HARI SABAT

Syalom…

Hari Sabat yang sebenar itu jatuhnya pada hari keenam atau hari ketujuh dalam 1minggu itu??? :char11:

.

Karna ada emoticon ":char11: " , jadi sorry kalo saya tanya:
Anda ini nanya beneran karena ngga’ tahu atau cuma tebakan (yang nantinya akan menanamkan ide ibadah di hari sabtu)?

Kalau Anda beneran ngga’ tahu nanti saya kasih jawabannya.

Oh… icon ’ :char11:’ kerna aku pikir mungkin cuman aku yang belum tahu… maaf kalau icon itu mengelirukan.

Berikut Nama-nama hari:

  1. Minggu/ Ahad, Sunday : רִאשׁוֹן - RISYON (harfiah : kepala), atau אֶחָד - 'EKAD, satu/ pertama, (Arab : AHAD, “satu”)

  2. Senin/ Monday : שֵׁנִי - SYENI harfiah : kedua. Dari kata שְׁנַיִם - SYENAYIM, dua. (Arab : ITSNAIN)

  3. Selasa/ Tuesday : שְׁלִישִׁי - SHLISYI, harfiah : ketiga. Dari kata שָׁלֹשׁ - SYALOSH, tiga. (Arab : TSULATSA)

  4. Rabu/ Wednesday : רְבִיעִי - REVI’I, harfiah : keempat. Dari kata אַרְבַּע - ‘ARBA’, empat. (Arab : ARBA’A)

  5. Kamis/ Thursday : חֲמִישִׁי - KHAMISYI, harfiah : kelima. Dari kata חָמֵשׁ - KHAMESH, lima. (Arab : KHAMIS)

  6. Jumat/ Friday : שִׁשִּׁי - SYISYI, harfiah : keenam. dari kata שֵׁשׁ - SYESH, enam. (Arab : JUMU’AH)

  7. Sabtu/ Saturday : שַׁבָּת - SYABAT, harfiah : berhenti. atau שְּׁבִיעִי - SYEVI’I, harfiah, ketujuh. Dari kata שֶׁבַע - SYEVA’, tujuh. (Arab : SABTU)

Hari Sabtu adalah hari Sabat, tepatnya Sabat Yahudi, tetapi hari Sabat bukan hanya hari Sabtu, masih ada hari-hari lain yang dijadikan sabat dan tidak jatuh pada hari Sabtu.

Menurut Alkitab, “hari Sabat”, “YOM HASYABAT” atau “YOM SYABAT” adalah Sabtu hari yang ketujuh, dan hari-hari lain yang dijadikan “Sabat” seperti hari-hari raya Yahudi, misalnya hari raya pendamaian (“YOM KIPUR”) yang jatuh pada tanggal 10 bulan ketujuh (Tisyri), “RO’SY HASYANAH”, hari pertama dan kedua dari “SUKÕT”, “SYEMINI 'ATSERET”, “SYIMKHAT TORAH”, “SYAVU’OT”; Ada “SYABAT HAGADOL” yang berkaitan dengan PESAKH Ada juga Sabat Tahunan – yang tidak jatuh pada hari Sabtu.

mungkin dengan membaca link ini, kita dapat memahami lebih dari sekedar menentukan hari tentang Hari sabat… HARI SABAT :afro:

syalom…

hari sabat adalah hari ke tujuh…
hari minggu adalah hari pertama,kalau masalah beribadah pada hari minggu,bukan karena hari sabat sudah di gan tikan menjadi hari minggu kan??? :coolsmiley:,sabat tetaplah hari ketujuh!!dan sabat hari ke tujuh bukan hari yahudi tetapi hari tuhan…kej 20:10 tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN,Allahmu; dst…

Kutipan di atas, Saya ngga yang bilang Sabat diganti hari Minggu.

syalom…

it’s ok :happy0062:
jadi beribadah pada hari minggu bukan karena minggu adalah hari yg di kuduskan,diberkati,disucikan tuhan kan??
karena yg di kuduskan,berkati,disucikan tuhan adalah hari sabat…
selalu ada alasan bagi seseorang saat berbuat sesuatu,dan hari minggu dijadikan hari beribadah bukan karena alasan yg sama seperti alasan orang beribadah pd hari sabat kan??? :happy0025:

Hari Sabat adalah merayakan hari perhentian YHWH (Kuduskanlah hari Sabat) yang dirayakan pada Jumat petang sampai dengan Sabtu petang. Sedangkan hari Minggu adalah hari perayaan Ekaristi.

Ibadah hari minggu adalah sebagai peringatan dimana hari tsb adalah hari kebangkitan Kristus, dalam tulisan Rasul Yohanes menyebut hari Minggu ini adalah hari Tuhan.
Oleh sebab itu, tidak seperti orang Israel, kami, umat Kristen beribadah pada hari Minggu sebagai peringatan (anamnesis) hari dimana Tuhan Kami Yesus Kristus bangkit.

pasca kebangkitan NYA , Yesus selalu menemui para Rasul ( jemaat mula-mula ) pada hari pertama minggu itu ( Hari Minggu ) ,
Roh Kudus dicurahkan atas para rasul juga hari Minggu ! .

  • dari sana kami mengambil kesimpulan jemaat mula - mula selalu berkumpul memecah - mecah kan roti ( seperti diperintahkan Tuhan) pada hari Minggu !

syalom…

saya ingin bertanya,seandainya yesus bangkit pada hari rabu,memecah2kan roti pada hari rabu,apakah kita akan beribadah pada hari rabu??
dan juga,kutipan diatas yg aku warnai merah,apakah perintahnya berupa “beribadahlah/sucikanlah hari minggu”??

saya ingin bertanya,seandainya YESUS bangkit pada hari rabu,memecah2kan roti pada hari rabu,apakah kita akan beribadah pada hari rabu?? dan juga,,kutipan diatas yg aku warnai merah,apakah perintahnya berupa "beribadahlah/sucikanlah hari minggu"??
[b]setahu saya Gereja saya ( Roma Katolik ) tidak menganut sola scriptura tetapi juga tradisi suci [/b] :coolsmiley:

Pertanyaan anda cukup bagus !?
in that case bisa saja hari Rabu lah yang diambil untuk beribadah dan hari Rabu jadi hari Libur Internasional :smiley: , tetapi kenyataannya tidak
saya juga bertanya-tanya dalam hati ? , mengapa hari pertama Minggu yang dipilih TUHAN !? , mengapa TUHAN memilih kebangkitanNYA pada Hari Minggu ? , mengapa TUHAN memilih hari minggu untuk mencurahkan ROH KUDUS NYA ? ,
mengapa para rasul memilih hari minggu untuk berkumpul , ?? tentu ada beberapa alasan kuat tetapi ini jelas tradisi suci
dan gereja Katolik mewarisi tradisi ini turun temurun dari para Rasul , that’s all :afro:

by the way , yang saya maksud diperintahkan Tuhan bukan soal harinya tetapi memecah-mecahkan roti dan meminum anggur sebagai Tubuh dan Darah Tuhan .
tetapi para rasul memilih hari minggu untuk berkumpul ( kemungkinan besar sambil merayakan perjamuan kudus ) :coolsmiley:

syalom…

“tradisi suci”,semua ajaran katolik yg di anggap bertentangan dengan kitab suci dpt di selesaikan oleh member katolik dgn alasan tadisi suci,termasuk sabat…
bagaimana pun saya hanya bisa meng iya kan,jika itu adalah tradisi suci katolik,dan mungkin masalah perdebatan dengan katolik sudah clear yah,karena sudah di jelaskan bahwa itu adalah tradisi suci kalian…
truzz bagaimana dengan protestan yg men"kafir"kan katolik dengan menyebut2 katolik tdk alkitabiah???..wkwkwk menyucikan hari lain juga tidak alkitabiah looh!?..

Salam damai … shalom chaverim …

wkwkwk menyucikan hari lain juga tidak alkitabiah looh!?.
saya merasa : umat Katolik Roma tidak lah [b]menyucikan[/b] hari lain ( Minggu ) , sebagaimana Yahudi [b]menyucikan[/b] Sabat Hari Minggu dipergunakan untuk berkumpul merayakan Ekaristi sebagaimana para Rasul !. tetapi tidak suci dalam arti : tidak boleh melakukan apapun , tidak boleh menolong orang lain dsbnya sehabis ke Gereja ya bisa aja pergi Olahraga , nonton musik , bahkan nonton filem sekalipun ( asal tidak bertentangan dengan Firman Tuhan dan menimbulkan dosa ) sama seperti hari-hari lain perlu sobat ketahui bahwa perayaan Ekaristi dapat saja dilakukan pada Hari Senin ,Selasa Rabu dstnya namanya misa harian , tetapi juga [b]ada yang pergi Misa mingguan selalu di hari Sabtu [/b] :coolsmiley:

Yang penting memperoleh Sakramen Ekaristi yang merupakan sumber hidup itu minimal 1 hari dalam 1 minggu

syalom…

ogggh,gitu yah??soalnya masih ada juga yg menyebutkan bahwa sabat sudah digantikan menjadi hari minggu(termasuk kesuciannya),mungkin mereka yg nggak paham sama doktrin gereja nya…

jadi menurut anda atau ajaran yg anda ikuti,kalian beribadah pada hari minggu,bkn karena hari minggu itu di sucikan menggantikan sabat,tapi karena dlm 1 minggu harus ada waktu untuk beribadah kpd tuhan,dan waktu yg tepat untuk beribadah kpd tuhan itu adalah hari minggu,karena hari minggu merupakan hari kebangkitan tuhan yesus???

tepatnya karena warisan turun temurun yang bisa ditracing sampai zaman para Rasul !
tetapi saya yakin justru itu yang menjadi alasan para rasul ! .( kebangkitan YESUS di hari Minggu )
dan umat Katolik yakin bahwa Gereja nya punya hubungan yang bisa ditracing sampai Rasul Petrus :afro:
walaupun ini debatable khususnya bagi rekan Kristen :coolsmiley:

Tuhan sendiri mengajarkan bahwa manusia lah yang lebih penting daripada hari ! sehingga TUHAN sendiri harus repot-repot turun menjadi manusia untuk menebus bijimata-kekasihhatiNYA
TUHAN turun untuk menyelamatkan manusia ! bukan menyelamatkan hari Sabat bukan ?
. hari sabat untuk manusia , bukan manusia untuk hari sabat !

dari sini kita boleh belajar bahwa jika ada pelanggaran terhadap kesucian hari Sabat itu atau hari-hari yang lain maka alasannya haruslah KASIH !.
KASIH DIATAS HARI SABAT !
Tuhan sendiri mengajarkan dan bahkan mencontohkan hal itu dengan tindakan kasihnNya !.
HARI SABAT TIDAK ARTINYA APA-APA DIBANDING KESELAMATAN & KESEMBUHAN MANUSIA
anda boleh melanggar kesucian hari Sabat berkali-kali !atau hari-hari apapun . tetapi tidak boleh satu hari lewat tanpa berbuat KASIH ! .
saya yakin itu yang diajar Tuhan , Guru saya (kalau tidak salah tangkap) :coolsmiley:

Syalom…

Benar Tuhan menyelamatkan manusia, bukan hari sabat.

Apakah anda ingat dgn cerita tuhan yesus menyelamatkan seorang yg berzina? Kata yesus “pergilah dan jgn berbuat dosa lagi”

kawan,tuhan menyelamatkan kita dari hukuman dari dosa yg kita perbuat dgn syarat tdk berbuat dosa lagi…dan itu semua akan dpt kita capai dgn hukum kasih…dan hukum kasih juga ada 2 jenis yaitu kasih kpd allah dan kasih kpd manusia,kasih kpd allah adalah menuruti perintah nya termasuk sabat…
(jika anda me reply statemen saya,mhn maaf jika sy belum akan merespon anda,dgn alasan sabat…happy sabat buat yg merayakan :smiley: )

Thanks! :slight_smile:

Kolose 2

16Karena itu janganlah kamu biarkan orang menghukum kamu mengenai makanan dan minuman atau mengenai hari raya, bulan baru ataupun hari Sabat;

17semuanya ini hanyalah bayangan dari apa yang harus datang, sedang wujudnya ialah Kristus.

Sabat dan semuanya itu adalah bayangan, wujudnya adalah Kristus

:smiley: