free will dalam mengambil keselamatan..

hampir mirip fren… :happy0062:
seseorg percaya pada berita injil, lalu timbul harapan utk selamat dalam iman kpd Yesus Kristus… selanjutnya… bertobat dong… baru Allah melahir barukannya dgn Roh Kudus… :happy0025:

kalo seseorg mendengar berita injil, pasti hati dan pikiran org tsb menimbang utk percaya atau tidak pada berita tsb… kalo org tsb memilih utk percaya berita tsb, maka hati org tsb mempunyai harapan kpd Tuhan Yesus utk menyelamatkan hidupnya (iman)… :afro:

Ibrani 11:1 Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

pertanyaan saya masih belum terjawab : mana kata freewill diayat2 tsb?
[b]
freewill hanya ada di konsep / asumsi anda saja, tapi tidak ada di ayat2 alkitab yang anda paparkan

bagaimana anda bisa yakin asumsi anda tentang freewill benar bila alkitab tidak menyatakan bahwa asumsi freewill anda benar?[/b]

wah… sepertinya anda dan si Rita tidak mengerti arti kata “free will” ya frens… :char11:

apa artinya free will.. :coolsmiley:

wah fren don, kalo arti free will smua org bisa aje ngasih … jadi akhirnya BUKAN FIRMAN tapi bener kata kimz itu azumzi :smiley:

kok asumsi… gimana mereka bisa mengerti fren, sdgkan arti free will aja mereka ga tau… :’(

Salam Damai.

20 Tetapi terhadap janji Allah ia tidak bimbang karena ketidakpercayaan, malah ia diperkuat dalam imannya dan ia memuliakan Allah, 21 dengan penuh keyakinan, bahwa Allah berkuasa untuk melaksanakan apa yang telah Ia janjikan. 22 Karena itu hal ini diperhitungkan kepadanya sebagai kebenaran. 23 Kata-kata ini, yaitu “hal ini diperhitungkan kepadanya,” tidak ditulis untuk Abraham saja, 24 tetapi ditulis juga untuk kita; sebab kepada kitapun Allah memperhitungkannya, karena kita percaya kepada Dia, yang telah membangkitkan Yesus, Tuhan kita, dari antara orang mati, 25 yaitu Yesus, yang telah diserahkan karena pelanggaran kita dan dibangkitkan karena pembenaran kita. (Rom 4:1 ITB)
[b]
Yang dibold biru jelas bukan Predestinasi, karena kalo sudah dipredestinasikan … maka Allah tidak perlu memperhitungkan lagi. Karena Allah memperhitungkan maka yang dihitung adalah respons manusia terhadap anugerah Allah.

Contoh lain :[/b]

Perumpamaan-perumpamaan dari Tuhan Yesus, mencerminkan respons manusia terhadap anugerah Allah.

Tapi kalo di Alkitab harus ada kata “Free Will” … waahhh ini namanya “nakalan” :smiley: :smiley: :smiley:

GBU
:slight_smile:

Ibr 11 : 1
11:1 Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

Ef 2 : 8, 9
2:8 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,

:9 itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.

Tolong di jelaskan ke 2 ayat di atas.

  1. sesuatu yang tanpa melihat kita dapat percaya.

Bagaimana seseorang yang berdosa, dapat percaya pada karya Tuhan Yesus di kayu salib ???

Tuhan harus memberi Iman lebih dahulu, sehingga dia dapat percaya.

  1. IMAN ADALAH PEMBERIAN TUHAN.

Bagaimana orang dapat PERCAYA
???

jangan memuaskan manusia dengan “azzummzzziii” tetapi puaskanlah mereka dengan Roti yang asli yaitu Firman Allah :slight_smile:
ini nasihat sederhana my bro fren don :smiley:

IMAN DAN PERCAYA

Kata “iman” dan kata kerjanya “percaya” sering muncul dalam Al­kitab, dan memang merupakan istilah penting yang meng­gam­bar­kan hubungan antara umat atau seseorang dengan Allah.

Kata “iman” yang dipakai dalam Perjanjian Baru me­ru­pakan terjemahan dari kata Yunani πίστις (pistis),

sedangkan kata kerja­nya “percaya” adalah terjemahan dari kata πιστεύω (pisteuoo).

Salam Damai Sis Rita.

Iman = kata benda
Percaya = kata kerja

Percaya adalah kata kerja dan dalam pelaksanaannya, namanya saja pekerjaan tetap mengikut-sertakan faktor kehendak bebas manusia.

Injil Johanes hampir semua atau malah semua menggunakan kata kerja “Percaya”. Tidak menggunakan kata benda “Iman”.

Kesimpulan : Faktor kehendak bebas manusia tetap diikut sertakan dalam proses Keselamatan.

GBU
:slight_smile:

[email protected]

Itu LAH BERKALI -KALI SAYA MENGAJAK ANDA untuk melihat secara utuh dulu bagaimana Allah merencanakan baru kemudian menciptakan serta membentuk Manusia mula-mula. (Adam & Hawa). OKE sekarang kita liat ayatnya ya…

Kej 1:26 Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”
Kej 1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.
Kej 1:28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”
dann :
Kej 2:7 ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.
Kej 2:8 Selanjutnya TUHAN Allah membuat taman di Eden, di sebelah timur; disitulah ditempatkan-Nya manusia yang dibentuk-Nya itu.

Sekarang jika anda jeli melihat dan mencermati Kejadian 1 dan Kejadian 2, pada ayat-ayat yng saya sajikan diatas
Maka dapat di pahami di KEJADIAN 1, Allah sudah merencanakan menciptakan MANUSIA bukan…?? dan telah di rencanakan pula apa nanti tugas tugasnya…Tapi dalam fase tsb semua rencan Allah masih berada di PKIRAN ALLAH. dan kita menamakannya Allah memiliki blue print / patron.
Dan bariu pada KEJADIAN 2, Allah melaksanakan/ mengimplementasikan Rencana tsb menjadi bukti kongkrit secara nyata dng membentuk manusia dari debu dan tanah. dan dihembuskan nafas kehidupan dari mulut Allah sendiri ke dalam hidung manusia ciptaan-NYA itu.
Tapi apakah juga setelah itu si manusia langsung bisa beranak cucu…?? belum bukan…?? tapi dalam rencana rancangan Allah sudah di Firmankan ( ditetapkan) seperti bunyi ayat KEJ 1 : 28.

Nah…dari apa yang saya sampaikan diatas.?? makna apa yang dapat kita petik bagi kita manusia ini untuk zaman sekarang ini…??
Menurut saya…?? [email protected] dan anda [email protected] silver dll nya yang masih hidup saat ini di “fk” ini…?? semuanya sudah di rancang dan direncanakan oleh Allah pada saat itu loh…!! saat Allah berfirman di KEJADIAN 1 : 26. Namun kita semua di atur oleh Allah atau ditakdirkan lahir oleh Allah pada saat zaman sekarang ini , pada saat Adam jSUDAH atuh kedalam dosa…pada saat setelah TUHAN Yesus KEMBALI KESORGA. Sehingga konsekwensinya
ya kita menjadi berstatus manusia berdosa karena Adam, tapi kita lahir baru karena adanya kasih karunia Keselamatan dari TYK bukan…?

Jadi yang semua kita alami itu ya semuanya diluar kuasa diri kita sendiri bukan…?? Wong kita sudah dalam rancangan yang segambar dan serupa dng Allah sejak mulanya kan…?? dan itu tidak dibatalkan oleh Allah.

DAN ITU LAH SECARA TEGAS SAYA KATAKAN BAHWA KITA SUDAH DIPREDESTINASIKAN SEBAGAI MANUSIA YANG SEGAMBAR DAN SERUPA DNG ALLAH…YANG ARTINYA PULA SUDAH DISELAMATKAN SEJAK DALAM RENCANA AWALNYA…
NAMUN…SAYANG SERIBU KALI SAYANG…KARENA ADAM SAMPAI JATUH KEDALAM DOSA,DAN KITA SEMUA YANG HIDUP DIZAMAN INI DITAKDIRKAN LAHIR PADA ZAMAN INI…?? YA KITA SEMUA MENERIMA KONSEKWENSI YANG DILUAR KEKUASAAN KITA BUKAN…??? Tapi Allah karena mengasihi dunia ini, maka merancang rencana KESELAMATAN UMAT MANUSIA MELALUI aNAKNYA YANG TUNGGAL ,TYK.

JADI ALASANNYA YANG JELAS SEKARANG ADALAH , BAHWA KARENA PREDESTINASI AWALNYA LAH KITA SEBETULNYA SUDAH DISELAMATKAN, SEHINGGA TUHAN YESUS SAMPAI TURUN KEDUNIA INI UNTUK MENGEMBALIKAN STATUS AWAL KITA.
Dan artinya disini, bukan karena freewill juga kan …??, sehingga Tuhan Yesus sampe TURUN KEDUNIA INI…???

Salam GBU

jadi Allah sdh mempredestinasikan seseorg selamat, sebelum Allah menciptakan dunia ini dan manusia… :mad0261:

pertanyaan saya adalah…
kenapa Yesus harus di korbankan, kalo Allah sudah menyelamatkan org tsb… :coolsmiley:
silahkan jawaban anda yg singkat dan jelas fren… :happy0062:

mari kita test ajaran doktrin salah yg kalian percayai frens… :ashamed0004:

yg saya tangkap dari penjelasan kaum predestinator, ttg proses keselamatan adalah…

  • Tuhan mempredestinasikan seseorg selamat, sebelum dunia ini dan org tsb di ciptakan…
  • setelah org tsb di ciptakan, di lahir baru kan oleh ROH KUDUS (menjadi ciptaan baru yg hidup kudus)…
  • setelah lahir baru, di beri iman oleh Allah utk percaya YESUS…
  • setelah lahir baru dan di beri iman, org tsb baru bisa bertobat dan percaya YESUS…
  • setelah itu Allah membiarkan org tsb bisa berbuat dosa, krn mereka masih hidup di dunia ini…
  • setelah berbuat dosa dan mati, org tsb di bawa ke sorga krn menggenapi predestinasi Allah spy tidak gagal…

silahkan kalian koreksi jika ada yg salah, dan sesuaikan dgn ajaran doktrin kalian frens… :happy0062:

  1. Tuhan mempredestinasikan seseorg selamat, sebelum dunia ini dan org tsb di ciptakan… … karena tuhan tidak dibatasi waktu
  2. Manusia diciptakan lalu jatuh dalam dosa dan semua harus masuk neraka
  3. Manusia bisa selamat jika percaya Yesus, tetapi tidak ada manusia yang mampu percaya dengan kemampuannya sendiri karena sudah mati rohani / rusak total
  4. manusia yang sudah dipredestinasikan / ditentukan dilahirbarukan sehingga tercelik mata rohaninya dan mampu percaya kepada kristus sehingga beriman kepada kristus
  5. masuk kerajaan surga karena dosanya sudah ditebus kristus

sekarang gimana dengan konsep freewill anda? seperti ini ya…

  1. tuhan tidak punya rencana apa2 … blank
  2. manusia berdosa, harus dihukum
  3. tuhan memutuskan yesus mati dikayu salib, supaya yg percaya masuk surga
  4. tuhan membiarkan freewill manusia memutuskan
  5. setan yang mampu menjatuhkan adam dan hawa tidak mampu mempengaruhi manusia lemah
    serta tidak mampu mencegah manusia tak berdaya tsb untuk percaya kepada kristus
    padahal tuhan tidak turut campur supaya manusia bisa pakai freewill secara netral
  6. yang mampu mengalahkan pengaruh setan dengan freewillnya akhirnya percaya yesus
  7. setan tetap saja tidak mampu mempengaruhi manusia supaya tidak murtad
    padahal tuhan tidak turut campur supaya manusia bisa pakai freewill secara netral
  8. manusia yg punya kekuatan freewill untuk menolak pengaruh setan beriman sampai mati
  9. yang tetap beriman sampai mati masuk surga

silahkan kalian koreksi jika ada yg salah, dan sesuaikan dgn ajaran doktrin kalian frens… :happy0062:

itu si pasti bro. Alkitab [terutama Surat Yakobus] mengatakan banyak tentang hal itu.

dan perumpamaan Tuhan Yesus lah yang paling tepat :

“Ranting anggur tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, dan hanya dapat berbuah jika terhubung dengan Pokok Anggur Yang Benar”.

buah [perbuatan/kerja/works] justru dituntut daripada kita, bahkan siapa yang tidak berbuah akan ditebang. Intinya ialah PERBUATAN adalah konsekuensi logis dari ranting pohon anggur. Pengajaran ini tidak boleh dibalik.

Keselamatan itu MENCAKUP PERBUATAN, tetapi KESELAMATAN ITU tidak mensyaratkan PERBUATAN.

Sama seperti pohon anggur TIDAK MENSYARATKAN BUAH ANGGUR untuk menjadi sebuah pohon Anggur.

Pohon duren tidak harus BERBUAH agar dapat disebut POHON DUREN.

Keselamatan Kristen tidak harus MEMILIKI PERBUATAN BAIK baru bisa dibilang SELAMAT, karena KESELAMTAN ITU ADANYA DI POHON ANGGUR YG BENAR yaitu TUHAN YESUS.

Agar ada BUAH DUREN, maka haruslah ranting itu nempel di POHON DUREN.

Agar ADA / MUNCUL / IT PRODUCES / MEMPRODUKSI / MENGHASILKAN PERBUATAN BAIK YANG BERKENAN KEPADA ALLAH, maka HARUSLAH “NEMPEL” pada Tuhan Yesus.

adalah perbuatan sia-sia dan tidak Alkitabiah untuk MENGAJAR SEBALIKNYA … mulai dari Perbuatan.

yang Alkitabiah adalah : MULAI DARI YESUS KRISTUS, MULAI DARI ALLAH dan PERBUATAN BERBUAH DENGAN LEBAT.

salam damai buat kita semua. dan lebih menyenangkan jika kita sama-sama jongkok di pinggir Jl. Raya Pasar Minggu sambil makan buah duren … mmmmm … nikmatnye :slight_smile:

fren bro don,
karena begitulah ALLAH mengasihi dunia ini. Allah tahu tentang MANUSIA YANG BEBAS dan akan MENGGUNAKAN KEBEBASN itu untuk balik melawan ALLAH.

Manusia yang berdosa, HARUS DIHUKUM, dan haruslah MANUSIA ITU MENEBUS SALAHNYA SENDIRI.

tetapi mana ada manusia bisa menebs salahnya sendiri.

eit tunggu dulu … ADA DONG !!! :slight_smile:

Ya MANUSIA YESUS KRISTUS.

mengapa harus manusia. Ya agar MANUSIA ITU MEMENUHI HUKUMAN DAN MEMENUHI KEKUDUSAN. Tidak ada manusia fana yang bisa.

itulah ALLAH HARUS MENJADI MANUSIA. Itulah satu-satunya cara yang dipilih ALLAH dimana KASIH & KEADILAN boleh bertemu.

Demikianlah pelajaran dasar Pendidikan Agama Kristen Bab I angka 1.1 :smiley:

Bro petra lebih bagus bro jadi pendeta saja deh…

he he hee

saya ikut komen ya my bro fren don :

2 bintang terakhir masih mengandung AZZUMZZZZIIII bro don :smiley:

error-nya disini bro don :

comment on bintang kedua akhir:

ada pencampuradukkan antara STATUS ROHANI dan TUBUH MANUSIA
orang Kristen STATUSnya KUDUS, meski mereka masih POTENSIAL DAN EFEKTIF MELAKUKAN DOSA
mana ada orang Kristen yang tidak marah2, yang tidak ikut gosip, yang tidak cuek, yang tidak narsis, dll dosa.
“ilmu freewill” bro don akan MENSYARATKAN DOSA INI DIATASI agar boleh selamat, kalo toh nggak berhasil di
atasi, dibutuhkan SEBUAH API PENYUCIAN.

SEDANGKAN AJARAN KAMI tidak mensyaratkan perbuatan baik itu, KARENA HANYA PERBUATAN/KARYA YESUS lah yang diperhitungkan oleh ALLAH [coba bro don pelajari lagi hal ini, kelihatannya bro don belum sadar mengenai KEUTAMAAN KRISTUS].

Fokus dan taat kepada Yesus, maka KONSEKUENSI KEHIDUPAN DALAM ROH KUDUS akan mewarnai dan menguasai, dan Efek dari Darah Yesus dan pekerjaan Roh Kudus JAUH LEBIH BERHARGA UNTUK DIIMANI DAN DITURUTI daripada menuruti efek ketaatan “freewill” ala bro don itu!!! :smiley:

comment on bintang terakhir :

setelah berbuat dosa, mati dan dibawa masuk sorga …

nah khan, pernyataan ini SANGAT MELEKAT DI DALAM PIKIRAN penganut freewill …

mereka sangat khawatir dengan hubungan antara DOSA dan SORGA, …, benar2 KHAWATIR.

padahal RANTAI DOSA SUDAH DIPUTUSKAN … sudah dihapus oleh Darah TUHAN.

dan mereka [grupnya bro don] masih menahan di dalam pikiran mereka SEOLAH-OLAH PERBUATAN MANUSIA KRISTEN itu DAPAT MENGIKATKAN MEMBELENGGU KAMBALI MANUSIA DENGAN DOSA, sehingga MENCEGAH MEREKA MASUK SORGA … artinya PENEBUSAN TUHAN YESUS dapat digagalkan oleh dosa
[enak aja … dosa bahkan maut telah dikalahkan dan kuasanya dihilangkan]

itulah petunjuk KETIDAKPERCAYAAN PENGANUT FREEWILL KEPADA KUASA PENEBUSAN TUHAN YESUS !!!

kalo boleh pada kesempatan ini saya mendesak bro don AGAR BERTOBAT DARI PANDANGAN MELENCENG TERSEBUT !

[desakan di dalam kasih] :slight_smile:

Terima kasih bro Wine, menolong saya memperjelas yang ketinggalan.

Jadi kalau tidak di berikan IMAN, bagaimana orang dapat percaya, tidak ada induknya IMAN, karena orang berdosa terjerat oleh -----

2 Tim 2 : 26
2:26 dan dengan demikian mereka menjadi sadar kembali, karena terlepas dari jerat Iblis yang telah mengikat mereka pada kehendaknya.

Jeratan setan, bro, manusia berdosa bukan saja pikirannya terselubung, buta, tuli, hamba dosa, hamba setan, juga terjerat oleh jeratan setan atas KEHENDAK ATAU KEMAUAN ATAU WILL .

Fil 2
2:13 karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya.

Allah yang mengerjakan KEMAUAN MANUSIA dengan melepaskan dari JERATAN SETAN, kemengan Kristus atas maut sekaligur mematahkan kuasa setan , melalui lahir baru, manusia yang menjadi ciptaan baru, mendapatkan roh baru, hati baru, dll

Setelah itu manusia baru dapat MEMPERGUNAKAN KEMAUAN BARUNYA , datang merespon panggilan Tuhan melalui Firman Tuhan, untuk bertobat dan memohon ampun.

Bro, bukannya tidak memakai kemauan /will/kehendak, orang yang telah lahir baru, memakai will barunya yang telah lepas dari jeratan setan, untuk datang pada Tuhan.

Kita tidak pernah mengatakan , manusia yang datang pada Tuhan, seperti robot, tidak bro, manusia datang pada Tuhan dengan will barunya.

Jadi tolong di perhatikan dan jangan salah mengerti dan asumsi, WILL YANG BARU, WILL YANG TELAH LEPAS DARI JERATAN SETAN.

Semoga berguna.

:cheesy:

selamat pagi sista Rita,
saya afro 3x :afro: :afro: :afro: