dosa mata apa?

apasih yang dimaksud dosa mata,atau dosa karna mata?
konon laki-laki yang sering terlibat dengan hal yang satu ini :azn:

Mata nya belanja kali?? :o

mgkn mata nya banyak kotoran ;D

Bro tumpal2012,
dosa mata itu bukan hanya dilakukan kaum laki2 lho.
dosa mata itu melihat yg seharusnya tdk dilihat, tdk melihat yg seharusnya dilihat.
Daud berzinah krn matanya, Akhan berdosa krn matanya, Hawa juga berdosa krn matanya, yg kemudian diteruskan dgn tindakan2 yg salah.
Ada ayat FT yg mengatakan demikian:
Matius 6
6:22 Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu;
6:23 jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.
Mazmur 119:105 Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.

Kalau mata kita diterangi oleh FT maka kita tdk akan berdosa dgn mata kita, kita akan melihat yg seharusnya dilihat, dan tdk melihat apa yg memang seharusnya tdk dilihat.
GBU

Jika diijinkan ikut mengomentari, sejatinya mata tidak memiliki kewenangan untuk menentukan apa yang dilihat dan apa yang tidak dilihat. Memang, mata adalah alat untuk melihat, tetapi yang menentukan mata melihat atau tidak bukanlah mata itu sendiri, melainkan otak kita, yang sering disalah kaprahkan menjadi hati kita. Otak kitalah yang menentukan mana yang harus dilihat oleh mata, dan mana yang tidak dilihat oleh mata.

Jadi, atas nama mata, saya mengajukan keberatan jika mata dipersalahkan, apalagi dicungkil karena melihat yang tidak seharusnya, karena mata hanya mematuhi perintah. Si pemberi perintah itulah yang harus dipersalahkan, bukan matanya.

Syalom

Wah, wah, ternyata Bro cukup revolusioner, dan banyak memiliki pandangan berbeda dengan “arus”. :afro:

Salam Damai

mata adalah bagian dari kesatuan yg membentuk tubuh. seperti halnya pemahaman tubuh Kristus. dosa tidak hanya ditanggung bagian tubuh tertentu, dan keselamatan juga tidak hanya untuk bagian tubuh tertentu. dosa mata bukan berarti hanya mata yg berdosa. melainkan penggambaran tentang dosa yg berawal ketika panca indra penglihat “melihat” sesuatu yg dilarang Tuhan.

Nah kalau ini, namanya “lapar mata”. Biasanya hinggap di kaum wanita kalau lagi “belanja”…Dari rumah niatannya hanya belanja barang yang dibutuhkan, sudah sampai di pasar/mall atau toko karena melihat barang-barang yang menarik dan terlihat bagus/lucu/indah borong semua, padahal barang-barang tersebut kurang dibutuhkan…

Kalau laki-laki, istilah populer yang tidak meng-enakan adalah “mata keranjang”…Jadi saya setuju sama pendapatnya bro Pa_ul.

Salam

jikalau matanya juling bro.
:slight_smile: