Gereja Katolik Tidak Alkitabiah

Di thread “serba susah dgn sola scriptura”, saudara Bruce mengatakan TIDAK ADA gereja yang menjalankan dogma/ doktrin yang TIDAK Alkitabiah.

Benarkah pernyataan Bruce dari katolik ini?

Seperti yang kita ketahui, Gereja Katolik adalah gereja yang dogma/ doktrinya TIDAK bersumber dari Alkitab Firman Tuhan, namun dari PAUS i.e magisterium dan Tradisi Sucinya.

Jadi pernyataan Bruce jelas kurang tepat, karena kepercayaan yang dianut Bruce dan rekan2 katolik dapat disebutkan sebagai Gereja yang Pausbiah dan Tradisibiah.

misalnya dlm hal apa?

Kursi yang sudah dijual seharga 650 kg emas kok dipercaya…? Apa bedanya dengan tinggal dan hidup di tanah darah yang dibeli dengan 30 keping uang perak…?

Kursi yang ketika diduduki menjadi tempat skandal dan memiliki anak tidak resmi (illegitimate children) masih bisa diikuti doktrinnya?

Bukankahikan busuk dari kepalanya?

Itu saja pertanyaan saya, mungkin ada yang memiliki hikmat untuk mencerahkan saya…

Bersumber dari Alkitab dan catatan pengalaman orang-orang Kudus yang berjalan dengan Allah, maka bapa-bapa gereja menetapkan sebuah keputusan besama. Keputusan tersebut menjadi patokan atau dasaar dalam menafsirkan, menjabarkan dan menetapkan hal-hal yang kemudian, dikarenakan bentuknya lebih mudah dipahami (seperti sebuah masakan sudah menjadi bumbu jadi, tinggal pakai). Salah satu karyanya adalah kanonisasi Alkitab kita.

Sama seperti halnya muslim, mereka meniru (karena lebih muda) system ini dengan mengeluarkan fatwa-fatwa, yang dasarnya adalah kitab suci mereka. Kemudian fatwa tersebut dipakai sebagai acuan sebab sifatnya yang telah “matang” dibandingkan langung dari kitab suci.

Kebaikannya adalah umat tidak perlu lagi bingung saat membaca Alkitab, sebab doktrin telah ditetapkan dan diperkenalkan sebelumnya. Mengertinya sama, menjalankannya juga sama. Tidak ada perbedaan tafsir dari satu gereja ke gereja yang lain.

Kekurangannya adalah sifat sakralnya yang kemudian disetarakan dengan Firman Tuhan itu sendiri, seiring berjalannya waktu, sehingga saat perlu penyempurnaan karena pengetahuan manusia bertambah (Daniel 12:4) akan terganjal oleh pihak-pihak yang menganggap itu sama dengan mengganti UUD’45.

Kolose 3:9-10 menuliskan dimikian, semoga bermanfaat…

Jangan lagi kamu saling mendustai, karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya, dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya;

Topik dikunci karena menyerang aliran tertentu.

Untuk TS, silakan baca dan patuhi peraturan forum.

Terima kasih untuk semua member yang telah berpartisipasi. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan topik ini. Sampai jumpa di topik yang lain.

Tuhan YESUS memberkati.