Hal berbahaya yg gmn pabila seorang Kristen meninggikan Maria ?

dan menurut elo Prinsip “Ajaran Solascriptura yang maksa pengen ikut praktek jemaat di Berea” itu bisa salah atau infallible?

Firman Tuhan memang Infalible.

menurut elo Prinsip “Ajaran Solascriptura yang maksa pengen ikut praktek jemaat di Berea” itu bisa salah atau infallible?

Kalau taat kepada Alkitab apanya yang bisa salah ?

bisa dong…
kalau otak elo gak nyampe…

contoh nya ini…

  1. praktek jemaat di berea: kita sepakat benar karena ini Firman Tuhan.

  2. Ajaran solascriptura modelmu: jelas engga ada ayatnya, alias NGACO.

  3. maksa nyambungin ajaran solascriptura yang jelas-jelas BEDA dgn praktek jemaat berea: BUKAN CUMA SALAH… tapi KEBANGETAN DOGOL-nya…

  4. kalo elo gabungin 1+2+3: itu namanya DOGOL UNLIMITED…

  5. kalo gabungan (1+2+3) itu ELO ANGGAP FIRMAN TUHAN → itu artinya AKALBUDI ELO KONSLET.

udah nyampe?

Kalau tindakannya sama apa yang salah ?

Silahkan dijelaskan.

huahahahahahaha…

ternyata elo emang enggak nyampe…
dan ternyata elo memang mikir-nya yg no. 5 → artinya elo emang konslet…

ahahahaha…

jadi… para readers yang budiman…
kita sudah menyaksikan bersama… haha…

maka dengan demikian juga sudah terang benderang… bahwa:
Tuduhan dogol “meninggikan maria” itu juga cuma cucoklogi ayat enggak jelas yang mereka sendiri enggak tahu apa yang diomongin… cuma modal manggut-manggut pendetong-nya doang…
ahahaha…

Sebelum saya jawab, saya tanya anda dulu, apakah denominasi/gereja anda merayakan Natal setiap tanggal 25 Desember?

Jawab :

A. Merayakan
B. Tidak merayakan.
C. Merayakan di bulan selain Desember/Januari

Jika anda tidak mau jawab, saya juga tidak akan jawab pertanyaan anda mengenai tradisi suci.

Bagaimana? Fair kan?

Konyol.
Bagaimana caranya menunjukkan yang belum diajarkan atau belum dikatakan?
@jamu itu mengerti dengan apa yang @jamu tulis, tidak?

Tuhan Yesus Kristus mendirikan jemaat-Nya (yang kemudian dinamakan sebagai Gereja) yang tidak akan dikuasai alam maut, artinya hidup sampai kepada akhir zaman.
Rasul, yang dipilih memimpin jemaat Kristus, diberi kewenangan mengajarkan segala sesuatu yang telah diperintahkan Tuhan Yesus Kristus, senantiasa disertai sampai kepada akhir zaman. Ketika jasmani Tuhan Yesus Kristus masih bersama rasulpun, tidak semua pengikut Kristus diberi kompetensi mengajar, tetapi semua pengikut Kristus diberi kewenangan memberitakan kabar gembira yang dibawa Tuhan Yesus Kristus.
Apa saja yang harus diajarkan rasul kepada jemaat (pengikut Kristus)?
Segala sesuatu yang diperintahkan Tuhan Yesus Kreistus.
Kenapa bukan Tuhan Yesus Kristus mengajarkannya ketika masih bersama para rasul?
Ketika Tuhan Yesus Kristus tidak mengajarkannya saat masih bersama para rasul, karena rasul belum dapat menanggungnya.
Bukankah semua yang harus diajarkan Tuhan Yesus Kristus sudah diajarkan?
Bukan. Tuhan Yesus Kristus sendiri mengatakan bahwa masih banyak yang harus dikatakan-Nya kepada rasul, namun belum dikatakan, karena ketika itu, para rasul belum sanggup menanggungnya.

Salam damai.

Karena dirimu lari lari dalam mengajukan argumen. Nggak fokus.

Berhubungan dengan arwah orang mati itu sangat dilarang di Alkitab
Nah... kalimat diatas itu baru fokus.

So… jangan kemana mana. Jangan ngebawa-bawa hal hal yang “lari” yakni : tidak ada di Alkitab, bukan tradisi peninggalan Rasul, Tradisi Lisan semua sudah ditulis, dlsb dlsb —> ini semua yg kayak gitu = LARI !

makanya berdoa kepada orang mati itu sudah merupakan dosa yang berlipat-ganda karena :

1.Doa harus ditujukan hanya kepada Tuhan saja

LARI ! :smiley:

2.Tidak boleh berhubungan dengan arwah orang mati.
PENGULANGAN !
Jadi intercession oleh arwah orang mati itu sama sekali sudah jauh melanggar ajaran Scriptura.
Kedua point diatas tidak bisa langsung membawa ke kesimpulan spt kalimat diatas, jamu.

Karena sewaktu kamu ngaju-in ungu, maka dirimu mesti tunjukin dulu bahwa aksi Witch of Endor itu = berdoa kepada orang mati (intercession). Apabila kamu sudah bisa nunjukkin, maka barulah dirimu bisa nyampe ke yang selanjutnya : berdoa kepada orang mati (intercession) yg Katolik jalankan itu IDEM dgn yang Witch of Endor itu jalankan.

Di Scriptura tidak ada satupun ajaran dan contohnya orang berdoa atau minta didoakan kepada arwah orang yg sudah mati bung.
LARI !!!!!

Dirimu akan ngajuin argumen kayak diatas thdp Rasul terkait Tradisi Lisan yang dia suruh orang pegang teguh.

Apr 35 AD, saat itu ada :

  1. Scriptura_X
  2. Tradisi Lisan [bertudung menghina Yesus]

Dirimu tereak2 ke Rasul :
Di Scriptura_X tidak ada satupun ajaran dan contohnya orang berdoa bertudung = menghina Yesus, bung

Segala macam tradisi bikinan Gereja kalau sudah [b]bertentangan dengan kebenaran Scriptura[/b] harus dibuang jauh jauh karena sangat menyesatkan umatnya.
Nah, ini baru Fokus. Makanya baca post2 sebelumnya.... buka mata lebar2 dan ketahuilah bahwa terkait hal ini, yang bold itu ada didalam sikon [b]"MENURUT KAMI, para Sola Scripturist" [/b].

Menurut kami sbg para Sola Scripturist type ANU :
aksi berdoa kepada orang mati (intercession) itu = aksi Witch of Endor yang terbaca.

nah saya kasi tau :
Itu menurut kalian. YET, kalian nggak bisa nunjukin bhw aksi Witch of Endor terbaca bisa menuntun ke kesimpulan bhw itu = aksi berdoa kepada orang mati (intercession).

Permainan kata kata saja itu. Dirimu sendiri TIDAK BISA membedakan tanpa memberhalakan catetanmu itu.

So, yang dirimu bilang :
Tradisi Lisan bla3x bersumber dari wahyu Allah

maka argumen-mu thdp statement diatas adalah :

Di Scriptura tidak ada satupun ajaran dan contohnya orang berdoa atau minta didoakan kepada arwah orang yg sudah mati bung.
[u]KARENA di benda berhala gue ini[/u] ada ajaran dan contohnya Tradisi Lisan bla3x, MAKA tradisi Lisan bla3x bersumber dari wahyu Allah.

Dengan kata lain, ukuran “bersumber dari Wahyu Allah” dari pov versi SS type ANU patokannya di perihal [ADA KEBACA - NGGAK ADA KEBACA] pada benda yang diberhalakan oleh SS type ANU ini.

Kalo nggak mao disebut pemberhala Alkitab, maka dalam perihal tradisi - jangan sekali sekali dirimu ngajuin yang kayak demikian ! Itu argumen cileupeung. Udah tau [berdoa kepada orang mati (intercession) = tradisi lisan —> so pasti tidak ada di catetan] … e eh… ngajuin argumen-nya kayak oranye.

dan mana [b]tradisi karangan manusia[/b] maka tidak mungkin kamu paham ajaran Kristen yang sok kamu kritik itu.
berdirilah teguh dan berpeganglah pada TRADISI-TRADISI yang kamu terima dari kami, baik secara LISAN, maupun secara TERTULIS.

Akhirnya dirimu mengakui bahwa SEMUA itu yang disebut tradisi adalah karangan manusia :afro:.

Yang penting adalah sumber dari lahirnya tradisi ajaran itu apakah berasal dari wahyu Tuhan atau karangan manusia
Dirimu bisanya hanyalah bermain kata-kata, jamu. Pada kalimatmu di quote atas, silahkan[b] sebutkan Tradisi2 Lisan-nya APA APA aja itu yg eksis pd tgl 1 Jan 34 AD[/b] yang berasal dari wahyu Tuhan , diketika Rasul menyuruh orang berpegang teguh pada Tradisi2 Lisan.
karena setelah [b]semua wahyu sudah tertuslis[/b] tetapi tradisi bikinan manusia bertambah terus.
Well.... semua wahyu sudah tertulis di pov jaman "now" pada tahun 34 AD tsb.
Kamu sama sekali tidak paham ada begitu banyaknya [b]tradisi ajaran Gereja yang bukan bersumber dari Alkitab[/b].
Ya... termasuk ada bbrp Gereja yang pasang2 pohon dgn lampu kelap kelip pada tgl tertentu. Menjijikkan. [u]Tradisi manusia[/u]. Di Scriptura tidak ada satupun ajaran dan contohnya orang pasang2 pohon dgn lampu kelap kelip pada tgl tertentu bung.
Yesus saja mengutuk [u]tradisi manusia[/u] :
Nah itu. Gerejamu pasang2 pohon dgn lampu kelap kelip pada tgl tertentu ato kagak ?
Pengetahuanmu masih sangat terbatas bahwa tidak semua tradisi itu valid karena kamu main pukul rata (generalisasi) saja tanpa paham [b]sumbernya[/b].
Roderick "ribuan" kali nanya : [i]Gerejamu pasang2 pohon dgn lampu kelap kelip pada tgl tertentu ato kagak ?[/i]. (dan untuk kedua kalinya tak tanya : Gereja SS-mu nyunat burungmu gak sewaktu umur 8 hari ?)

Kalo jawabanmu :
YA, gereja gue pasang2 pohon dgn lampu kelap kelip pada tgl tertentu

maka baca itu kalimatmu sendiri :
Di Scriptura tidak ada satupun ajaran dan contohnya orang pasang2 pohon dgn lampu kelap kelip pada tgl tertentu bung.

Kalo jawabanmu :
NGGAK laah… gereja gue nggak ada itu pasang2 pohon dgn lampu kelap kelip pada tgl tertentu. Ini kan tradisi manusia, Yesus mengutuk tradisi manusia.

maka pertanyaan-nya :
dirmu ke Gereja SS aliran/type apa ?

HE… HE… HE… TANYAKAN AJA SAMA SI CALVINIST BAHAYA APA YANG AKAN TERJADI ATAS DIRINYA BILA IA MENINGGIKAN MARIA
TIDAK ADA SATUPUN MANUSIA YANG DITINGGIKAN DI HADAPAN ALLAH SELAIN YESUS SEBAGAIMANA DICATAT DALAM
[b]Act 4:12 Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."

HARUS DIAKUI BAHWA MARIA MEMANG DIKUDUSKAN ALLAH KARENA TIDAK MUNGKIN SEORANG WANITA YANG TIDAK DIKUDUSKAN ALLAH AKAN DILIPIH ALLAH UNTUK MELAHIRKAN SEORANG JURUSELAMAT
DAN HAL INI DICATAT DALAM
Luk 1:26 Dalam bulan yang keenam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret,
Luk 1:27 kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria.
Luk 1:28 Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria, ia berkata: “Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau.”
Luk 1:29 Maria terkejut mendengar perkataan itu, lalu bertanya di dalam hatinya, apakah arti salam itu.
Luk 1:30 Kata malaikat itu kepadanya: “Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah.
Luk 1:31 Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.
Luk 1:32 Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya,
Luk 1:33 dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan.”[/b]
NAMUN DI DALAM ALKITAB TIDAK ADA SEORANGPUN YANG DITINGGIKAN/DIMULIAKAN ALLAH KARENA PEMILIHAN ALLAH ATAS MANUSIA DIDASARKAN PADA ANUGERAH DAN KASIH KARUNIANYA
MAKA MENINGGIKAN MARIA AKAN MEMBUAT ORANG MENJADIKANNYA SEBAGAI BERHALA!!!

@Sotardugur Parreva nimbrung, untuk ini:

Kupikir, “ditinggikan” di situ bukan dimensi jarak yang diukur dengan meteran atau sentimeteran, bukan? Ditinggikan adalah diberi “keutamaan”. Begitu, bukan?

Apabila yang dimaksud pada: “Tidak ada satupun manusia yang ditinggikan di hadapan Allah selain Yesus…” ialah tidak ada yang menyamai keutamaan Tuhan, maka sangat berterima di pemahaman @Sotardugur Parreva. Tetapi jika dibandingkan dengan sesama manusia, yang kutangkap, manusia tidak diberi keutamaan sama di antara manusia. Ada manusia yang diberi keutamaan lebih utama daripada yang lain. Contoh gamblang, para rasul yang dipilih Tuhan dan tidak membelot, memiliki keutamaan lebih bila dibandingkan dari manusia lain yang tidak dipilih Tuhan. Manusia yang dipilih Tuhan sendiri tetapi manusia itu membelot, lebih tidak punya keutamaan daripada manusia awam.

Salam damai.

menurut mas,
apakah sudah ada contoh manusia yang “meninggikan maria” versi mas ini?

dan jika ada, kira-kira bahaya apakah yang sudah / akan menimpa orang ini yang berhala maria?

Bahwa [Maria dikuduskan Allah] —> ini asumsi, hanafi. However, asumsi ini logis.

KARENA TIDAK MUNGKIN SEORANG WANITA YANG TIDAK DIKUDUSKAN ALLAH AKAN DILIPIH ALLAH UNTUK MELAHIRKAN SEORANG JURUSELAMAT
Nah... disitu dah logikanya. Ungu. Simple : Ada 100 piring kotor. Diperlukan 1 piring utk makan. 1 piring, piring X, dipilih utk dipakai makan. Sebelum dipakai utk makan - dibersihin dulu itu piring X.

A. Secara piring itu benda, maka dicomotnya piring X —> ini bisa dgn model random, capcipcup celebang kuncup ataupun “sabodo teuing, pokok itu piring”.

Dilain sisi, Maria bukan benda.
So, kalo kembali lagi ke perihal benda piring - maka ilustrasinya bisa masuk kalu dilibatkan perihal [piring X itu piring yang kayak begimana di pov si pemilih].

Agar mudahnya, maka ilustrasinya kayak sbb :
B. 100 piring kotor itu terdiri dari cem-macem piring, misal piring bambu, piring emas, piring beling, piring somplak, piring kaleng, piring karatan, dlsb. Selanjutnya orang milih piring emas yang dia akan pakai utk makan. Jadi disini tidak dgn model random, capcipcup celebang kuncup ataupun “sabodo teuing, pokok itu piring”.

NAMUN DI DALAM ALKITAB TIDAK ADA SEORANGPUN YANG DITINGGIKAN/DIMULIAKAN ALLAH [/color]
sepertinya mungkin hanafi belon nangkep. Event terpilihnya piring X dari 100 piring kotor ---> ini otomatis sudah bisa masuk ke pengertian [dari 100 piring kotor tsb - piring X itu "tinggi" di pov si pemilih].
KARENA PEMILIHAN ALLAH ATAS MANUSIA DIDASARKAN PADA ANUGERAH DAN KASIH KARUNIANYA
Dalam ngomongin perihal logika, yang kayak diatas itu nggak penting donk, hanafi :D. Disini kan point-nya adalah [ada bla3x di piring X di pov si pemilih sebelum dia memilih]. Otomatis, [tidak ada bla3x di 99 piring lainnya di pov si pemilih sebelum dia memilih].
MAKA MENINGGIKAN MARIA AKAN MEMBUAT ORANG MENJADIKANNYA SEBAGAI BERHALA!!!
Kalimat diatas itu mungkin karena dirimu ngambil ilustrasi model A ---> Random, capcipcup celebang kuncup ataupun [i]"sabodo teuing, pokok itu perempuan"[/i] ---> Otomatis nongol : [ngapain orang meninggikan Maria ? itu kan kebetulan aja capcipcupnya jatoh ke Maria].

Dilain sisi, pabila ilustrasi model B yang diambil, maka yg kayak ijo itu eksis —> Otomatis logis [orang meninggikan Maria].

@odading memang hebat. :afro:

Penjelasan yang gampang tertangkap.
Bisa nggak ditangkap oleh @HANANYA HANAFI dan partisipan sepemikiran dengannya, ya?

Salam damai.