Gimana sih Puasa kita orang Kristen ?

Saya abis melihat video Kesaksian Angelica Zambrano yang Melihat Neraka dan Surga,

tp sebelum dia bisa melihat itu semua, dia begitu dekat dengan Tuhan, tidak sekedar percaya kepada Tuhan, tp melakukan apa yang dikehendaki Tuhan, dia Puasa 15 hari, berdoa, percaya.

yang jadi pertanyaan saya, Aturan Puasa bagi kita orang Kristen tu bagaimana ?
mohon maaf saya tidak tahu, karna saya sedang menuju pertobatan…
Amin, semoga Tuhan menyertai

Shalom, salam kenal…

Tentang puasa, Tuhan Yesus berkata di Matius 6:16-18

6:16 "Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.

Brarti berpuasa datangnya dari hati, bukan ingin pamer dan terlihat “tak berdaya” ketika puasa. Bukan juga alasan untuk tidak melakukan aktivitas pekerjaan sebagaimana hari biasa.

6:17 Tetapi apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu,
6:18 supaya jangan dilihat oleh orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu."

So, intinya gada aturan baku… harus puasa brapa jam, makan apa ketika udahan puasa, apakah boleh minum atau engga.

Kalau saya sih dulu pernah puasa full, ya ga minum air juga. Pernah juga puasa tapi boleh minum air putih.

Intinya sih bukan ke ritual/aturan nya, tapi niat kita. Praktis nya mungkin boleh sis bisa mulai puasa 12 jam + minum air putih… ya, anjuran aja sih…

intinya lakukanlah puasa itu untuk TUHAN… janganlah sombongkan diri bila anda sedang berpuasa atau jangan memperlihatkan bahwa anda sedang berpuasa… bagaimana bentuk puasa dan berapa lama jangka waktunya… anda bisa tentukan sendiri… yang penting dibutuhkan kepasarahan, jangan memaksakan diri, jangan karena terpaksa… sebab jika demikian… TUHAN tidak akan memperhitungkannya/menganggapnya… selama berpuasa… siapkan waktu untuk berdoa ditempat yang khusus dan tidak terganggu dan membaca FIRMANNYA serta sering2lah mendengar lagu rohani… ingatlah lakukanlah segala sesuatu dengan menikmatinya dan bersyukur… carilah inti ajaran dari FIRMAN TUHAN yang anda baca…

Semoga bermanfaat…
TUHAN YESUS memberkati…

yang jelas ga boleh pasang pengumuman gede2 di televisi ataupun ruang publik bahwa anda sedang berpuasa ,cukup hanya diri sendiri dan Tuhan yang tahu.

kalo kejadiannya kek gini gimana bro2 dan sis2 :

saya kan punya bini nih, trus kalo saya mau berpuasa, haruskah sy kasih tahu sama bini saya?
karena sering jika saya berpuasa, trus istri saya sudah masak enak2 n susah2 masaknya,
trus ketika dia tawarin makan, saya bilang “ia bini-ku, sebentar” (karena mau menutupi bahwa saya berpuasa, ini sering terjadi sama saya) trus di tawarin lagi sampe 4 kali, dan jawaban saya tetap sama “ia istri-ku sebentar” (cuma kata “istri” dan “bini” yg beda kadang2 saya ganti jadi “sayang-ku” kadang2 juga “mam” :smiley: )
akhirnya karena kecapekan nawarin, ehh malah ngomel2 gak karuan, nah tuh kalo sudah begitu bisa sampe malam deh ributnya ;D ,

kalo kasusnya gitu, bagaimana donk ??

nah loh kok bisa jadi gini yahh… ^^
maksudnya jangan ada orang yang tahu itu adalah jangan menyombongkan diri jika kita sedang berpuasa…^^ contoh ekstrimnya yang sombong seperti kasus puasa sekarang dimana ada golongan2 tertentu sampai merusak properti orang lain… atau puasa dipakai sebagai alasan untuk malas bekerja… dll

yg tidak EKSTRIM ada gak bro?

trus gimana nih sama istri saya?

kasih taulah istrinya,

bilangin: dinda, sayangku, manisku, yang tercinta diantara yang disenangi, kanda ini lagi menahan diri untuk tidak makan… ;D

bukankah kalian sudah satu tubuh…?? ^^ ya tentu saja istri harus tahu… katakan niat anda … kapan mulai dan kapan selesainya… ^^

oh iya ya, kok bisa ya saya lupa sama ayat sepenting itu (demikianlah mereka bukan lagi…)

makasih banyak2 bro sudah di ingatkan :afro:

sama2… terimakasih juga sudah membuat thread ini… agar kita saling menguatkan… ^^

puasa menrut ayat yg diatas.!!

jangan seorangpun tau haya kmu dan Bapa yg tau, jadi menurt saya puasa itu saya lakukan dengan:

  1. kita makan sekali waktunya bebas
  2. jgan mkan mkanan yg beryawa ex: ayam, dan semua makluk yg bernyawa
  3. boleh minum dan nyamil asal tidak berlebihan tentunya nyamil yg tidak bernyawa low ya…
  4. jangan lupa doa Bapa Kami sebelum tidur serta permohonan dari tujuan puasa tersebut

dari step2 di atas sudah saya lakukan dan puji Tuhan terkabul :angel:

semoga jadi manfaat…

Sahabat Kristus,
Ijinkanlah saya memberitahukan puasa yang pernah saya jalani selama 40(empat puluh hari) penuh dimulai dari jam 6.00 pagi berakhir jam 18.00 setiap harinya, malam hari hanya minum air putih dan roti tawar atau nasi putih tanpa lauk, hal ini dijalankan setelah tiba-tiba saja muncul niatan untuk berpuasa seperti itu, padahal sebelumnya hampir tidak pernah puasa, akhirnya kebiasaan ini saya lakukan hampir setiap tahunnya, dengan waktu puasa 10 hari sebelum waktu puasa umum Islam berlaku, sungguh luar biasa hasil akhir dari berpuasa ini, sehingga kita akhirnya mengetahui bahwa puasa itu “Amat sangat mudah sekali dilakukan dan menyenangkan” jadi teman-teman bila niatan itu timbul tiba-tiba lakukanlah, tidak perlu banyak bicara jalankan saja, dan hasilnya luar biasa karena apapun yang kita kerjakan akan berhasil tanpa ada halangan atau rintangan apapun, tetapi tetaplah kita lakukan Firman yang ajaib ini:
Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.[1KORINTUS 13:13]