Gregorius Agung VS Katolik Modern?

Sehubungan dengan penggunaan icon (gambar atau patung), St. Gregorius Agung mengatakan bahwa keberadaan icon-icon itu adalah untuk orang-orang yang buta aksara.

“For pictorial representation is made use of in Churches for this reason; that such as are ignorant of letters may at least read by looking at the walls what they cannot read in books”.
(Epistolae 9:105)

Yang menjadi pertanyaan, apakah orang Katolik dewasa ini yang berdoa di depan ikon adalah mereka yang semuanya buta aksara?

Mereka butuh figur yang dapat dilihat…
Bukankah hal itu membuat lebih mudah bagi kita semua?

loohhh … karena icon-icon tersebut tidak dilarang, dunia ini jadi indah seperti sekarang ini :slight_smile:

lihat saja avatar anda, keren kan!!!

Butuh figur siapa untuk berdoa ?

  • Figur Tuhan, yang malahan sudah berfirman bahwa kita hidup bukan karena melihat tetapi karena percaya ?
  • Figur manusia untuk bersandar kepada manusia, sedangkan Tuhan sudah berfirman : terkutuklah orang yang mengandalkan manusia ?
  • Atau figur setan barangkali :tongue:

GBU

Patung Yesus, gambar salib, adalah sebuah icon atau tampilan figur yang dapat dilihat dan dibayangkan. Tanpa adanya gambar atau patung figur tersebut kita akan lebih sulit untuk mengambarkan tentang sosok Anak Manusia yang hidup 2000 tahun lalu di seberang benua yang “katanya” mati untuk menebus dosa-dosa kita sehingga kita menjadi satu denganNya dan memperoleh bagian dalam kekekalan.

Hidup karena percaya bukan karena melihat (patung). Adalah implementasi ayat yang kurang tepat untuk patung dan icon dalam gereja. Kita percaya kepada Firman Allah walau fakta didepan mata yang dapat kita lihat bertentangan dengan iman yang lahir dari Firman Tuhan.

Figur Kristus agar kita bersandar kepada Kristus, agar kita belajar meneladani sosok yang kita dibantu oleh seniman dalam membayangkan keberadaanNya saat menjadi ANAK MANUSIA. Bersadar kepada manusia tidak dengan melihat gambar atau patung? Pernakah anda melihat manusia mengantungkan hidupnya kepada lukisan orang kaya raya yang ditaruh dialtar dengan harapan si kaya akan menolong ekonominya?

Mengantungkan hidupnya kepada manusia adalah sikap yang tidak membutuhkan patung atau icon melainkan sikap hati yang menaruh pengharapannya kepada mereka yang masih hidup yang dapat menolongnya, bukan manusia yang mati yang tidak lagi memiliki apa-apa.

Terakhir, figur setan. Setan juga dibuat figurnya agar kita mengingat sosok yang jahat dengan mengidentikan dengan sifat kebinatangan sebab itu semua figur setan digambarkan menyerupai binatang dan bertindak seperti binatang agar kita ingat jangan kita menjadi serupa dengan binatang yang tidak memiliki hikmat, akal budi dan kearifan.

Semoga mencerahkan, pertama-tama dari hikmat yang dari atas adalah tanpa kebencian (Yakobus 3:17-18). Mari kita mengasihi sesama saudara walau beda denominasi.

Tentulah Gregorius Agusng sudah mempertimbangkan apa yang bro katakan, namun ternyata ia tidak berpikir seperti itu. Gregorius tetap berpendapat bahwa keberadaan icon-icon itu hanya untuk yang buta aksara.

Tetapi saya tidak menggunakan avatar itu dalam ibadah, dan saya tidak berdoa di depannya.

Ya tapi tidak berhenti sampai di situ.
Orang datang dari jauh menuju gua-gua yang ada patung Maria dan berdoa sujud di depan patung, dan doanya ditujukan pada figur manusia di balik patung.

Kenapa berdoa sujud di depan patung ? Karena menurut keterangan praktisi yaitu member katolik, diyakini berdoa kepada manusia dengan sujud di depan patungnya lebih manjur dibanding berdoa langsung kepada Tuhan. Karena manusia itu lebih welas asih dibanding Tuhan, dan Tuhan tak kuasa menolak permintaan manusia itu.

Mas sih kagak tahu.

Lalu apakah dengan tidak menyetujui ajaran berdoa sujud pada patung-patung manusia, dan doanya ditujukan pada manusia yang sudah meninggal, yang diyakini sebagai Ratu di Sorga, yang lebih welas asih dibanding Tuhan, yang diajarkan lebih dekat pada kita dibanding Tuhan (yang malah berdiam dalam tubuh kita) menjadikan saya membenci sesama manusia ? :smiley:

GBU

kalo mo jujur, semua ibadah, pasti pake media pendukung, kalo berdoa pasti didepannya ada sesuatu he he … :slight_smile: