gimana klo mau doa puasa?

permisi…
mau tanya, klo mau doa puasa ada aturan khusus nya ga sih?
trus tipe2 nya seperti apa aja :slight_smile:

thx 4 share. Gbu all :angel:

ohh… silahkan masuk… :char11:

aturan khusus doa puasa ya jgn makan dong… namanya juga puasa fren… :ashamed0004:

kamsud saia… pegimane time management nya gitu.
klo orang islam kan ada tuh dari jam berapa sampe jam berapa udah ga bole makan and minum lagi.
nah klo kristen ada aturan nya seperti itu ga?

dan apa sih yg ditekankan dari doa puasa itu?

ohh… gitu ya… :char11:

maaf fren… saya ga pernah puasa tuh… jadi ga tau ga boleh makannya dari jam brapa ke jam brapa… :ashamed0004:

yg saya tau ttg doa puasa ya… berdoa sambil memberikan kebaikan kpd sesama manusia, dan tidak melakukan kejahatan/dosa sekecil apapun… :happy0062:

Yesaya 58:6-7. Bukan! Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk, supaya engkau memecah-mecah rotimu bagi orang yang lapar dan membawa ke rumahmu orang miskin yang tak punya rumah, dan apabila engkau melihat orang telanjang, supaya engkau memberi dia pakaian dan tidak menyembunyikan diri terhadap saudaramu sendiri!

Yesaya 58:6-7. Bukan! [b]Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk, supaya engkau memecah-mecah rotimu bagi orang yang lapar dan membawa ke rumahmu orang miskin yang tak punya rumah, dan apabila engkau melihat orang telanjang, supaya engkau memberi dia pakaian dan tidak menyembunyikan diri terhadap saudaramu sendiri![/b]

aturan khusus untuk jam nya tidak ada (ada yang tidak sahur buka siang, tidak sahur buka sore, sahur buka siang, sahur buka sore.) bisa ditetapkan (dianjurkan) oleh gereja dimana anda beribadah, atau ketetapan (komitmen) dari diri anda sendiri.

puasa nya pun ada bermacam-macam. bisa puasa full (tidak makan atau minum), puasa makan (minum air putih boleh, minum lain tidak boleh. kalau minum jus kan bisa kenyang, percuma donk), puasa pantangan (bisa pantang daging, atau pantang terhadap jenis makanan atau minuman yang kita sangat sukai), atau puasa kudus (tetap makan minum, tetapi menjaga kekudusan dengan amat sangat yaitu tidak melakukan dosa sama sekali meskipun kecil e.g. “white lies”)

apapun itu yang penting adalah refer ke ayat diatas. kita melakukannya untuk menyucikan diri kita, men-kontrol kedagingan kita, melakukan pekerjaan yang dikehendaki Tuhan (beramal), dan yang paling penting adalah fokus kita tetap ke Tuhan (doanya bukan puasanya) jadi kita tidak boleh menggembor-gemborkan diri kita sedang puasa agar dikasihani / dipuji orang (fokus ke diri sendiri).

semoga bermanfaat. GBU. :angel:

aturan???
adanya juga kalo kita puasa tu ya antara kita dan Tuhan…
tidak perlu yang lain tahu…
intinya melekatkan diri ke Tuhan… bukan sekedar tahan makan aja kaya tetangga sebelah wkwkwkw
ini semua masalah hati ^^

kalo digereja tpt g ibadah dijelasinnya kya gni,
ada 3 bentuk puasa:
A. puasa total: tdk mkn & tdk minum mulai pk. 22:00 (jam 10 malam) sampe pk. 18:00
B. puasa tdk makan dan hanya minum: pk. 22:00 sampe 15:00
C. puasa partial: tdk mkn makanan tertentu mulai pk 22:00 sampe 13:00, diperuntukan bagi jemaah yg mengalami kelemahan fisik atau tdk sehat

selamat berpuasa…n Gbu