Gimana cara menghilangkan rasa cemas ?

Rekan- rekan FK, saya ada masalah yang sangat mengganggu keseharian saya. Saya hampir tiap hari merasa cemas ( panic attack ) yang membuat saya susah tidur. Saya pernah ke psikiater dan diberi obat anti cemas.
Sayangnya obat itu hanya mengobati pas serangan panik itu datang. Lumayan menolong, tapi saya tidak mau
tergantung sama obat2an.
Berbagai cara sudah saya lakukan mulai dari akupuntur, akupresur, terapi herbal sampai hipnoterapi bahkan pernah ikut reiki. Tidak lupa pula setiap hari mohon kesembuhan pada Tuhan, karena kemana lagi saya bersandar kalau tidak kepada Tuhan.
Hipnoterapi dan reiki akhirnya tidak saya teruskan karena saya baca2 ternyata tidak alkitabiah.
Pernah saya 3 hari merasa sehat, tidur nyenyak sewaktu saya latih nafas saya. Tapi setelah itu kambuh lagi.
Kalau pas kambuh mau berdoa saja sulit untuk berkonsentrasi karena serasa pikiran kacau / jalan terus.
Adakah rekan FK di sini yang bisa membantu masalah saya?
Terutama yang pernah mengalami masalah seperti saya.

Syalom,

Anda pernah periksa ke dokter syaraf? Terkadang panic attack bukan masalah psikis tapi masalah fisik, di mana ada kelainan pada jaringan syaraf yang menyebabkan “kecemasan” anda selalu dalam kondisi terpicu.

Sudah. cuma dikasih obat tidur yang notabene satu golongan sama obat dari psikiater. akhirnya tdk saya lanjutkan karena saya sudah tidak mau lagi minum obat2an dari bahan kimia. bahkan pusing saja saya nggak akan minum Bo***x atau obat2an sejenis. paling banter minum air putih dan buat mie rebus yang super pedas dan panas plus kerokan.
Saat ini yang masih aktif saya lakukan adalah renang, fitness, dan senam pernapasan. Tapi tetap saja panic attack itu datang.
Tadi siang saya periksa terakhir ke dokter jantung dan seperti tebakan saya semula, jantung saya sehat walau wkt panic attack itu datang yg sakit daerah dada dan uluhati.

jangan takut !
jangan kuatir !
jangan cemas !

Percaya TUHAN YESUS !
Percaya TUHAN YESUS !
Percaya TUHAN YESUS !

Hidup menurut Kehendak TUHAN YESUS !
Hidup dalam keKudusan !
Hidup dalam Kasih !

Pikir Baik Benar Kudus Kasih !
Kata Baik Benar Kudus Kasih !
Buat Baik Benar Kudus Kasih !

Kendalikan Pikiran !
Kendalikan Perkataan !
Kendalikan Perbuatan !

Doa selalu !
baca Alkitab !
tetap ke Gereja !

pakai earphone dengar lagu2 Kristen !
Puji TUHAN YESUS !
berSyukur selalu !

Dalam Nama TUHAN YESUS !
Ada Damai Sukacita !
Amin ! HaleluYAH !

baru tau nih hipno therapi dan reiki tidak alkitabiah… ^^
tapi jika bagi anda tidak mempercayainya ya tidak apa2 sihh…
rasa cemas ber lebihan biasanya dikarenakan… anda terlalu mengkuatirkan diri sendiri… artinya tidak benar2 berserah pada TUHAN… mungkin bila ingin mencoba cari waktu yang benar2 santai… lupakan semua kekuatiran dan nikmati keindahan alam dan sejuknya udara… sambil membaca firman TUHAN dan bersosialisasi disana… belajarlah melepaskan keterikatan… tidak semua bisa anda kendalikan… serahkan dan percayakan pada TUHAN… belajarlah untuk percaya…

As far as I know, penyakit2 seperti panic disorder/attack bukanya emang ada bagian obatnya yg gak boleh putus (continiously) dan teratur untuk diminum yah, CMIIW :smiley: :D, but, dokter yg lebih tahu pastinya :D,
walau emang banyak testi yg mengatakan obat-obatan untuk itu menimbulkan semacam ketergantungan, tapi menurut saya obat yang dokter berikan tentu sudah dipertimbangkan baik-baik oleh dokter bahwa obat tersebut lebih banyak manfaatnya dibandingkan efek sampingnya, dan yang tidak kalah penting penggunaanya dalam pengawasan dokter. ;D

how 'bout kopi? rokok? life style? alkohol perhaps :D?
No?

relaksasi seperti latihan pernapasan is OK, tp sepertinya tidak cukup itu saja untuk kondisi yg udah seperti sekarang, :smiley: :smiley:

hope these help,
GB,

ini ada ayat2 alkitab ‘kecemasan’
P. Lama: Ulangan: 28
28:66 Hidupmu akan terkatung-katung, siang dan malam engkau akan terkejut dan kuatir akan hidupmu.

P. Lama: Mazmur: 13
13:2 (13-3) Berapa lama lagi aku harus menaruh kekuatiran dalam diriku, dan bersedih hati sepanjang hari? Berapa lama lagi musuhku meninggikan diri atasku?

P. Lama: Mazmur: 55
55:22 (55-23) Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah.

P. Lama: Amsal: 12
12:25. Kekuatiran dalam hati membungkukkan orang, tetapi perkataan yang baik menggembirakan dia.

P. Lama: Amsal: 25
25:26. Seperti mata air yang keruh dan sumber yang kotor, demikianlah orang benar yang kuatir di hadapan orang fasik.

P. Baru: Matius: 6
6:25. "Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau

minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?

P. Baru: Matius: 6
6:27 Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?
6:28 Dan mengapa kamu kuatir akan pakaian? Perhatikanlah bunga bakung di ladang, yang tumbuh tanpa bekerja dan tanpa memintal, …
6:31 Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai?

P. Baru: Matius: 6
6:34 Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari."

P. Baru: Matius: 13
13:22 Yang ditaburkan di tengah semak duri ialah orang yang mendengar firman itu, lalu kekuatiran dunia ini dan tipu daya kekayaan menghimpit firman itu sehingga tidak berbuah.

P. Baru: Markus: 4
4:19 lalu kekuatiran dunia ini dan tipu daya kekayaan dan keinginan-keinginan akan hal yang lain masuklah
menghimpit firman itu sehingga tidak berbuah.

P. Baru: Lukas: 8
8:14 Yang jatuh dalam semak duri ialah orang yang telah mendengar firman itu, dan dalam pertumbuhan selanjutnya mereka terhimpit oleh kekuatiran dan kekayaan dan kenikmatan hidup, sehingga mereka tidak menghasilkan buah yang matang.

P. Baru: Lukas: 12
12:22. Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai.
12:25 Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta pada jalan hidupnya?
12:26 Jadi, jikalau kamu tidak sanggup membuat barang yang paling kecil, mengapa kamu kuatir akan hal-hal lain?

P. Baru: Filipi: 4
4:6 Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.

P. Baru: I Petrus: 5
5:7 Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.

ulangilah ayat 2 ini sampai anda hafal diluar kepala. teori mengatakan anda akan hafal suatu kata kalu diulang 26 kali. entah dengan praktek thd suatu kalimat.
tapi coba aja, gratis kok.

saya yakin yg supranatural akan terjadi :

P. Baru: Filipi: 4
4:7 Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.
P. Baru: Filipi: 4
4:6 Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.

saya cukup ketik ‘kuatir’ / ‘takut’ dalam program free alkitab saya:
ini linknya :

semoga sukses. Tuhan Yesus memberkati dgn berkat rohaninya.
P. Baru: Efesus: 1
1:3. Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga.
1:4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.