Dua Inti Dasar Kekristenan yang selalu menjadi DILEMMA.

I. Yesus adalah Allah.
Dari awal, dimana Yesus sebagai manusia, dihukum mati karena Dia menyatakan dirinya sebagai Anak Allah.
Banyak pertanyaan mulai timbul:

  • Kalau Yesus adalah Allah, lalu ada berapa Allah ?
  • Yesus itu manusia atau Allah, atau kedua-duanya ?
  • Kalau Yesus adalah Anak Allah, mana yang lebih tinggi kedudukannya ?
  • Bagaimana hubungannya dengan Allah Roh Kudus ?
    Demikian sehingga timbul banyak pertanyaan yang sulit dijawab dan akhirnya para bapa gereja mengadakan konsili di Nicaea dan timbullah istilah Trinity, satu Allah dengan 3 pribadi.

Sekalipun sudah dikanonkan adanya Trinity, dengan berjalannya waktu, masih juga menjadi perpecahan setelah konsili Chalcedon, dan sampai sekarang seperti adanya Saksi Yehowah yang tetap tidak bisa menerima bahwa Yesus adalah setara dengan Allah.

II. Roti adalah daging Yesus.
Dari awal, ketika Yesus menyatakan bahwa roti yang diberikan untuk dimakan itu adalah dagingNya, mulai timbul pertentangan diantara orang Yahudi dan sejak itu banyak murid-murid Yesus yang meninggalkan Yesus.
Sampai sekarang masalah roti berubah menjadi daging Yesus masih tetap menjadi dilemma, setelah pengertiannya oleh Martin Luther dibelokkan.

  1. Saya juga tidak setuju dengan doktrin SSY.
  2. Hubungannya dengan Martin Luther apa?

Doktrin2 esensi/pokok Kristen yg mempengaruhi keselamatan:

  1. Allah trinitas
  2. Yesus ialah satu pribadi yg memiliki dua hakikat, hakikat yg ada dengan sendirinya (Allah) dan hakikat yg ditambahkan dalam inkarnasi-Nya (Manusia), menyatu tak terpisahkan dalam satu pribadi Yesus namun tak bercampur-baur (menyakini incarnation-Nya dan hypostatic union).
  3. Dilahirkan dari anak dara Maria, disalib, mati dan pada hari ketiga bangkit.
  4. Dibangkitkan secara tubuh fisik (yg sudah dimuliakan).

Makanya Katolik, Ortodoks dan Protestan yg denom2nya mengakui doktrin2 ini adalah satu ketum.
Entah kalau ketumnya Mas Bela, MAXIM, Jack, Dya, Daniel, Doa dan Aldhi??? Jelas2 mereka menolak beberapa doktrin dasar diatas, no 4 sudah jelas ditolak mereka, begitu juga no 2, si Dya terang2 menyangkal no1, katanya trinitas ialah keputusan politis, tidak diajar Yesus dan para rasul!!! dan Pernyataannya didukung2 mas Bela dan ketumnya, langsung dianggap menjadi "Paus’nya Protestan, infalibel, tak bisa salah dan para pembaca yg menentang pengajaran2 mereka dicap Protestan gadungan, Kristen palsu, Katolik dan kesudahan mereka ialah di neraka jahanam. Galak benar pengajaran2 mereka.

Perasaan gak ada nama Allah Roh Kudus :slight_smile:

Allah trinitas itu apa? Lha, katanya orang Baptist?

Salam
Allah Bapa,Allah Putra dan Roh Kudus .
Di baptis juga pake dalam nama Bapa Putra dan Roh Kudus

Coba tny2 ke sist Rennati , tuh denomnya ada Baptis nya.

SSY juga pake, Mormon juga pake, Unitarian juga pake.
Mereka tidak pake Allah trinitas.
Baptist pake Allah trinitas ngga?

Salam
Gak tuh, cm tanya sist Rennati,dia jg toh dari Baptis jg. ;D

Saya percaya Yesus sebagai Juru selamat di Baptist donk. Saya dibaptistkan di Gereja Baptist donk. Saya dulunya anggota Gereja Trinitas Baptis (Trinity Baptist Church). Belakangan saya ikut Protestan Injili karena di kota saya berdomilisi sekarang tidak ada Gereja Baptist. Yang namanya Baptist pasti setia kepada ajaran trintas. Kok malu mau mengakui?

Gak tuh, kata kamu? Ketahuan…nanti terbongkar juga donk.

Salam
Wah berarti seharusnya sejalan donk,knp jd beda ya? :slight_smile:
Baptis itu yg di dahulukan itu Kasih dan Pemahaman Alkitab sebagai dasar Baptis itu sendiri. :slight_smile:

Salam
Memang gak pake Allah trinitas tapi Allah Bapa dan Putra dan Roh Kudus, bukan Allah trinitas :ashamed0002:

Kamu aja yg tak sejalan. Coba kamu tanya pendeta kamu apakah dia percaya kepada trinitas atau coba kamu baca2 doktrin Baptist, apakah termasuk trinitas? Ketahuan…nanti terbongkar juga.

Ketahuan juga akhirnya.

Southern Baptist Church Beliefs and Practices
Basic Tenets of the Faith

The Trinity - They believe in only one God who reveals Himself as God the Father, God the Son and God the Holy Spirit.

Baptists generally accept the fundamental doctrines of the faith as described below. Adherence to these doctrines is what defines them. Conversely, it is their distinctives and various views regarding the finer points of Biblical interpretation that determines to which form of Baptist practice one identifies.

God
There is one and only one living and true God. He is an intelligent, spiritual, and personal Being who is the Creator, Redeemer, Preserver, and Ruler of the universe. God is infinite in holiness and perfect in every way.
“That men may know that thou, whose name alone is JEHOVAH, art the most high over all the earth” ~ Psalm 83:18
“Go ye therefore, and teach all nations, baptizing them in the name of the Father, and of the Son, and of the Holy Ghost:” ~ Matthew 28:19

God the Father
God as Father reigns supreme with providential care over His universe, His creatures, and the stream of human history according to the purposes of His divine grace.
“Grace be to you and peace from God the Father, and from our Lord Jesus Christ,” ~ Galatians 1:3

God the Son
Christ is the eternal Son of God. In His incarnation as Jesus Christ He was conceived of the Holy Spirit and born of the virgin Mary. Jesus is perfectly revealed in Scripture and did the will of God by taking upon Himself human nature with its demands and necessities. In doing so, He identified Himself completely with mankind, yet without sin.
“But these are written, that ye might believe that Jesus is the Christ, the Son of God; and that believing ye might have life through his name.”
~ John 20:31

God the Holy Spirit
The Holy Spirit is the fully divine Spirit of God. He inspired those men of old whom He chose to write the Word of God. Through illumination He enables men to understand God’s truth as revealed in His Scriptures.
“If ye then, being evil, know how to give good gifts unto your children: how much more shall your heavenly Father give the Holy Spirit to them that ask him?” ~ Luke 11:13

http://www.allaboutbaptists.com/doctrines.html

Mana mungklin mengakui Baptist kalau tak percaya trinitas?
Baptist gadungan mungkin?

Salam
;D
Apakah Doktrin segitu pentingnya sampai harus kita perdebatkan bang Cosmic?
Apa Baptis mengajarkan bagaimana kita harus memaksakan Kebenaran?itu hanya di punyai oleh pihak Reform,Injili,Kharismatik,dll kecuali Katolik(tidak harus membawa jiwa).
sedangkan org2 Baptis lebih kepada kasih yg tidak memaksakan dan ikut tenggang rasa thd sesama dan tidak pernah mengungkapkan kata2 sesat or hujatan.
Coba ingat2 gimana pengajaran dulu ttg Alkitabnya di sekolah Minggu(krn sy sejak indria loh ikutan),karena itu Baptis selalu di sangka tidak perduli/tegas dalam membawa jiwa.
Nah karena itu juga yg Baptis adem ayem keliatan tidak ada gregetnya sehingga pd berpencarlah mereka yg tidak enak thdp Baptis itu sendiri.
Tapi jangan slh juga ketua pendeta Kristen Indonesi itu lebih sering memilih pdt2 dari Baptis karena ya itu yg nama kasihnya.

Salam
BTW thanks berat buat link nya ;D ;D selama ini malah gak tau kl ada webnya ;D
Thanks ya bro :smiley: :afro:

Penting lah, mengapa tidak? Doktrin2 kan pengajaran Firman Tuhan. Masak ngga penting? Katanya sola scriptura?

Salam
Tapi sekarang itu banyak sekali pdt2 yg mulai ngaco oleh krn desakan duniawi untuk mengenyangkan perut mereka so kita harus lebih berpegang kepada Alkitab dan bersekutu jika ada pertanyaan mengenai rohani kepada siapa saja yg memang tulus dalam memberikan keterangannya.

Dan sy malah mendapatkan pencerahan/Kebenaran Firman di luar dari Baptis itu sendiri ketika menghadapi org2 di luar dari Baptis.
Tau kenapa sy suka Kenneth E Haggins?? karena dia itu dari Baptis yg membuka sekolah sendiri karena merasa tertolak oleh doktrin Baptis yg tdk begitu penting akan Karunia dan Nubuatan(kebanyakan Protestan).
Nah begitu jg dgn sy yg ingin lebih dalam melayani dan bnyk pertanyaan mengenai Kebenaran itu sendiri.