Gimana Kalo Mata Uang pake Satuan Berat Emas dan Perak? Lebih baik atau buruk?

Sy dari dulu selalu berandai2 gimana kalo kt pake mata uang emas perak?

Apakah kalo kt pake mata uang emas dan perak kehidupan manusia akan lebih mudah/baik?

Mengapa Indonesia dan dunia ga menerbitkan lembar kertas uang baru pake satuan emas dan perak? Misalnya lembar uang dgn nominal 1 gram emas, 5 gram, 20 gram emas, dst dan lembar uang nominal 0,01 gram perak (1 sen perak), 0,1 gram, 1 gram, 5 gram, 20 gram perak, dst.

Contoh:
Beli mobil seharga 200jt diubah menjadi 400 gram emas atau bisa juga 25 kilo perak. Beli daging ayam yg biasanya sekilo sekitar 30rb diubah menjadi 4 gram perak. Beli es krim seharga 5000 menjadi 0,7 gram perak.

Sy rasa ada sisi baiknya karna kalo hrg ayam skrg = 4gram maka 10 thn lagi jg masih sama sebesar 4 gram, atau mungkin bisa juga turun mjd 3 gram, berhubung harga emas perak jg ikut naik. Dan lagi ga usa capek2 tukar mata uang asing??

Kalo misalnya seluruh dunia pake sistem emas perak, sy rasa mungkin lebih baik?? Tapi mungkin imbasnya juga bagi yg kerja gajinya juga mungkin jarang naik gaji.

Gimana tanggapan para ahli ekonomi? Sy ga paham dunia ekonomi tapi sy uda lama berpikir soal ini.

bingung klo masalah2 ekonomiā€¦ hahaha

Kertas justru menjadi pilihan terbaik saat ini.
Kalau logam mulia maka akan terjadi pertambangan habis-habisan.

Sudah saatnya manusia diharuskan mencukupkan diri dengan uang.

Caranya dengan kecukupan dan penyamarataan sandang, dan pangan dan papan bagi setiap orang.

Hal ini akan mengurangi ketergantungan manusia terhadapa uang, sekaligus menaikkan nilai uang tersebut.

Tidak ada lagi istilah orang bisa menjadi malas kalau sandang, pangan dan papan di gratiskan.

Padahal banyak manusia pada usia tertentu sangat memerlukan hal-hal tersebut. Dari usia dini dan usia manula.
Juga kondisi dapat bekerja tetap berhalangan.

Kalau Bahannya tetap sama dari kertas, emas dan peraknya hanya tulisan doang, menurut saya Bro hampir sama aja konsekwensinya. Kalau bahannya yang dirubah,agak sulit juga ya, khan mineral pembuatnya dari dalam bumi/magma(terbatas/mungkin ga bisa dperbarui, keluar kalau eruption aja. Pasti ditambang abisan2 tuh bro, lebih parah dampak lingkungannya dibanding kalau bahannya dari kertas.

Di China, pas saya nonton Film2 Silat Klasik, memang sudah ada uang Perak sih (Zaman2 Kerajaan di China dulu).

Klo ga salah waktu aku masih belajar international finance, and investment.
Dulu mata uang memang pernah berhubungan dgn gold klo ga salah.