saja kah? toh onani tidak merugikan orang lain kok…

maksud saya gini, alasan kamu pake ayat itu kan ini:
@Aslan: Ga harus secocok itu kan. kalo ayat ini bisa untuk menguatkan supaya tidak melakukan onani, apa salahnya…

Istilahnya “bohong putih”, alibinya “yg penting tujuannya baik yah dipake gpp deh” (padahal konteksnya tidak tepat). Kalau memang membantu sih gak masalah, hanya kecenderungannya lama2 bisa melenceng, jadi ayat2 Alkitab dipake asal comot cuma untuk keperluan tertentu, ayat2nya dizolimi. Karena kecenderungan2 ini makanya banyak denominasi/aliran/bahkan bidat, mengunakan ayat sesuai interpretasi sendiri & tujuan tertentu.

sex diciptakan untuk apa yah?

dan organ seks itu apa untuk sekedar memuaskan nafsu dan hasrat belaka? tanpa dimengerti esensi dari diciptakan seks itu oleh Tuhan

bukankan tubuh ini adalah bait kemuliaan Tuhan?

GBU

@Liel: oh begitu ya… saran yang sangat membantu saya untuk belajar menjadi lebih baik. Thanks

setelah saya baca2 saya jadi tertawa sendiri. soalnya lucu koq aib ampe di bawa2 ke depan umum???
bagusnya di diskusikan di kmr aja sambil O…i
hehehehe…bercanda

@absalom: yah sapa tau berdampak positif bagi sebagian orang… hehehhe… mungkin bukan Anda

hehehe…oke bro saya ngerti. thankx atas infonya

bro ayat itu cocok kok menurut saya

dan mungkin bro saja yang agak keluar konteks dengan mengartikan menginginkan sebagai pacar,

biasanya orang percaya kalau mendengat atau membaca ayat ini langsung bisa mengerti

kemana arahnya

GBU

eh iya, baru kepikiran barusan setelah baca post tonypaulo. Mengenai Matius 5:28 ayat sebelumnya berkata.
Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah.
(Mat 5:27)

Tanpa bermaksud mendiskreditkan masturbasi = zinah (mungkin beberapa orang berpendapat masturbasi adalah legal), namun jika dalam asumsi saya dan sebagian orang Kristen yang sependapat bahwa masturbasi = zinah, penggunaan ayat ini masih dalam konteksnya kok.

Mnrt saya,
Mat 5:28 itu ada 2 titik tolaknya.

  1. Kata ‘berzinah’
  2. Kata ‘mengingini’

Titik tolak ptama :
Bzinah.

Berzinah memang perbuatan serong yg dlakukan oleh orang yg sudah berpasangan (beristri/bsuami).

Jd konteks Mat 5:28 pas dterapkan utk org yg sudah berpasangan (suami/istri).
Ayat ini cocok sbg referensi larangan poligami/poliandri.

Krn jika sso sudah punya istri/suami,
Tp dia mngingini wanita/pria lain,
Maka dia dkategorikan bzinah.


Titik tolak kedua :
Mengingini.

Kata ‘memandang’ dan ‘mengingini’ yg dmaksud oleh Mat 5 tidaklah sesederhana kita ‘melihat’ dan ‘menjadi tertarik’.

Kata ‘memandang’ yg dmaksud lebih tepat dsebut ‘memperhatikan dg seksama’,
Kata ‘mengingini’ yg dmaksud lebih tepat dsebut ‘dengan hawa nafsu seksual’ (lust).

Jadi ayat itu artinya lebih dalam.

Jika sso memandang lawan jenisnya dg seksama dalam gairah hawa nafsu,
Maka ia telah dkategorikan bzinah.

Jaman skrg istilahnya mgkn ‘ngelamun jorok’.

Zinah itu pd jaman itu ganjarannya adl hukuman mati.

Utk konteks ‘mengingini’,
Dapat kita terapkan bahkan pd org-org yg blm menikah.

Artinya,
Jika sso blm menikah, tp hawa nafsu seksnya bermain-main di pikiran thd lawan jenisnya,
Maka ia mlakukan dosa yg setara dg pzinahan.

Ini confirm dg perintah dr sidang jemaat Yerusalem agar kita menjauhi ‘percabulan’.


Bgitulah pendapat saya.

Masturbasi /onani gunanya untuk menghidari persetubuhan??
itulah yang berdosa :coolsmiley:

Ge 38:9-10 Tetapi Onan tahu, bahwa bukan ia yang empunya keturunannya nanti, sebab itu setiap kali ia menghampiri isteri kakaknya itu, ia membiarkan maninya terbuang, supaya ia jangan memberi keturunan kepada kakaknya. Tetapi yang dilakukannya itu adalah jahat di mata TUHAN, maka TUHAN membunuh dia juga.

Onani itu mungkin diambil di ONAN :smiley:

memuaskan nafsu kedagingan yang “tidak sehat” /sah di pandangan TUHAN… itulah yang dosa :wink: