Gereja Hari Ini

Hari ini dunia menawarkan begitu banyak pilihan tentang gereja,
ada begitu banyak aliran hingga kita bingung pilih yang mana yang benar dan sesuai dengan kehendakNya.
Ada yang mengatakan asal tidak menyinggung perpuluhan maka sejalan dengan saya, yang lain mengatakan sudah dari turun-temurun di gereja ini, ada juga yang mengatakan pendetanya asik, kotbahnya lucu dan menghibur.
Gereja yang sejati?
Bagaimanakah pendapat rekan-rekan tentang gereja hari ini?

Yang disebut “gereja” pada jaman ini adalah sebuah bangunan atau sebuah organisasi yang terstruktur. Yang disebut “gereja” dalam Alkitab adalah diri kita masing-masing, bro.

Bila definisinya sudah dipisahkan seperti demikian ya susah mau masuk kepada kebenaran gereja bro, namun kita juga harus terbuka terhadap kenyataan yang memang demikian.
Mungkin malah ini lah yang bisa kita lakukan terhadap arti gereja. Memilih definisi tersebut, apakah maunya gedung dan organisasi saja tanpa kehidupan yang nyata ataukan memilih gereja adalah pribadi kita masing-masing.

Sebenarnya memang seharusnya dipisahkan, bro. Banyak orang menganggap datang ke gereja (bangunan) atau terlibat dalam gereja (organisasi) merupakan apa yang diinginkan Yehushua dan kalau itu sudah mencukupi. Tapi kalau anda benar-benar merenungkan isi Alkitab, kalau anda berusaha untuk menerima isi Alkitab tanpa parameter-parameter apa pun sebelumnya, lalu anda bandingkan dengan kondisi sekarang, anda akan sampai pada kesimpulan bahwa apa yang diyakini orang banyak tentang 'gereja" itu justru bertentangan dengan isi Alkitab dan kalau apa yang diyakini orang banyak adlah justru bukan jalan YHWH.

Hari ini demikianlah adanya bro.
Gereja berlomba-lomba menjadi yang terbaik, namun lupa akan esensi dari gereja itu sendiri.
Hal ini seperti sudah dinubuatkan Kristus dalam

Matius 3:31 Yesus membentangkan suatu perumpamaan lain lagi kepada mereka, kata-Nya: "Hal Kerajaan Sorga itu seumpama biji sesawi , yang diambil dan ditaburkan orang di ladangnya. 13:32 Memang biji itu yang paling kecil dari segala jenis benih, tetapi apabila sudah tumbuh, sesawi itu lebih besar dari pada sayuran yang lain, bahkan menjadi pohon, sehingga burung-burung di udara datang bersarang pada cabang-cabangnya. " 13:33 Dan Ia menceriterakan perumpamaan ini juga kepada mereka: "Hal Kerajaan Sorga itu seumpama ragi yang diambil seorang perempuan dan diadukkan ke dalam tepung terigu tiga sukat sampai khamir seluruhnya. "

Gereja telah berkembang dari hanya sayuran menjadi pohon buat sarang burung2. Tepat sekali yang Kristus katakan.

esensi gereja sebagai “Bait Roh Kudus” yaitu Manusia dimana ALLAH berkenan hidup, atau Imamat Rajani, dimana setiap orang MENJADI IMAM masuk ke dalam hadirat ALLAH karena IMAM AGUNG sudah ada disurga.

Pertanyaannya sekarang : “Apakah hal-hal pribadi tersebut berdiri sendiri lepas dari “gereja” selaku persekutuan tradisional orang-orang percaya di dalamnya termasuk organisasi?”

salam

Kembali ke esensi gereja adalah tubuh Kristus, satu dengan yang lain saling berhubungan karena memiliki roh yang sama, dan disebut anak0anak Allah. Tidaklah mungkin orang yang memiliki dasar keimanan seperti demikian terpisah dari tubuh Kristus. Kita semua mutlak adalah anggota gereja. Gereja yang mana dulu? Organisasi atau gereja yang rohani?

Bukan untuk memecah-mecahkan Kristus menjadi aliran A B dst. Namun untuk menyamakan persepsi mengenai esensi dari gereja. Bukanlah gedung yang mewah atau hirarki organisasi yang mengerucut.
Namun hanyalah sayuran yang dimakan menjadi nutrisi bagi rohani kita. Seperti sesawi.

Buat saya, kita mau gereja pindah2 pun gak masalah, asal kita semakin bertumbuh dan dewasa secara iman.

ibarat sama dengan ilmu dunia, kita bisa belajar di kampus, dirumah, di tempat kursus, di tempat tongkrongan untuk lebih bijaksana dan pintar untuk banyak hal.

yang salah itu, ada orang kristen yang mau bergaul sama satu ide teologi saja, satu gereja saja, satu pemikiran,
lupa kita diciptakan dengan kebebasan untuk bertumbuh.

apakah Allah yang maha kuasa tidak bisa memprogram kita dari penciptaan untuk satu ide? pasti bisa, tapi DIA menciptakan manusia itu menjadi indah,karena diciptakan berbeda-beda , fisik ,pikiran, karunia, dsb.

gereja adalah wadah (FISIK) untuk saling menguatkan dengan sesama, tp gereja seutuhnya ada di diri kita sendiri.