Hal apa yang perlu dilakukan untuk selalu menjaga Api Roh kita agar tidak padam?

Syalom semuanya,
Saya tidak lama telah di lahir barukan,dan saya kini sedang berapi-api dalam Tuhan,dan rasanya ingin sesering mungkin menyembah dan memuliakan nama Nya…
Disini juga saya ada 2 pertanyaan yang kiranya saudara sekalian dapat membantu saya

1.bagaimana sih caranya agar kita tetap membangun api yang menyala-nyala ini di dalam hidup kita? selain dengan kom sel atau saat teduh,karena hal itu sudah mulai rutin saya lakukan,namun untuk komsel saya hendak untuk bergabung…

  1. Bagaimana sih tata cara untuk berdoa Puasa yang baik dan benar dalam membawa pergumulan kita?

sekian dan terimakasih :slight_smile:

Tuhan Yesus memberkati.

Ya selalu mempersilahkan Roh Kudus yg duduk dalam singgasana dihati anda , bukannya EGO nya anda ! ---->> Anda harus MAMPU “Menyangkal (EGO) Diri !”

2. Bagaimana sih tata [b][u]cara[/u][/b] untuk [b]berdoa Puasa yang baik dan benar [/b]dalam membawa pergumulan kita? sekian dan terimakasih :) Tuhan Yesus memberkati.
Tuhan Yesus telah mengajarkan CARA nya , "Beribadah kepada Tuhan dalam Roh dan Kebenaran!" Karena Allah adalah ROH, maka yg mampu melakukan Kontak dengan-Nya adalah "roh manusia" kita. ITU pun setelah anda benar2 MENGERTI bahwa hanya didalam DIA ada KEBENARAN ? Apakah anda bisa menjawab pertanyaan Pontius Pilatus kepada Tuhan Yesus : "Apakah KEBENARAN itu ?" (Yohanes 18 : 38a)

Lakukan dengan hati, maka kamu akan selalu berapi-api. Tetapi jika kamu sudah membentuk kebiasaan dan tradisi, maka kamu harus berhati-hati janganan sampai kebiasaan dan tradisi itu membuat tawar hatimu, sehingga tinggal tersisa rutinitas. Banyak orang awalnya berapi-api tetapi kemudian diakhiri dengan kehancuarn (Galatia 3:3-4). Sebab mereka tidak menjaga hati nuraninya tetapi kudus, tidak terus menerus berusaha mengenal Bapa dan tidak hidup berjalan denganNya.

Aktivitas sering kali disalah artikan dengan api Roh Kudus, tetapi aktivitas itu hanyalah kesibukan orang muda. Saat menikah dan menjadi makin tua, aktivitas menjadi berkurang, dan seakan api sudah padam. Sebenarnya mereka salah mengenal apa itu api Roh Kudus yang membakar hati-hati untuk mengasihi Allah. Jika anda tetap tinggal didalam Kristus, maka walau anda menikah kelak dan menjadi semakin tua, api itu tetap menyala, tetapi jika semua itu karean aktivitas orang muda, saat tua anda sudah merasa pensiun dan tidak punya waktu lagi.

Ingat api Roh Kudus itu bukan aktivitas keagamaan, tetapi hati yang merindukan Allah.

1.Apakah anda bisa berbahasa Roh ? kalau bisa berbahasa Roh sesering mungkin, kl ada tempat utk bisa teriak", bahasalah Roh dengan kenceng, min 5 menit utk mengobarkan api di dalam. (bahasa Roh mempunyai definisi fungsi kegunaan yang berbeda2)

  1. Baca Firman Tuhan dengan bersuara, pilihlah ayat2 tentang kebesaran / kemuliaan / keMaha-an Tuhan, biasanya ada di Mazmur, baca ga harus lengkap 1 pasal, tetapi ayat yang menunjukkan diatas, baca dengan keras.

Setelah selesai, rasakan api Tuhan membakar di dalam, walau sudah berjam-jam lewat.

Untuk jangka panjang :

  1. Berpuasalah scr teratur, untuk menyiapkan bait ROH KUDUS.

Untuk sehari2 (supaya api ga bocor kemana-mana atau bahkan jadi api asing) :

  1. Jagalah perasaan ROH KUDUS, jangan dukakan ROH KUDUS dengan :

Hindari yang namanya pertengkaran, iri hati, kekuatiran, kepahitan, marah, pikiran negatif, semua yang negatif, penghakiman kepada anak Tuhan lain.
Sebaliknya kembangkan kerjasama dengan ROH KUDUS untuk menghasilkan buah2 Roh : kasih,sukacita,damai sejahtera, kesabaran, kemurahan,kebaikan ,kelemahlembutan dan penguasaan diri dan pikirkan semua yang baik, yang benar, yang mulia, yang disebut kebajikan dan patut dipuji di pikiran dan jadi gaya hidup.

  1. Jagai Bait ROH KUDUS anda !
    Hindari merokok, mengumpat, pornografi, ngumpul dengan orang2 negatif, gosip, guyon berlebihan, batasi semua keduniawian dari media (karena media sudah kotor sekali) termasuk mendengarkan musik2 dunia, nonton drama, film, baca koran.

  2. Jagai damai sejahtera Tuhan di dalam hati
    Buang semua hal2 yang TIDAK berguna dalam pikiran, jagai hati supaya tidak teriritasi dengan apapun, hidup tanpa beban tetapi sensitif dengan (hati) - Roh Tuhan.

kembangkan kapasitas anda :

  1. Baca Firman (secara masiv dan berurutan)
  2. Baca Firman 1 ayat yang menjadi rhema, perkatakan terus dan resapi, pahami, dan rasakan jamahan Tuhan di dalam hati.
  3. Saat teduh teratur.
    4.punya komitmen dengan Tuhan dalam bidang2 tertentu.

ingat semua diatas adalah tergantung dari kedewasaan dan sejauh mana kita mau dibawa Tuhan sebagai anak Tuhan, bukan sebagai larangan.

sejauh mana kita bisa menjaga kekudusan, sejauh kita akan terbang dengan Tuhan dengan hal2 yang AJAIB !

Broo/[email protected]

Anda tidak usah banyak mikir dan nanti menjadi pusing…sendiri YANG ga puguh-puguh untuk memikirkan secara ketat dan serius masalah anda yang berkaitan dng Api ROH AGAR TIDAK PADAM…!!!

Apa sebetulanya Api Roh ITU…?? Apa sebetulnya Lahir Baru itu…??

Sederhananya Pengertian Lahir Baru itu…bukan suatu status yang otomatis dapat anda sandang , namun harus melalau proses demi proses…yang menempa anda secara jasmani dan rohani…Prinsipnya ada pertumbuan dan perkembangan disitu untuk suatu kekudusan dan kesempurnaan sbg standart hidup yng diinginkan oleh Tuhan Sehingga minimal, Yang pada akhirnay anda sampai pada sebuah posisi dimana anda memiliki kesadaran bahwa anda sudah berbeda dng manusia dunia pada umumnya…dalam beribadah,sikap hidup, berprilaku, berkata-kata …dst.dst…

Nah…dimana sebetulnya Api Roh itu berperan dalam Lahir Barunya anda tsb…?? Karena Api Roh itulah sebetulnya semangat dan spirit atau bahan bakar di Pesawat LAHIR BARU anda itu…Artinya apalah gunanya ada Lahir Baru namaun tanpa Api Roh bukan…?? Ya melempem dan tidak ada pertumbuhan dan perkembangan sama sekali dalam diri anda tsb…Ibarat Iman tanpa perbuatan samasekali , yang artinya nol besar atau mati.

Sekarang diamana Api Roh ITU ANDA DAPATKAN SUPAYA TETAP HANGAT MENYALA DAN MEMBAKAR DIRI ANDA SUPAYA
TETAP BERKOBAR…??? YA CARANYA TIDAK LAIN ADALAH SENANTIASA MEMBACA ALKITAB / FIRMAN TUHAN DAN MERENUNGKAN NYA SIANG DAN MALAM…
Dari situ anda semakin belajar Mengenal Allah yang Benar dng cara yang Benar dan Semakin membuka diri anda dengan kerendahhan hati anda supaya Roh Kudus memebimbing dan menolong diri anda saat Allah berbicara pada anda melalaui Firman-Nya dalam Alkitab tsb…

Untuk masalah doa Puasa dan Berpuasa…apalah artinya jika anda sendiri belum mengenal Allah anda dng benar…??
Pasti ada petunjuk unt hal tsb jika anda rajin membaca Alkitab / Firman Tuhan…

Salam GBU…

Masbro @chainskiller, ane sangat amat teramat 2000% setuju sama saran-saran yg ada di atas tapi izinkan ane menambahkan satu saran lagi yaitu KOMUNITAS.

Komunitas hadir untuk saling meneguhkan, menghibur, menasihati, membangun, mendoakan, menggembirakan, menyemangati, mendukung, mempersatukan, men…, mem…, dst, satu sama lain sesama tubuh Kristus.

Berdua lebih baik daripada sendiri…

@shadowing
ya betul sekali KOMUNITAS, tapi itu untuk diawal dan tengah, ketika Tuhan mengutus anda sendirian artinya anda sudah harus siap, sudah waktunya tidak bergantung pada komunitas lagi, karena Roh yang didalam anda dan saya, Dia sendiri yang mengajar, menuntun, dan bersekutu dengan kita.

Oke" terimakasih semua buat saran saran nya sangat membantu saya… GBU all :slight_smile: