Dua Fase Kebangkitan Tubuh?

D U A F A S E K E B A N G K I T A N T U B U H ?

Kebangkitan tubuh menduduki posisi yang sentral di dalam berita eskatologis. Meskipun orang-orang percaya yang telah mati sekarang ini telah menikmati sukacita selama masa antara (baca juga:” 1000 Tahun Memerintah Bersama Dia ”), namun sukacita mereka barulah akan sepenuhnya sempurna ketika tubuh mereka dibangkitkan dari kematian. Dalam kesempatan kali ini, saya tidak bermaksud untuk mengulas tentang kebangkitan tubuh secara khusus. Mengenai kebangkitan tubuh itu sendiri, akan saya bagikan kepada Saudar-Saudara seiman, segera setelah saya mendapatkan kesempatan yang baik untuk menyiapkannya. Berikut ini, saya hanya mengajak Saudara-Saudara untuk menggali kebenaran-kebenaran seputar anggapan yang berkata bahwa:
1. Kebangkitan tubuh terjadi dalam dua fase (bahkan lebih).
2. Kebangkitan tubuh yang pertama akan terjadi sebelum dimulainya masa pemerintahan 1000 tahun (harafiah)
Benarkah demikian?

Premilenialis mengajarkan bahwa kebangkitan orang-orang percaya akan terjadi di awal kerajaan 1000 tahun, sedangkan kebangkitan orang-orang yang tidak percaya akan berlangsung di akhir masa 1000 tahun. Bahkan mereka masih menambahkan dua macam kebangkitan lagi, yaitu: kebangkitan orang-orang percaya yang mati pada masa tribulasi (kesusahan besar), yang akan terjadi di akhir 7 tahun masa kesusahan, dan kebangkitan orang-orang percaya yang mati pada masa 1000 tahun, yang akan terjadi di akhir masa pemerintahan 1000 tahun. Apa yang menjadi isu utama di sini adalah ajaran yang sama-sama dipegang oleh kedua jenis premilenialisme, yaitu bahwa akan ada masa 1000 tahun yang juga merupakan interval antara kebangkitan orang-orang percaya dengan mereka yang tidak percaya. Pandangan seperti ini, mengabaikan beberapa pertimbangan berikut ini:

1. Alkitab mengindikasikan bahwa kebangkitan orang percaya dan orang tidak percaya akan terjadi bersamaan.

Daniel 12:2
Dan banyak dari antara orang-orang yang telah tidur di dalam debu tanah, akan bangun, sebagian untuk mendapat hidup yang kekal, sebagian untuk mengalami kehinaan dan kengerian yang kekal.

Yohanes 5:28-29
28 Janganlah kamu heran akan hal itu, sebab saatnya akan tiba, bahwa semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suara-Nya, 29 dan mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum.

Dari contoh dua ayat di atas, tidak terdapat adanya indikasi bahwa yang ingin mereka sampaikan itu adalah dua atau lebih fase kebangkitan, yang akan terjadi dalam rentang waktu 1000 tahun.

Kalangan dispensasionalis berpendapat bahwa dalam ayat berikut:

Yohanes 5:25
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya saatnya akan tiba dan sudah tiba, bahwa orang-orang mati akan mendengar suara Anak Allah, dan mereka yang mendengarnya, akan hidup.

Kata “saat” yang digunakan menunjuk kepada rentang waktu di sepanjang zaman Injil diberitakan. Dengan demikian, kata “saat” yang digunakan dalam Yoh. 5:28 tentunya dapat diartikan sebagai sebuah periode (dalam pandangan ini 1000 tahun lamanya), dimana dua macam kebangkitan itu akan terjadi. Tetapi coba kita perhatikan kata-kata berikutnya dalam Yoh. 5:28:”semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suara-Nya”, bagaimana Anda mengartikannya? Secara khusus kata-kata tersebut menyatakan bahwa semua orang yang mati tersebut akan mendengar suara Anak Manusia yang diperdengarkan hanya satu kali saja. Kalau kata “saat” dipahami sebagai rentang waktu sepanjang 1000 tahun, maka suara Anak Manusia berarti juga akan terdengar disepanjang rentang 1000 tahun. Apakah seperti ini?

Perhatikan perkataan rasul Paulus berikut ini:

Kis. 24:14-15
14 Tetapi aku mengakui kepadamu, bahwa aku berbakti kepada Allah nenek moyang kami dengan menganut Jalan Tuhan, yaitu Jalan yang mereka sebut sekte. Aku percaya kepada segala sesuatu yang ada tertulis dalam hukum Taurat dan dalam kitab nabi-nabi. 15 Aku menaruh pengharapan kepada Allah, sama seperti mereka juga, bahwa akan ada kebangkitan semua orang mati, baik orang-orang yang benar maupun orang-orang yang tidak benar.

Dalam bahasa Yunani dan dalam terjemahan bahasa Inggris, kata “kebangkitan” dinyatakan dalam bentuk tunggal (anastasin). Dapatkah dua atau lebih kebangkitan dikatakan sebagai “anastasin”?

Penganut premilenialis, baik historis maupun dispensasi, menegaskan bahwa yang digambarkan dalam perikop Why. 20:12-15 adalah kebangkitan yang hanya dialami oleh orang-orang fasik. Kita akan periksa apakah hal ini memang demikian adanya. Premilenialis juga beranggapan bahwa Why. 20:12-15 merupakan kelanjutan dari ayat sebelumnya yang mengatakan demikian:

Wahyu 20:5
Tetapi orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu. Inilah kebangkitan pertama.

Tetapi, sesuai dengan apa yang telah diuraikan dalam:” 1000 Tahun Memerintah Bersama Dia ”, Why. 20:4-6 tidaklah berbicara mengenai kebangkitan tubuh, baik bagi orang percaya, maupun bagi orang tidak percaya, melainkan berbicara mengenai kebgangkitan jiwa-jiwa umat Tuhan di sorga. Sekarang, kita akan memeriksa dengan teliti mengenai Why. 20:12-15.

Wahyu 20:12-15
12 Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu. 13 Maka laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya. 14 Lalu maut dan kerajaan maut itu dilemparkanlah ke dalam lautan api. Itulah kematian yang kedua: lautan api. 15 Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu.

Perhatikan kalimat:”orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta” (ay. 12). Kenapa kalimat ini dinyatakan hanya menunjuk kepada orang-orang tidak percaya? Lebih kuat lagi kita membaca:”laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya”; sudah tentu yang dimaksudkan dalam ayat-ayat ini adalah semua orang; tidak ada indikasi apapun yang menyatakan bahwa orang-orang itu hanya terdiri dari orang-orang tidak percaya. Bagian akhir dari ay. 12 memberikan informasi adanya kitab-kitab yang akan dijadikan dasar bagi pelaksanaan penghakiman, tetapi sebelumnya juga diinformasikan dibukanya “kitab kehidupan”. Ayat 15 menyingkapkan kepada kita bahwa jika ada orang yang namanya tidak tertulis dalam “kitab kehidupan” itu, maka ia akan dilemparkan ke dalam lautan api; artinya, juga ada di antara mereka yang namanya tertulis dalam “kitab kehidupan” itu. Sekali lagi tidak terlihat adanya indikasi bahwa, semua orang dalam penghakiman ini adalah hanya terdiri dari orang-orang yang tidak tercatat dalam “kitab kehidupan”; sebaliknya, “kitab kehidupan” yang dimaksudkan dalam ayat 12 dan 15 mengacu kepada daftar nama-nama umat pilihan TUHAN di antara semua orang itu, yang walaupun melaksanakan penghakiman, tetapi tercatat dalam kitab kehidupan. Halleluyah! Demikianlah kita bisa menyimpulkan bahwa perikop ini menggambarkan kebangkitan tubuh yang akan berlaku bagi semua orang mati:”orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta”, “Dan orang-orang mati dihakimi”, “Maka laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya”, serta “kerajaan maut menyerahkan orang-orang mati”, “mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya.”

2. Alkitab mengajarkan bahwa orang-orang percaya akan dibangkitkan pada saat kedatangan Kristus yang kedua kali, yaitu saat yang disebut sebagai “akhir zaman”

1 Tesalonika 4:16-17
16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;

1 Korintus 15:23
Tetapi tiap-tiap orang menurut urutannya: Kristus sebagai buah sulung; sesudah itu mereka yang menjadi milik-Nya pada waktu kedatangan-Nya.

Kapankah kebangkitan tubuh ini akan terjadi? Apakah ayat-ayat di atas menunjuk adanya dua tahap atau lebih kebangkitan tubuh? Berikut ini kita akan membaca penegasan langsung dari Tuhan Yesus:

Yohanes 6:39-40
39 Dan Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman. 40 Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman."

Yohanes 6:44
Tidak ada seorangpun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman.

Yohanes 6:54
Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman.

Kenapa bisa diartikan sebagai janji akan adanya dua fase kebangkitan di awal dan di akhir masa 1000 tahun (harafia)? Siapa yang bilang begitu? Tuhan Yesus hanya katakan di akhir zaman! Menurut ajaran premilenialis, baik historis maupun dispensasi, saat di mana orang-orang percaya dibangkitakan pertama kali adalah di awal masa 1000 tahun sebelum mereka masuk ke dalam kondisi akhir (kekekalan). Tetapi, bagaimana mungkin saat yang terjadi 1000 tahun lebih awal dapat dikatakan sebagai akhir zaman?

3. Penjelasan bagi dua fase kebangkitan yang didasarkan pada 1 Tes. 4:16 dan 1 Kor. 15:23-24 tidak terbukti!

1 Tesalonika 4:16-17
16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; 17 sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.

Sangat menyedihkan sekali, bahwa kita mendapatkan adanya anggapan yang memahami kalimat:”mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit”, sebagai kalimat yang menunjuk kepada kebangkitan tubuh pertama. Tetapi konteks keseluruhan dari kedua ayat di atas bukanlah menunjuk kepada pemisahan kebangkitan orang percaya dan tidak percaya, melainkan kebangkitan tubuh orang percaya yang telah mati untuk Kristus, yang segera diikuti dengan pengangkatan seluruh jemaat dari yang bangkit itu, dan yang masih hidup pada saat kedatangan Yesus yang kedua.

1 Korintus 15:23-24
23 Tetapi tiap-tiap orang menurut urutannya: Kristus sebagai buah sulung; sesudah itu mereka yang menjadi milik-Nya pada waktu kedatangan-Nya. 24 Kemudian tiba kesudahannya, yaitu bilamana Ia menyerahkan Kerajaan kepada Allah Bapa, sesudah Ia membinasakan segala pemerintahan, kekuasaan dan kekuatan.

Konteks dimana ayat-ayat ini ada, adalah Paulus yang sedang berurusan dengan orang-orang Kristen yang walaupun mempercayai kebangkitan Kristus secara fisik, namun tidak menerima kebangkitan fisik orang-orang percaya. Terhadap penyimpangan tersebut, Paulus menggambarkan relasi kebangkitan Kristus dengan kebangkitan orang percaya. Tidak ada sama sekali pembahasan mengenai urutan kebangkitan yang diajarkan oleh kalangan premilenialis dalam keseluruhan pasal ini. Tetapi Paulus merelasikan peristiwa kebangkitan Kristus sebagai contoh bahwa, orang percaya juga akan mengalami kebangkitan yang sama pada saat kedatangan-Nya yang kedua. Jelas bukan menunjuk pada kebangkitan di awal masa 1000 tahun harafiah seperti yang diajarkan dalam premilenialisme. Kalimat:”Kemudian tiba kesudahannya, yaitu bilamana Ia menyerahkan Kerajaan kepada Allah Bapa,” tidaklah berarti menunjukan jeda waktu 1000 tahun harafiah sesudah kebangkitan pertama orang-orang percaya. Kalimat ini lebih menunjukan suatu penegasan bahwa sesudah semuanya itu terjadi, maka tergenapilah secara utuh karya mesianis Tuhan kita Yesus Kristus.

========================================================================================
Sejauh ini, kita dapat menyimpulkan bahwa tidak ada dasar dalam Alkitab bagi teori tentang dua atau lebih macam kebangkitan. Alkitab dengan jelas mengajarkan bahwa, pada saat Kedatangan Yesus yang kedua kali akan ada kebangkitan tubuh baik bagi orang-orang percaya maupun orang-orang tidak percaya. Dan kebangkitan ini segera akan diikuti dengan penghakiman akhir; bukan dimulainya kerajaan 1000 tahun harafiah! ========================================================================================

Demikian, semoga dapat memperdalam pemahaman yang ada.
GBUs :slight_smile:

[i][b]Sumber:

  1. Anthony A. Hoekema, dalam Alkitab dan Akhir Zaman
  2. Herman Ridderbos, dalam Paulus, Pemikiran Utama Theologinya[/b][/i]

Terima kasih kepada Bro Kasih yg telah beri pandangan dari perspektif A-MILLENIUM.

Silahkan kepada rekan2 yg lain utk memberi wawasan dari pandangan lainnya.

Blessings,

Same 2 u bro

2. Alkitab mengajarkan bahwa orang-orang percaya akan dibangkitkan pada saat kedatangan KRISTUS yang kedua kali, yaitu saat yang disebut sebagai “akhir zaman”

1 Tesalonika 4:16-17
16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam KRISTUS akan lebih dahulu bangkit;

1 Korintus 15:23
Tetapi tiap-tiap orang menurut urutannya: KRISTUS sebagai buah sulung; sesudah itu mereka yang menjadi milik-Nya pada waktu kedatangan-Nya.

Kapankah kebangkitan tubuh ini akan terjadi? Apakah ayat-ayat di atas menunjuk adanya dua tahap atau lebih kebangkitan tubuh? Berikut ini kita akan membaca penegasan langsung dari Tuhan YESUS:

ada 2 tahap kebangkitan orang mati.

  1. Kebangkitan orang yang PERCAYA TUHAN YESUS KRISTUS

1 Tes. 4 : 16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam KRISTUS akan lebih dahulu bangkit;

dengan jelas sekali ayat ini mengatakan akan ada bila sankakala ALLAH berbunyi, maka mereka yang sudah meninggal dan percaya dalam KRISTUS YESUS kubur mereka akan terbelah dan mereka akan bangkit dengan “tubuh kebangkitan” menjemput Jesus di awan awan.

bagaimana dengan kita yang masih hidup pada saat sangkakala ALLAH BERBUNYI ??

ayat 17 : sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.

kita yang percaya TUHAN YESUS KRISTUS, pada saat sangkakala ALLAH BERBUNYI, maka dengan sekejap kita pun terangkat menjemput YESUS di awan awan.

saat kejadian ini terjadi secara serentak di seluruh dunia dan tidak berlaku bagi mereka yang tidak percaya TUHAN YESUS KRISTUS.

Matius 24:40 Pada waktu itu kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan;
Matius 24:41 kalau ada dua orang perempuan sedang memutar batu kilangan, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan.

bagi mereka yang mati karena aniaya antikris, maka mereka juga akan bangkit sebelum kerajaan 1000 tahun

Wahyu 7 : (9) Kemudian dari pada itu aku melihat: sesungguhnya, suatu kumpulan besar orang banyak yang tidak dapat terhitung banyaknya, dari segala bangsa dan suku dan kaum dan bahasa, berdiri di hadapan takhta dan di hadapan Anak Domba, memakai jubah putih dan memegang daun-daun palem di tangan mereka.

(13) Dan seorang dari antara tua-tua itu berkata kepadaku: “Siapakah mereka yang memakai jubah putih itu dan dari manakah mereka datang?”

  1. Maka kataku kepadanya: “Tuanku, tuan mengetahuinya.” Lalu ia berkata kepadaku: "Mereka ini adalah orang-orang yang keluar dari kesusahan yang besar; dan mereka telah mencuci jubah mereka dan membuatnya putih di dalam darah Anak Domba.
  1. Bagi mereka yang tidak percaya TUHAN YESUS KRISTUS, maka mereka akan bangkit nanti setelah masa kerajaan 1000 tahun untuk menerima hukuman yang kekal.

Wahyu 20 : (12) Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka,
berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.
(13) Maka laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya.
(14) Lalu maut dan kerajaan maut itu dilemparkanlah ke dalam lautan api. Itulah kematian yang kedua: lautan api.

3. Penjelasan bagi dua fase kebangkitan yang didasarkan pada 1 Tes. 4:16 dan 1 Kor. 15:23-24 tidak terbukti!

1 Tesalonika 4:16-17
16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam KRISTUS akan lebih dahulu bangkit; 17 sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.

Sangat menyedihkan sekali, bahwa kita mendapatkan adanya anggapan yang memahami kalimat:”mereka yang mati dalam KRISTUS akan lebih dahulu bangkit”, sebagai kalimat yang menunjuk kepada kebangkitan tubuh pertama. Tetapi konteks keseluruhan dari kedua ayat di atas bukanlah menunjuk kepada pemisahan kebangkitan orang percaya dan tidak percaya, melainkan kebangkitan tubuh orang percaya yang telah mati untuk KRISTUS, yang segera diikuti dengan pengangkatan seluruh jemaat dari yang bangkit itu, dan yang masih hidup pada saat kedatangan YESUS yang kedua.

hati hati apakah ayat ayat yang tertulis dalam alkitab tidak terbukti??
semua yang tercatat dalam alkitab adalah kebenaran.

banyak sekali aliran aliran baru yang saat ini berkembang demikian pesatnya yang menyesatkan umat

adalagi konsep mereka antara lain bahwa iblis saat ini sudah diikat. langit dan bumi tidak akan lenyap,
sedangkan dalam wahyu jelas ditulis, bahwa langit dan bumi akan lenyap.

1. Alkitab mengindikasikan bahwa kebangkitan orang percaya dan orang tidak percaya akan terjadi bersamaan.

tidak benar

ada terjadi perbedaan waktu kebangkitan orang PERCAYA TUHAN JESUS KRISTUS dengan yang tidak percaya yaitu 1000 tahun.

orang percaya bangkit lebih dahulu kemudian setelah itu orang tidak percaya

KEBANGKITAN ORANG MATI.

  1. Faedah mengerti tentang kebangkitan orang mati.
  • Mengerti tentang mati.
    Mati bukan berarti seluruh hidup ini selesai semuanya, masih ada sambungannya, masih ada perhitungannya lebih lanjut akan ada kebangkitan.
  • bagi orang berdosa, mati itu peristiwa yang menyedihkan bagi yang ditinggalkan dan sangat celaka bagi yang mati sebab ia sudah memulai hukuman kekal di dalam neraka.
  • Bagi orang beriman, mati itu untung. Pilipi 1 : 21 Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan

Alkitab mengatakan bahwa mati itu :
Tidur 1 tes. 4 : 14 For if we believe that Jesus died and rose again, even so them also which sleep in Jesus will God bring with him. (KJV) sebab akan bangun lagi
Pindah ke rumah / negeri yang kekal. Bukan hilang lenyap 2 kor 5 : 1 Karena kami tahu, bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman di sorga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia.

Mati = akhir kesempatan di dunia dan permulaan hidup yang sebenarnya. Ibr. 9 : 27 Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi

Tidak ada reinkarnasi, dari “tidur” sampai “bangun” tidak ada perobahan. Tetapi sesudah bangun kembali dari tidur, ia memakai tubuh yang kekal, namun oknumnya tetap sama.

  1. Kita bisa bersedia untuk hidup yang sesungguhnya, yang kekal. Tidak m udah ditipu iblis dengan segala macam tipu dayanya. Orang yang bersedia dan bisa mencapai kemuliaan yang setinggi tingginya.
  2. Hidup menjadi berarti, bermutu, sebab tahu ada kebangkitan 1 kor 15 : 19 Jikalau kita hanya dalam hidup ini saja menaruh pengharapan pada Kristus, maka kita adalah orang-orang yang paling malang dari segala manusia.(20) Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal.
    Kalau hidup kita berkenan, maka juga hidup, yang sekarang disertai dan diberkati oleh Tuhan.
  3. Penghiburan waktu menghadapi kematian. 1 tes. 4 : 13 – 18

ORANG MATI AKAN BANGKIT. = PASTI

  1. Semua orang akan mati dan semua orang mati akan bangkit. Pasti
    Yoh. 5 : 29 dan mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum.
    Kisah 24 : 15 Aku menaruh pengharapan kepada Allah, sama seperti mereka juga, bahwa akan ada kebangkitan semua orang mati, baik orang-orang yang benar maupun orang-orang yang tidak benar
  2. Sesudah bangkit, tidak bisa mati lagi. Tidak semua orang tahu bahwa semua orang mati pasti bangkit, sehingga mereka hidup sembarangan 1 kor. 15 : 32 Kalau hanya berdasarkan pertimbangan-pertimbangan manusia saja aku telah berjuang melawan binatang buas di Efesus, apakah gunanya hal itu bagiku? Jika orang mati tidak dibangkitkan, maka “marilah kita makan dan minum, sebab besok kita mati” – justru hidup sesudah kebangkitan inilah hidup yang sesungguhnya.
  3. Tempat tubuh kebangkitan itu tertentu serta tetap untuk kekal di sorga atau di neraka. Hanya ada dua tempat ini. Tidak ada yang lain.
  4. Tidak bisa tukar tempat. Dan kedua tempat ini tidak pernah bisa bertemu lagi 2 Tes. 1 : 9 Mereka ini akan menjalani hukuman kebinasaan selama-lamanya, dijauhkan dari hadirat Tuhan dan dari kemuliaan kekuatan-Nya.

Jadi ada kebangkitan.

  1. Manusia itu roh dan roh itu kekal, tidak bisa mati. Didunia kita hidup hanya sementara dalam tubuh yang fana, sesudah itu (sesudah mati) kita tetap ada.
  2. Hidup yang sesungguhnya itu kekal. Itu hidup kekal. Dari hidup yang fana kita harus menyebrang ke hidup yang kekal. Untuk menyebrang ke hidup yang kekal, kita harus melepaskan tubuh yang fana ialah kematian, tetapi sesudah rencana ALLAH selesai kita kembali memakai tubuh ini, tetapi berobah menjadi kekal.

Hidup yang fana hanya sebentar, tetapi penting sebab ini saat kita menentukan kemana kita akan tinggal dalam hidup yang kekal, di surga atau neraka. Kita bakal dimana??

DUA MACAM KEBANGKITAN

  • kebabangkitan sementara – lazarus, tabita anak jairus bangkit dalam hidup yang fana kemudian mati lagi.
  • Kebangkitan kekal. Yaitu pada hari kebangkitan (orang benar dan orang berdosa) dan memakai tubuh kebangkitan yang tidak bisa mati lagi tetapi terus hidup untuk kekal. Yoh. 5 : 28 Janganlah kamu heran akan hal itu, sebab saatnya akan tiba, bahwa semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suara-Nya, (29) dan mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum

KEBANGKITAN KEKAL DIBAGI LAGI :
Kebangkitan orang benar (dibenarkan dengan iman kepada TUHAN YESUS KRISTUS Yoh 11 : 25
Kebangkitan orang dosa Dan 12 : 2

DUA KEBANGKITAN INI TIDAK SAMA

Nasibnya berbeda. Matinya sama, bangkitnya lain
Orang baik/benar  sorga
Orang dosa / jahat  danau api – neraka.

Waktunya beda, berbeda 1000 tahun 1 Tes. 4 : 16
Orang benar pada waktu pengangkatan – bertahap
Orang dosa sesudah kerajaan 1000 tahun – kiamat

Namanya berbeda (wahyu 20 : 4 – 6)
Orang benar – kebangkitan pertama
Orang dosa - kebangkitan ke dua, sesudah pengadilan tahta putih yang besar mereka dilemparkan kedalam danau api yang kekal, mengalami kematian kedua

BAGAIMANA KEBANGKITAN ITU TERJADI??

Orang dosa bangkit dengan suara Tuhan Yesus Yoh. 5 : 28 – 29
Orang beriman yang mati bangkit oleh suara Tuhan, tetapi khusus untuk pengangkatan – bangkit tanpa kematian.

  • Percaya pada Tuhan Yesus Yoh. 11 : 25
  • Penuh Roh Kudus Roma 8 : 11
  • Minum perjamuan suci Yoh 6 : 54

Proses kebangkitan

  • Pada waktu mati, tubuh manusia tinggal di kuburan, nyawa lenyap, roh kembali kepada Tuhan Pengkotbah 12 : 7
  • Pada waktu kebangkitan atas perintah Tuhan 1 tes 5 : 23, kebangkitan ini adalah tubuh yang kekal.

Bentuk tubuh kebangkitan. 1 kor 15 : 35 – 37. Kebangkitan seperti orang menabur benih. Yang ditabur lain dari yang bangkit… demikian tubuh kebangkitan, adalah kelanjutan dari orang yang mati tersebut tetapi dalam bentuk tubuh yang berbeda.  tubuh kebangkitan.

ORANG DOSA : semua orang berdosa yang mati dalam segala zaman sampai zaman antikris dan akhir kerajaan 1000 tahun

  1. Mati
  2. Kebangkitan
  3. Mti, yaitu masuk dalam danau api kekal.

ORANG BENAR : ada tiga golongan besar :

  1. Orang beriman yang biasa
  • Mati
  • Kebangkitan. ( pada waktu pengangkatan / rapture, kecuali yang mati pada zaman antikris, bangkit pada akhir zaman antikirs.
  • Hiduip kekal selamanya dalam sorga
  1. Orang beriman yang mengalami kedatangan Tuhan
  • Tidak mengalami kematian, tetapi diubah dalam sekejab pada waktu pengangkatan, langsung berobah menjadi tubuh kebangkitan, yaitu TUBUH KEMULIAAN 1 Kor. 15 : 51 – 52
  • Tidak mengalami kebangkitan, sebab tidak mati.
  • Hidup kekal selamanya dalam sorga
  1. Orang yang tumbuh menjadi orang sempurna.
  • Tidak mengalami kematian, berobah dalam sekejap pada saat mnereka menjadi sempurna
  • Tidak mengalami kebangkitan
  • Hidup kekal dalam YERUSALEM BARU
    Tubuh kebangkitan orang benar dan tubuh kebangkitan orang dosa sangat berbeda. Orang benar sudah ditebus oleh DARAH TUHAN YESUS, sdebab itu sama sekali tidak ada lagi akibat dosa dalam tubuh kebangkitan orang benar. Tetapi dalam tubuh kebangkitan orang dosa, hancur dan rusak oleh akibat dosa yang terus bekerja dalam dirinya 1 Pet. 4 : 6

Bro Kasih,
Jadi bro percaya ada tribulation atau tidak?
Apa bro percaya pengangkatan sebelum tribulation?

Kalau ya tolong sertakan ayat2nya.

Apa sebaliknya bro percaya pengangkatan pada akhir tribulation.?

Kalau ya tolong sertakan ayatnya juga.

Aliran ini disebut PARALEISMA PROGRESIVE

yang bertolak belakang dengan apa yang di ajarkan dalam alkitab,
walaupun mereka mengutip ayat ayat alkitab.

UPPSSS, kasihan ach Bro kalau “dihakimi” seperti itu !
Bro KASIH itu mungkin LEBIH ETIS kalau kita umpamakan seperti Nabi Terachirnya Alkitab yaitu Yohanes Pembaptis yg saat ditanya orang2 Saduki, dengan rendah hati menjawab sbb :
Yohanes 1 :
http://tb.scripturetext.com/john/1.htm
19 Dan inilah kesaksian Yohanes ketika orang Yahudi dari Yerusalem mengutus beberapa imam dan orang-orang Lewi kepadanya untuk menanyakan dia: “Siapakah engkau?”
20 Ia mengaku dan tidak berdusta, katanya: “Aku bukan Mesias.”
21 Lalu mereka bertanya kepadanya: “Kalau begitu, siapakah engkau? Elia?” Dan ia menjawab: “Bukan!” “Engkaukah nabi yang akan datang?” Dan ia menjawab: “Bukan!”
22 Maka kata mereka kepadanya: “Siapakah engkau? Sebab kami harus memberi jawab kepada mereka yang mengutus kami. Apakah katamu tentang dirimu sendiri?”
23 Jawabnya: “Akulah suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Luruskanlah jalan Tuhan! seperti yang telah dikatakan nabi Yesaya.”
Jadi kepada Bro KASIH, saya pribadi SALUT bahwa anda BEGITU BERANI (siap di KRITIK) mengungkapkan hal KEBANGKITAN itu seperti di page 1.Saya pribadi YAKIN bahwa anda tetap RENDAH HATI, TIDAK BERDUSTA seperti Yohanes Pembaptis…kalau anda TIDAK BER TERIAK2…maka JALAN yg LURUS gak akan TERBUKA atau DATANG…nah bayangkan saja “TERIAKAN Anda” pada tgl 13 Februari 2009…tak ada yg menanggapi sampai sekitar 1 1/2 tahun…dan achirnya “JALAN yg LURUS” itu pun datang melalui SUGUHAN Rekan CUTZ pada 6 Agustus 2010, yg "pelajarannya setelah Bro Kasih" lebih Modern dan lebih Alkitabiyah…
Sama halnya dengan Yohanes Pembaptis gak bisa membaptis orang sehingga Roh Kudus turum, baru setelah ia Membaptis Yg Sulung, Yesus Kristus baru Roh Kudus turun…sebagai AWAL Tanda berlakunya Hukum /Perjanjian Baru yg dikatakan Yeremia 31 : 31 - 34…silahkan Buka Alkitab PL nya ya sama2…
Jadi Bro KASIH…anda adalah PIONER “sang Pembuka Jalan” untyuk Dialog tentang KEBANGKITAN ini…Trim’s buwat Bro KASIH…

http://tb.scripturetext.com/john/1.htm
24 Dan di antara orang-orang yang diutus itu ada beberapa orang Farisi.
25 Mereka bertanya kepadanya, katanya: “Mengapakah engkau membaptis, jikalau engkau bukan Mesias, bukan Elia, dan bukan nabi yang akan datang?”
26 Yohanes menjawab mereka, katanya: “Aku membaptis dengan air; tetapi di tengah-tengah kamu berdiri Dia yang tidak kamu kenal,
27 yaitu Dia, yang datang kemudian dari padaku. Membuka tali kasut-Nyapun aku tidak layak.”

Nah jika Bro KASIH tetap Rendah Hati seperti Yohanes Pembaptis…maka anda PATUT diberi sanjungan seperti kata Yesus kepada murid2-Nya tentang Yohanes Pembaptis , baca sama2 ya …
Matius 11 :
http://tb.scripturetext.com/matthew/11.htm
7 Setelah murid-murid Yohanes pergi, mulailah Yesus berbicara kepada orang banyak itu tentang Yohanes: "Untuk apakah kamu pergi ke padang gurun? Melihat buluh yang digoyangkan angin kian ke mari?
8 Atau untuk apakah kamu pergi? Melihat orang yang berpakaian halus? Orang yang berpakaian halus itu tempatnya di istana raja.
9 Jadi untuk apakah kamu pergi? Melihat nabi? Benar, dan Aku berkata kepadamu, bahkan lebih dari pada nabi.

10 Karena tentang dia (Yohanes Pembaptis) ada tertulis: Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau, ia akan mempersiapkan jalan-Mu di hadapan-Mu.

11 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya.
12 Sejak tampilnya Yohanes Pembaptis hingga sekarang, Kerajaan Sorga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba menguasainya.
13 Sebab semua nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya Yohanes
14 dan–jika kamu mau menerimanya–ialah Elia yang akan datang itu.
15 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!
Jadi Bro KASIH tak usah berkecil hati bila ada kechilafan karena BELUM mempunyai "pengetahuan yg lebih Alklitabiyah dan Modern atau Up to date"…anda adalah…SETARAF dengan…Elia yang akan datang itu. seperti Yohanes Pembaptis…OK !? Bravo, Bro !
Inilah GUNANYA kita SHARING, OK ?!

Yah CUMA sekedar MELURUSKAN pada TULISAN MERAH MARON diatas itu saja deh…
1.a. KALAU “ayat ini DASAR” atau “Bukan” ya ?

Wahyu 20 :
http://tb.scripturetext.com/revelation/20.htm
4 Lalu aku melihat takhta-takhta dan orang-orang yang duduk di atasnya; kepada mereka diserahkan kuasa untuk menghakimi. Aku juga melihat jiwa-jiwa mereka, yang telah dipenggal kepalanya karena kesaksian tentang YESUS dan karena firman Allah; yang tidak menyembah binatang itu dan patungnya dan yang tidak juga menerima tandanya pada dahi dan tangan mereka; dan mereka hidup kembali dan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan KRISTUS untuk masa seribu tahun.
Itu adalah orang2 yg MATI pada Masa Anti KRISTUS , mereka DIBUNUH karena tak mau MENYEMBAH si Anti KRISTUS…ini adalah Kebangkitan yg Kedua…SEBAB…lihat ayat lanjutannya…
5 Tetapi orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu. Inilah kebangkitan pertama. (Kebangkitan Pertama di Masa Anti KRISTUS , tetapi juga adalah Kebangkitan yg Kedua bila melihat URUT2annya, perhatikan ayat 5 itu…ada orang2 Lain yg bELUM DIBANGKITKAN.Naj sebelum kita melihat NASIB orang2 Lain itu, kita Flash Back/ Kilas balik ke Kebangkitan 1…kita lihat ya apa kata Alkitab dalam 2 Tesalonika 2 :http://tb.scripturetext.com/2_thessalonians/2.htm
1 Tentang kedatangan Tuhan kita YESUS KRISTUS 9MARANATHA) dan terhimpunnya kita dengan Dia (Masa TRIBULATION di Bumi sedang di Angkasa Masuk ke Perjamuan Kawin Anak Domba) kami minta kepadamu, saudara-saudara,
2 supaya kamu jangan lekas bingung dan gelisah, baik oleh ilham roh, maupun oleh pemberitaan atau surat yang dikatakan dari kami, seolah-olah hari Tuhan telah tiba.
3 Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka (Anti KRISTUS) , yang harus binasa,
4 yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah.
5 Tidakkah kamu ingat, bahwa hal itu telah kerapkali kukatakan kepadamu, ketika aku masih bersama-sama dengan kamu?
6 Dan sekarang kamu tahu apa yang menahan dia, sehingga ia baru akan menyatakan diri pada waktu yang telah ditentukan baginya.
7 Karena secara rahasia kedurhakaan telah mulai bekerja, tetapi sekarang masih ada yang menahan. Kalau yang menahannya itu telah disingkirkan,
Nah yg menahan si Anti KRISTUS EKSIS MUNCUL di Muka Bumi adalah Umat Tebusan-Nya, baik yg sudah meninggal maupun yg masih Hidup saat TuhannYesus datang di Angkasa…gitu tuh !

Nah sekarang kita masuk ke “orang2 Lain” di Masa Anti KRISTUS yg MATI tetapi menyembah si AK, mereka baru akan dibangkitkan setelah Kerajaan 1000 Tahun berlangsung di Bumi dengan YESUS adalah Raja segala raja, semua lidah MENGAKUI-Nya dan semu LUTUT Bertelut MENYEMBAH-Nya !
http://tb.scripturetext.com/revelation/20.htm
6 Berbahagia dan kuduslah ia, yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu. Kematian yang kedua tidak berkuasa lagi atas mereka, tetapi mereka akan menjadi imam-imam Allah dan KRISTUS, dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya.
Lompat ke ayat :
7 Dan setelah masa seribu tahun itu berakhir, Iblis akan dilepaskan dari penjaranya,
8 dan ia akan pergi menyesatkan bangsa-bangsa pada keempat penjuru bumi, yaitu Gog dan Magog, dan mengumpulkan mereka untuk berperang dan jumlah mereka sama dengan banyaknya pasir di laut.
9 Maka naiklah mereka ke seluruh dataran bumi, lalu mengepung perkemahan tentara orang-orang kudus dan kota yang dikasihi itu. Tetapi dari langit (dari Angkasa , yaitu dari Mulut YESUS, Raja atas segala raja itu ) turunlah api menghanguskan mereka,
10 dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya.
Nah INIlah KISAH dan NASIB orang2 yg lain itu mereka mengalami Kebangkitan yg ketiga…
11 Lalu aku melihat suatu takhta putih yang besar dan Dia, yang duduk di atasnya. Dari hadapan-Nya lenyaplah bumi dan langit dan tidak ditemukan lagi tempatnya.
12 Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.
13 Maka laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya.
14 Lalu maut dan kerajaan maut itu dilemparkanlah ke dalam lautan api. Itulah kematian yang kedua: lautan api.
15 Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu= NERAKA.

1b.
Tahukah bahwa TUBUH KEBANGKITAN bagi orang2 Percaya / Umat Tebusan-Nya ternyata BERBEDA lho dengan Tubuh Kebangkitan Orang2 yg MENOLAK Penebusan yg Allah sediakan.

  • Orang2 Tebusan-Nya memperoleh Tubuh Mulia …yg INDAH dan LAYAK untuk hadir di hadapan Hadiratnya…Plus diberikan "SANDAL, Jubah dan Cincin "…silahkan baca Perumpamaan Anak yg Hilang…apakah MAKNA TERSIRAT dari Simbol "SANDAL, Jubah dan Cincin " itu ? mungkin ada yg mau SHARING !
    Orang2 yg MENOLAK Penebusan Allah akan dibangkitkan dengan Tubuh Kenajisan berupa Ulat atau Cacing NERAKA (pernah ada yg baca ayat pendukungnya di Alkitab ?)


2.Dan kebangkitan ini segera akan diikuti dengan penghakiman akhir; bukan dimulainya kerajaan 1000 tahun harafiah!

Nah URUT2AN nya dalam Alkitab sbb BERIKUT ya biar SEMUA JADI JELAS :

  1. Ada Pengangkatan Orang2 Percaya (Umat Tebusan-Nya) sebelum Masa Anti KRISTUS dan agar Anti KRISTUS bisa MUNCUL melakukan AKSI TERACHIR nya si Iblis…baca 2 Tes 2 serta 1 Tes 4 : 16 - 17 )

  2. Lalu Terjadi Masa Anti KRISTUS : Baca 2 TES 2 swerta Wahyu 13 untuk hal ini…serta soal Masa Aniaya Besarnya ada di Wahyu mulai pasal 6 s/d 12…silahkan BACA dan Click sendiri ya, Bro dan Sis…http://tb.scripturetext.com/revelation/6.htm

  3. Lalu Masa Anti KRISTUS yg 7 tahun itu akan Berachir bertepatan dengan MARANATHA “Kedatangan KRISTUS yg Kedua kalinya”…mengjukum si Iblis dan Setan serta orang2 yg menolak Karya Penebusan Allah, baca 2 Tes 2 serta Wahyu 20…ayat 1- 4

  4. Kemudian berlangsunglah Masa Kerajaan 1000 tahun dibumi dengan YESUS sebagai Eaja diatas segala raja…dan beberapa Umat Tebusan yg Actif waktu semasa Hidupnya dan menerima 5 Jenis Mahkota akan memerintah sebagai raja2 kecil di Kerajaan Seribu Tahun…

  5. Lalu terjadilah KIAMAT di ujung Masa Kerajaan Seribu Tahun dimana sebelumnya semua Umat Tebusan di Kerajaan Seribu Tahun di transfer ke Bumi Baru dan Langit Baru…baca Wahyu psl 21…http://tb.scripturetext.com/revelation/21.htm

  6. Dan bagi orang2 lain yg bukan Umat Tebusan akan dibangkitkan pada Kebangkitan yg Terachir inin hanyab untuk diperhadapkan ke Pengadilan Tahta Putih untuk selanjutnya dilem[parkan ke Lautan Api atau Neraka itu sesuai Wahyu 20 :
    http://tb.scripturetext.com/revelation/20.htm
    11 Lalu aku melihat suatu takhta putih yang besar dan Dia, yang duduk di atasnya. Dari hadapan-Nya lenyaplah bumi dan langit dan tidak ditemukan lagi tempatnya. KIAMAT
    12 Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu. 13 Maka laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya. 14 Lalu maut dan kerajaan maut itu dilemparkanlah ke dalam lautan api. Itulah kematian yang kedua: lautan api. 15 Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu.

  7. Selanjutnya buat Umat Tebusan-Nya itu baca lanjutan kisahnya di Wahyu 21 dan 22 ya…
    Ya , semoga SHARING ini bisa MERALAT Tulisan Merah Maron diatas…cuma mekaksanakan apa yg Yehezkiel 3 : 17 - 21 katakan itu…silahkan Click disini… http://tb.scripturetext.com/ezekiel/3.htm

tribulation akan terjadi 7thn dibagi 2x 3.5 thn, gereaja mengalami semua pada masa 3.5th tribulation pertama, tapi saat masa antikris, gereja Tuhan ada yang diungsikan ke padang belantara jauh dari mata ular, Allah memelihara 1260 hari (3.5)thn (masih di bumi) .di akhir tribulation baru Tuhan datang…gereja yg diungsikan akan menyongsong kedatangan Tuhan wakyu 12: 6 sebagai mempelai Tuhan Whyu 19 : 9.
orang kristen yang tertinggal akan mengalai kematian yang juga dibangkitkan pada waktu Sangkakala dibunyikan pada kedatangan Tuhan yang ke2.

dimanakah padang belantara yang jauh dari “mata ular” ?