Etika Praktis 1 - Jangan menyisakan makanan untuk dibuang.

Dalam kisah Yesus memberi makan lima ribu orang, terlepas dari memikirkan bagaimana luar biasanya Yesus sebagai Tuhan yang melakukan mujizat di bumi, mari perhatikan “akhir” cerita ini.
Injil sinoptik tidak mencatat detail yang dilakukan para murid setelah semua orang makan dengan ‘kenyang.’
Namun Yohanes mencatat, “Kumpulkanlah potongan-potongan yang lebih supaya tidak ada yang terbuang.” (6:12). Setelah itu semua “sisa” dikumpulkan, jadilah sisa 12 bakul.
Menurut Anda, kira-kira apa yang dilakukan oleh Yesus dan para Murid-Nya terhadap sisa tersebut?
~mungkin sekali memakannya. Padahal kan itu sisa orang banyak…

Saya sangat setuju dengan kebiasaan saudara/i GK yang membiasakan diri MENGHABISKAN MAKANAN di piring makannya. (Saya tahu waktu ikut Retret dari sekolah ke Mess Katolik).
Dalam kesempatan retret, suster yang jaga di tempat makan pernah memakan sisa makanan teman saya yang tidak habis. Ini membuat kami semua terharu dan berjanji tidak menyisakan makanan lagi untuk dibuang.
Tidak boleh ada makanan yang tersisa selama retret berlangsung, dan ini menjadi kebiasaan saya sampai saat ini. Saya juga sering menerapkannya dalam kehidupan di keluarga dan di sekitar kita…

Jangan sampai ada makanan yang sisa lagi, yaa… :slight_smile:
Shalom, Gb us!
:wink: :wink: :wink:

Menurut anda apakah arti dari menghabiskan makanan tanpa bersisa…???

Yaa sayang aja brur… masa makanan di buang2…
Emangnya itu termasuk pertanyaan yaaaa :smiley:

Setuju :afro:
Bukan hanya makanan, tetapi segala sesuatu yang mubazir seperti misalnya : membeli mobil kebanyakan, sepatu kebanyakan, dll sehingga tidak terpakai dengan semestinya.

GBU

kurang atu, sis:

“punya isteri kebanyakan.”

kesian yg laen ngga kebagian.

saya bermaksud apakah anda mengerti pilosophinya… mengapa makanan itu harus habis… hmmm… sebenarnya banyak pihak yang terlibat namun mungkin anda bisa merenungkan bagaimana makanan itu bisa sampai ke tangan anda… dimulai dari awalnya… ^^

bener…
konteks makanan ini berkembang jadi materi…
Cuman agak gak tahan dengar istilah ‘mobil kebanyakan’. ghahahahhaha :cheesy: :cheesy: