From zero to hero

Matius 5 : 13 – 16

Kebenaran Firman Tuhan ini menjelaskan sejak kita dipilih Tuhan menjadi anak-anak-Nya , Tuhan sudah punya rencana untuk menjadikan hidup kita menjadi “ Garam “ dan “ Terang “ dunia ,

Kalau Tuhan memerintahkan berarti didalam diri kita sudah Tuhan sediakan ( taruh ) potensi untuk bisa menjadi “ Garam “ maupun “ Terang “ yang menjadi penghalang potensi tersebut adalah ;

• Ditutupi dibawah gantang ( tempat menyimpan gandum / beras ) maksudnya “ Talenta “/ Potensi “ ditutupi masalah lahiriah / kesenangan seperti Main , game , sms , facebook , twitter dllnya .kalau orang tua ditutupi masalah cari uang untuk beli beras dllnya .
• Ditutupi sugesti ( pikirannya ) bahwa dirinya tidak berdaya , tidak mampu , dirinya orang biasa , tidak menyadari bahwa dirinya sekarang sebagai ANAK TUHAN yang sedang dibawa kepada pemulihan segala sesuatu , sama seorang dari desa pergi keJakarta naik bis eksekutif , tidak tahu kalau harga tiket termasuk makan malam dijalan , saat bis berhenti tetap diam dalam bis saja sehingga sepanjang malam kelaparan .
• Tidak tahu bahwa didalam dirinya ada Kuasa Roh Kudus , yang akan membimbing hidupnya agar bisa menjadi seperti yang Tuhan kehendaki , sehingga takut pada bayangan betapa sulitnya menjalani hidup apalagi ada tuntutan menjadi ini dan itu .

Kita direncanakan Tuhan setelah diselamatkan dari hukuman kekal kepada hidup yang kekal seperti ; Kota diatas bukit ( menjadi sorotan dan panutan bagi orang lain )

Secara umum Pada dasarnya saat diciptakan Tuhan manusia dihidupnya sudah memiliki potensi tersembunyi untuk menaklukan ciptaan Tuhan yang lain , Kejadian 1 : 28 . itulah yang perlu di explore ( digali ) agar potensi-potensi terpendam didalam hidupnya muncul , sehingga hidupnya bisa bermanfaat bagi banyak orang .

Hari-hari ini setan mencoba membangkitkan kemampuan tersembunyi ini dengan bantuan setan agar manusia bisa dipakai setan menjadi alatnya untuk melawan Tuhan dan yang diurapi-Nya . Wahyu 17 : 14

Thema “ From zero to hero “ berbicara bagaimana seseorang dari Nol ( tidak ada apa-apa ) bisa menjadi “ Pahlawan “ maksudnya hidup berguna dan akhirnya jadi berkat , membawa pengaruh baik bagi orang-orang yang ada disekitarnya , bagi bangsa , bahkan bagi dunia .

Perjalanan dari nol / tidak ada apa-apa jadi berguna bahkan menjadi pahlawan bisa muncul kalau menyadari ;

  1. Menjadi pahlawan tidak harus berlatar belakang keluarga Raja , Jendral , Bangsawan , Ningrat atau keturunan orang pandai , tetapi setiap orang bisa menjadi pahlawan tergantung dari motifasi dalam hatinya yang tergugah oleh karena keadaan yang menekan hidupnya dan lingkungan dimana ia berada .
  2. Menjadi Pahlawan bisa terjadi kalau ia mau mengosongkan dirinya / tidak memikirkan kepentingan dirinya sendiri ( kesenangan daging yang hanya sesaat ) tetapi hidup bagi kepentingan orang lain dan orang banyak .
  3. Panggilan Tuhan untuk bisa menjadi pahlwaan / menjadi berkat bagi orang banyak , memang sudah kodrat sejak sperma bisa mengalahkan jutaan sperma lain untuk membuahi telor dalam kandungan ibu , ini menunjukkan dari saat penciptaan manusia menunjukkan dirinya sebagai pemenang .

Sejarah peradaban manusia bisa diumpamakan jalan yang , Berputar , belok , terkadang ada tanjakan dan penurunannya . Disepanjang jalan itulah ada tonggak-tonggak yang memberitahukan peristiwa – peristiwa yang terjadi .

Contoh ;

Peristiwa Pertempuran tentara Persia yang kuat dibawah Raja Darius waktu menyerang Yunani ( 490 SM ) yang terkenal dengan peperangan Marathon walau tentara Yunani jauh lebih sedikit bisa memenangkan peperangan karena tentara Yunani terlatih dengan baik dan dipimpin Raja Lenidas yang berani dan cerdik .( ada Filmnya dengan judul 300 pahlawan )

Setelah itu tentara Persia menyerang kembali tetapi terjebak di kepulauan Salamis dengan selat-selat yang sempit kapal-kapalnya dihancurkan tentara Yunani ( 480 SM ) dan setahun berikutnya Xerxes Putra Darius menghimpun kekuatannya untuk menyerang Yunani tetapi dikalahkan kembali didataran Plain of Plateau . sejak itu Kerajaan Persia semakin merosot karena terjadi perpecahan diantara suku-suku yang dulunya bergabung dan akhirnya Persia hancur .

Perperangan tersebut mencegah musnahnya peradaban Yunani yang terkenal maju ( mengatur Pemerintahan secara demokrasi bukan otoriter ) Bahkan buah pikiran Filosuf-filosuf Yunani menjadi landasan Negara-negara dibarat sampai sekarang .

Ketika Yunani dipimpin Oleh Alexander yang Agung th 356 – 323 SM Ia berbalik menyerang Raja Persia Darius III dan mengalahkannya . Alexander yang Agung akhirnya menjadi seorang Raja yang memerintah negara – negara dari timur India seluruh Negara Persia , Timur tengah dan Eropa utara Ia membangun perpustakaan di Alexsandria Mesir yang terkenal sampai hari ini , Ia mengirim Ekspedisi ke Afrika Ia menguasai wilayah 50 kali lebih besar dari negaranya dan 20 kali lebih banyak dari penduduknya , Ia mencapai kejayaannya pada usia 33 tahun setelah itu ia meninggal .

Demikan juga Perang dunia I dan II mengubah sejarah peradaban manusia sehingga lahirlah lembaga-lembaga yang berguna bagi kesejahteraan manusia antara lain ; Perserikatan bangsa-bangsa , dan munculnya blok Barat dan Timur .

Sejarah terus berjalan silih berganti muncul para Pahlawan bagi negaranya . Sejarah juga mencatat muncul para pahlawan di berbagai bidang yang berguna bagi masyarakat dunia sampai hari ini seperti ;

  1. Marco polo 1254-1324 Dilahirkan di kota Venesia Italia diterima Raja Kubilai khan ( berasal dari Mongol ) yang menguasai Tiongkok waktu itu < Raja tertarik dengan ajaran Katolik dan minta Marco polo berbicara kepada Paus mengutus banyak Misionaris untuk mengajar agama kepada mereka . Marco Polo lah yang membuka jalur Eropa menuju Tiongkok
  2. Michaelangelo Buonarroti 1475 – 1564 Dilahirkan di Caprese Italia dan tumbuh di Florence walupun ia dikelingi oleh seniman-seniman besar tetapi ia berhasil menjadi terkenal sebagai pematung kelas dunia .
  3. Galileo Galilei 1564 – 1642 Seorang Astronom yang menggunakan teleskop secara konsisten . pada usia 24 th menjadi professor matematika di Pisa Italia dan hari ini teorinya amenjadi pegangan para astronom didunia ini .
  4. Sir Isaac Newton 1642 – 1727 , Seorang ilmuwan genius terbesar dalam sejarah dunia , ia menciptakan binomial theorem ( teori binomial ) dan fuctional calcus ( kalkulus fungsi ) menemukan spectrum cahaya , menulis teori gravitasi , menciptakan teleskop reflector , pada usia 25 tahun ia menemukan 3 hukum gerak yaitu ; 1. Kelembaban . 2 Gerakan . 3 Reaksi .
  5. Bill Gates 1955 , Seorang wirausahawan paling berhasil diabad 20 yang lalu dengan nama William Henry “ Bill” Gates dilahirkan dia Seatle Washington 28 Oktober 1955 , pertama kali memprogam computer pada usia 13 tahun selama tahun pertamaanya di universitas Harvard , gates dan temannya , Paul Allen , menjadi orang pertama yang menggunakan bahasa computer BASIC bagi Microcomputer , terutama computer MITS Altair . Pada tahun 1975 Gates keluar dari Harvard dan ia bersama Allen pindah ke Albuquerque , New Mexico , dimana MITS bermarkas dan ia mendirikan Microsoft Corporation , saat MITS gulung tikar pada tahun 1979 Gates dan Allen pindah kewilayah Seatle untuk mengembangkan perangkat lunak . 1980 Microsoft telah dipilih oleh IBM ( International Business Computer ) untuk mengembangkan system operasi bagi PC ( personal Computer ) Microsoft membeli sebuah sisitem operasi dari seorang progamer bernama Tim Paterson dan menggunakannya sebagai Microsoft Disk Operating system ( MS-DOS ) dan terus menemukan system baru sampai sekarang .

Sekarang kita melihat para pahlawan Wanita yang menjadi pahlawan dan membawa pengaruh bagi para wanita sampai hari ini ,

  1. Joan of arc 1412 – 1431 , Wanita muda yang menjadi pahlawan nasional dengan mengubah arus Perang seratus tahun ( 1337-1453 ) secara menyakinkan hingga perancis menang ia adalah putri seorang petani di domremy , Jacques d,arc , dan istrinya Isabelle de Vouthon . Sebagai anak yang saleh , joan of arc ( dalam bahasa Perancis Jeanne d,arc ) saat berusia 13 tahun ia mendapat penglihatan pertamanya dan selama 5 tahun ia mendapat penglihatan , yang memerintahakan dia membebaskan Rheims dan penjara Augustines tempat putra mahkota Charles dalam penjara akhirnya ia berhasil dan menobatkan menjadi Raja Charles VI 1403 – 1461 menjadi seorang pahlawan Wanita Perancis melawan Tentara pendudukan Inggris Raja Henry VI ( 1421-1471 ) tetapi akhirnya dengaan akal licik Joan dituduh gereja waktu itu sebagai wanita yang memalsukan penglihatan dan 12 tuduhan lainnya akhirnya mati di bakar 30 Mei 1431 .

  2. Ratu Jinga ( Jinga mbandi ) Seorang wanita yang hebat bisa menyatukan suku-suku Ndongo , Matamba , Kongo , Casnye , Dembos , Kissama , dan Planalto Pusat di negara Angola Ratu ini bisa menyatukan suku-suku yang kebanyakan masih kanibal untuk melawan pendudukan negara Portugal yang menawan penduduk dijual sebagai budak hidup tahun 1580-1663 .

  3. Pocahontas ( Matoaka ) 1595-1617 , Arti nama Matoaka ( Indian ) adalah suka bermain ) Putri bungsu kepala suku konfederasi Algonquin suku-suku Indian , Pocahontas yang berusia 12 tahun terkenal karena menolong seorang Inggris bernama John Smits , karya novel Smith Generall Historie of Virginia 1624 kemudian diromantisir th 1805 dengan judul Capitain Smith and princess Pocahontas .sekarang dibuat jadi Film .

  4. Florence Nightingale 1820-1910 , Dianggap sebagai pendiri ilmu perawatan modern , Perawat Inggris ini disebut sebagai penyokong reformasi rumah sakit dan innovator kesehatan public , Ia dilahirkan di Florence Italia dan dibesarkan di daerah Derbyshire Inggris , Ia yakin menerima panggilan Tuhan dalam hidupnya untuk menjadi perawat , Th 1849 ia mulai berkeliling di Eropa untuk mempelajari system dirumah sakit . Ia mulai menjadi pelatiha perawat di Institut Saint Vincent de Paul di Aleksandria Mesir dan Institut For Protestant Deaconesses di Kaiser-swerth Jerman th 1853 . ia menggunakan gajinya untuk mengorganisasikan kembali Institusi Perawat Wanita Sakit di Harley Street London . Pada 1854 Rusia menyerang Turki dan memicu Perang Crimea Nightingale dikirim merawat tentara Inggris bersama 38 perawat lain harus merawat 5000 tentara yang terluka dengan peralatan dan obat-obatan sederhana ia bekerja 20 jam sehari malam-malam ia membersihkan ranjang pasien yang penuh kutu dan debu sendirian dengan cahaya lentera ( sampai ia mendapat gelar Wanita pembawa Lentera ) sampai beberap[a bulan kemudian korban insveksi berkurang dari 42 persen menjadi 2,2 Persen sehingga ia diberi gelar pahlawan Nasional di Inggris . 1857 .

  5. Hellen Keller 1880-1968 , Seorang perintis hak orang cacad , Helen Keller dilahirkan di Tuscumbia Alabama , Ia seorang yang bisu tuli dan buta karena penyakit pada usia 19 bulan ia menjadi anak yanag keras kepala dan destruktif . Ketika usianya 7 Tahun Keluarganya memperkerjakan Anne Sullivan ( 1886-1936 ) Seorang sarjana yang baru lulus dari institute Tuli Perkins , setelah mengajar selama 2 minggu terjadi terobosan terjadi Helen mengerti air yang Anne tunjukkan dengan bahasa isyarat ditangan Helen . Ikatan seumur hiduppun terjadi anatar Helen dengan Anne . Pada th 1900 Helen masuk universitas Radcliffe dan sang guru terus mendampinginya sampai lulus cum laude th 1902 Helen membuat buku “ The Story of My Life “ dengan bantuan Profesor dari Harvard John Macy yang akhirnya John ini menjadi suami Anne Sullivan . Helen terus berkiprah dalam memperjuangkan mereka yang bisu dan buta dan AFB
    ( American Foundation for the Blind ) menjadikan Helen sebagai Juru bicaranya .

Kalau kita melihat sejarah perjalanan tokoh-tokoh dalam dunia maupun dalam Alkitab kita bisa melihat mereka memiliki latar belakang yang tidak ada apa-apanya atau memulai dari nol tetapi akhirnya mereka bisa menjadi ternama ( Hero ) dan berguna bagi keluarga dan bagi bangsa dan negaranya , Karena mereka tidak mau menyerah dengan keadan / keterbatasan yang menekan hidupnya maupun kelompoknya dan akhirnya ;

“ Keterbatasan tidak bisa menghalangi Potensi dalam dirinya “

Jadi masalah seseorang bisa menjadi Pahlawan bukan latar belakang keluarga , status social lingkungan dimana ia berada tetapi dari ; Tekad dan kemauaan dalam dirinya untuk melepaskan dari keterbatasan menjadi pahlawan yang berguna dan bermanfaat bagi banyak orang sehingga nama Tuhan dipermuliakan . Amin .