FIRMAN TUHAN identik Gereja ?

Alkitab itu Firman Tuhan, Gereja itu bukan Firman Tuhan.

Isi Alkitab benar 100 % kebenaran.

Gereja tergantung gembala sidangnya ! kalau gembalanya menyeleweng, tentu menyampaikan kebenaran sesat !

Benarkah demikian ?

GJBU.

benar, alkitab itu Firman Tuhan yang ada didalam Gereja, dan disampaikan Tuhan melalui Gereja.

benar, Gereja yang mengajarkan hal itu kepada kita…

benar sekali… maka dari itu dibutuhkan sebuah “wewenang mengajar” yang menjamin kebenaran… Yesus telah memberikan perlindungan dan karunia itu kepada Gereja, mengingat rentannya penafsir2 sesat, dan guru2 palsu.

Kalau wewenang diselewengkan ?

mas Firman,
Gereja itu tubuh Kristus, bukan organisasi.
Gereja itu kumpulan orang-orang percaya, umat Allah.

Gereja bukan Firman Tuhan.
Namun Tuhan berfirman MELALUI Gereja-Nya, yang mengkanonkan Alkitab.
Alkitab dikanonkan bukan oleh manusia secara pribadi/individu, melainkan oleh Gereja Tuhan, yang adalah Mempelai Kristus sendiri.

Kristus datang ke dunia BUKAN untuk meninggalkan tulisan/kitab apapun namun untuk membentuk Mempelai-Nya, yaitu Gereja.

Mat 16:18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.
Mat 16:19 Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."

Dari Alkitab, dapat diketahui bahwa Kristus memberikan otoritasnya kepada Gereja.

Mat 18:17 Jika ia tidak mau mendengarkan mereka, sampaikanlah soalnya kepada Gereja. Dan jika ia tidak mau juga mendengarkan Gereja, pandanglah dia sebagai seorang yang tidak mengenal Allah atau seorang pemungut cukai.
Mat 18:18 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya apa yang kamu ikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kamu lepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.

Jadi Alkitab malah memberikan otoritas kepada Gereja untuk memutuskan segala sesuatu, dan TIDAK PERNAH memberikan otoritas itu kepada dirinya sendiri (Alkitab itu sendiri).

Isi Alkitab benar 100% selama Alkitab tersebut ADA DIDALAM Gereja.
Jika Alkitab tersebut DITARIK KELUAR dari Gereja kemudian ditafsirkan semau penafsirnya YANG BUKAN BAGIAN DARI Gereja, maka resiko ditanggung orang itu sendiri.

Disini juga perlu dijelaskan tentang definisi Alkitab, apakah menurut kanon protestan yang terjemahan LAI 66 Kitab itu ataukah yang menurut kanon Roma Katolik, atau kanon Orthodox, atau kanon Orthodox Etiophia.

Itu sepenuhnya tanggung jawab gereja-gereja protestan karena dalam protestantisme modern (terutama pantekosta-karismatik) TIDAK DIKENAL istilah konsili. Ada sidang majelis yang mirip konsili, namun jelas TIDAK IDENTIK dengan konsili Gereja semesta.

Gereja itu gedung. bukan tubuh Yesus ! mana ada ayatnya ? coba keluarin kalau ada.

Kalau kumpulan orang-orang oercaya itu namanya Jemaat, jemaat2 itu baru tubuh Yesus = umat Allah yang setia sampai achir hayat sesuai FT !

Ikat atau lepas itu kiasan Rohani, bukan pakai tali tambang diikat !

ikat termasuk juga anak2/ hamba2Nya berdoa untuk mengusir setan atau mendoakan orang yang sakit itu salah satunya !

Saya sudah pernah katakan pernyataan2 Gereja semuanya tergantung dari gembala2nya ( Utk aliran Protestan ) dan fakwa2 / konsili2 dari Roma ( Utk aliran Roma ) gak perduli siapapun, jika berani mengeluarkan sesuatu fakwa harus disek kembali apakah sesuai dengan Alkitab, kalau tidak sesuai apalagi menyeleweng, ya harus ditolak ! Semua apa yng dikatakan / dikotbahkan / membuat pernyataan2 yang sangat hubungan dengan Alkitab ( misal munculnya roh Maria berserta tubuhnya digua2 ) itu perlu dicek kembal apakah sesuai Alkitab atau tidak !

kata siapa diselewengkan?

Perkara “ikat mengikat” yang dikatakan Yesus adalah otoritas para rasul untuk memutuskan perkara di tengah jemaat. Inilah yang menjadi dasar adanya konsili dalam gereja. Kisah Para Rasul 15 menceritakan konsili gereja pertama di Yerusalem (atau “Sidang di Yerusalem” menurut judul LAI) untuk memutuskan apakah orang non Yahudi yang menjadi percaya Kristus harus disunat dan mengikuti tata cara Taurat seperti orang Yahudi. Dalam memutuskan perkara, tidak terlepas dari tuntunan Roh Kudus dan tentunya tidak bertentangan dengan Kitab Suci, yang pada saat itu adalah kitab Tanakh (PL dalam bahasa Ibrani asli, kalau PB belum tertulis).

Yang nulis diikat pake tambang siapa?
Yang nulis kiasan juga siapa?

Saya tidak berani menghakimi mereka yang diluar mata rantai Rasuliah.
Tuhan bisa bekerja dengan kuasa-Nya sendiri, dan tentunya saya tidak berhak melarang Tuhan jika memang Ia berkehendak.
Saya cuman cari amannya saja seperti yang ditulis di Alkitab,

[i]1Ti 4:14 Jangan lalai dalam mempergunakan karunia yang ada padamu, yang telah diberikan kepadamu oleh nubuat dan dengan penumpangan tangan sidang penatua.

1Ti 4:16 Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau. [/i]

Yang dimaksud Rasul Paulus dengan penumpangan tangan ya memang benar-benar penumpangan tangan dari para Rasul terus turun kebawah sampai detik ini tanpa putus kepada para penggantinya. Demikian juga ajaran yang diterima dari para Rasul turun temurun sampai detik ini diteruskan kembali oleh para pengganti Rasul.

Kalo ada self-made apostle berdasarkan penglihatan atau mimpi atau apa saja, kemudian mentahbiskan penggantinya yang jelas tidak ada hubungan dengan para Rasul, bagi saya, untuk apa saya ikuti, sekalipun ngakunya Bible based?

Lha anda kira jika ada penampakan-penampakan Maria seperti itu Gereja Katolik Roma OTOMATIS menerimanya dengan sukacita?

Jemaat Allah itulah gereja.
Gereja bukan gedung.
Gereja bukan organisasi.
Gereja adalah kumpulan orang-orang percaya.
Gereja tersebar di seluruh dunia, di antara orang-orang yang tidak percaya.

Kata gereja berasal dari bahasa Portugis, igreja.
Dalam bahasa Yunani, gereja adalah ekklesia, yang berarti : orang-orang pilihan, orang-orang yang dipanggil keluar.
Gereja adalah manusia

Saya copy paste dari wikipedia

Etimologi

Gereja berasal dari bahasa Protugis: igreja, yang berasal dari bahasa Yunani: εκκλησία (ekklêsia) yang berarti dipanggil keluar (ek= keluar; klesia dari kata kaleo= memanggil); kumpulan orang yang dipanggil ke luar dari dunia memiliki beberapa arti:

Arti pertama ialah 'umat' atau lebih tepat persekutuan orang Kristen. Arti ini diterima sebagai arti pertama bagi orang Kristen. Jadi, gereja pertama-tama bukanlah sebuah gedung.
Arti kedua adalah sebuah perhimpunan atau pertemuan ibadah umat Kristen. Bisa bertempat di rumah kediaman, lapangan, ruangan di hotel, maupun tempat rekreasi.
Arti ketiga ialah mazhab (aliran) atau denominasi dalam agama Kristen. Gereja Katolik, Gereja Protestan, dll.
Arti keempat ialah lembaga (administratif) daripada sebuah mazhab Kristen. Contoh kalimat “Gereja menentang perang Irak”.
Arti terakhir dan juga arti umum adalah sebuah “rumah ibadah” umat Kristen, di mana umat bisa berdoa atau bersembahyang.

Gereja (untuk arti yang pertama) terbentuk 50 hari setelah kebangkitan Yesus Kristus pada hari raya Pentakosta, yaitu ketika Roh Kudus yang dijanjikan Allah diberikan kepada semua yang percaya pada Yesus Kristus.

Sekali lagi Gereja itu adalah tempat persekutuan / kumpulnya jemaat2 Tuhan.

Gereja itu tergantung dari gembalanya !

Gembalanya menyeleweng FT, tentu Gerejanya bisa disebut gereja sesat kalau jemaatnya juga ikut2an gembalanya tanpa berani memprotesnya alias membeo saja !

FT gak bakal sesat, karena FT adalah Kebenaran !

[b]Yang tertulis diAlkitab tubuh kita adalah Bait Allah itu namanya Gereja TUHAN bagi menerima FT 100% !

BAIT ALLAH adalah FT bagi jemaat2 yg menerima 100% ![/b]

Jadi gereja hanya bersifat tempat ibadah saja dan tergantung orang didalamnya ( Umat Tuhan ) mau menerima kebenaran Alkitab 100% atau dikurangi.

Apakah ada ayat FT yang mengatakan bahwa gereja itu tempat ibadah SAJA?

Tengkiu.

Organisasi adalah kumpulan orang-orang dengan tujuan yang sama.

Mas wawan iki karepe opo to?

Lha wong ngomong Grejo duduk organisasi, lha kok definisine kabeh iku lak Grejo seh? Piye to mas?

Coba mas wawan cari definisi organisasi dulu ya :tongue:

Tak jelaske yo mas…

Ada dua gereja…

Yang pertama, gereja lokal…

Gereja lokal ini seperti, Gereja Katolik Roma, GPIB, GKI, GKO, GKJ, GKJW, dsb.
…yang ini saya setuju, ini adalah organisasi…

Yang kedua,
Gereja yang sejati, yang katolik, yang universal, adalah kumpulan umat Allah sepanjang masa, yang hidup berbeda jaman, berbeda tempat, dan dipimpin langsung oleh kepalanya yaitu Kristus.
Ini beda dengan organisasi dunia lainnya.

Siiipppp…

Ada dua gereja...
Sakarepmu mas...
Yang pertama, gereja lokal... Gereja lokal ini seperti, Gereja Katolik Roma, GPIB, GKI, GKO, GKJ, GKJW, dsb. .....yang ini saya setuju, ini adalah organisasi....
Siiiippp...
Yang kedua, Gereja yang sejati, yang katolik, yang universal, adalah [b]kumpulan umat Allah sepanjang masa, yang hidup berbeda jaman, berbeda tempat, dan dipimpin langsung oleh kepalanya yaitu Kristus.[/b] Ini beda dengan organisasi dunia lainnya.
Lho mas, ngono kuwi jenenge pancen organisasi mas....!

Lha piye to mas…

Sing jenenge “kumpulan manusia untuk tujuan yang sama”, lha iku jenenge “organisasi” mas!

Hufffpppttt… :mad0261:

Duduk organisasi mas, sebagian wis almarhum kok, piye toh…?

Lha sebagian almarhum, sebagian e?

Lha trus Bos e almarhum gak?

Lha kalau Bos e gak almarhum, sebagian anggota e gak almarhum, mosok organisasi dibuyarno?

Lha kalau Bos e pernah almarhum trus urip maneh, mosok anggota e dijarno modar gak urip-urip?

Pokoke, sek ono sebagian urip, jenenge pancen organisasi mas :azn: :tongue: :mad0261:

Wah… gayeng kiyi…

;D

Yo wis…

Jenenge, Organisasi Jasmani dan Rohani.

Organisasi Dunia dan Akherat.