"Empat tempat suci rawan copet"

1. Kota Makkah, Arab Saudi
Merdeka.com - Kota Makkah memang bernama lain tanah suci. Konon di sanalah kita mendapat ganjaran setimpal atas perbuatan tidak baik selama dilakukan. Namun hal ini tidak berlaku bagi kawanan copet.

Di depan Kabah kiblat umat Islam bahkan para copet beraksi leluasa lantaran memakai baju longgar. Sindikat ini juga didominasi perempuan. Bila tak hati-hati sejumlah barang berharga bakal berpindah tangan.

Kepolisian syariah Masjid Al-Haram pernah membeku geng copet di kawasan Ajiad pada 2010 dan menyita mata uang pelbagai negara, perhiasan, jam tangan, ponsel, dan nilainya sekitar Rp 256 juta.

2. Kota Madinah, Arab Saudi
Merdeka.com - Madinah juga termasuk kawasan suci bagi umat Islam. Di sana berdiri Masjid Nabawi saban hari tak sepi dari peziarah. Namun tak hanya peziarah asli, rombongan ini terselip beberapa copet siap beraksi mempreteli barang bawaan jamaah.

Bahkan jamaah haji dan umrah sendiri terkadang ketahuan mencuri bukan haknya. Tak peduli dosa, biasanya mereka berbuat ini lantaran duit habis untuk membeli oleh-oleh.

Para copet tak lagi takut dengan ancaman potong tangan diterapkan hukum syariah sebagai sanksi bagi pelaku.

3. Lapangan Santo Petrus, Vatikan
Merdeka.com - Vatikan merupakan tanah suci bagi umat Katolik sejagat. Di tiap perayaan penganut Kristen dan Katolik selalu dipadati jemaat, terutama di Lapangan Santo Petrus tempat Paus memberikan khotbah, namun siapa sangka jika seperempat peziarah ternyata copet.

Dalam satu hari keamanan Vatikan menerima laporan kehilangan barang sejumlah rata-rata 300 kasus. Namun hingga kini belum ada satu pun pencuri tertangkap. Pemerintah Vatikan telah memasang banyak kamera pengintai untuk mengetahui gerak gerik copet.

4. Kota Yerusalem
Merdeka.com - Kota Yerusalem merupakan kota suci tiga agama dunia yakni Islam, Kristen, dan Yahudi. Setiap tahunnya beberapa kali peziarah memadati kompleks Kuil Bukit (Bukit Bait).

Tak terpengaruh dengan embel-embel kota suci, pencopet di sana nekat beraksi. Sebanyak 55 persen pencopet merupakan peziarah Kristen dari pelbagai penjuru, sisanya imigran Arab. Belum pernah ditemukan kasus warga Yahudi mencuri barang para peziarah.

* Jadi sebenarnya gak ada yg namanya tempat suci di dunia ini,
Yg no. 5) yg harus diwaspadai adalah juga di gereja > jangan lengah saat ibadah