Hanya sekedar bertanya : Why...?

Tanpa bermaksud memperkeruh suasana yang ada, ini adalah pemikiran yg ada

Mengapa orang Katholik itu akan lebih tersinggung bila ada orang lain menyerang Bunda Maria, sebaliknya kalau yang diserang Tuhan Yesus kog malah adem ayem?

Atau aku hanya salah paham saja?

Thx

Karena itu salah satu “fault line”-nya yang telah dibentuk selama berabad-abad antara Katholik dan Protestan.

Sama juga dengan kasus Alkitab dalam Protestan. “Meragukan Alkitab” bagi Protestan = meragukan Tuhan. Padahal kumpulan tulisan terkanoninasi yang diterima Protestan sebagai Kitab Suci merupakan salah satu produk proses sejarah dalam Gereja. Jemaat dan pemimpin jemaat dari masa ke masa yang menentukan tulisan-tulisan mana saja yang otoritatif dan mana yang bukan melalui pengalaman rohaninya.

Tentu, menerima infalibilitas Alkitab merupakan salah satu pilihan. Tetapi, pilihan lainnya adalah membuka kemungkinan adanya penolakan otoritas tulisan-tulisan yang telah dikanonkan atau penerimaan otoritas tulisan-tulisan baru ke dalam kanon sesuai dengan perkembangan Gereja.

Sayangnya, pengalaman rohani terlalu variatif untuk dijadikan sebuah acuan, apalagi jika ukuran komunitasnya sangat besar dan beragam. Akhirnya, secara tidak disadari, menempatkan acuan pada kumpulan tulisan-tulisan otoritatif merupakan pilihan paling baik, seperti yang dihadapi St. Irenaeus pada saat berhadapan dengan ragam bentuk Kristen. Walaupun kasus Protestan, permasalahan utama adalah banyaknya praktek-praktek tradisi yang dianggap tidak sesuai lagi dengan semangat Kekristenan sehingga diperlukan acuan yang lebih puritan (murni) dibandingkan hukum Gereja. Para Reformator sepakat bahwa Alkitab-lah yang lebih murni dari hukum Gereja. Jika St. Irenaeus mempersempit kemungkinan dengan mengatakan hanya ada empat Injil, para reformator telah menempatkan Alkitab seperti Tuhan sendiri dengan menekankan metafora Firman Allah.

Kalau di perhatikan ajaran RK, peran Maria sangat besar, membawa orang bersama Roh Kudus untuk mendapat keselamatan, itu salah satunya.

Sehingga seluruh perhatian tanpa di sadari telah berpusat di Maria, Tuhan Yesus tergeser oleh peran Bunda Maria.

Itu makanya kalau Maria yang di jelaskan bahwa itu bertentangan dengan Firman Tuhan, langsung marah dan alergi, karena doa dan permintaan lebih di tujukan pada Maria dari pada Tuhan Yesus.

Terus terang saja , saya juga baru di forum ini benar2 belajar dari banyak web site Katolik tentang ajaran2 katolik yang mencengangkan, khususnya Maria.

Sekedar berkomentar saja.

Karena Bunda Maria adalah sorang wanita yang tidak berdosa kenapa mesti di serang ?
Kalau Tuhan YESUS ya adem ayem saja karena ngapain Membela TUHAN ? emang mau seperti FPI ? TUHAN tuh PENUH KUASA sedang Bunda Maria penuh Lemah lembut…
Gini deh Bro , Kalau Bunda Maria menolak melahirkan Yesus , memang kita bisa SELAMAT ? ( kalau YESUSnya saja nggak lahir karena Bunda Maria menolak ! Renungkan ini ! ) makanya sebagai Penghormatan pada Bunda Allah sudah pantas dan selayaknya kita juga menghargai jangan melecehkan BUNDA ALLAH ! kita harus Bersyukur karena 9 bulan Bunda Maria rela menggotong-gotong ALLAH sebagai TABUT PERJANJIAN !
Semoga bisa menambah wawasan.
Salam Damai

karena kristen gila aja yang nyerang Yesus. ;D
emang self-defense seperti itu kayanya.

berarti karya keselamatan ditentukan oleh manusia?

Wah keselamatan manusia tergantung manusia, Allah tidak dapat berbuat apa2 karena manusia dapat menolak kehendak Tuhan, Tuhan yang mana ya ??

:mad0261: :mad0261: :’( :’( :’(

apakah keselamatan ditentukan manusia???

Pertanyaannya aja udah mengarah untuk menyudutkan Katolik (walaupun mungkin TS tidak menyadari).
Dari pertanyaan tersebut mengkondisikan seolah-olah Katolik tidak perduli Yesus dan lebih mengagungkan Bunda Maria, dan oleh mereka-mereka yang memang memiliki hati yang busuk pertanyaan seperti ini akan menjadi senjata untuk kesenangan & kepuasan hatinya, terbukti buru-buru disambut dengan penuh semangat oleh sang “perempuan suci” Rita Ratina.

Sebenarnya kalau kita mau jujur, permasalahan bukan pada “membela” Yesus vs Bunda Maria, ini hanya ide yang mengada-ngada (ngapain pula membuat skenario seolah-olah ada sebuah kondisi pembelaan terhadap Bunda Maria vs Yesus).

Permasalahan yang terjadi adalah bahwa yang menjadi senjata umat-umat dari gereja-gereja usil bin kepo adalah menyerang doktrin Bunda Maria & penggunaan patung, lalu Katolik mempertahankan diri, dan karena mempertahankan diri tersebut sekarang muncullah thread yang memposisikan seolah-olah Katolik lebih “membela” Bunda Maria daripada Yesus.

Liat aja sekarang udah ada komentar2 seolah keselamatan datang dari Bunda Maria, itu geblek, tolol atau nga waras sih? Dan stetment itu nantinya akan dipaksakan seolah-olah Katolik memang mengajarkan demikian, busuk kan?

Bentar lagi bakal ada pertanyaan : mengapa Katolik lebih membela patung daripada Tuhan Yesus?
Kenapa sih kalian itu kepo & usil terus terhadap Katolik? Kalau kalian nga percaya ajaran Katolik ya sudah uruslah imanmu sendiri, dan biarlah Katolik mengurus imannya sendiri, masing-masing bertanggungjawab kepada Tuhan kok bukan kepada sesama member FK.

Apakah umat Katolik sebodoh itu tidak bisa membedakan posisi Yesus sebagai Tuhan dengan Bunda Maria???

Logika aja…
Yang diperdebatkan itu kan biasanya apa yang menjadi perbedaan, bukan persamaan.

Lagipula, apa pernah seorang Katolik tinggal diam di saat seorang non-Kristen menghina Yesus?
Sedangkan mengenai ke-ilahi-an Yesus saja Katolik ikut berpartisipasi supaya clear…
Sebagian setuju bahwa Yesus adalah sungguh manusia dan sungguh Allah selama di dunia, sebagian lagi menolak…

Di sini harusnya bukan membahas mengenai siapa yang “lebih dibela”, tapi lihat fakta lapangan aja, giliran temanya Bunda Maria, semua pada nimbrung dari tingkat memberi komentar hingga menyerang.
Bukan mengenai Maria aja, mengenai Paus juga, patung juga dan lain lain dan seterusnya…

Momod moe sebagai moderator senior bisa liat sendiri lah, pihak Katolik uda jelasin, bahkan sering di ulang-ulang, ada newbie nanya lagi, dijelasin lagi… tapi yang terjadi?
tetap aja di cap nyembah patung, nyembah Maria, jangan-jangan mod moe juga berpikiran demikian? :smiley: lol

Hanya menyampaikan pendapat atas pertanyaan mod moe.
Damai Kristus.

–ya karena hanya sekedar bertanya, ya ndak mau komen apa2 (lah kog malah komen juga) – :smiley:

tapi ya begitulah, tidak ada yang baru, yg baru orang2nya

ada newbie nanya lagi, dijelasin lagi...

Nyadar tapi pura-pura ngak… Gimana sih?!

hehehe sebenarnya namanya ilmu sih selalu ada yang baru…
newbie nanya lagi, ada lagi hal baru yang dikupas…

cuma salahnya…ada aja user yang nyeletuk sembarangan… yah itulah warna-warni nya kali ya :smiley:
untung kita yang Katolik masih sabar-sabar ;D peace…

@mod Moe

Bro, coba sebelum anda post pertanyaan anda itu, anda telisik lebih dahulu apa saja sih yang dibicarakan di dalam thread2 yang bertebaran. Apakah memang ada hujatan kepada Jesus yang didiamkan saja oleh member Katolik? Apakah jika ada member non Kristen yang menghujat Kekristenan member Katolik diam saja?

Kemudian, jika anda punya waktu luang, please tengok thread lain yang berurusan dengan theology, tentang Alkitab, tentang sejarah Gereja. Coba tolong amati, apakah member yang tergolong ‘rajin luar biasa menghujat Kekatolikan’ pernah mampir di situ? Pernahkah mereka membela Kekristenan terhadap hujatan member non-Kristen di beard terbuka? Ataukah mereka cuma bergerombol di thread yang menjadi kegemaran mereka saja (thread Maria, Purgatory, Paus, Infalible, Magisterium, dan semacamnya)? Pernahkah anda bertanya MENGAPA atau WHY ?

Maka adalah wajar jika kemudian saya bertanya kepada anda “Apa maksudnya anda membuka thread ini?” WHY

GBU

Diakui terkadang memang lebih sensitif jika yang diserang itu adalah Bunda Maria, sebab saya menyadari bahwa umat Protestan yang menyerang Katolik tentunya juga mengimani YESUS jarang ditemukan umat Protestan yang menyerang YESUS tetapi lebih sering menyerang Maria, bahkan penuh dengan kalimat2 melecehkan seperti ini: Maria adalah Bunda Allah ataukah Bunda Kristus ? - Ajaran Kristen - ForumKristen.com

Banyak sekali ditemukan di forum ini, kalimat atau kata2 yang sangat merendahkan Maria, melecehkan Maria dan menganggap bahwa Maria tidak ada apa-apanya …

Berbeda dengan sikap umat Katolik terhadap Maria. Tidak ada yang salah dari sikap Katolik dalam mempertahankan Kehormatan Maria yang telah ia terima langsung dari Allah dan yang telah ia jaga. Jika Katolik menghormati Maria, maka penghormatan itu tidak lebih dari buah pemenuhan nubuat injil “Sesungguhnya, mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia,”. (Lukas 1:48) Dan dari semua penghormatan yang diberikan oleh Gereja Katolik kepada Maria tidak ada yang bisa menandingi penghormatan yang TUHAN berikan kepada Maria dengan memilih Ia sebagai BundaNya.

Jika ingin mengetahui alasan saya menghormati Maria bisa dibaca disini: Mengapa saya sangat menghormati Figur Maria dan juga Yosef - Pendalaman Alkitab - ForumKristen.com
Salam

Yeremia 17
17:5 Beginilah Firman Tuhan: "Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN!

Sekadar menanyakan saja, bagaimana ayat Yeremia dengan menganggap bahwa Maria dapat membawa orang ke Tuhan YESUS bersama Allah ROH KUDUS, karena dengan itu kan berarti mengandalkan Maria membawa manusia ke Tuhan YESUS ?

Sedangkan Yeremia mengatakan terkutuklah orang yang mengandalkan manusia ?

Dan bagaimana seorang yang telah mati dapat berhubungan dengan orang hidup ?

Kedua hal tidak tertulis di Alkitab, baik Maria sebagai perantara, dan Maria dapat berhubungan dengan orang yang di dunia.

Mohon pencerahannya, saya hanya ingin mengetahui penyelesaian dengan ayat Yeremia ini .

wah kalau begitu Harusnya RIBKA lebih dihormati daripada Maria,
hehehe siapakah RIBKA???

Sorry bro, saya tidak menanya dengan penghormatanmu, yang saya tanya ada 2 hal.

Bagaiamana manusia dapat mengandalkan manusia dan orang mati dapat berhubungan dengan orang hidup ?

Orang yang mati diam bersama Tuhan YESUS di surga, tidak tahu mnahu dengan yang di dunia, bagaiaman doa dapat sampai ke Maria ?

Saya tidak melihat jembatan penyeberangan .

Kalau anda yakin dengan ajaran anda, jawablah dengan sopan dan tanpa emosi, dan dengan jelas dan dengan ayat2 yang mengatakan bahwa

Orang percaya harus meminta pada Maria, dimana Maria menjadi perantara antara manusia dengan Tuhan YESUS, dimana ayatnya ?

Saya hanya penasaran selama ini di berikan oleh ayat2 yang tidak berhubungan dengan menjadikan Maria sebagai perantara antara manusia dengan Tuhan YESUS.

Juga tentang manusia berhubungan dengan Maria, sedangkan begitu banyak ayat ayat yang mengatakan orang mati tidak dapat berhubungan dengan orang hiudp, itulah yang menjadi penasaran saya.

Lukas 16 ; 20 lazarus dan orang kaya.
16:26 Selain dari pada itu di antara kami dan engkau terbentang jurang yang tak terseberangi, supaya mereka yang mau pergi dari sini kepadamu ataupun mereka yang mau datang dari situ kepada kami tidak dapat menyeberang.

16:31 Kata Abraham kepadanya: Jika mereka tidak mendengarkan kesaksian Musa dan para nabi, mereka tidak juga akan mau diyakinkan, sekalipun oleh seorang yang bangkit dari antara orang mati."

Pengkh 12 : roh kembali ke Allah yang mengaruniakan
12:7 dan debu kembali menjadi tanah seperti semula dan roh kembali kepada Allah yang mengaruniakannya.

Ayub 14 : 10 – 12 Orang 2mati tidak bangun.
14:10 Tetapi bila manusia mati, maka tidak berdayalah ia, bila orang binasa, di manakah ia?

14:11 Seperti air menguap dari dalam tasik, dan sungai surut dan menjadi kering,

14:12 demikian juga manusia berbaring dan tidak bangkit lagi, sampai langit hilang lenyap, mereka tidak terjaga, dan tidak bangun dari tidurnya.

Ayub 7 : 9, 10 Orang mati tidak akan muncul kembali.
7:9 Sebagaimana awan lenyap dan melayang hilang, demikian juga orang yang turun ke dalam dunia orang mati tidak akan muncul kembali.

7:10 Ia tidak lagi kembali ke rumahnya, dan tidak dikenal lagi oleh tempat tinggalnya.

Pengk 9 : 5 ,6 Orang2 mati tidak tahu apa2.
9:5 Karena orang-orang yang hidup tahu bahwa mereka akan mati, tetapi orang yang mati tak tahu apa-apa, tak ada upah lagi bagi mereka, bahkan kenangan kepada mereka sudah lenyap.

9:6 Baik kasih mereka, maupun kebencian dan kecemburuan mereka sudah lama hilang, dan untuk selama-lamanya tak ada lagi bahagian mereka dalam segala sesuatu yang terjadi di bawah matahari.

Pengk 12 : 7
12:7 dan debu kembali menjadi tanah seperti semula dan roh kembali kepada Allah yang mengaruniakannya.

Ibr 4 : 10 tempat perhentian
4:10 Sebab barangsiapa telah masuk ke tempat perhentian-Nya, ia sendiri telah berhenti dari segala pekerjaannya, sama seperti Allah berhenti dari pekerjaan-Nya.

Mzm 6 : 6 Didalam maut manusia tidak mengingat Tuhan.
6:6 Sebab di dalam maut tidaklah orang ingat kepada-Mu; siapakah yang akan bersyukur kepada-Mu di dalam dunia orang mati?

SESUAI DENGAN JUDUL THREAD INI, HANYA SEKADAR MENANYA , HOW ?

Berdasarkan pengalaman saya berdiskusi dengan kaum GRK disini memang sinyalemen anda itu benar bro .

Kesulitan mereka didalam mempertahankan ajaran yang memang tidak ada dukungan Alkitab itu membuat mereka frustasi dan mengalihkan persoalan kepada segala macam tuduhan yang sudah tidak bersifat argumentatif lagi.

Kemampuan berdiskusi mereka menjadi emosi tidak terkendali padahal yang dipersoalkan hanyalah seorang manusia biasa saja,sedangkan didalam diskusi pribadi Tritunggal atau Christology emosi mereka tidak se-sensitif masalah Mariology.

Terus terang semua ajaran Mariology adalah ajaran yang kebablasan dan sama sekali tidak ada faedahnya bagi iman kristen.

Jabatan Ratu Sorga dan Ibu Suri bagi Raja Sorga yaitu Tuhan Yesus membuat semua pemahaman GRK akan Maria lebih bersifat pendekatan biologis.

Oleh karena itu tidak heran kalau figur Maria ini lebih sensitif lagi dari figur Allah itu sendiri bagi GRK.

Demikian komentar saya !

BETULLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLL…tetapi saya tidak masuk itungan.

Seperti biasa topik ini akan melebar ke mana-mana, nanti diskusi tentang dogma GKR, nanti lari ke Magisterium, lari lagi ke infilibilitas dan trs diluar topik. Lebih baik dengar aja alasan dari umat Katolik mengapa kok umat Katolik mencintai Maria tidak seperti umat non Katolik.

Karena ijinkanlah saya MENGULANGI lagi tanggapan saya mengapa Katolik begitu menghormati Maria,

Diakui terkadang memang lebih sensitif jika yang diserang itu adalah Bunda Maria, sebab saya menyadari bahwa umat Protestan yang menyerang Katolik tentunya juga mengimani YESUS jarang ditemukan umat Protestan yang menyerang YESUS tetapi lebih sering menyerang Maria, bahkan penuh dengan kalimat2 melecehkan seperti ini: Maria adalah Bunda Allah ataukah Bunda Kristus ? - Ajaran Kristen - ForumKristen.com

Banyak sekali ditemukan di forum ini, kalimat atau kata2 yang sangat merendahkan Maria, melecehkan Maria dan menganggap bahwa Maria tidak ada apa-apanya …

Berbeda dengan sikap umat Katolik terhadap Maria. Tidak ada yang salah dari sikap Katolik dalam mempertahankan Kehormatan Maria yang telah ia terima langsung dari Allah dan yang telah ia jaga. Jika Katolik menghormati Maria, maka penghormatan itu tidak lebih dari buah pemenuhan nubuat injil “Sesungguhnya, mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia,”. (Lukas 1:48) Dan dari semua penghormatan yang diberikan oleh Gereja Katolik kepada Maria tidak ada yang bisa menandingi penghormatan yang TUHAN berikan kepada Maria dengan memilih Ia sebagai BundaNya.

Jika ingin mengetahui alasan saya menghormati Maria bisa dibaca disini: Mengapa saya sangat menghormati Figur Maria dan juga Yosef - Pendalaman Alkitab - ForumKristen.com

KAMI TIDAK TAKUT! untuk menghormati Maria atau orang kudus lainnya sebab penghormatan ini akan senantiasa berpusat pada KRISTUS. Dengan menghormati dan mengasihi mereka anda juga menghormati dan mengasihi KRISTUS karena mereka berasal dari KRISTUS, karena merekalah yang disebut kawan sekerja Allah (1Kor 3:9).

Maria bukanlah orang lain bagi KRISTUS. Penghormatan dan cinta kita kepada Bunda Maria dan para kudus justru menghantarkan kita kepada rasa syukur dan kagum akan KARYA TUHAN DALAM DIRI MEREKA (Maria dan para kudus) sehingga dengan melihat terang karya mereka kita semakin memuliakan TUHAN (Matius 5:16). Pada akhirnya TUHAN lah yang kita muliakan bukan pribadi2 tersebut.

Penutup:

Saya mengajak umat non Katolik untuk membaca dan memahami alsan mengapa umat Katolik mencintai Maria. Bacalah dan pahami, jangan di debat, bersikaplah seperti sdr moe

Itulah sikap yang terpuji!!

Saya mengajak rekan2 Katolik menggunakan kesempatan ini untuk menyampaikan kepada umat non-Katolik alasan mengapa Bunda Maria pantas untuk dicintai, diteladani dan dihormati.

Tuhan memberkati