Hakikat PENTAKOSTA

Pentakosta secara umum berbicara mengenai “ Pencurahan Roh Kudus “ kepada umat Tuhan yang akan membuatnya menjadi MANUSIA LAIN , proses nya melalui KETAATAN yang akan menghasilkan seseorang dengan hati baru , cara pandang , pola pikir baru ! Dari tidak mengenal Tuhan dengan benar menjadi mengenal dengan benar , tahu kehendakNya dan akhirnya hidupnya dapat memuliakan nama Tuhan , JADI BERKAT seperti Saul setelah dilawat Tuhan menjadi manusia lain yang berani , percaya diri . 1 Samuel 10 : 6 . Dan DAUD yang dipenuhi Roh Tuhan . 1 Samuel 16 : 13 .

Berbicara hakikat ,
Kita tidak boleh terjebak hanya memperingati , serenomi saat pencurahan Roh Kudus di loteng Yerusalem saja , harus melihat awal mula perayaan “ Pentakosta “ adalah perayaan 50 hari setelah “ PASKAH “ ( Kej 12:18 ) Ketika Tuhan memberikan orang Israel “ Pemberian hukum Allah “ Sepuluh Perintah Allah di Gunung Sinai adalah 50 hari setelah mereka merayakan Paskah . ( Kej 19:1 ) Tapi apa yang terjadi waktu itu setelah Allah memberi mereka hukum pada Pentakosta pertama ? [b]Tiga ribu orang meninggal ! ( Keluaran 32 : 28 )[/b]

Peristiwa tersebut sangat kontras dengan hari “ Pentakosta “ dalam Perjanjian Baru , Tuhan memberikan “ Roh Kudus “ dan apa yang terjadi ? Tiga ribu orang diselamatkan . Kisah Para Rasul 2 : 41 . Ini menunjukkan ketika “ Hukum Taurat “ diberikan membawa kematian 3000 orang , tetapi ketika “ Hukum anugrah “ diberikan memberi kehidupan dan keselamatan bagi 3000 orang !

Rasul Paulus menyebutnya “ Pelayanan yang membawa kematian “ namun disertai Kemuliaan Allah .( kuasaNya ) 2 Korintus 3:7-9 . Apalagi “ Pelayanan Kasih yang membawa kehidupan “ , yang membawa pembenaran sehingga 3000 orang diselamatkan dihari pentakosta , Pastilah Kuasa yang menyebabkan hal tersebut sangat dahsyat ! ( sama dengan kuasa yang membangkitakan YESUS )

Ini berbicara ; Dimasa kini setiap kita saat memperingati hari “ Pentakosta “ Kita ingat dan mensyukuri karena ANUGRAH ROHNYA SIAP DICURAHKAN bagi kita umatNya yang akan memulihkan semua aspek kehidupan , Keluarga , Ekonomi , Kesehatan dan masa depan yang cerah !

“ Berkat dicurahkan dari GUNUNG Sion bukan Sinai “

Jika kita MAU menerima anugrah “ Berkat kasih karuniaNya “ , pastikan kita berada di GUNUNG yang benar maksudnya , Ingat hukum Taurat diberikan di Gunung Sinai , mewakili hidup dengan hukum dan peraturan-peraturan yang ketat yang tidak bisa dikerjakan oleh umat Tuhan dimasa Perjanjian Lama , berbicara tentang bagaimana umat bisa hidup berkenan dihadapan Allah dengan berbagai macam PERATURAN YANG KETAT !

Tetapi dimasa sekarang era “ Kasih karunia “ ini Roh diberikan dari Gunung Sion . Tempat dimana Tuhan berpesan agar murid menunggu diloteng Yerusalem yang terletak di Gunung Sion . ( 2 Sam 5:7 ) . Sampai Roh Kudus dicurahkan dalam hidup mereka ! Kisah para Rasul 1 : 6-11 . menjelaskan dimana mula-mula Roh Kudus dicurahkan dalam hidup umatNya berbicara dimasa Era Perjanjian Baru adalah era kasih karunia melalui dalam IMAN kepada Tuhan Yesus !

Itulah sebabnya Alkitab mengatakan bahwa kita tidak boleh datang ke Gunung Sinai , apalagi berani menyentuhnya , bisa membawa kematian , Tapi kalau datang ke Gunung Sion dan ke kota Allah yang hidup , Yerusalem surgawi, kepada tempat dimana tinggal beribu-ribu para malaikat ". Ibrani 12:18- 22 . Disitulah Tuhan memberkati umaNya dari Sion . ( Mazmur 128 : 5 ) tidak dari Sinai !

Banyak Gereja dimasa kini masih mengunakan aturan Taurat yang ketat , waktu muda dulu saya diberitahu , diajari bahwa untuk bisa menerima kasih karunia Allah , harus puasa hari tertentu , berdoa sekian jam setiap hari dan berbicara dalam bahasa roh setiap saat setiap waktu !

Saya tidak meremehkan puasa , berdoa atau berbicara dalam bahasa roh, Tetapi untuk menerima segala kasih karunia Allah bukan tentang apa yang kita lakukan secara lahiriah . ( seperti bangsa Israel setia melakukan hukum dan peraturan tetapi tanpa hati . Yesaya 29 : 13 ) tetapi IMAN dan KASIH kepada TUHAN
YESUS !

Bersdambung …


Sambungan Hakikat PENTAKOSTA

Berjalanlah , naik ke gunung Sion dari sanalah Dia akan mengalirkan keajaiban kasih karuniaNya dalam hidupmu , Naik Gunung berbicara kita mau meningkatkan KEROHANIAN dengan Cara TAAT dan SETIA karena KASIH mau belajar apa yang TUHAN YESUS ajarkan bagaimana hidup dalam KEBENARAN Seperti ajaran KotbahNya dibukit ! Matius pasal 5-7 .

Ketika meningkat Kerohanian kita , maka kita akan makin tahu kehendak dan rencanaNya , kalau dilakukan dengan setia makin merubah KARAKTER dan SIFAT, tahu tujuan hidup dalam Tuhan adalah untuk MEMULIAKAN nama Tuhan , bukan hanya untuk menyenangkan diri sendiri !

Kalau tujuan jadi anak Tuhan yang dikejar HANYA masalah MATERI maka ia tidak peduli dengan ajaran yang membentuk karakter dan kehendak Tuhan dalam hidupnya , hari-hari ini ajaran ini muncul dimana-mana , ajaran tersebut kebanyakan hasil imajinasi ( fenomena ) yang mengaku dapat ilham roh , tetapi roh yang mana ? kalau bertentangan dengan Alkitab itu jelas bukan Roh Tuhan yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya ! Galatia 1 : 6 .

Naik ke Gunung menerima KEPENUHAN ALLAH

Efesus 3 : 19 mengatakan , “ Dan dapat mengenal Kasih itu , sekalipun ia melampaui segala pengetahuan , Kita akan dipenuhi seluruh kepenuhan Allah “
Kita harus tahu tujuan naik kebukit , untuk menerima kasih Kristus yang melampaui pengetahuan / logika bagaimana kita manusia yang terbatas bisa menerima suatu kehidupan yang tidak terbatas ( kehidupan Allah ) ? Kita bisa mengalami segala “ Kepenuhan Allah “ berbicara ;

• MENERIMA KASIH KARUNIA , Lewat naik kegunung / bertumbuh rohaninya sehingga sifat , Pribadi Kristus nampak makin nyata dalam hidupnya . ( Zoe ) 1 Yohanes 5 : 11 .
• Bisa MENDEKAT kepada Allah dengan cara MENANGGALKAN segala beban yang merintangi , ( beban masalah dan persoalan hidup ditaruh dibawah kaki Kristus , karena mempercayakan hidup sepenuhnya kepada Yesus . Matius 11 : 28 .

Sebab didalam DIAlah berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan keAllahan . dan kamu telah dipenuhi didalam DIA … . Kolose 2 : 9-10 . Itu berbicara ;

> Proses PERTUMBUHAN ROHANI naik kegunung untuk membangun Bait Allah , ( Hagai 1:8 ) adalah TAAT dan TEKUN melakukan Kebenaran HIDUP sesuai dengan ajaran yang Tuhan Yesus berikan dalam hidup kita !
> Hidup yang terus dibaharui lewat KEBENARAN F.T membuat kita bisa memiliki karakter dan pribadi Yesus , Karakter dan pribadi Kristus yang membuat hidup kita yang lama berlalu dan yang baru muncul , ( 2 Korintus 5 : 17 / Efesus 4 : 23-24 ) Pribadi seperti itulah juga yang membuat Allah berkenan menyatakan kasih dan anugrahNya dalam hidup kita !
> Hidup dalam KEBENARAN dan KETAATAN memang secara daging tidak mudah , harus ada yang ditanggalkan yaitu gaya hidup manusia lama , Falsafah hidup , mindset , cara pandang hidup pengaruh dunia semua itu yang bisa mengubahkan manusia LAMA menjadi BARU ! “ ( Methamorpho , seperti ulat yang menjijikkan menjadi kupu-kupu yang indah ) Roma 12 : 1-2 .

Betapa Tuhan mengasihi kita dan menghendaki supaya kita fokus pada kasih-Nya , dan TAAT akan ajaranNya maka kita dipenuhi dengan kepenuhan Allah lewat Kebenaran ( KehidupanNya ) . yang sanggup memisahkan pikiran dan pertimbangan, memisahkan dari roh pengaruh dunia bahkan Kuasa Firman mengubahkan hidup seseorang sampai ketulang sumsum . Ibrani 4 : 12 .

Ketika kita dipenuhi oleh kepenuhan Allah , Maka Allah sanggup melakukan jauh lebih banyak dari yang dapat kita doakan atau pikirkan , menurut kekuatan yang bekerja di dalam kita . Efesus 3 : 20 . Sebab berkat Allah selalu diatas kepala orang benar ! Amsal 10 : 6 .

Bersambung …


Hidup dalam Kristus mewarisi PERJANJIAN Abraham

Kita semua tentu ingin mengalami janji-janji kasih karunia Pemulihan dari Tuhan dalam segala hal seperti ; Kesehatan dan keberhasilan , kesuksesan dalam hidup . Allah , memiliki semua hal tersebut , kepenuhan Allah sama dengan kepenuhan dengan kasih karuniaNya seperti ; Kesehatan , kemakmuran dan keberhasilan . tetapi bagaimana semua itu bisa dialami sedang saat ini …

Mungkin saat ini kita sedang bimbang dan ragu–ragu akan kasih karuniaNya apakah diberikan kepada kita atau tidak ? karena doa yang selama ini dinaikkan belum dijawab Tuhan dan hati kita bertanya , Bagaimana saya tahu bahwa saya akan mendapatkan kasih karuniaNya ?

Mari kita belajar lewat Kejadian 15:8-9 , Diayat ini kita melihat Abraham ragu-ragu akan janji yang Tuhan berikan dan menanyakan pertanyaan kepada Allah . Dan herannya Tuhan menjawab, [b]“ Beri aku seekor sapi muda tiga tahun, seekor kambing betina tiga tahun, seekor domba jantan tiga tahun, perkutut, dan merpati muda “ [/b]dipotong dua sebagai korban kepadaNya !

Maksud Tuhan meminta Abraham menyediakan semua itu sebagai korban , adalah untuk meneguhkan PERJANJIANNYA , Dizaman itu ketika seseorang membuat perjanjian persahabatan , ia akan membawa binatang , biasanya seekor domba jantan atau kambing , dan membunuhnya dengan memotong menjadi dua , dan masing-masing membawa separuh , artinya kedua belah pihak berkewajiban untuk berbagi satu dengan yang lainnya dalam suka dan duka , melindungi dan menolong satu dengan yang lainnya termasuk masalah dalam keluarganya . Apapun miliknya bisa berbagi dengan sahabat yang mengikatkan diri dalam perjanjian tersebut .

Perjanjian yang dimaksud lebih dari sebuah kontrak . Sebuah kontrak hanya mengikat untuk jangka waktu tertentu , seperti lima tahun atau sepuluh tahun atau sampai persyaratan tertentu dipenuhi . Tetapi perjanjian yang Tuhan buat bersifat abadi / permanen . Satu-satunya yang membatalkan adalah kematian . Itulah sebabnya pernikahan adalah sebuah PERJANJIAN bukan KONTRAK artinya bersifat permanen “ Sampai kematian memisahkan “ walau kita terkadang tidak setia , Allah tetap setia kepada perjanjianNya untuk memelihara dan memulihkan semua aspek kehidupan kita . 2 Timotius 2:13 .

Soal kapan PERJANJIAN ALLAH digenapi dalam hidup kita , kapan doa-doa kita dijawab ( doa yang tidak bertentangan dengan kebenaran FirmanNya ) tergantung dari KETAATAN dan KETEKUNAN kita saat menghidupi kebenaran Firman dalam hidup kita , apakah tekun mengerjakannya atau naik turun !

Itulah perjanjian yang dibuat Allah dengan Abraham , Allah bersedia mengikatkan diriNya dengan Abraham dalam sebuah PERJANJIAN sebagai jaminan apapun yang terjadi dalam hidup Abraham Allah bersedia melindungi dan menolong apapun yang dimilikiNya akan menjadi milik Abraham juga , ini menunjukkan apa yang dijanjikan sangat serius dan pasti digenapi sebagai jaminan Allah bersedia membuat Perjanjian !

Galatia 3 : 29 , Mengatakan “ Dan jikalau kamu adalah milik Kristus , maka kamu juga adalah keturunan Abraham dan berhak menerima janji Allah yang dibuat dengan Abraham yang luar biasa ini !
Puji Tuhan kita yang ada didalam kristus berhak juga memiliki janji yang pernah Allah buat dengan Abraham , Kita akan mewarisi KASIH KARUNIANYA dalam hidup kita umatNya sama seperti Allah menyatakan dan mencurahkan berkat-berkat kepada Abraham dan keturunanya !

Kesimpulannya ; Saat kita merayakan hari pentakosta , kita tidak perlu takut bencana akan datang dalam hidup kita , tetapi kita justru mensyukuri karena diera kasih karunia ini , Tuhan akan mencurahkan RohNya yang membawa BERKAT bagi hidup kita , caranya ;

• Naiklah Kegunung SION , berbicara kita harus terus menumbuh kembangkan kerohanian kita dengan mentaati ajaran Tuhan Yesus dengan tekun dan setia ! dengan menanggalkan segala beban KEDAGINGAN dan pengaruh falsafah dunia yang merintangi kita !
• Didalam kondisi seperti itu kita diisi dengan kebenaran FirmanNya sehingga Kepenuhan Allah , ( kehidupan Allah makin nyata , karakter kita diubahkan ) maka berkat-berkatNya akan dicurahkan dalam hidup kita , lebih dari apa yang kita pikirkan dan doakan !

Saat kita bimbang dan ragu , ingatlah senantiasa PERJANJIAN yang Allah buat dengan umatNya adalah bersifat kekal sampai kematian memisahkan , bukan sebuah kontrak , masalahnya bukan Allah melupakan perjanjianNya tetapi kita sendiri yang tidak komitmen hidup dalam KETAATAN dan KESETIAAN dalam menjalani hidup dalam kebenaran FirmanNya . Amin .