gejala "ketindihan"

ini sering terjadi… bener2 mengganggu banget, bikin ketakutan dan begadang

beberapa kasus pernah terjadi pada saya n tmn2 saya… kita belum tidur, tapi badan kita udah kaku, ga bisa bergerak, mau teriak, tapi ga ada suara yg keluar. kadang juga dengar suara2 melengking dan ada yang mendengar suara jelas yg nadanya mengancam dan menakutkan.

biasanya ini kenapa bs terjadi, n solusinya apa ya…

tolong d bantu ya…

Gbu

apa jangan2 ulah nya si hantu ya??
http://www.laymark.com/i/m/m190.gif

muahaha … sttt kalo dah tau gak usah nyaring2 ngomonge… entar si grace tambah takut …

tp kayanya grace emang harus lebih gencar berdoa …

biasanya yang sering adalah gejala “ketindihan” nya doang … kalo sampe ada suara2 … apalagi sampai “audible” … sudah tingkat lanjut kayanya …

this is serious …

Ini nih gara suka tidur miring…
Ketika tidur miring, ada pembuluh darah yang tertekuk dan menghambat peredaran darah.
Atau bisa juga pada saat tidur tengkurap, gidung tersumbat atau terhalangi oleh suatu bendah seperti selimut atau bantal sehingga susah bernafas dan sesak.
Inilah yang membuat orang merasa ketindihan.

Cobalah tidur telentang (tapi jangan telen tang ya…bahaya…bisa keselek)
Atau kalau tidur miring, usahakan peluk bantal guling.
Tapi yang penting jangan sampai peredaran darah terhambat.

Juga jangan tidur di depan pintu, selai bahaya terinjak oleh orang yang lewat, juga aliran udara yang tidak seimbang karena perbedaan suhu didalam kamar dan diluar kamar. Tidak baik bagi kesehatan.
Saya pernah coba tidur di depan pintu. Dan hasilnya saya didatangi oleh makhluk seperti kingkong hendak mencium saya. Untung saya bisa bergerak dan terbangun.

gejala “ketindihan” ini dikenal sebagi sleep paralysis, berikut penjelasan yang saya kutip dari slah satu sumber. semoga membantu

-salam-

Sleep Paralysis
Menurut medis, keadaan ketika orang akan tidur atau bangun tidur merasa sesak napas seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerak dan sulit berteriak disebut sleep paralysis alias tidur lumpuh (karena tubuh tak bisa bergerak dan serasa lumpuh). Hampir setiap orang pernah mengalaminya. Setidaknya sekali atau dua kali dalam hidupnya.

Sleep paralysis bisa terjadi pada siapa saja, lelaki atau perempuan. Dan usia rata-rata orang pertama kali mengalami gangguan tidur ini adalah 14-17 tahun. Sleep paralysis alias tindihan ini memang bisa berlangsung dalam hitungan detik hingga menit. Yang menarik, saat tindihan terjadi kita sering mengalami halusinasi, seperti melihat sosok atau bayangan hitam di sekitar tempat tidur. Tak heran, fenomena ini pun sering dikaitkan dengan hal mistis.

Di dunia Barat, fenomena tindihan sering disebut mimpi buruk inkubus atau old hag berdasarkan bentuk bayangan yang muncul. Ada juga yang merasa melihat agen rahasia asing atau alien. Sementara di beberapa lukisan abad pertengahan, tindihan digambarkan dengan sosok roh jahat menduduki dada seorang perempuan hingga ia ketakutan dan sulit bernapas.

Kurang Tidur
Menurut Al Cheyne, peneliti dari Universitas Waterloo, Kanada, sleep paralysis, adalah sejenis halusinasi karena adanya malfungsi tidur di tahap rapid eye movement (REM).

Sebagai pengetahuan, berdasarkan gelombang otak, tidur terbagi dalam 4 tahapan. Tahapan itu adalah tahap tidur paling ringan (kita masih setengah sadar), tahap tidur yang lebih dalam, tidur paling dalam dan tahap REM. Pada tahap inilah mimpi terjadi.

Saat kondisi tubuh terlalu lelah atau kurang tidur, gelombang otak tidak mengikuti tahapan tidur yang seharusnya. Jadi, dari keadaan sadar (saat hendak tidur) ke tahap tidur paling ringan, lalu langsung melompat ke mimpi (REM).

Ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM tapi tubuh belum, di sinilah sleep paralysis terjadi. Kita merasa sangat sadar, tapi tubuh tak bisa bergerak. Ditambah lagi adanya halusinasi muncul sosok lain yang sebenarnya ini merupakan ciri khas dari mimpi.

Selain itu, sleep paralysis juga bisa disebabkan sesuatu yang tidak dapat dikontrol. Akibatnya, muncul stres dan terbawa ke dalam mimpi. Lingkungan kerja pun ikut berpengaruh. Misalnya, Anda bekerja dalam shift sehingga kekurangan tidur atau memiliki pola tidur yang tidak teratur.

Jangan Anggap Remeh
Meski biasa terjadi, gangguan tidur ini patut diwaspadai. Pasalnya, sleep paralysis bisa juga merupakan pertanda narcolepsy (serangan tidur mendadak tanpa tanda-tanda mengantuk), sleep apnea (mendengkur), kecemasan, atau depresi.

Jika Anda sering mengalami gangguan tidur ini, sebaiknya buat catatan mengenai pola tidur selama beberapa minggu. Ini akan membantu Anda mengetahui penyebabnya. Lalu, atasi dengan menghindari pemicu. Bila tindihan diakibatkan terlalu lelah, coba lebih banyak beristirahat.

Kurang tidur pun tidak boleh dianggap remeh. Jika sudah menimbulkan sleep paralysis, kondisinya berarti sudah berat. Segera evaluasi diri dan cukupi kebutuhan tidur. Usahakan tidur 8-10 jam pada jam yang sama setiap malam.

Perlu diketahui juga, seep paralysis umumnya terjadi pada orang yang tidur dalam posisi telentang (wajah menghadap ke atas dan hampir nyenyak atau dalam keadaan hampir terjaga dari tidur). Itu sebabnya, kita perlu sering mengubah posisi tidur untuk mengurangi risiko terserang gangguan tidur ini.

Nah, jika tindihan disertai gejala lain, ada baiknya segera ke dokter ahli tidur atau laboratorium tidur untuk diperiksa lebih lanjut. Biasanya dokter akan menanyakan kapan tindihan dimulai dan sudah berlangsung berapa lama. Catatan yang telah Anda buat tadi akan sangat membantu ketika memeriksakan diri ke dokter.

sumber http://nasional.kompas.com/read/2008/09/21/1407118/misteri.di.balik.tindihan

kaenya semua pernah deh ngalamin gt, bahasa disini ditiindih setan

biasanya klo itu terjadi sama aku, karena capek baek secara fisik maupun mental

dan klo sudah terjadi kena tindih itu, biasanya jantung kita yang berhenti sesaat
dan kebiasaanku ya…ngak tau orang lain

aku akan meluruskan badanku, dan mulai baca FT, atau buku lainnya

semoga bisa membantu… :slight_smile:

Ada tidak ya kasus ga bisa bangun saat ketindihan?
Kalau ga bisa bangun saat ketindihan, akibatnya apa ya? :rolleye0016:

ya adalah.

Kalau ketindihan gajah, mana bisa bangun. Remuk semua deh. hahahaha

ha ha ha

yg dibold merah : gaya bahasa mr cloud lucu banget. hahaha

Juga jangan tidur di depan pintu, selai bahaya terinjak oleh orang yang lewat, juga aliran udara yang tidak seimbang karena perbedaan suhu didalam kamar dan diluar kamar. Tidak baik bagi kesehatan. Saya pernah coba tidur di depan pintu. Dan hasilnya saya didatangi oleh makhluk seperti kingkong hendak mencium saya. Untung saya bisa bergerak dan terbangun.

lah gimana sih, kok tidur di depan pintu. hahaha

King kongnya kayak apa sih ? jadi pengin denger ceritanya. hehehehe

hmmmm… dulu cicil sering ky gitu…
biasanya cuma panggilpanggil, teriak nama DADDY (JC)… Ga lama pasti ilang… trus lanjut tidurnya…
pernah dah ilang tapi kejadian lagi beberapa menit kemudian… tp gpp ko…

mmm… saran… deket selalu dg Daddy… jaga pola tidur… jgn terlalu lelah…

Tadi di atas, oleh Mendungsenja dibahas dari sisi kedokteran, bro…
jadi pertanyaanku itu merujuk ke sana…

lah kok gajah2 melu2 mettu…

Mendengar suara: Salah satu bentuk halusinasi…
Penderita gangguan jiwa sering mengalami gangguan halusinasi loh…

Hati2 jadi gila ya…
Wkwkwk

Tenang aja…
Cuma karena kecapean atau bawaan dari mimpi…
Hehe…

@Jz10
bwahahaha… ;D
betul itu, makanya jangan masukin gajah ke kamar tidur… :happy0025:

@Piepieq Tjhoa
belum pernah dengar, tapi pandangan saya begini :
berhubung sleep paralysis adalah pengalaman individu, bahkan orang yang sadar didekatnya pun bisa tidak tahu karena kondisi badan seperti lumpuh, jadi seandainyapun ada yang sampai ga bisa bangun (=asumsi saya sampai meninggal) sulit menghubungkan dengan sleep paralysis.

-salam-

@cloud: aq sering tidur menyamping dan ga bisa kalo ga peluk guling, bro… tapi tetep aja gitu… beberapa kasus juga kita tidur telentang, ya tetep aja kyk gitu…

iya oliver, ini terjadinya sama aq, suaranya bener2 jelas, tapi ga melengking… nadanya ya ngancem gitu… ngeri…

pieq… catatannya adalah: aq ngalamin ini saat aq belum tidur tapi udah dalam posisi siap tidur… alias baring di kasur

thanks ya masukkannya temen2…

penjelasan kalian tuh berarti buat aq.
walaupun ada hal2 yg masih belum masuk akal q sbg manusia, yang terjadi sm aq setidaknya ini bisa dijelaskan sebagian besar secara ilmiah…
jadi ga terlalu takut lg, apa lagi sampe ga bobo 1 malem kyk kmrn ;D
Gbu

sudah berapa lama sis en_grace mengalami hal tsb ?
apakah setiap malam saat mau tidur terjadi ?

Bila sis mengalami hari yg berat shg menimbulkan stress dan keletihan yg sgt, maka apa yg dialami sis bisa terjadi. Memang banyak koq yg pernah mengalaminya. Apakah sis sudah pergi ke dokter utk mengatasi ini ? Tapi kalo hal spt ini kyknya gak cocok ke dokter umum kali ya, krn hal ini lebih menjurus ke kejiwaan.

Tapi ada juga penyebab lainnya yg tdk dpt dipandang enteng. Ini masalah klenik. Spt yg bro mendungsenja diatas katakan mengenai incubus / succubus. Apakah suara2 yg sis dengar suara wanita atau pria (kyknya pria ya) ? Apa ancaman2 yg sis dengar ? Apakah sis ada membenci seseorang secara amat sangat benci ?

hmmm…Bee belum pernah ngalamin cie…tapi kakak perempuan Bee pernah…kebetulan bobonya disebelah Bee…kalo dia ga di tindihin tapi malam itu dia memang lupa berdoa nah pas dia tengah malem dia terbangun dan melihat “something scary like demon” di langit2 kamar…sampe ga bergerak cuma bisa berdoa DOA BAPA KAMI dalam hati trus minta tolong TUHAN YESUS baru bisa lepas…trus dia nyalain lampu,bangunin Bee trus berdoa sama2…abis tu Bee tungguin sampe dia bener2 tidur baru Bee tidur lagi…

Nah,paginya dia cerita bentuk mahluknya kek apa…trus Bee langsung inget kalo sorenya tu Bee abis ikut Team Pelayanan Pelepasan melepas roh yang ada di tubuh salah satu pemain kuda lumping dan bentuknya sama persis dengan yang diceritain kakak Bee…tapi Bee ga kasi tau dia mengenai hal itu…kasian,soalnya dia tu penakut…
http://www.laymark.com/i/m/m048.gif

abis tu Bee cerita ke mentor Bee…trus mereka doain Bee dech, takutnya roh itu masih menempel di Bee…tapi kok aneh ya kenapa kakak Bee yang ngeliat bukan malah Bee…
http://www.laymark.com/i/m/m136.gif

saran Bee…sebelum tidur minta TUHAN YESUS lindungin alias berdoa dulu…naaahhh,kalo misalnya ketindihan lagi sebut az nama TUHAN YESUS abis tu nyalain lampu kamar trus berdoa lagi…abis berdoa tidur lagi,usahain jangan bengong abis berdoa…kalo lom bisa bobo baca FIRTU az…pasti ga akan terjadi apa2…yakin bahwa nama YESUS itu dashyat kuasanya…
http://www.laymark.com/i/m/m177.gif

salam,
Bee…