ESENSI PENYEMBAHAN BERHALA

Apakah berhala itu? Menurut catatan Alkitab yang ditulis ribuan tahun lampau, berhala ialah suatu makhluk yang diwujudkan dalam bentuk patung pahatan dari kayu atau logam yang kemudian kepadanya penghormatan & penyembahan diberikan. Meskipun bentuk-bentuk penyembahan semacam itu masih berlangsung hingga hari ini tetapi dengan berkembangnya zaman dimana akal sehat lebih berperan, ibadah semacam itu sudah jauh ditinggalkan, digantikan bentuk-bentuk lain yang tanpa disadari juga telah menjadi berhala bagi manusia. Tidak terkecuali orang-orang Kristen sekalipun.

Sesungguhnya esensi atau intisari penyembahan berhala tidak pernah berubah. Para penyembah melakukan hal ini kepada apa atau siapa yang disembahnya:

  • mereka meninggikan & mengunggulkan berhala tsb: bahwa berhala itu dapat menolong mereka, menjadi jaminan & solusi bagi hidup mereka, & yakin mereka dapat melalui apapun bersama illah mereka

  • mereka melakukan pengorbanan sebagai bentuk penyembahan kepada berhala mereka: bahwa waktu, tenaga, biaya, kesenangan hidup bahkan sampai keluarga mereka boleh dikorbankan demi menyukakan berhala tsb.

  • mereka mendahulukan/memprioritaskan berhala tsb dalam hidup mereka: bahwa saat harus memilih maka kepentingan & kesenangan berhala adalah yang diutamakan lebih dari apapun yang lain

Berhala-berhala masa kini masih tidak kalah banyak & kuat pengaruhnya seperti di masa lampau. Itu bisa berupa uang, jabatan, nama baik, keluarga, kebanggaan-kebanggaan di hidup kita, hobby, kebiasaan hidup, pasangan kita, pengetahuan rohani, acara-acara & tokoh rohani tertentu hingga gereja atau organisasi rohani favorit kita!

Setiap peninggian, pengorbanan, & pilihan-plihan kita tiap hari menunjukkan siapa yang kita sembah. Gamblang itu ditunjukkan oleh Paulus dalam hidupnya (Fil 1:21; 3:7-8). Jika kita tidak melakukannya bagi Yesus Kristus Tuhan, maka kita masih menyembah berhala sekalipun kita berkata kita menyembah Yesus.

Dia, yang menebus & mengasihi kita layak menjadi yang utama dari segala sesuatu (Kol 1:17-18).

Salam revival! GBU.

Bpk. Peter Bambang. MA

Shalom. Salam Revival!
Bagi Saudara yang RINDU mendapatkan Update Broadcast BBM Renungan Harian setiap hari & Bimbingan Konseling Rohani untuk BERTUMBUH dalam TUHAN dari Bpk. Peter Bambang. MA
Silakan invite Bpk Peter. B PIN BB: 7D337F89 Gbu.

Bangkitlah Murid-Murid Kristus Yang Radikal & Militan di Indonesia. Amin.
http://worshipcenterindonesia.blogspot.com/2014/10/mulai-digenapinya-pesan-tuhan-nubuatan.html