FK Sepi ?

Beberapa tahun lalu, FK adalah foum diskusi yang luar biasa, dalam sehari ratusan member posting diskusi, puluhan member baru mendaftar, tidak ada forum kristen lain sehebat FK ini.

Seiring berjalannya waktu, walau masih terlihat denyutnya, FK tidak lagi seperti dulu, member yang online dalam sehari tidak sampai puluhan, begitu pula postingan yang ditayangkan, terasa sepi…

Mengapa?

Apakah karena sudah tidak ada lagi yang bisa didiskusikan karena semua hal kekristenan sudah diperdebatkan? Apakah karena banyak member kualitas baik yang mundur karena banyaknya postingan sekedar flamming yang tidak cerdas? Ataukah sebagian besar member sudah bosan dengan diskusi yang tak berujung selain saling eyel eyelan yang cenderung sekedar melecehkan aliran lain?
Tentunya admin dan moderator yang lebih memahaminya.

Mengenai moderator, sepertinya yang sungguh die-hard hanya moderator Kahlil Gibson saja, sementara moderator lain entah kemana …

Okelah, ini sekedar iseng saa, karena perbedaannya sungguh sangat terasa. Mudah mudahan FK bisa kembali menjadi forum diskusi yang menyenangkan, dimana kita semua bisa saling berbagi pengetahuan, tanpa membuat sebal.

Syalom

Iya sepi, untung jg ada gw sering bikin rame :tongue:

GBU

hmm mnrt saya, ga hanya soal itu. bs jg krn era forum online sudah mulai tiada skrg lbh ke era sosial media, dmn pada update status atau foto makanan, atau tmpt2 indah… hehe

tp coba kita berpikir positipnya dan jg sbg doa :p, saat ini eranya unity antar tubuh Kristus… yg uda ga mikirin “gereja si A sesat, gereja si B sesat” tp kita bergandengan tangan tanpa melihat perbedaan dan kekurangan krn yg menadj HAKIM hanyalah Tuhan hehe… well imho aja sih

Semoga memang demikian, karena di medsos orang juga masih bisa saling menuduh sesat.

Salam

Apakah karena sudah tidak ada lagi yang bisa didiskusikan karena semua hal Kekristenan sudah diperdebatkan? Apakah karena banyak member kualitas baik yang mundur karena banyaknya postingan sekedar flamming yang tidak cerdas? Ataukah sebagian besar member sudah bosan dengan diskusi yang tak berujung selain saling eyel eyelan yang cenderung sekedar melecehkan aliran lain?
Tentunya admin dan moderator yang lebih memahaminya.

Mengenai moderator, sepertinya yang sungguh die-hard hanya moderator Kahlil Gibson saja, sementara moderator lain entah kemana …

Okelah, ini sekedar iseng saa, karena perbedaannya sungguh sangat terasa. Mudah mudahan FK bisa kembali menjadi forum diskusi yang menyenangkan, dimana kita semua bisa saling berbagi pengetahuan, tanpa membuat sebal.

Syalom
[/quote]
Salam Brc

Selain yang saya bold diatas ,mungkin juga kerena kesibukan dari para membernya sehingga tidak bisa aktif.
Kalau yang ramai sih paling bahas si Ahok terlibat apa nggak dengan kasus sumber waras dan kasus kasus lainnya itu.

Hallah saya baru gabung nihh… masakan kudu out lagi… hayu rame in ahhhh… :azn: :azn: :azn: :azn:

Bodo amat rame or sepi untuk situasi skrang, yg penting di lingkungan social rapi. Lagi butuh rapi rapi hidup, amin.

setuju bgt ama ide ini, saya dr dl uda mensuarakan tp ya ga pernah di gubris ama Admin…

menurut pemikiran saya forum ini sepi semenjak d update tp obrolan antr member d hilangkan pdhl d situlah trjd komunikasi antar member saling mengenal saling ngobrol bareng… saling menyapa antar smua member ,situ salah satu bikin seru… semoga masih ada room obrolan bersama… sma share ayat skarang udah g bisa…itu si yg saya rasakan dulu… hehehe Tuhan memberkati

Ini forum sepi simply karena hampir ngga pernah dikelola lagi

entah kenapa alasannya
moderator juga paling cuma 1 yang aktif

cuma untuk kategori forum yang hampir ngga pernah dikelola lagi ini forum sudah termasuk rame

Yg sangat aktif itu Kahlil Gibson.
Luar biasa dia rajin skalsky.

Saya lihat umumnya situs forum memang lebih sepi sejak adanya sosial media seperti FB / Twitter. Mungkin situs sosial media memberikan notifikasi ketika ada orang update status, komen, like dsb.

Kalau saja situs forum dapat memberikan notifikasi minimal via email saja, maka tentu akan lebih menarik. Kan sekarang orang pada pakai smartphone dan berlangganan data operator, sehingga setiap orang dapat dengan mudah menerima email pada email client yang terinstall pada ponselnya.

Forum yang dewasa saya kira juga tidak perlu banyak campur tangan dari admin dan moderator. User sendiri bisa menjadi moderator, yaitu Admin memberikan hak untuk user dengan reputasi tertentu supaya ia berhak untuk vote naik / turun / hapus / kunci suatu topik / reply.

Untuk itu, suatu situs forum akan memberikan nilai reputasi bagi usernya. Misal ada tombol suka / tidak suka. Jika ada postingannya yang di like / dislike, maka dia akan mendapat point / berkurang point.

Dengan jumlah point tertentu, maka dia berhak untuk vote apakah suatu topik / reply bagus / buruk atau dihapus / dikunci.

Jika ada beberapa user (contoh minimal 7 user) yang vote minta dihapus, maka topik / reply tersebut akan dihapus oleh sistem.

Jika ada beberapa user (contoh minimal 5 user) yang vote minta dikunci suatu topik, maka topik tersebut akan dikunci oleh sistem.

Dan user yang vote tersebut akan mendapatkan tambahan point. Namun jika belum terhapus / terkunci karena jumlah vote masih kurang, maka point user tersebut dikurangi. Setelah terhapus / terkunci baru ditambah lagi.

Contoh: Jika vote hapus, maka berkurang 5 point. Jika topik terhapus, maka akan mendapat tambahan 10 point.

Kira-kira bagus ga ya kalau demikian? :slight_smile:

Sistem vote menurutku ga Ok, bisa aja ada orang iseng yg punya 5 atau lebih akun (tinggal vote aja kalo kurang suara? bikin akun tambahan daannnn settt banyak thread yg hilang scara misterius)

Hak karena reputasi jg nggak Ok dan ngga cocok untuk forum ini. Takutnya tercipta kesenjangan reputasi halahhahahaha

Untuk bisa vote harus ada syarat om. Misal sudah register selama berapa tahun, sudah punya posting minimal berapa ribu.

Andai kata user punya 2 ribu posting tapi baru register 1 bulan ya belum punya hak untuk vote, bisa saja dia spam sana spam sini untuk mengejar jumlah posting.

Jadi gak bisa seseorang buat akun kloning terus vote.

Fasilitas vote kan bukan hanya untuk hapus / kunci. Tapi bisa vote naik untuk menjadikannya topik teratas. Untuk turunkan yang teratas menjadi terbawah kan perlu usaha juga bos. Kecuali user forum main konco-koncoan PM dulu terus vote. :slight_smile:

hooh, seandainya saya bs coding hehe
saya sempet bikin layout forumnya tp sptnya nda perlu krn forum uda ada template sendiri…

betul, fungsi moderator ga hanya sbg penengah tp jg sbg strater topik dan pembuat ramai forum

Tapi bagaimanapun harus ingat bahwa FK adalah ForumKristen, bukan ForumnyaKahlilgibson :cheesy:

Salam

Forum ini perlu pengembangan agar tidak membosankan

Misalnya, seperti Kaskus, kita bisa membahas hal2 baru, dari sudut pandang Kekristenan tentunya :rolleye0014:

mungkin bisa,dengan cara memberi semacam :love0030: ‘hall of fame’ bagi netter yang rajin posting,paling sering online dan paling lama online atau semacamnya yang diletakkan di samping halaman FK

**sedikit saran dari seorang newbi :ashamed0004:

ayo ramaikan FK hehe

Hehehe… aku sendiri juga udah mulai jarang mampir ke sini
Benar juga sih, banyak orang lebih tertarik dengan media sosial lainnya