Gereja dirusak

Pemimpin gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Filadelpia Pdt Palti H. Panjaitan menduga masalah penyegelan yang menimpa gerejanya tidak hanya terkait dengan izin pendirian gereja.

“Warga setempat tidak ada yang mempersoalkan, tapi ada orang yang tidak senang dengan keyakinan gereja. Mereka inilah yang mendesak Bupati,” kata Palti, Selasa (9/2).
Tentang kondisi gereja-gereja Huria Kristen Batak Protestan yang mengalami pengrusakan, sejauh ini tidak ada solusinya. “Aparat kepolisian hanya mengamankan, tetapi tidak menindak orang-orang yang melakukan pengrusakan,” imbuh Palti.

Huria Kristen Batak Protestan Filadelpia mengaku sudah pernah mencoba bertemu langsung dengan pihak Pemerintah Kabupaten Bekasi, namun hingga sejauh ini belum pernah bisa bertemu.

Ahmad Satori, Sekretaris Umum Forum Keadilan dan Hak Asasi Umat Beragama (FORKHAGAMA), mensinyalir kelompok masyarakat yang melakukan tindakan pengrusakan terhadap gereja berasal dari kelompok Islam garis keras.

Palti menambahkan, “Alasan penyegelan adalah Perda Bekasi Nomor 7 Tahun 1996. Tapi setelah kami teliti perda tersebut tidak ada kaitannya dengan pembangunan rumah ibadah kami ini. Bupati Bekasi ini kan kader PKS.”

Saat dimintai klarifikasi tentang hal ini, anggota Komisi Hukum dari Fraksi PKS Sunmanjaya menyatakan PKS akan menyerahkan proses ini pada hukum yang berlaku. “Negara ini negara hukum. Yang bertindak bukan partai, tapi polisi, kejaksaan, pengadilan. Selama yang bersangkutan (Bupati Bekasi - red.) belum mendapatkan keputusan tetap di pengadilan, kita hormati. Tetapi kalau pengadilan mengatakan dia bersalah, ya kami juga akan melakukan tindakan. Mulai dari sanksi administrasi, hingga pemberhentian,” jelas Sunmanjaya.

sumber tempo

Fk’ers mari kita doakan ya supaya tidak ada oknum yang mengganggu kenyamanan bergereja di Indonesia… :wink:

Saya pernah posting tentang sumbangan uang untuk perbaikan mesjid di suatu daerah di Indonesia ketika saya menghadiri sebuah pertemuan.

Pada saat itu sebenarnya saya tidak mau sumbang, tapi karena gak enak sama temanku dan waktu itu banyak orangnya, dan panitia sengaja memakai kantong plastik transparan yang besar waktu ambil sumbangan, saya jadi malu jika saya tidak sumbang, tapi waktu itu saya kasih seceng doang karena emang cuma ikut-ikut dan tidak IKHLAS.

Saya tidak IKHLAS karena emang yang dibantu itu untuk perbaikan mesjid, yang notabene udah saya tahu banyak pemeluknya yang menentang pembangunan gereja-gereja di Indonesia.

Jadi untuk apa kita bantu perbaikan tempat ibadahnya, itu yang ada di otak saya.

Saya lebih rela membantu pembangunan kuil, kelenteng, pura dan vihara, karena para pemeluk agama-agama tersebut lebih bisa menghargai keberagaman dalam keyakinan.

Marilah kita semua berdoa setiap hari agar pembangunan gereja-gereja di Indonesia bisa lebih dipermudah dan semoga pemerintah lebih adil dan tidak memihak kepada yang salah.

ya kita harus berdoa supaya makin banyak orang2 yg lebih bertoleransi akan adanya gereja… supaya tidak terdengar lagi berita ada gereja yg dirusak, atau dipersulit pembangunannya

Emang benar, tapi yang lebih penting itu harus didukung oleh pemerintah juga.

Saya lihat sering sekali orang-orang yang merusak gereja tidak ditangkap dan dihukum,.

Sesudah merusak, mereka dibiarin saja.

Makanya orang-orang yang merusak itu jadinya semakin berani dan tidak takut karena habis merusak juga tidak diapa-apain.

Coba kalo pemerintah ambil tindakan tegas, saya yakin tidak ada yang berani berbuat begitu.

iya saya setuju, sebenernya kembali ke pemerintah lagi… jika mereka bisa memberikan tindakan yg tegas, pasti tidak akan ada kasus seperti ini lagi :frowning:

Kalo menurut aku sih pemerintah tak bisa ambil tindakan tegas karena pemerintah tidak bisa berlaku adil.

Pemerintah kan condong membela kaum mayoritas.

Karena orang-orang yang duduk di pemerintahan juga berasal dari kaum mayoritas itu.

Hal ini akan berlangsung terus menerus dari tahun ke tahun, dari jaman ke jaman sampai Sang Raja Adil yaitu Tuhan Yesus datang untuk menghukum dan mengadili orang-orang yang berdosa.

Yang berdosa akan dilempar ke neraka dan menjerit-jerit kesakitan untuk selamanya.

Yang orang percaya dan hidup suci/kudus akan diselamatkan dan tinggal di Sorga untuk selamanya.

Maka saya berharap Tuhan Yesus cepat-cepat datang untuk mengadili orang-orang yang bersalah.

AMIN.