Gawat! Lapisan Ozon Kutub Utara Rusak Parah

Gawat! Lapisan Ozon Kutub Utara Rusak Parah

INILAH.COM, Vienna – Kondisi lapisan ozon Kutub Utara makin parah di musim dingin ini. Kondisi ini disebabkan cuaca dingin di bagian atas atmosfer. Seperti apa?

Pada akhir Maret, 40% lapisan ozon stratosfir rusak. Tingkat kerusakan ini meningkat dari sebelumnya yang hanya berkisar 30%. Seperti diketahui, lapisan ozon melindungi manusia dari kanker kulit.

Namun kini, lapisan itu rusak karena polusi industri kimia. Seperti dikutip BBC News, kerusakan yang terjadi merupakan reaksi dari kondisi dingin stratosfer akibat polusi industri kimia.

Melalui perjanjian Montreal Protocol dari PBB, beberapa zat kimia dilarang digunakan karena keberadaanya bisa bertahan lama di atmosfer hingga puluhan tahun. Perjanjian Montreal Protocol 1987 melarang penggunaaan zat Chlorofluorocarbon (CFC) yang banyak digunakan pada lemari es.

WMO memaparkan data ini di ajang tahunan European Geosciences Union (EGU) di Vienna, Austria. Meski mendinginnya stratosfer merupakan peristiwa tahunan di kutub selatan, gambaran kutub utara masih belum bisa diprediksi.

“Tingkat kerusakan lapisan ozon di musim dingin tergantung pada kondisi meteorologi,” ungkap Sekjen World Meteorogical Organization (WMO) Michel Jarraud.

Kerusakan lapisan ozon pada 2011 menunjukkan, manusia harus waspada dan menyadari situasi kutub utara untuk beberapa waktu ke depan, lanjutnya.

Rusaknya lapisan ozon membuat sinar ultraviolet-B berbahaya bisa masuk melewati atmosfer. Sinar inilah yang menyebabkan kanker kulit, katarak, dan kerusakan sistem kekebalan tubuh. WMO memperingatkan warga dunia mewaspadainya. [mor]

S: http://id.berita.yahoo.com/gawat-lapisan-ozon-kutub-utara-rusak-parah-174600371.html

ya, inilah salah satu tanda - tanda bahwa alam semakin rusak dan menuju kepada akhir nya…

Om cakka mau tanya nich…

akibat kerusakan ozon, apakah benar bisa timbul penyakit2 (katarak, kulit dsb)
jika bener maka ya harus buat kacamata (untuk melindungi mata) supaya ngga kena katarak :smiley:

gw denger2 ada lapisan ozon baru yang bermunculan karena ALAM membentuknya sendiri… maka daripada itu di galakan GOGREEN… :slight_smile:

kalau karena alam, saya rasa ga juga bro…

manusia penyebab semuanya (banyak hutan gundul) akibat populasi yg meningkat…

pada ngga bole pake kulkas nih kayanya…
http://www.laymark.com/i/o/16.gif

lah gak nyambung :stuck_out_tongue: ane kan bicarain lapisan ozon yang kebentuk kembali sama ALAM makanya di adakan dan di gencarkan GO GREEN… haiaaaaaaaaaahh udah malemmmmmmm jadi lemot ye :stuck_out_tongue: wakkwkakwka

oya?
wahh, bagus donkk,
ayo biar cepet dibentukk,

wkwkwk… wah salah tangkep nih hehehe…

meskipun bisa pulih dari alam itu membutuhkan waktu bertahun2 (sangat lama) sedangkan limbah industri, polusi udara… hampir setiap hari ada. (merusak lapisan ozon)

:slight_smile:

Rusaknya ozon bukan cuma disebabkan oleh ulah manusia saja, tapi juga karena faktor alam. Contohnya, gunung meletus mengeluarkan lava pijar yg banyak sekali mengandung gas metana dan karbon yg jika bersenyawa akan merusak ozon juga. Selama kurun waktu 10 tahun terakhir bukankah intensitas gunung meletus sangat sering, jauh lebih sering daripada 10 atau 20 tahun yg lalu?
Gempa bumi juga menyebabkan keluarnya gas karbon dan metan ke atmosfer bumi. Selam kurun waktu 10 tahun terakhir, bukankah kita sangat sering mendengar gempa bumi? Hampir tiap hari saya rasa.
Jadi, rusaknya ozon ya memang itu rangkaian dari kejadian menjelang akhir zaman. Nggak perlu nyalahin siapa2.

mendingan telat dari pada enggak… makanya mulai skarang yuk ! tanam kembali pohon2 dan dukung gerakan GO GREEN !

aduh"
tanda" kiamat ni,