Fenomena Transgender

Transgender adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan orang yang melakukan, merasa, berpikir atau terlihat berbeda dari jenis kelamin yang ditetapkan saat mereka lahir. “Transgender” tidak menunjukkan bentuk spesifik apapun dari orientasi seksual orangnya. Orang-orang transgender dapat saja mengidentifikasikan dirinya sebagai heteroseksual, homoseksual, biseksual, panseksual, poliseksual, atau aseksual. Definisi yang tepat untuk transgender tetap mengalir, namun mencakup:

"Tentang, berkaitan dengan, atau menetapkan seseorang yang identitasnya tidak sesuai dengan pengertian ang konvensional tentang gender laki-laki atau perempuan, melainkan menggabungkan atau bergerak di antara keduanya.
"[1] "Orang yang ditetapkan gendernya, biasanya pada saat kelahirannya dan didasarkan pada alat kelaminnya, tetapi yang merasa bahwa deksripsi ini salah atau tidak sempurna bagi dirinya.
"[2] “Non-identifikasi dengan, atau non-representasi sebagai, gender yang diberikan kepada dirinya pada saat kelahirannya.”[3]
…itu menurut wikipedia…

pertanyaannya :
[b]1. apakah Tuhan menciptakan adanya transgender?
karna menurut ku Tuhan menciptakan segala sesuatu itu baik, tapi kenapa banyak ilmuwan yang bilang ada beberapa orang yang memiliki kelainan emang sejak lahir

  1. Apakah transgender bisa dirubah menjadi orang yang normal lagi?

  2. apa yang seharusnya dilakukan pendeta/ gembala / penatua…jika ada jemaatnya yang jelas2 mengalami transformasi gender ini?[/b]

Kalau kita baca pada kitab Kejadian, maka kita temukan bahwa pada mulanya TUHAN mencipkakan manusia adalah LAKI-LAKI dan PEREMPUAN.
Kenapa ada transgender dan sebagainya.
HAL itu terjadi karena manusia sudah jatuh dalam dosa, akibat dosa adalah maut, kematian kekal.
Hal yang kita jumpai dan temui saat ini akibat dosa diantaranya : sakit penyakit, kematian, kemiskinan, dan termasuk kelainan genetis seperti transgender di atas.

2. Apakah transgender bisa dirubah menjadi orang yang normal lagi?
kalau sudak gen biasanya sulit, sama seperti waria (wanita yang mempunyai kelamin pria), karena sejak lahir sudah demikian. Dalam kasus2 tertentu bisa sembuh berkat doa dan Keajaiban/mukjizat dari Tuhan Yesus. Seorang pria normal mempunyai hormon pria lebih kuat dari hormon wanita dan demikian sebaliknya. Dalam sebuah dokumentasi film tentang pembuahan, pembentukan janin pada mulanya adalah wanita dahulu , baru berubah menjadi pria apabila sesuai cromosom pria.
3. apa yang seharusnya dilakukan pendeta/ gembala / penatua..jika ada jemaatnya yang jelas2 mengalami transformasi gender ini?
Mengayomi dan membantunya, jangan menghakimi dan menghasut jemaat lainnya untuk menghindari/memusuhi orang tersebut. :onion-head83:

@ sin
kayanya penjelasan di no 1 dan 2 agak berlawanan dan membingungkan

kamu bilang di no 1. transgender ada karna dosa manusia,i know manusia gak bisa melawan setan yang menghasutnya…>> i agree about that
tapi kamu bilang di no 2. kamu bilang ini karna gen… jadi kayanya Tuhan yang menciptakannya,…ilmuwan juga banyak sih yang bilang kaya gitu…
tapi biasanya kan ilmuwan itu suka bertentangan sama ilmunya Tuhan Yesus…jadi gimana ya?

Tidak bertentangan lope, begono penjelasannya :
Sewaktu TUHAN menciptakan Adam dan Hawa itu sempurna karena meniru/blue print dari Tuhan.
Di Firdaus tidak ada sakit penyakit, kemiskinan ataupun kematian, di Firdaus ada pohon kehidupan, yang mana dikonsumsi oleh semua penghuni Firdaus, termasuk Adam dan Hawa.
Saya percaya Adam itu ganteng dan Hawa itu cantik, mereka tidak bisa mati dan awet muda.
NAH masalah mulai datang ketika mereka di usir dari Taman Firdaus, dan pintu masuk dijaga oleh malaikat/Kerub.
Akibat dari dosa mulai terjadi, kematian, sakit penyakit termasuk penyakit akibat kelainan gen dan kromosom, juga kemiskinan karena manusia harus bersusah payah menghasilkan dari bumi.
:onion-head29:

sin jadi menurut kamu transgender itu karna ulah manusia kan? bukan karna ciptaan Tuhan… isn’t it?

karena ‘ulah’ manusia dengan seijin Tuhan :cheesy:

Sejak kejadian taman eden itulah maka kondisi taman eden itu berubah menjadi taman edan
itu semua jelas pekejaan iblis .

Hal serupa sebenarnya sudah terjadi di zaman Abraham (sodom gomora) krn itu daerah itu dijungkir balikkan Tuhan krn banyaknya pemburit saat itu.

2. Apakah transgender bisa dirubah menjadi orang yang normal lagi?

bisalah…
apa yang menurut orang dunia tidak bisa … ttp dlm Yesus …bisa!!

3. apa yang seharusnya dilakukan pendeta/ gembala / penatua..jika ada jemaatnya yang jelas2 mengalami transformasi gender ini?

di doakan spy bertobat :coolsmiley:

Krn jelas dikatakan:

1Co 6:9 -10
Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah? Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci, orang pemburit, pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

Bingung nih…
Koq dr tadi pada muter2 y…
???

Operasi kelamin hanya untuk mereka yg transexual (ceweq mau jadi cowoq ataupun cowoq mau jadi ceweq). Secara teknis, para transexual memang mencintai sesama jenis. Tapi dalam ilmu psikologi, transexual beda dengan gay/lesbian. Bedanya adalah gay/lesbian secara sadar tau mereka suka sesama jenis dan mereka menerima jati diri mereka (termasuk jenis kelaminnya). Sedangkan transexual tidak bisa terima diri mereka dan selalu ada harapan untuk berubah jenis kelamin agar terlihat ‘normal’. Dalam dunia psikologi internasional (kecuali dunia psikologi Indonesia), menjadi gay/lesbian adalah hal yg normal dan bukan penyimpangan/penyakit, tapi menjadi transexual masih disebut penyimpangan.

Kesimpulannya, memang benar MAYORITAS transexual suka sesama jenis tapi berbeda dengan gay/lesbian dan tak bisa digolongkan ke dalam gay/lesbian. Serupa tapi tak sama.

Ada beberapa transexual yg malah doyan dengan lawan jenis!!! Dalam dunia lesbian, ada istilah TRANS DYKE. Dyke adalah slang untuk lesbian. Sedangkan trans singkatan dari transexual. Intinya, trans dyke adalah waria yg menyukai wanita tulen. Jadi, waria tidak selalu ngejar cowoq, tapi juga ‘sesama’ wanita tapi jarang.

Satu contoh transexual yg tekenal adalah Thomas. Dia dulunya wanita tapi dia lalu suntik hormon dan merubah badannya jadi pria, malah sampai numbuh brewok segala. Beberapa waktu lalu, dia menghebohkan dunia menjadi ‘pria hamil’ !!! Meskipun dia sudah menyuntik badannya dengan testoteron, tapi dia tetap menyisakan ovariumnya. Gak jelas darimana dia dapat sperma, mungkin dari bank sperma. Tapi dia hamil! Dua kali malah! Meskipun secara fisiologi internal, Thomas tetap wanita tapi hukum mengenalnya sebagai pria sehingga dia dikenal sebagai ‘pria’ hamil.

http://mycookiedough.files.wordpress.com/2008/07/470_pregnantman1.jpg

Thomas dan istrinya

Oprah pun penasaran!

http://www.holytaco.com/2008/07/07/pregnant-man-shits-out-beautiful-baby-girl
(link ini ada foto Thomas dengan perut hamil. Benar2 100% mirip pria!!!)

Duh… akhir jaman…

serem juga c kalo transgender yang dibuat-buat kaya getoh

tapi ada juga transgender yang alamiah kaya ini

Seorang ayah yang sedang putus asa meminta pertolongan medis, dikarenakan tubuhnya berubah secara alami menjadi wanita.

Orang tersebut adalah Terry Wright, saat ini dia bekerja sebagai seorang penyanyi Pub. Terry Wright mengatakan bahwa dia adalah laki-laki dan bukan wanita, dan Ia tidak mau menjadi wanita.

http://img265.imageshack.us/img265/3038/terrywright.jpg

Saya hanya mau hidup saya normal kembali”, begitu yang dikatakan Terry, seorang ayah berumur 60 tahun, dan mulai kehilangan rambut dan jenggot sejak 10 tahun yang lalu.

Sejak dia memiliki kulit halus, gejala menopouse dan payudara, anak-anak yang hidup disekitar rumahnya mengejeknya dengan nama “She-Man”

Setelah dilakukan test darah terbukti bahwa Terry memiliki tingkat abnormal yang tinggi akan hormon wanita yang bernama estrogen. Dokter yang yang menanganinya berkata bahwa Ia tidak pernah menemukan kasus yang seperti ini dan tidak mengetahui juga cara untuk membalikan prosesnya

Terry yang tinggal di Birmingham Inggris, mempersilahkan para ahli untuk datang dan meneliti akar dari permasalah ini.

Terry megatakan: “Dokter memanggil saya ‘kasus yang menarik’ dan ‘unik’ tapi saya hanya mau menjadi laki-laki “

Seorang psikiater menganalisanya dan menyebuatkan bahwa ini berhubungan dengan mentalnya dan ada kemungkinan fungsi estrogennya terganggu, diakibatkan oleh tumor pada saat MRI Scan.

Professor Specialist Richard Ross mengatakan :”Kasus ini sangat tidak biasa

makin aneh aja nih orang2…

Nich ma karna penyakit bo !
:onion-head55:

iya sih kalo kasus yang di post worthy itu alamiah, itu penyakit kayanya

menurut chrisma karena kesalahan “penanganan medis” yang dipicu dari “keawaman para medis dalam menangani suatu penyakit (mental & tumor)”

Untuk penjelasan lebih lanjut, karena ax jg pernah baca kisah orang itu, Itu ternyata bukan kesalahan penanganan medis, tetapi murni penyakit yaitu perubahan hormonal karena adanya tumor, btw bisa jadi umurnya juga gak panjang karena tumor itu.
:onion-head7:

transgender itu cuma penyangkalan atas kodrat yang udah Tuhan kasih

iya bener itu cuma penyangkalan aja

Dari segi sains, transgender terjadi saat suatu bgn otak yg mengendalikan perilaku seksual tidak berinteraksi dengan hormon2 seksual.
Gak heran kalo ada org yg badannya terlihat kayak cowo tapi otaknya merasa dirinya (dan berlaku spt) cewe krn hormon2 tubuh menampilkan kemaskulinan tapi otak mengidentifikasi diri sbg cewe.
Hal ini terjadi krn bgn otak yg gak connect dgn hormon dan menyebabkan bgn otak tsb gak ikut berubah saat hormon mempengaruhi/merubah bagian2 tubuh lainnya.

Quote yg di bawah ini gw ambil dari wiki: http://en.wikipedia.org/wiki/Transgender#Transgender_people_and_science

[i]Gender identity develops as a result of an interaction between the developing brain and sex hormones[/i]

Jadi utk menjawab pertanyaan2 TS:

1. apakah Tuhan menciptakan adanya transgender? karna menurut ku Tuhan menciptakan segala sesuatu itu baik,, tapi kenapa banyak ilmuwan yang bilang ada beberapa orang yang memiliki kelainan emang sejak lahir

Menurut gw, nggak.
Tuhan membiarkan itu terjadi, iya.
Kenapa? Supaya nama-Nya dipermuliakan mungkin.

Memang Tuhan menciptakan segala sesuatu baik tapi spt yg kk sen bilang di postingan2 sebelumnya, kehadiran dosa membuat yg baik itu rusak dan cacat, yg ideal jadi tidak ideal.
Yg tadinya sehat jadi sakit, yg tadinya cakep jadi bopeng, yg tadinya mulus jadi badakan, yg tadinya berkecukupan jadi merasa gak puas terus dllsb.

Gw rasa kita gak bisa menyalahkan Tuhan kalo ada bayi yg lahir cacat krn mutasi gen atau kelainan2 fisik lainnya karena kalo mau semuanya sempurna dan baik, yah itu nanti di sana, bukan di sini ya :smiley:

2. Apakah transgender bisa dirubah menjadi orang yang [b]normal [/b] lagi?

Gw rasa menentukan yg mana yg ‘normal’ dlm hal ini gak semudah melempar koin krn tubuh dan otak berpengaruh ke karakter, kepribadian dan kejiwaan seseorang yg of course gak bisa semudah itu kita rubah2.

Penampilan luar mungkin bisa dirubah tp terbukti oleh contoh kasus transseksual si Thomas, biarpun dia merubah penampilan fisik jadi cowo tapi dia tetap menyisakan ovariumnya spy bisa hamil krn gak semudah itu menentukan mana yg ‘normal’ kalo otak dan tubuh uda gak sejalan.

3. apa yang seharusnya dilakukan pendeta/ gembala / penatua..jika ada jemaatnya yang jelas2 mengalami transformasi gender ini?

Gw setuju dgn jawaban kk sen.
Kalo masalahnya uda di otak, yg pastinya mempengaruhi kejiwaan seseorang, kita cuma bisa mendoakan supaya orang tsb diberikan jalan keluar oleh Tuhan karena pasti gak nyaman dan berat banget mengalami dilema dan ‘kebingungan’ spt yg mereka alami.

numpang ng bump thread lama nih tapi dari beberapa thread yg ngbahas serupa saya lebih doyan thread yg ini. karena yg bahas gak pake emosi dan keluar bahasa2 yg gak semestinya.

ok nyambungin dari posting terakhir aja.

kalo pertanyaan nya bagaimana sikap kita sbg individu terhadap fenomonena ini pasti kebanyakan dari kita bisa satu suara.

  1. nah yg saya bingung, bagaimana sikap gereja seharusnya? (kalo bole saya minta dukungan ayat juga)

  2. secara keilmuan psikologi, transgender dan homosexual jelas berbeda, tapi kadang orang suka blunder.
    nah, bole ga saya minta ayat2 secara terpisah yg kontra / menegaskan bahwa transgender / homosexual itu menyimpang dari ajaran Alkitab? (secara terpisah ayat buat transgender dan ayat buat homosexual maksudnya, tapi yg homosexual ky nya banyak ya, ada soal sodom dan d tegaskan kembali d surat Roma)

  3. kalo boleh lagi, ayat mana aja sih yg biasanya d pakai kaum transgender (bukan homosexual) untuk membenarkan mereka.

  4. OOT dikit, saya nangkep kalo sex itu bawaan lahiriah, artinya ya fisik / organnya sedangkan gender itu sifatnya metal, bisa persepsi secara sosial maupun persepsi internal seseorang akan dirinya. dan fenomena transgender itu saat seseorang secara psikis merasa ketidak sesuaian antara jenis sex dan gender nya. Dan yg saya ga ngerti itu apa bedanya transGENDER dan transSEXUAL??? bisa tolong ada yg jelaskan?