Hari pertama dan hari ketujuh

Saya ada pertanyaan nih, Siapa yang tahu hari pertama atau hari ke Tujuh itu jatuh pada hari apa? Ada yang bilang hari pertama itu Minggu dan ada yang bilang Minggu adalah hari ke tujuh. Dan ada yang bilang sabtu adalah hari pertama dan ada juga yang bilang sabtu adalah hari ke tujuh dalam ajaran agama Kristen. Yang benar yang mana? Kalo ada yang tau artikel menyangkut topik ini mohon di posting ya. Dan pertanyaan berikutnya kata Protestan itu berasal dari kata apa? Terima kasih.

ada banyak kalender mas, kalender inca, kalender jawa, kalender Yahudi, kalender romawi

monday - saturday, january, december, itu adopsian kalender romawi…
senin sebagai hari pertamanya - monday
nah kalender ini hari baru dimulai pada jam 12 malam

kalo Yahudi beda
kalender Yahudi juga ada 2, kalender yang jaman dulu bgt sebelom Tuhan rubah
dan kalender yang Tuhan telah ubah sendiri
tapi 2-2nya memulai hari baru ketika matahari terbenam.
dan hari harinya :
Yom Reeshone First day Sunday
Yom Shaynee Second day
Yom Shlee´shee Third day
Yom Revee´ee Fourth day
Yom Khah´mee´shee Fifth day
Yom Ha´shee´shee Sixth day
Shabbat Rest Saturday

kalo protestan, baca baca sejarah katolik, seru kok

Please review

http://mediaonlinenews.com/dunia/sejarah-nama-hari

Kl aku sih berpegang sama yang ini :

Yehezkiel 20:19 Akulah TUHAN, Allahmu: Hiduplah menurut ketetapan-ketetapan-Ku dan lakukanlah peraturan-peraturan-Ku dengan setia, 20:20 kuduskanlah hari-hari Sabat-Ku, sehingga itu menjadi peringatan di antara Aku dan kamu, supaya orang mengetahui bahwa Akulah TUHAN, Allahmu.

Sebab aku tahu siapa yang aku sembah sebagai ALLAH yang benar.

Masalahnya oleh Jesus yang adalah Tuhan itu sendiri, sabat telah dibatalkan bro.

Mat 12:8 Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."

Mrk 2:27 Lalu kata Yesus kepada mereka: "Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat,

Dan kisah penyembuhan pada hari Sabat :

Luk 13:10 Pada suatu kali Yesus sedang mengajar dalam salah satu rumah ibadat pada hari Sabat.

Luk 13:11 Di situ ada seorang perempuan yang telah delapan belas tahun dirasuk roh sehingga ia sakit sampai bungkuk punggungnya dan tidak dapat berdiri lagi dengan tegak.

Luk 13:12 Ketika Yesus melihat perempuan itu, Ia memanggil dia dan berkata kepadanya: “Hai ibu, penyakitmu telah sembuh.”

Luk 13:13 Lalu Ia meletakkan tangan-Nya atas perempuan itu, dan seketika itu juga berdirilah perempuan itu, dan memuliakan Allah.

Luk 13:14 Tetapi kepala rumah ibadat gusar karena Yesus menyembuhkan orang pada hari Sabat, lalu ia berkata kepada orang banyak: “Ada enam hari untuk bekerja. Karena itu datanglah pada salah satu hari itu untuk disembuhkan dan jangan pada hari Sabat.”

Luk 13:15 Tetapi Tuhan menjawab dia, kata-Nya: "Hai orang-orang munafik, bukankah setiap orang di antaramu melepaskan lembunya atau keledainya pada hari Sabat dari kandangnya dan membawanya ke tempat minuman?

@bernike
Tentang kapan sabath tentunya sudah jelas dari penjelasan diatas. Kalau hari ini kita melakukan apa yang dilakukan dihari sabat pada hari minggu, memang kalau mengacu kepada PL maka seakan akan salah. Tetapi ketika kita melihat apa yang dinyatakan Tuhan Yesus seperti yang dinyatakan @bruce diatas, maka yang harus menjadi perhatian menurut saya adalah bahwa kita melakukan peribadahan kepada Tuhan. Hari sudah tidak terlalu mengikat. Karena ikatan seperti “setahun sekali berkumpul” dibait suci juga sudah tidak menjadi suatu ikatan lagi. Rohani kita jauh lebih penting. Kita sudah tidak lagi diminta Tuhan menjadi satu sabath dalam satu minggu, tetapi setiap hari haruslah kita jadikan sabath rohani, dimana setiap saat kita memuji dan menyembah Dia dan intim dengan Dia. Itulah yang Tuhan mau. Hal ini nyata dalam pengajaran Tuhan seperti masa pelayanan Tuhan didunia, dimana doaNya tidak dibatasi hari, penyembahanNya tidak dibatasi hari, membawa kerajaan sorga kebumi, dst… Keintiman tiap saat itulah yang Tuhan cari.
Jadi kalau mau sabtu ibadah juga gpp, mau minggu juga gpp, mau senin juga gpp, tetapi ibadah yang sejati dari hati yang dilakukan setiap saat dimanapun, kapanpun dan apapun yang kita sedang lakukan.

Protestan, adayang mengatakan dari kata “protes”, ada pula dari kata “pro testamony” yang artinya hanya mengacu kepada alkitab.secara singkat kurang lebih seperti itu.

menurut kalender masehi
Hari pertama Minggu
Hariketujuh sabtu
GBU