Hati hati b’gaul didunia maya^^

Di Gresik, awal Juli kemarin, seorang gadis muda terpaksa mendekam di tahanan, karena melakukan tindakan penipuan. Si WS, 19 tahun, memanfaatkan teknologi internetuntuk memperdaya korbannya. Awalnya, pertengahan Juni kemarin, WS berkenalan dengan Riyan, 20 tahun, yang kemudian menjadi korban sekaligus pelapor.

WS menggunakan nama Irinda Putri sebagai nama samarannya. Saat chatting dengan Riyan, WS beberapa kali mengirimkan foto seorang gadis berwajah cantik, yang ia akui sebagai gambar dirinya. Upaya ini membuahkan hasil, Riyan pun dibuat termehek-mehek, dan tak lama kemudian mereka resmi berpacaran.

Rupanya, kesempatan ini dipergunakan WS untuk meminta sejumlah uang kepada Riyan, guna melunasi utang. Modusnya, WS mengaku sebagai sohib yang dimintai tolong oleh Irinda, untuk mengambil uang Riyan. “Irinda sedang sibuk,” demikian dalih WS. Untuk meyakinkan Riyan, WS juga membawa bukti foto Irinda yang pernah dikirim melalui email. Riyan mulai curiga saat tak sengaja menemukan nomor WS di ponsel milik temannya. Rupanya, temannya ini juga menjadi korban WS.

Tahun lalu seorang pria, sebut saja namanya Rudi, pernah berkenalan dengan perempuan bernama Putri di situs pertemanan Friendster. Mereka lalu bertukar nomor pribadi. Serupa dengan kasus Riyan, tak lama sesudah itu Putri meminta ditransfer sejumlah uang, dengan alasan dia adalah seorang anak yatim piatu, yang berupaya bertahan hidup.

Jenuh dengan kelakuan Putri yang terus-menerus meminta uang, Rudi pun menghentikan bantuannya. Seminggu kemudian, Rudi mendapat teror dari berbagai laki-laki yang tak dikenal. Baik melalui nomor ponsel, telepon rumah, email, instant messenger (IM), dan Friendster. Rupanya, Putri menyebarkan profil Riyan ke komunitas gay.

Guys, penipuan di dunia maya memang marak terjadi. Umumnya, si penipu ini menggunakan foto dan biodata palsu untuk mengelabui korbannya. Jika tidak berhati-hati, bukan tak mungkin, kita pun bisa menjadi Riyan-Riyan berikutnya. Atau, foto dan data pribadi kita bisa disalahgunakan oleh para pelaku kejahatan di dunia maya.

Berikut beberapa tips, agar tidak menjadi korban di dunia maya:

  1. Gunakan fasilitas IMseperlunya saja. Ya, fitur IM memang memudahkan kita untuk bergaul dengan siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. Penggunaannya juga sangat mudah. Siapa pun bisa menggunakan IM, bahkan seorang penjahat sekali pun. Karena itu, lebih baik menggunakan fasilitas IM untuk berkomunikasi dengan seseorang yang sudah lebih dulu kita kenal di dunia nyata.
  2. Kalau sudah terlanjur memiliki sahabat di dunia maya, pastikan bahwa kita tidak memberikan foto dan data pribadi seperti nomor telepon rumah, tempat sekolah/kuliah, dan lain-lain. Pokoknya, batasi pertemuan hanya di dunia maya, kecuali kalau kamu sudah yakin bahwa sahabat tersebut memang orang yang bisa dipercaya.
  3. Pastikan sign out tiap kali memeriksa email atau menggunakan situs pertemanan seperti Friendster dan Facebook, apalagi kalau kamu menggunakan komputer umum. Sebabnya, penjahat bisa saja memanfaatkan data pribadi kamu untuk memperdaya teman-teman kamu sendiri. Ini dialami oleh seorang praktisi jurnalis yang lalai sign out usai menggunakan fitur internet di tempat umum. Akibatnya, pelaku menggunakan alamat emailnya untuk meminta sejumlah uang kepada teman-teman korban.
  4. Kalau kamu sedang berselancar ke sebuah situs, dan kebetulan diminta untuk mengisi data pribadi, maka isi seperlunya saja. Sebabnya, data ini pun bisa disalahgunakan.
  5. Bagi kamu yang menggunakan situs sosial, jangan meng-upload foto dengan pose yang tidak wajar. Alih-alih memasang foto sendiri, lebih baik memajang foto bintang kesukaan kamu.

penting bgt untuk di pelajari alias kudu ati2 :onion-head83:

yah dah cerita lama nih yang nipu juga kebanyakan gak hanya cewe, cowok juga banyak banget

puji Tuhan… so far dapet teman yang menyenangkan di dunia permayaan ini

ma’acih buat infonya

aku dah pernah baca arikel itu…tapi terima kasih dah mengingatkan kembali…

buat cowok2 yang kesepian dan bergaya kebanyakan duit,gw yakin trik tadi pasti berhasil…

Hihihi… termasuk dirikuw yah?? :onion-head53:

Quote cuplikan kalimat dari program siaran TV ah…
“Hati-hati!! Dan ingat, kejahatan bisa dicegah.”

:afro:

Puji Tuhan sejauh ini ga ada yang aneh2 dalam pergaulan permayaan, tp mamang kita harus pintar2. Entah di dunia maya, entah di dunia nyata orang yang berniat tidak baik akan selalu ada. :slight_smile:

iya… makasih untuk berbagi…

untung dapet temen kaya shica (ts), benice, ik3, mey2, zippy… hehe…
kapan nih kita gath bareng lagi??
aniwey inpo nya makasih deh…cuy…

[b]Topic Dihapus,

muhammad isa anda berada di FORUMKRISTEN, harap tunjukkan etika anda dalam berposting, disini bukan tempatnya untuk menyiarkan islam.

Peringatan untuk anda sebelum kami mengambil tindakan lebih lanjut!

FK TEAM[/b]

Wew…brow…anda salah masuk forum ya…
eling kang…eling…dah siang ampe malem gak sadar2 juga…

hehehehehe…
itu mungkin dia mo bercerita tentang pergaulan disobat muslim, yang gpp masukan jg seh jadi qt tau ^^

untungnya, kebanyakan teman yg saya temani di dunia maya, sudah saya kenal terlebih dahulu secara nyata. jadi saya tahu karekter asli teman2 saya.
btw, thx 4 ur info.
be careful.

God bless.