FPI Ingin Pertemukan Islam dan Kristen dalam Dialog

SATURDAY, 08 MARCH 2014

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Front Pembela Islam (FPI) Al-Habib Muhsin Ahmad Alattas Lc mengajak umat Kristen dan Islam untuk melakukan dialog antar kedua agama ini. Menurut Habib, ada hal-hal yang belum diketahui orang Islam tentang kekristenan, seperti tidak tahu bahwa Kristen dan Katolik itu berbeda.

“Ke depannya, kita ingin supaya terjadi komunikasi (antara Islam dan Kristen, red.). Kalau perlu saya akan membuat satu tim dari FPI—para ustadz dan aktivis di FPI yang mempelajari ilmu teologi, untuk sekalian aja belajar ke sekolah teologia yang Bapak punya. Kita belajar tentang Kristen, bertanya. Tidak masalah,” kata Habib dalam seminar dan bedah buku “Mengapa Kristen Ditolak?” di Jakarta, Jumat (28/2). Dalam acara tersebut hadir sejumlah tokoh Kristen seperti Ketua Umum PGLII (Persekutuan Gereja-gereja dan Lembaga-lembaga Injili Indonesia) Nus Reimas, Ketua Umum DPP ELHAM Posma Rajaguguk, MPH (Majelis Pekerja Harian) PGI (Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia) Novel Matindas, dan lain-lain.

Habib menilai dialog antara kedua agama ini penting untuk kanalisasi, mengingat baik Islam maupun Kristen sama-sama merupakan agama misi.

“Kira-kira bagaimana, bagus atau tidak?” tanya Habib kepada hadirin yang disambut dengan komentar “Bagus!”

Bagi Habib, tidak ada masalah jika Alkitab maupun Al-Quran dibedah secara tajam dan terbuka. Namun, pembicara dialog haruslah orang yang menguasai dalam bidangnya dan bersifat dewasa. Niscaya dialog tersebut menjadi wacana dan masukan sehingga umat beragama dapat menimba ilmu.

“Bapak-bapak, kalau ada apa-apa silakan datang ke FPI. Sekarang saya menjadi Ketua Umum menggantikan Habib Rizieq,” ungkapnya.

Sumber:
FPI Ingin Pertemukan Islam dan Kristen dalam Dialog

-aneh, apakah selama ini ga ada dialog?, trus buat apa ada fkub sampai menteri agama?

Daripada komentar aneh. Mending doain kesempatan emas ini yuk.

[email protected]

Sebetulnya siapa sih FPI itu…??

Apakah seluruh Umat Muslim di indonesiah memang semuanya mengakui existensi FPI ini…??

Seperti sejak MULA dari didirikannya saja masih kelihatan jelas pro-kontranya terhadap sepang terjangnya FPI ini di seantero ranah NKRI ini. Baik dari kalangan Muslim sendiri maupun kalangan non-Muslim.

Dialog yang diniatkan tsb pasti ada modusnya, jika hanya perkara ingin mengetahui soal apa itu Katolik dan apa itu Bukan Katolik, namun seyogiyanya adalah notabene sama-sam dikatakan Kristen…??..Wah…seperti sederhana sekali persoallannya. dan pasti bukan hanya itu saja…namun hal yng paling diminatai oleh mereka adalah masalah Kenapa Orang Kristen menganggap Yesus adalah SEBAGAI TUHAN / ALLAH…?? Itu…!!

Salam GBU…

Saya sependapat, sebenarnya ada organisasi lain seperti NU atau muhammadiyah, mengapa mereka tidak dilibatkan/diundang? Bukankah keberadaan mereka jauh lebih ‘bernilai’ daripada fpi?

Saya tidak mau berfikir naif, kemungkinan pasti ada. tapi bukankah secara organisasional kepemerintahan kita sudah punya FKUB sampai menteri agama. Bukankah dialog sudah-sedang-terus dilakukan melalui lembaga tersebut? Menurut saya, ini mengesankan (menjadi kritik) bahwa lembaga yang ada ternyata masih belum efektif/aspiratif.

Masalah teologis memang sangat sensitif, jangankan islam-kristen, sesama kristen saja masih terus jadi bahan perdebatan, menurut saya tendensinya bukan saling membangun dan menguatkan tapi malah saling (maaf) menjatuhkan.

Iya pasti dong. (mari semuanya yuk doain…)

Saya bilang aneh karena kita punya perangkat negara mulai dari FKUB sampai menteri agama, kenapa tidak digunakan?, apakah ini harus menjadi isu yang terus bergulir dan menjadi indikasi bahwa negara kita gagal memfasilitasi dialog antar umat beragama?

Sekali lagi, yuk kita doain… :afro:

FPI berbeda jauh dengan ormas seperti NU ataupun Muhamadiyah.
NU dan Muhamadiyah punya ahli ahli agama yang mumpuni dan punya kualitas.
Sedangkan FPI tidak punya dasar agama yang cukup, selain otot dan golok.
Bagaimana kemudian FPI mau diskusi agama dengan Kristen?
Sia sia dan tidak ada gunanya.

Siap-siap abis dialog, meja kursi pada beterbangan…
:smiley:

Teknologi CCTV aja kagak mudeng, udah minta dialog?
:azn:

Masalahnya kalau tidak bersedia dialog, nanti kita dikira takut :tongue:

Gak ada ceritanya ular punya niat/itikhad yg baik.

Gak masalah kalau dibilang takut oleh FPI.
Berani kepada FPI pun gak ada gunanya, karena kita tidak layak untuk menjadi serendah mereka.

kita harus menyikapi dengan sangat hati2 untuk tantangan ini ,
melihat track record FPI ,saya mencium bau yang tidak sedap , maksud saya :“Sejak kapan dialog menjadi jalan kegerakan FPI?” jika memang ada perubahan dalam haluan pergerakan FPI ‘maka "lets wait and see "
jangan buru2 menyambut uluran tangan yang berbau kekerasan
masalahnya ada rule of the game yang mengatakan : "penghinaan terhadap Nabi dan Awloh sepadan dengan ganjaran hukuman mati "
di Kristen tidak ada ajaran serupa malah : " Kristen sudah kenyang dengan hinaan ,ejekan dan aniaya sejak dari berdirinya "
takutnya mereka mencari2 borok / alasan untuk melakukan kekerasan dengan dalih "penghinaan agama " :’(
keKristen-an tidak pernah diperjuangkan melalui debat 2 terbuka ,perang bersenjata dll tetapi melalui pekabaran injil , misi , pertolongan / pemihakan bagi mereka2 yang lemah dan tak berdaya

he.he. Bener bro rod. Jadi teringat kelakuan munarman waktu talkshow di tv yg guyur pengamat pakai teh hidangan karena kalah omong. Itu kalau diterusin meja kursi bisa terbang juga kayaknya.

Nah itulah, untuk apa kita berdebat dengan mereka yang cuma punya otot tanpa otak?

Ntar jadi martir :afro:

Waduh…

:mad0261:

[email protected]

Hehehehe…keren…!! Saya suka yang militan kaya begini …tu de poin.

FPI adalah sama dengan pasukan Bait Suci yang dimiliki kaum Yahudi Farisi saat zaman TuHAN Yesus Kristus tempo dolo.

Salam GBU…

Bah, gak mau lawan FPI malah dibilang militan.

:wink:

[email protected]

Ajag debat duduk diatas pasir aja…ya…mungkin lebih aman gitu…?? hehehe.
Tohh mereka terbiasa lesehan dalam segala sesuatunya… Malah mereka jadi kagok kalau berada dekat kursi dan meja.
Jadi gimana…??

Salam GBU…

Kalau gak ada kursi, mereka bisa pakai pasir untuk siram kita, sama saja dengan disiram teh.

[email protected]

hahahahahaha…berarti arti ucapan anda itu…tidak memberi inspirasi apa-apa bagi diri anda sendiri…?? HAH…??

Wahhh…haayya…tong kocong nyaling bunyinya dong ahh…??? hehehe…

Gimana tuh…brooW…??

Salam…

[email protected]

HAHAHAHA…terus cari tempat dalem air aja gitu…?? YA…YA…YA…

Salam…