hari sabat

guys mw tanya
bener ga sih hari sabat tu jatuh pada hari sabtu?? :onion-head33:

Sabat: dari Jumat petang sampai Sabtu petang.
Salam

Hari Sabtu adalah hari Sabat, tepatnya Sabat Yahudi, tetapi hari Sabat bukan hanya hari Sabtu, masih ada hari-hari lain yang dijadikan sabat dan tidak jatuh pada hari Sabtu.

Menurut Alkitab, “hari Sabat”, “YOM HASYABAT” atau “YOM SYABAT” adalah Sabtu hari yang ketujuh, dan hari-hari lain yang dijadikan “Sabat” seperti hari-hari raya Yahudi, misalnya hari raya pendamaian (“YOM KIPUR”) yang jatuh pada tanggal 10 bulan ketujuh (Tisyri), “RO’SY HASYANAH”, hari pertama dan kedua dari “SUKÕT”, “SYEMINI 'ATSERET”, “SYIMKHAT TORAH”, “SYAVU’OT”; Ada “SYABAT HAGADOL” yang berkaitan dengan PESAKH Ada juga Sabat Tahunan – yang tidak jatuh pada hari Sabtu.

Ayat-ayat di bawah ini menyebutkan “hari yang dijadikan sabat” tetapi tidak selalu jatuh pada hari Sabtu:

* Imamat 16:29- 31
16:29 LAI TB, Inilah yang harus menjadi ketetapan untuk selama-lamanya bagi kamu, yakni pada bulan yang ketujuh, pada tanggal sepuluh bulan itu kamu harus merendahkan diri dengan berpuasa dan janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan, baik orang Israel asli maupun orang asing yang tinggal di tengah-tengahmu.
16:30 LAI TB, Karena pada hari itu harus diadakan pendamaian bagimu untuk mentahirkan kamu. Kamu akan ditahirkan dari segala dosamu di hadapan TUHAN.

16:31 LAI TB, Hari itu harus menjadi sabat, hari perhentian penuh, bagimu dan kamu harus merendahkan diri dengan berpuasa. Itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya.
KJV, It shall be a sabbath of rest unto you, and ye shall afflict your souls, by a statute for ever.
Hebrew,
שַׁבַּת שַׁבָּתֹון הִיא לָכֶם וְעִנִּיתֶם אֶת־נַפְשֹׁתֵיכֶם חֻקַּת עֹולָם׃
Translit, SYABBAT SYABBATON HI’ LAKHEM VE’INITEM 'ET-NAFSYOTEYKHEM KHUQAT 'OLAM

Hari Sabat yang dimaksud dalam Imamat 16:31 adalah Hari Raya Pendamaian ( יום כיפור - YOM KIPUR) yang jatuh pada tanggal 10 bulan ketujuh (Tisyri):

Bandingkan :

[b]* Imamat 23:27
[/COLOR]LAI TB, Akan tetapi pada tanggal sepuluh bulan yang ketujuh itu ada hari Pendamaian; kamu harus mengadakan pertemuan kudus dan harus merendahkan diri dengan berpuasa dan mempersembahkan korban api-apian kepada TUHAN.
KJV, Also on the tenth day of this seventh month there shall be a day of atonement: it shall be an holy convocation unto you; and ye shall afflict your souls, and offer an offering made by fire unto the LORD.
Hebrew,
אַךְ בֶּעָשֹׂור לַחֹדֶשׁ הַשְּׁבִיעִי הַזֶּה יֹום הַכִּפֻּרִים הוּא מִקְרָא־קֹדֶשׁ יִהְיֶה לָכֶם וְעִנִּיתֶם אֶת־נַפְשֹׁתֵיכֶם וְהִקְרַבְתֶּם אִשֶּׁה לַיהוָה׃
Translit, [COLOR=olive] ‘AKH BE’ASOR LAKHODESY HASYEVI’I HAZEH YOM HAKIPURIM HU’ MIQRA’-QODESY YIHYEH LAKHEM VE’INITEM 'ET-NAFSYOTEYKHEM VEHIQRAVTEM 'ISYEH LAYEHOVAH (Baca: La’Adonay)

Ayat-ayat di atas berbicara tentang ‘YOM KIPUR’, “hari raya pendamaian” yang jatuh pada tanggal 10 bulan ketujuh (bulan Tisyrê), hari itu adalah “hari Sabat”, SYABAT SYABATON HI’ LAKHEM, “sabat - perhentian - ia - kepada kalian”.

Umat Kristiani tidak “menguduskan” hari Minggu sebagaimana orang Yahudi “menguduskan” hari Sabtu, melainkan beribadah pada hari Minggu.

Selanjutnya bisa dibaca artikel: SABAT BUKAN BERMAKNA HARI SABTU, di http://www.sarapanpagi.org/sabat-vt311.html#p1156

Bro sp

mau tanya juga :slight_smile:

  1. Kalau tidak salah, sabat itu hari yang dikuduskan orang Yahudi untuk memperingati hari di mana Tuhan selesai menciptakan dan beristirahat.
    begitukah?

  2. Dari pertanyaan no 1, mengapa hari minggu dianggap hari libur sekarang ini? Sejarahnya bagaimana? bukankah penanggalan Masehi itu diukur dari kelahiran Yesus?

Thq bro SP :slight_smile:

Wah kalo yang aku tahu, ALLAH sendiri yang memberkati dan menguduskan hari sabat, ayatnya ada di kejadian 2:3
pertanyaan no. 2 biar ahlinya yang menjelaskan, karna saya bukan ahli kitab hehehe

Bener

GBU

Jawab:

  1. Memelihara hari Sabat diperintahkan Allah hanya kepada bangsa Israel dan juga orang2 bangsa lain, bahkan hewan ternak juga, yang berada di “tempat kediaman” bangsa Israel. Tujuannya, untuk mengingat penciptaan dunia oleh Allah (Keluaran 20:10-11). Bangsa lain yang tinggal di luar Israel tidak diwajibkan merayakannya. Baca Kisah Para Rasul 15:28-29.

  2. Banyak teori yang menerangkan tentang asal mula ibadah hari Minggu. Kebanyakan isi teori itu adalah untuk mengingat hari kebangkitan Tuhan Yesus pada “hari pertama” (disebut hari Minggu dalam kalender yang kita pakai sekarang). Karena merupakan hari ibadah, maka hari itu diliburkan oleh bangsa Eropa yang menganut Kristen. Sekalipun kini sudah mengalami sekularisasi, hari Minggu masih dianggap hari libur secara internasional.

Ya, Hari Minggu adalah yang pertama dari suatu pekan. Dalam bahasa Ibrani disebut YOM 'EKHAD atau YOM RISYON:
Kata Ibrani: רִאשׁוֹן - RI’SYON, harfiah : kepala, atau אֶחָד - 'EKHAD, harfiah: satu/ pertama, (Arab : AHAD, harfiah: satu)

Pada hari Minggu ini, Tuhan Yesus bangkit dari kematian:

* Matius 28:1
28:1 LAI TB, Setelah hari Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu (pekan) itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain, menengok kubur itu.
KJV, In the end of the sabbath, as it began to dawn toward the first day of the week, came Mary Magdalene and the other Mary to see the sepulchre.
TR, οψε δε σαββατων τη επιφωσκουση εις μιαν σαββατων ηλθεν μαρια η μαγδαληνη και η αλλη μαρια θεωρησαι τον ταφον
Translit, opse {setelah} de {adapun} sabbatôn {Sabat/ pekan sabat [noun - genitive plural neuter]} tê {pada waktu} epiphôskousê {mulai menjadi terang} eis {pada} mian {(hari) yang pertama (hari Minggu)} sabbatôn {Sabat/ pekan sabat [noun - genitive plural neuter]} êlthen {pergi} maria {maria} hê magdalênê {dari magdala} kai {dan} hê allê {yang lain} maria {maria} theôrêsai {menengok} ton taphon {kubur itu}

Note:
Frase “Setelah hari Sabat lewat”, yaitu setelah pekan sabat itu lewat, mereka masuk kepada hari pertama dalam suatu pekan (week), yaitu hari minggu (Yunani : mia, harfiah: kesatu).

Nama hari Minggu dalam bahasa Yunani:
Yunani Klasik : μια - mia, harfiah: kesatu.
Yunani Modern : Κυριακή - Kuriakê, harfiah: i milik Tuhan[/i].

Pada hari Minggu pula, Rasul Yohanes mendapatkan Wahyu dari Allah:

* Wahyu 1:10
LAI TB, Pada hari Tuhan aku dikuasai oleh Roh dan aku mendengar dari belakangku suatu suara yang nyaring seperti bunyi sangkakala.
KJV, I was in the Spirit on the Lord’s day, and heard behind me a great voice, as of a trumpet,
TR, εγενομην εν πνευματι εν τη κυριακη ημερα και ηκουσα οπισω μου φωνην μεγαλην ως σαλπιγγος
Translit Interlinear, egenomên {aku berada} en {di dalam} pneumati {roh} en {pada} tê kuriakê {Tuhan} hêmera {hari} kai {dan} êkousa {aku mendengar} opisô {di belakang} mou {-ku} phônên {suara} megalên {nyaring} hôs {seperti} salpiggos {nafiri/terompet}

Hari Minggu (Lord’s day) berasal dari bahasa Latin dies dominica (bhs.Portugis = dominggo) dan kemudian menjadi kosa kata bahasa Indonesia yaitu Minggu : “hari (milik)Tuhan” dalam bahasa Yunani kuriakê hêmera (Wahyu 1:10).

bersambung…

Mengapa di waktu yang kemudian nama/ istilah “hari pertama” dalam suatu pekan itu kemudian disebut “hari (milik)Tuhan”? Karena, di hari itulah Tuhan kita Yesus Kristus bangkit.
“Hari pertama” dalam suatu pekan juga menjadi hari khusus bagi jemaat Kristus yang mula-mula mengadakan pertemuan jemaat (Ibadah):

* Kisah Para Rasul 20:7
LAI TB, Pada hari pertama dalam minggu itu, ketika kami berkumpul untuk memecah-mecahkan roti, Paulus berbicara dengan saudara-saudara di situ, karena ia bermaksud untuk berangkat pada keesokan harinya.
Alkitab Terdjemahan Lama, Maka pada hari jang pertama didalam minggu itu tatkala kami berhimpun memetjahkan roti, bertuturlah Paulus dengan mereka itu sebab maksudnja hendak berlajar pada keesokan harinja sambil melandjutkan utjapannja sehingga sampai tengah malam.
KJV, And upon the first day of the week, when the disciples came together to break bread, Paul preached unto them, ready to depart on the morrow; and continued his speech until midnight.
The Orthodox Jewish Brit Chadasha (OJBC), And on Yom Rishon, when we met for a firen tish, Rav Sha’ul was giving a shiur to them, since he would have to depart in the boker and was having to extend the message until chatzot halailah.
Stephanus Textus Receptus (TR), εν δε τη μια των σαββατων συνηγμενων των μαθητων του κλασαι αρτον ο παυλος διελεγετο αυτοις μελλων εξιεναι τη επαυριον παρετεινεν τε τον λογον μεχρι μεσονυκτιου
Translit interlinear, en {pada} de {dan} tê mia {pertama} tôn sabbatôn {pekan/ week} sunêgmenôn {datang bersama2} tôn mathêtôn {murid2} tou klasai {memecah-mecahkan} arton {roti} ho paulos {paulus} dielegeto {berdialog} autois {dengan mereka} mellôn {siap} exienai {berangkat} tê epaurion {hari berikutnya} pareteinen {melanjutkan} te ton logon {perkataan} mekhri {hingga} mesonuktiou {tengah malam}

Hari Minggu ialah hari pertama pekan, hari yang menyusul hari Sabat. Pada hari itu diperingati kebangkitan Yesus serta penampakan-penampakan-Nya kepada para pengikut-Nya selama santapan bersama.

Ibadah Kristen pada hakikatnya adalah anamnêsis (peringatan) tentang peristiwa Paskah yang menyatakan kemenangan maksud karya Allah yang menyelamatkan. Karena itulah berlaku sukacita dan pujian. Hari pertama ini juga cocok sebagai peringatan hari pertama dalam penciptaan ketika Allah menciptakan terang, dan kenyataan bahwa hari Pentakosta Kristen jatuh pada hari Minggu. Selanjutnya mungkin sudah menjadi pengharapan bagi orang Kristen mula-mula, bahwa kedatangan kembali Yesus akan terjadi pada hari-Nya sendiri, yaitu hari Minggu.

Kemudian hari minggu merupakan hari yang menjadi khusus, yaitu hari ibadah kaum Kristiani. Ketika Kekristenan berkembang pesat di Eropa dan menjadi agama bagi banyak kerajaan2 di Eropa. Maka hari minggu merupakan hari libur di banyak negara2 disana, dan menjadi hari libur internasional. Sebagaimana juga tahun Masehi menjadi tahun internasional (kalendar internasional).

“Hari Minggu” dalam kosa kata bahasa Indonesia sendiri secara harfiah merupakan penghormatan kepada Tuhan kita Yesus Kristus
Hari Minggu (Harfiah: Lord’s day) berasal dari bahasa Latin dies dominica (bahasaPortugis = dominggo = Lord) dan kemudian menjadi kosa kata bahasa Indonesia yaitu Minggu : “hari TUHAN” sinonim dengan bahasa Yunani “κυριακη ημερα - kuriakê hêmera” (Wahyu 1:10).
Jadi, tiap kali kita menyebut “hari minggu”, makna harfiahnya sebenarnya adalah “HARI (milik) TUHAN”.

Puji bagi Kristus!

Thank you SarapanPagi, buat penjelasan yang cukup lengkap.

bener!