Dosa terhadap orang tua seperti apa?

Hubungan asmara seseorang kadang banyak yang harus runtuh karena faktor orang tua, seperti hubungan beda agama, padahal antara si cow dan cew sudah bersedia pindah ke salah satu agama tetapi akhirnya kandas karena diancam ortu salah satu pihak, Masalah keluarga antara salah satu pihak padahal cucu2 mereka saling mencintai akhirnya kandas karena tidak ada restu karena dulu keluarga mereka bermusuhan. Apakah jika Orang tua menhalangi kisah cinta sepasang sejoli tetapi sepasang sejoli tersebut bersih keras meneruskan hubungan hingga menikah bisa dikatakan dosa?

Wah,
Kok lum ada yang jawab sih…

Aku soalnya juga terlibat dalam hal ini.
Tapi lum ada yang jawab. :’(

Iya kok sepi…kok ga ada yang kasi comment…huhu…

hemm…
Easter dewe ga yakin dg jawaban ini…
hehehhe…
tapi paling ga bisa nanya la ma ortu knapa dan apa alasannya??
sebisa mungkin kasih pengertian ke ortu ttg hubungan kalian, plus jangan lupa berdoa spy hati ortu dilembutkan.
Jika memang jalannya sepasang sejoli menikah, maka Tuhan sendiri yg akan buka jalan, jd ga perlu khawatir…
jangan takut ga dapet jodoh…
mskipun hr ini kliatannya qta bisa cinta mati sama 1 org, blm tentu org itu yg terbaik…
ada baiknya sebelum bener2 serius menjalani hubungan masing2 sama2 berdoa, minta petunjuk sama Tuhan bener ga ini pasanga hidupnya…
gitu se klo Easter…
ga tw klo yg laen…
hehhehe…

Tu yang diatas sendiri masih contoh kecil klo ditambah lage yang berbau mitos tambah runyam seperti kata orang tua klo kita tidak direstui memaksa nikah hidupnya akan susah, lebih baik jodoh pilihan orang tua hidup kita jadi makmur…cinta…cinta…hua…pusing…

coba baca 2 timotius 3: 2-5

Kalo aku sudah tau alasan kenapa my mom benci banget sama dia.
Cuma karena fitnah seseorang yang membuat sampai saat ini, my mom “anti” sama dia. :angry:

Lha gabz u msh pacaran udah ada problem geto kan, kata orang2 tua klo dah merried bisa jd lebih runyam tu, masalah pasangan berdua bisa diselesaikan di ranjang tp klo udah kedengeran ortu masing2 bisa jd tambah panjang…

Itulah,
Ortu ga mau ngerti.

Aku udah jelasin kalau dia sebenernya nggak gitu, itu semua cuma fitnah seseorang karna nggak suka sama hubungan kami.

Tapi yah…
Beliau sangat kuat pendiriannya.

Gua juga punya teman sama gabz, si cowok difitnah sama temannya katanya pemakai narkoba sampai mama si cewek benci sekali sama teman gua. Tapi mereka berdua punya pendirian kuat sampai akhirnya kemaren bertunangan meskipun tidak dihadiri mama dari pihak cewek, tahun depan sudah rencana menikah.

Yah,
Kalau aku udah bisa hidup mandiri, aku (mungkin) juga akan lakukan hal itu.

Tapi sekalipun aku udah bisa hidup sendiri, aku tetep (merasa) nggak bisa untuk lakukan hal itu.
Aku nggak tega nih ma my mom.

Pikiran kaya gitu udah sering banget ammpir di pikiranku.
Tapi ya, apa kata TUHAN aja deh.

hemm… ni kQ jd curhat gabz ma sukeban ya??
hehehhe…

@ sukeban : ga selalu jodoh ortu itu bikin makmur, percuma jg menikah klo cm ikutin tuntutan ortu itu ma sama jg neraka buat qta sendiri…
yg tepat n bijak klo menurut Easter ya berdoa dan berusaha, klo pasangna emang baik pasti terbukti kQ… gt se klo menurut Easter… hehehhe

Liat…liat… :azn:

Kalo orang tua sudah mengenal Kebenaran…
biasane sok’an ada benarnya yang dikatakan orang tua…
jadi menurut nasihat /taat orang tua ngga ada salahnya.

Krn secara umur juga … mereka tentu sudah lebih berpengalaman dlm
melewati asam garam di dunia…dlm pimpinan Tuhan :smiley:

hahahaha

iya nih,
karna kasusnya sama.

@alice: Ok lah klo orang tua kasi nasihat, tp kadang orang tua yang menentukan nasib gimana tuch…

contoh lage, teman gua pacaran 5 thn dr sma sampai sama-sama lulus kuliah, dipaksa juga putus oleh ortunya gara2 dlu kakek-nenek mereka pernah ada masalah keuangan, sampai2 ortu dari pihak cow mengultimatum anaknya klo masih berpacaran ga boleh pulang rumah, akhirnya mereka terpaksa putus…dunia…dunia…wkwk…

@sukeban: hemm… berat juga ya… klo hanya karna masalah gt aja sampe sekarang masih dendam…
hehhehehe…
ya klo bgt sukeban hrus berdoa, supaya ga terus2an terjadi dendam keluarga dan kepaitan diantara 2 keluarga, jelaskan klo itu sudah jaman kakek nenek mreka.
btw, mank masalahny blm selesai sampe skarang ya?? hehhehehe

Saya ga kena masalah apa2, cuma takut aja klo misalnya saya sendiri mengalami masalah seperti ini. Tu kan sedikit contoh dari orang-orang dan teman-teman di sekeliling saya. Dari beberapa kasus yang saya dengar ternyata bisa ditarik kesimpulan bahwa laki-laki lebih bisa mempertahankan cintanya terhadap pacar drpd perempuan yang kebanyakan harus menuruti kemauan ortunya drpd mempertahankan cintanya…

@gabz: oalah, iki ta gabz… Tau tau…

alahhhhh mau nikah aja kok ribet yaa…

anak2nya yg mau nikah n jalanin hidup kok ortunya yg pada ribut yaa…kasian tuh anak2…

sebenarnya keputusan ada ditangan yg mau nikah…sudah yakin belum dgn pasangan anda masing2…yakin pasti kalo dia adalah yg selama kamu cari…yakin kalo dia yg kan membahagiakan kamu…yakin pasanganmu yg akan menjadi bapak/emak dri anak2 kalian…?? jika udh yakin PASTI pasanganmu yg sekarang adlah orang yg akan bersamamu dalam suka dan duka seumur hidupmu,maka jalanilah hidup kalian…perjuangkanlah cinta kalian…

terlepas dari dosa ataw tidak itu ada di tangan Tuhan…
bukankah orang yg mau menikah itu adlah hal yang baik…??
bukankah tujuan dari orang yg menikah jg baik…??

ortu memang harus kita hormati tetapi ada kalanya ortu juga bisa salah dalam mengambil sikap…yaa seperti yg sekarang kalian alami…

mustinya dalam hal ini,laki2 lah yg harus berani mengambil sikap…
mengapa…?? yaa karna memang udah hukumnya…tunjukkan dong pada calon mertuamu kalo kamu itu adalah laki2 yg pantas untuk wanitamu…laki2 yg akan menjadi pelindung bagi wanita n anak2mu kelak…laki2 yg pantas untuk dibanggakan camer_mu…

tapi sebelum kamu melangkah…ada baiknya saya bertanya dulu sama kamu bung…

apakah anda masih tinggal sama ortu sendiri ataw sudah mandiri saat ini…??

bukan apa2 bung,kalo anda ternyata belum mandiri,saya ragu camer anda akan yakin dengan anda…tetapi jika anda adalah laki2 yg sudah mandiri n siap menjadi laki2 dewasa…semoga Tuhan menyertai langkahmu bung… :afro:

syalom…

buat sukeban sebenernya yang diinginkan ortu lo adalah lo bahagia

pada hakekatnya gak ada pernikahan yang 100% bahagia di dunia ini :ashamed0004:

lo nikah ama pilihan ortu atau pilihan lo, mungkin masalah yang dihadapi di pernikahan sama aja.

jadi pada intinya lo harus siap mengarungi kehidupan rumah tangga, klo emang Tuhan berkehendak pilihan lo yang jadi istri lo, maka lo harus syukurin.

tapi klo kenyataannya lo jadian ama pilihan ortu lo, tetep harus bersukur :afro: