free will dalam mengambil keselamatan..

Modal anda diskusi cuman kasih list ayat, tanpa peduli konteks. Ketika dibahas satu persatu dan terbukti penafsiran anda keluar dari konteks, anda malah ngabur…

Anda menganggap orang yang percaya freewill adalah orang yang sombong dan tidak bersyukur, karena merasa keselamatan adalah jasa manusia. Pernyataan ini gak berdasar dan mengada-ada.
Kalau anda saya kasih duit 1M, terus anda menerimanya. Apakah anda akan menyombongkan diri bahwa karena jasa anda maka rencana saya memberikan duit 1M bisa tergenapi. Aneh bukan?

ini copy paste dari yang pernah saya tulis disini:

Saya sadar setiap dari kita disini kalau kilas balik saat kita terima YESUS, pasti sangat bersyukur bisa ketemu/kenal orang yang mengabarkan injil kepada kita yang akhirnya bisa membuat kita bertobat. Atau Tuhan ijinkan kita melalui suatu peristiwa yang membuat kita bertobat. Bahkan mungkin ada yang melalui mimpi atau peristiwa yang boleh dibilang supranatural dari Tuhan. Juga seringkali merasa amaze, diri kita bisa berubah dari yang dulunya tidak peduli dengan kebenaran, jadi orang yang cinta Tuhan.
Tapi saya tidak setuju kalau sampai membawa hal ini sampai titik ekstrem. Yaitu saya percaya bahwa semua peristiwa yang terjadi yang membuat saya terima YESUS terjadi karena ketetapan pemilihan Tuhan, bahwa saya ditetapkan selamat. Dan saya tidak akan mampu menolak keselamatan itu.
Yang membawa implikasi lebih jauh, orang-orang yang tidak mendengar berita Injil sampai mati, atau tidak mengalami peristiwa seperti yang saya alami, karena mereka memang tidak dipilih Tuhan.

@alephtav :

anda tahu, apa yang dikatakan oleh rita beberapa bulan yg lalu ?

begini intinya : “Orang yang tidak percaya doktrin predestinasi (calvin) HARUS MURTAD”

wow penyataan yang luar biasa.

tulisan2 rita, memang banyak mengcopy paste ayat2 alkitab, namun yangmenggelikan, ayat ayat itu lepas dari konteksnya. Sehingga terlihat sekali kesan, asal ada kata PILIHAN, langsung di sikat.

Rita yg rajin menuliskan doktrin predestinasi calvin.
Dari tulisan dia, saya mendapat info ttg predestinasi yang dia percayai
namun anehnya, semakin membaca uraian predestinasi kalvinnya, kesan yang saya tangkap adalh satu , yaitu : “Mengapa Tuhan kejam sekali dalam doktrin predestinasi ?”.

namun, jawaban rita sangat menggelikan = “Orang yang tidak percaya doktrin predestinasi (calvin) HARUS MURTAD”

Saya tidak melebar kemana2, anda yang tidak dapat mengerti dan menerima Firman Tuhan, bukan saya.

Kalau memang Tuhan menghendaki SEMUA ORANG, kenapa begitu banyak ayat ayat tentang PILIHAN ALLAH, coba renungkan dulu.

Kalau memang Tuhan ingin SEMUA MANUSIA SELAMAT, untuk apa ada PENGHAKIMAN ALLAH DAN NERAKA.

Anda coba renungkan dulu, jangan terus mengatakan kita mengada2, FIRMAN TUHAN JELAS MENGATAKAN ALLAH MEMILIH SUATU UMAT PILIHAN.

Bukan saya yang menolak, saya senang sekali, kalau memang SEMUA ORANG SELAMAT, tetapi bukan maunya kita bro, tetapi KEHENDAK TUHAN.

Untuk apa PENGINJILAN , ? agama2 lain yang bukan Kristen ?

Sampai sekarangpun kita melihat begitu banyak yang menolak Tuhan Yesus, sampai mati mereka.

Bagaimana anda menjelaskannya ???

FITNAH DAN ADD HOMINEM,

Moderator tolong perhatikan ini. menyebarkan fitnahandengan kebencian.

Silakan Bro, dengan apa yang anda imani, saya hanya menjelaskan apa itu PREDESTINASI YANG TERTULIS DI ALKITAB.

Apapun yang anda bantah dan tidak terima, itu tanggung jawab anda sendiri masing2 ke Tuhan.

Demikian yang saya imani yang tertulis di Alkitab, saya tanggung jawab ke Tuhan apa yang saya tuliskan di sini, karena saya sengaja memberikan ayat2 supaya jangan di katakan itu adalah ajaran manusia.

Ayat2 yang di berikan semuanya sesuai dengan KONTEKS, silakan tunjukkan yang tidak sesuai dengan konteks.

Karena ayat ayat itu , tidak memerlukan penafsiran , secara hurufiah juga anak kecil dapat mengerti ALLAH MEMILIH SUATU UMAT PILIHANNYA.

hahaha mulai main adu ke mod, spt si roce ya.

nah sekarang baca tulisan kamu sendiri ya

apa makna tulisan ini :

  1. Orang yang menolak Predestinasi harus menjadi atheis.

itu TULISAN KAMU SENDIRI kan ???

jadi siapa yang fitnah dan adhominem ??? lupa dgn tulisannya sendiri ya ??? saya masih ingat tuh tulisan kamu

bukti sudah saya sodorkan ke kamu, Jadi siapa yang fitnah dan siapa yang benci.

tulisan itu, kamu sendiri yang menuliskan, dan saya mengingat tulisan kamu.

hhmmm sekarang saya yg merasa terzolimi …

adakah murtad??? tidak ada, JADI INI FITNAH

atheis adalah orang yang tidak percaya pada Tuhan.

Lebih baik menjadi atheis dari pada tidak percaya Firman Tuhan.

Dan itu kutipan kata R. C Sproul, dan saya setuju.

Murtad adalah orang yang sudah percaya Tuhan berbalik meninggalkan Tuhan.

ok mari kita lihat sekarang …

2) Orang yang menolak Predestinasi harus menjadi atheis.

seorang Kristen, adalah Kristen
karena tidak percaya pada doktrin predestinasi, harus menjadi atheis.

bukankah orang Kristen menjadi atheis berarti murtad ???

jangan ngeles lagi lah.

dan kamu sediri sudah mengatakan ini

jadi kamu sendiri yang mengucapkannya.

ingat tulisanmu sebelumnya

2) Orang yang menolak Predestinasi harus menjadi atheis.

Kristen menjadi atheis = murtad.

mau ngeles lagi ? Mau tuduh fitnah lagi ???

alephtav

Pasang tulisan copasan lagi...

Kalau bukan kopas ayat Alkitab emangnya mau bikin wahyu sendiri apa ???

Mau pake Yoh 3 untuk mendukung predestinasi. Saya sudah pernah tulis tentang ini. Baca pejelasan Paulus tentang daging dan Roh di Galatia 3:3 Adakah kamu sebodoh itu? Kamu telah mulai dengan Roh, maukah kamu sekarang mengakhirinya di dalam daging? Selanjutnya dijelaskan daging adalah menjalankan hukum taurat dan Roh adalah berita yang dibawa ROH KUDUS yaitu anugerah kebenaran dari Tuhan yang harus diterima oleh iman.

Emangnya orang yang sudah diselamatkan tidak bisa berdosa lagi ?

Itu namanya ajaran keblinger !

Yang sudah ditebus oleh Yesus adalah jiwa manusia yang bersifat kekal tetapi tubuh manusia belum ditebus masih menunggu kedatangan Yesus kedua kali untuk menerima tubuh kemuliaan yang tidak dapat rusak dan bersifat kekal.

Camkan baik baik ayat berikut :

Roma 8:23 Dan bukan hanya mereka saja, tetapi kita yang telah menerima karunia sulung Roh, kita juga mengeluh dalam hati kita sambil menantikan pengangkatan sebagai anak, yaitu pembebasan tubuh kita.

II Petrus 1:13 Aku menganggap sebagai kewajibanku untuk tetap mengingatkan kamu akan semuanya itu selama aku belum menanggalkan kemah tubuhku ini.

II Petrus 1:14 Sebab aku tahu, bahwa aku akan segera menanggalkan kemah tubuhku ini, sebagaimana yang telah diberitahukan kepadaku oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.

Orang yang belum lahir kembali tidak dapat melakukan apa yang benar-benar baik.

1 Kor 12:3 Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorangpun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: “Terkutuklah Yesus!” dan tidak ada seorangpun, yang dapat mengaku: “Yesus adalah Tuhan”, selain oleh Roh Kudus.

Yoh 15:4-5 Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

Rom 8:7-8 Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya.Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah.

Orang yang belum lahir kembali berseteru terhadap Allah, ia tidak taat kepada hokum Allah dan ia tidak mungkin dapat melakukan kebaikan sejati serta berkenan kepada Allah.

Manusia tidak dapat memahami Kebaikan. Manusia bukan saja tidak mampu melakukan kebaikan , ia bahkan tidak mampu memahami Kebaikan. Hanya setelah Tuhan membukakan hatinya barulah orang tersebut dapat mengerti

Contoh :

Kis 16:14 Seorang dari perempuan-perempuan itu yang bernama Lidia turut mendengarkan. Ia seorang penjual kain ungu dari kota Tiatira, yang beribadah kepada Allah. Tuhan membuka hatinya, sehingga ia memperhatikan apa yang dikatakan oleh Paulus.

Ef 4:18 dan pengertiannya yang gelap, jauh dari hidup persekutuan dengan Allah, karena kebodohan yang ada di dalam mereka dan karena kedegilan hati mereka.

Yoh 1:11 Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya.

1 Kor 12 pasal 2 dan 3 menjelaskan ketidak mampuan manusia yang belum bertobat untuk menerima Allah kalau Roh Kudus tidak bekerja terlebih dahulu melahirbarukan dia.

1 Kor. 12:2 ,3 Kamu tahu, bahwa pada waktu kamu masih belum mengenal Allah, kamu tanpa berpikir ditarik kepada berhala-berhala yang bisu. Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorang pun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: “Terkutuklah Yesus!” dan tidak ada seorang pun, yang dapat mengaku: “Yesus adalah Tuhan”, selain oleh Roh Kudus.

Jadi mengatakan manusia yang sudah rusak total bisa percaya sendiri tanpa bantuan Roh Kudus adalah ajaran yang absurb.

Manusia tidak dapat menginginkan Kebaikan

Manusia bukan saja tidak mampu melakukan kebaikan , dan tidak mampu memahami kebaikan, bahkan lebih buruk lagi yaitu manusia tidak dapat menginginkan kebaikan. Hal ini merupakan bagian yang terburuk dari kerusakan total alamiah dari manusia.

Ketidak mampuan menginginkan yang baik, khususnya menginginkan Yesus Kristus, dinyatakan dengan tegas oleh Tuhan Yesus Mat 7 :18 ; Yoh 3:3; 8:43; 15:4-5 dan Yoh 6:44, Yoh 6:65.

Yoh 3:3Yesus menjawab, kata-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.”

Yoh 8:43Apakah sebabnya kamu tidak mengerti bahasa-Ku? Sebab kamu tidak dapat menangkap firmanKu.

Yoh 15:4-5 Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

Yoh 6:44Tidak ada seorangpun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman.

Yoh 6:65Lalu Ia berkata: “Sebab itu telah Kukatakan kepadamu: Tidak ada seorangpun dapat datangkepada-Ku, kalau Bapa tidak mengaruniakannya kepadanya.”

Inilah kerusakan total. Manusia tidak dapat memilih Yesus. Manusia bahkan tidak dapat mengambil langkah pertama untuk datang kepada Yesus, kecuali Bapa yang menarik dia.

Kerusakan Total ini bersifat universal.

“Tidak ada seorangpun” yang dapat datang, demikian Firman Tuhan. Bukan “Sebagian orang yang tidak dapat datang”. Ini menyatakan ketidak mampuan total yang universal.

Alkitab memberikan bukti dengan jelas mengenai efek dari permulaan dari karya Roh Kudus: Pembaruan hati, kelahiran, penciptaan dan kebangkitan.

Istilah-istilah ini menyatakan dengan jelas ketidakmampuan moral manusia yang bersifat total.

Inilah maksud YESUS kepada Nikodemus di Yoh 3. YESUS menjelaskan keselamatan tidak bisa melalui Taurat, orang harus lahir baru, yaitu dihapuskan dosanya melalui pengorbanan YESUS. Penerimaan penghapusan dosa ini adalah dengan percaya. (Yoh 3:16).

Jangan plintir sembarangan ayat ini menjadi harus ROH KUDUS bekerja melahirbarukan dulu baru bisa percaya. Kemudian ditarik lagi, ROH KUDUS hanya bekerja pada orang yang telah ditentukan Allah.

Jadi kamu bikin Tuhan itu hanya pasif saya menunggu manusia percaya dulu baru Dia mampu bekerja menyelamatkan manusia ???

Ini benar benar ajaran tulen humanisme yang mengutamakan kemanusiaa ketimbang kedaulatan Allah dan sama sekali melawan kebenaran Alkitab.

Kalau Allah tidak bekerja terlebih dahulu manusia yang sudah mati rohani tidak mempunyai kemampuan apapun bagi mengusahakan keselamatan-nya bung !

Alkitab yang saya kutip sudah panjang lebar menjelaskan dan saya juga sudah mulai bosan mengatakan bahwa tidak ada usaha atau jasa manusia didalam keselamatannya karena keselamatan hanyalah anugerah kasih karunia belaka !

Tolong direnungkan lagi....dan gak usah capek-capek copy paste list ayat lagi ya...kasih link ke postingan di blognya aja cukup deh.

Dan juga silahkan anda renungkan lagi baik baik ajaran Kitab Suci jangan berpikir hanya dari pihak kemanusiaan saja dengan membuang kedaulatan Allah yang paling menentukan itu.

Walaupn anda manusia tetapi belajar berpikir bahwa anda itu hanya ciptaan doang dan ada hukum dan kebenaran Tuhan yang harus anda taati kalau tidak ingin binasa.

Saya kopas Alkitab karena saya bukan penciptanya dan semua ayat itu saya argumentasikan sendiri dengan anda bung bukan hanya kopasan kosong belaka !

Semua opinimu hanyalah ajaran humanisme persis agama lain yaitu manusia mencari Tuhan,sedangkan kekristenan Allah yang mencari manusia yang terhilang.

Lukas 19:10 Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang."

Alkitab sudah panjang lebar mengatakan tidak ada manusia yang mampu mencari Tuhan melainkan Tuhan lah yang mencari manusia berdosa.

Mazmur 14:2 ,3 TUHAN memandang ke bawah dari sorga kepada anak-anak manusia untuk melihat, apakah ada yang berakal budi dan yang mencari Allah.Mereka semua telah menyeleweng, semuanya telah bejat; tidak ada yang berbuat baik, seorang pun tidak.

I Yohanes 1:8 Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita.

Silahkan belajar Alkitab lebih baik lagi agar jangan absurb melulu argumentasinya !

[quote author=lo2rest link=topic=39759.msg546328#msg546328 date=1320640894]
hahaha mulai main adu ke mod, spt si roce ya.

Astaga! ternyata obat dibeli mahal tidak bekerja rupanya. Saya sungguh tidak sangka ternyata side efeknya jadi begini modelnya. Saya benar - benar menjadi prihatin dengan diri nak lolo terutama mendengar kata- kata yang dikeluarkan darinya hari ini :frowning: ditambah lagi gelak- tawa kebahagiaannya.

ck cck ck ck sungguh kasus yang serius :undecided:

Moderator saja tidaklah cukup menolong saya rasa, ini ada treatment yang saya rasa cukup menolong buat nak lolo. Treatment dibawah ini dicoba 3x sehari cukup selama 3 jam saja. Apabila merasa kurang, silahkan ditambah sesuai kebutuhan nak lolo. Mohon jangan beritahukan resep ajaib ini ke banyak orang ya. Tidak perlu berterima - kasih, yah saya ini senantiasa memikirkan kebaikan nak lolo :rolleye0016:

Nyan Cat [original]

rita, kalau kamu mau tahu, yang namanya ADHOMINEM, ini contohnya

RITA, SILAHKAN LAPORKAN ORANG INI KE MODERATOR KARENA AD HOMINEN DAN OOT DIMANA MANA.

Klo menurut saya itu namanya temen2 masih cinta kamu Ses Lolo,
Soalnya masih mengingatkan (asal kata “ingat”), masih memberi masukan, yang semuanya ingin agar Ses Lolo menjadi semakin baik sesuai dengan moto kami “PROGRESSIVE REVELATION”.

Dan yang paling penting tidak lupa selalu memberikan obat yang terbaik!!
Wheks… salah…!! Sorry Ses Lolo, kabuuuurrr, dziiinggg…!! :ashamed0004:

nah royce ikutan ad hominem loh. hayooooo …

btw, tulisan saya juga karena saya menyayangi kalian kok, agar kembali pada penafsiran alkitab yang benar. Gitu loh royce …

contoh extrim lainnya, spt tulisan rita sebelumnya = “2) Orang yang menolak Predestinasi harus menjadi atheis.”

bukankah ini trit Kristen ?
jadi pembacanya adalah Kristen juga

kalau Orang kristen tidak percaya doktrin predestinasi, harus menadi atheis ( sama artinya menjadi murtad), bukankah itu extreme ???

royce, apakah anda setuju, dgn kaliamat " Orang yang menolak Predestinasi harus menjadi atheis"

silahkan royce jawab, setuju atau tidak ?

eh tunggu dulu, sebenarnya istilah predestinasi only, bukan bersal dari saya

ada orang lain, yang menyebutkan dulu, entah di trit mana, sudah lupa.

Tapi memang benar juga kata dia, karena predestinasi kalian, benar2 hanya predestinasi 100% atau ONLY.

jadi tidak salah kalau kata only itu digunakan.

pandangan yg lain yg dibahas waktu itu adalah (Predestinasi + Freewill).
Lihat ada tanda PLUS nya

Dear Bro Alevthap,

Senang sekali mendapatkan persamaan lagi dengan Bro, maaf saya tadinya kurang familiar dengan term OSAS. :slight_smile:

Saya tentu mengerti posisi bro, karena saya sendiri pernah di posisi itu. Saya cukup lama percaya Salvation only by grace tapi tidak percaya predestinasi. Pada awalnya sama saya tidak bisa menerima ide itu, bahkan hati cukup berkecamuk disajikan pemahaman yang sangat berani seperti ini. Lalu saya beli beberapa buku tentang Calvinisme dengan maksud untuk mengkritisi dan mencari kesalahannya, tapi kebenaran demi kebenaran dipaparkan dan sulit untuk ditolak tapi sulit juga untuk dicerna secara langsung, seperti mau menelan obat, yang kita tahu bagus tapi kerongkongan kita tidak bisa menelannya. Butuh waktu cukup lama untuk bisa menerima, sedikit demi sedikit saya membaca FT dan ternyata konsisten, sudut pandang itu membukakan sesuatu yang baru terutama mengenai kemahakuasaan dan Sovereignity of God. Dan saya kok tidak melihat dia sebagai Allah yang kejam, coba mungkin nanti saya coba gali dan jelaskan di kesempatan lain…

Saya bersyukur diijinkan Tuhan membaca buku tulisan Edward Palmer, buku yang menurut saya sangat baik, dan mengakui adanya paradox dan mistery dibalik konsep ini. Dan dengan sangat bijak dia meminta Calvinist dengan rendah hati mengakui adanya paradox dan misteri itu dan berani menjawab tidak tahu, krn hal itu memang belum dibukakan Tuhan (mungkin sampai dikekekalan nanti). Dilain pihak apa yang sudah dibukakan dengan jelas harus kita pegang. Itulah yang saya mengerti dan saya pegang. Yaitu Tuhan berdaulat dan manusia bertanggung jawab pada saat yang sama.

Memang topik ini sangat sensitif dan mungkin bisa dibilang kontroversial. Calvin sendiri diawal dari bukunya tersirat agak enggan membuka rahasia ini, karena menurut dia akan memancing manusia untuk mencoba masuk kedaerah-daerah pemahaman yang bukan merupakan wewenangnya (mungkin seperti yang kita lakukan sekarang ini ya :)) Mungkin juga karena ini banyak gereja walaupun akarnya Calvinist (reformed chuch Belanda) sangat terbatas mengemukakan ini terhadap jemaatnya. Mungkin hanya dibukakan di level KTB dewasa atau di Pendalaman Alkitab.

Lompatan dari OSAS ke predestinasi semustinya tidak sulit bro, karena semestinya mereka itu satu paket :slight_smile: tapi santai saja, silahkan diselidiki perlahan-lahan, kita semua memang harus terus berani menyelidiki pemahaman kita dan mengujinya secara terus menerus dengan ukuran Firman Tuhan.

Menurut saya pribadi, pengakuan akan OSAS merupakan suatu pengertian yang lebih penting dipahami daripada Predestinasi. OSAS menyatakan kemuliaan dan kebesaran yang sesungguhnya dari pengorbanan Kristus dikayu salib, itu hal yang utama bagi saya. Pengertian akan predestinasi, merupakan pengenalan yang lebih jauh lagi ttg sovereignity of God dan memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang Tuhan kita.

Semoga dengan gaya penulisan saya tidak bikin bingung :slight_smile:

nah… akhirnya anda pun mengakui bahwa ada org yg percaya Tuhan YESUS, berbalik meninggalkan Tuhan YESUS… dan itu anda namakan “murtad”… setuju dgn pendapat anda fren… :afro:

sekalian saya kasih ayatnya deh fren… :char11:

Matius 24:9-14 Pada waktu itu kamu akan diserahkan supaya disiksa, dan kamu akan dibunuh dan akan dibenci semua bangsa oleh karena nama-Ku, dan banyak orang akan murtad dan mereka akan saling menyerahkan dan saling membenci. Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang. Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin. Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat. Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya."

1 Timotius 4:1 Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan

membaca ayat-ayat perkataan YESUS dan pernyataan ROH KUDUS melalui rasul Paulus, kok berbeda dgn ajaran doktrin predestinasi kalian ttg pemilihan org sebelum dunia ini di ciptakan frens… :mad0261:
apakah mungkin Allah salah pilih, atau Allah tidak berdaulat atas si org murtad tsb shg org tsb bisa murtad… :coolsmiley:
menurut saya sih, ajaran doktrin kalian yg salah tuh fren… :happy0062:
krn menerima atau pun murtad, adalah free will manusia sepenuhnya… bukan krn Allah tidak berdaulat shg ada org yg murtad, ataupun bukan krn Allah sdh mem predestinasikan seseorg murtad sebelum dunia ini di ciptakan frens… :’(

Ya memang seperti itu fren :afro:
Tepatnya Allah memilih bukan hanya berdasar keMaha-TahuanNya (karena kita tidak membatasi seakan-akan Allah adalah manusia), tetapi berdasarkan kerelaan kehendakNya / kebijaksanaanNya.

Allah berkarya dalam kekekalan (karena kerangka waktu Allah adalah kekekalan), dan terjadi pada manusia dalam waktu manusia (karena kerangka waktu manusia adalah waktu). Itulah yang disebut sebagai predestinasi fren…

So, what’s your problem with the doctrine … (?)

Eh Sis Lolo nanya saya ya…?? kaya’nya kangen neh, hehehe…
Gimana khabarnya Sis…?? beberapa hari gak ketemu rasanya koq setahun yah lamanya.
Kapan yuk bisa PA bareng. Bro DonS bilang Sist Lolo ca’em getho… wah bisa-bisa orang2 pada pingin rebutan PA bareng, xixixi… Eh Sis ntar Desember ada KKR di Gelora Bung Karno, ikutan yuk…!! Bisa 100 ribu orang yg boleh hadir untuk mendapatkan berkat, sayang Sis klo 1 orang dari 100 ribu seperti Sis Lolo melewatkannya.

Tentang Predestinasi itu sebenarnya topik spesifik yang tidak seperti hukum Taurat, misalkan klo tidak ngejalanin 1 hukumnyapun pasti mati. Didalam alkitab banyak sekali doktrin-dontrin selain doktrin predestinasi. Misalnya doktrin Allah Tri Tunggal, Dontrik Salib, Doktrin Manusia, Doktrin Dosa, dan banyak sebagainya. Hukum Kristen bukanlah hukum syariat seperti orang Yahudi dahulu atau hukum syariatnya Islam. Hukum Kristen didasarkan kepada Kasihilah Tuhan Allahmu dan Kasihilah sesamamu. Jadi manusia tidak bisa dihakimi hanya karena tidak mempercayai doktrin ini dan doktrin itu.

Tetapi Tuhan Yesuslah satu-satunya yang mampu untuk melihat bijaksana manusia sampai dimana kemampuan imannya. Seperti penjahat yg disalib bersamaNya, baru mengenal Yesus saja sudah boleh diselamatkan. Pemungut cukai yang berdosa saja juga boleh diselamatkan, Lazarus yg miskin borokan saja juga boleh menikmati keselamatan, Janda miskin yg cuman memberi 2 keping perak saja juga boleh diselamatkan. Jadi jangan terpaku pada doktrin tetapi kembalilah kepada Kasihilah Tuhan Allahmu (jangan dibalik mengharap karunia Tuhan terus, kapan giliran mengasihi Tuhan…??)

Nah, Doktrin Predestinasi ini posisinya terus dimana…??
Doktrin ini ditarik dari Alkitab untuk para pemikir-pemikir (kalau agama tetangga bilangnya “para sufi”) dan kalau orang dunia bilang “para filusuf” yang ingin memperdalam sifat Kemaha Kuasaan Tuhan. Seperti pada Jemaat Korintus yg berlimpah karunia tetapi juga merupakan menjadi jemaat yg berantakan karena perpecahan sana-sini, masing-masing merasa pintar, sombong, punya karunia lebih dan sebagainya. Jadi Teologi ini untuk menundukkan para sombongis tadi bahwa tidak ada peran kepintaran manusia untuk menjadi selamat. Karena prinsipnya keselamatan itu adalah ANUGERAH / GRACE yang adalah free… murah… tetapi tidak murahan !!

Nah point yg Pertama: Ayat-ayat Alkitab tentang keselamatan yg DIANUGERAHKAN oleh Allah itu sendiri (Predestinate) merupakan karya Allah yang tidak ada seorangpun berhak mengclaim hasil karya manusia, sehingga manusia boleh tunduk dan berlutut kepada keagungan dan kemurahanNya. Tidak boleh ada yg menyombongkan diri.

Point kedua: Karena keselamatan bukan karya manusia, maka manusia juga tidak bisa mengclaim orang lain menerima keselamatan karena ajakannya. Tetapi orang-orang akan boleh menyebarkan kabar baik seluas-luasnya karena dia tidak tahu mana yang akan selamat. Itu semua dikembalikan kepada Anugerah Allah

Jadi doktrin ini jujur sangat sulit disampaikan kepada orang Kristen baru. Rahasia Allah cuman boleh ditemukan kepada siapa yg mau mencari, seperti harta karun yang siap ditemukan oleh pelaut-pelaut yang tak kenal menyerah. Jadi begitu juga rahasia Allah dalam doktrin Predestinasi ini juga siap detemukan oleh orang-orang yang mau giat mencari Allah dan dengan bertekun mencarinya dan mau merendahkan dirinya berlutut dihadapan Tuhan.

Jadi kalau kembali ke pertanyaan Sis, saya tidak tahu konteks pertanyaan selengkapnya tetapi kalau pertanyaan itu apa adanya seperti diatas, maka jawaban saya adalah Tidak ada di dalam Firman bahwa yang menolak predestinasi akan atheis, armenianis, murtadis, solialis, amis, atau is is lainnya…

Kalau ditulis sebelum dunia dijadikan lalu siapa yang mau baca fren…
Jelas ditulis sesudah dunia dijadikan dalam perjalanan sejarah manusia, karena Injil adalah untuk manusia :char11:

Seperti halnya seorang ayah yang bercita-cita kuat agar anaknya jadi dokter, tentu saja akan mengatakan pada anaknya setelah anak tersebut siap menerima informasi tersebut (walau cita-cita tersebut telah ada di lubuk hati sebelum anak itu ada). Kapan informasi tersebut disampaikan bukanlah problem.