Ekaristi atau PAUS berhalanya?

Pertanyaan bagi Katolik mengenai berhala EKARISTI:

  1. Siapa yang disembah dalam ekaristi?

Roti yang sudah dikonsekrasi PAUS?

atau sosok PAUS yang bisa merubah substansi roti kecil itu, yang memberikan kelegaan, pengkudusan dan keselamatan bagi umat Katolik?

  1. Kenapa PAUS i.e magisterium mengajarkan umat cara yang tidak layak makan roti atau minum cawan Tuhan?

Dimana BUKAN tubuh dan darah KRISTUS diatas kayu salib yang menyelamatkan manusia, namun diganti roti yang sudah dikonsekrasi VICAR KRISTUS/ PAUS ROMA dan imam tahbisan dalam persekutuan dengannya?

Bukankah ini berarti mengajarkan umat agar tanpa sadar menggantungkan iman dan keselamatannya pada VICAR KRISTUS dan rotinya seperti ajaran GK yg lain? (Unam Sanctam dan EENS)

Dan Paus i.e magisterium GK tanpa kentara sudah mengajak umat katolik untuk mengingkari tubuh dan darah KRISTUS yang sudah diberikan oleh-Nya di kayu salib dengan mujizat PAUS.

1 Kor 11:27 Jadi barangsiapa dengan cara yang tidak layak makan roti atau minum cawan Tuhan, ia BERDOSA terhadap tubuh dan darah Tuhan.

Yoh 6:51 Akulah (KRISTUS) roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang sudah Kuberikan untuk hidup dunia.

Yoh 6:58 Inilah b[/b] roti yang telah turun dari sorga, bukan roti seperti yang dimakan nenek moyangmu dan mereka telah mati. Barangsiapa makan roti ini, ia akan hidup selama-lamanya.

1 Kor 11:29 Karena barangsiapa makan dan minum tanpa mengakui tubuh Tuhan, ia mendatangkan HUKUMAN atas dirinya.

Paus sebagai pencipta ajaran berhalanya dan Ekaristi yang tidak pernah ada istilahnya di Alkitab sebagai sarana berhalanya.

biarpun berhala … yang masuk neraka bukan elu. Trus ngapain ele sibuk amat. biarkan aja

Sakramen atau Ekaristi itu bagi Katolik bukan sebagai metaphor tetapi dianggap bisa memberikan berkat ( containers of grace),jadi siapapun yang berpartisipasi didalam sakramen akan di ‘infused’ dengan berkat atau anugerah dari Tuhan.

Inilah titik tolak pemberhalaan karena anugerah hanya melalui iman kepada Yesus saja dan berasal dari Firman dan Roh Kudus,bukan dari sakaremen apakah itu baptis,ekaristi dlsb.

aku belajar di internet dan sekolah di Katolik dahulu yang Kanon Alkitab adalah Gereja Katolik.

Protestan ada tahun 1517 dan Pantekosta tahun 1917 . Selama 1500 / 1900 tahun Alkitab tidak ada ya.

Kapan Alkitab jatuh dari langit ke 7. ?

Martin Luther , Calvin dulu Katholik … dia belajar / baca pakai apa kalau bukan Alkitab.

Pengetahuanmu cetek sekali dan tidak pernah belajar sejarah Alkitab.

Semua kitab PL sudah dikaononisasi jauh sebelum ada gereja kristen.

Semua kitab PB sudah selesai ditulis sebelum abad pertama dimana gereja katolik juga belum ada.

Silahkan search di forum ini mengenai sejarah Alkitab supaya tidak OOT kamu !

Yang OOt kamu … Sejarah Protestan ada 1517… Alkitab sejak abad 3 ada 73 Kitab sekarang kok jadi 66 Kitab.

Masuk aja dalam diskusi ini Bro: EKARISTI (Misa Kudus) Bentuk penyembahan KATOLIK kepada TUHAN - Ajaran Kristen - ForumKristen.com ngak usah repot2 bikin threat baru.

Salam Kasih

Kalau benar roti, kan nggak mungkin juga semua umat katolik disuruh nyembah roti oleh Gereja.

Bukankah sosok PAUS dan imamnya saja yang bisa merubah roti ekaristi itu, yang memberikan kelegaan, pengkudusan dan keselamatan bagi umat Katolik?

Pernah diajarin gak peristiwa penyaliban tubuh Kristus di kayu salib?

Kalau kamu kurang tau bahwa umat katolik dibuat bergantung keselamatannya pada PAUS, dalam hal ini roti sakramen ekaristi, coba kamu baca2 dulu topik penyembahan tertinggi katolik dalam ekaristi atau bertanya pada Romo kamu.

Topiknya kan beda bro

Lagian pertanyaannya sudah terlanjur di thread ini

Gak ada bedanya kan dijawab sama bro disini?

Salam kasih

Pertanyaan Multiple Choice nih bro ? Disuruh pilih satu di antara dua. Hihihi … Berhalanya : PAUS ! :onion-head29:

Pertanyaan ini ditujukan pada member Katolik.
Tolong member yang Protestan tidak ikut-ikutan menjawab karena jawaban Anda tidak bisa mewakili pemikiran Katolik.

Salam

Saya nggak ngerasa repot2 kok bro

Memang beda ya kalau dijawab di thread itu?

Kenapa gak dijawab di thread ini yang bertanya soal EKARISTI?

Salam Kasih

tolong diawasi si david ini mod… :slight_smile:

heh TS, gw mau nanya, tujuan lu buat thread kayak ginian itu apa sih? gak penting banget tau gak. Lu provokator? tobat deh lu… bener-bener deh

yang disembah adalah Sakramen Mahakudus.
ngerti gak lu??

tujuannya ya sesuai pertanyaan yang sudah disampaikan, berhalanya siapa?

Dan kenapa Paus mengajarkan umatnya berdosa terhadap Tubuh Kristus?

Kan kasihan umat katolik yg musti ikut menghujat tubuh Kristus dan karyanya di kayu salib?

tukang kipas dan tukang fitnah saling barter… ;D :2funny:

berhala apaan? heh, yang sopan yah lu kalau ngomong, siapa yang ngajarin lu ada berhala di katolik? tau gak artinya berhala apaan? belajar lagi deh lu. heran gw, siapa sih yang ngajarin lu yang gak bener. tobat deh lu.

fitnah lu