"HATI-HATI KESELAMATAN BISA HILANG !!!"

“HATI-HATI KESELAMATAN BISA HILANG !!!”
Ini ada ayat2 yg sangat jelas menerangkan bahwa Keselamatan Bisa Hilang:
Ibrani 6:4 -6
6:4 Sebab mereka yang pernah diterangi hatinya, yang pernah mengecap karunia sorgawi, dan yang pernah mendapat bagian dalam ROH KUDUS,
6:5 dan yang mengecap firman yang baik dari Allah dan karunia-karunia dunia yang akan datang,
6:6 namun yang murtad lagi, tidak mungkin dibaharui sekali lagi sedemikian, hingga mereka bertobat, sebab mereka menyalibkan lagi Anak Allah bagi diri mereka dan menghina-Nya di muka umum.

Ayat 4 & 5 > orang2 yg sdh pernah selamat/sdh percaya Yesus
Ayat 6 murtad > sdh selamat/percaya kemudian menyangkal Yesus

Mungkin pd waktu penyusunan doktrin OSAS, ayat2 ini tdk diperhitungkan.
Karena doktrin itu buatan manusia jadi bisa saja ada kekurangannya.
Oleh sebab itu adalah sangat bijaksana kalau kita selalu membandingkannya dgn Alkitab sbg sumber kebenaran sejati. GBU all.

ya kl hilang kita cari aja di google, ntar bs ketemu lagi kok bro. OK?

maaf bukan buat becanda, serius nih, GBU brobrengos, amen?

yg serius udh sy jwb di trit sebelah

Ayat2 dlm Ibrani 6:4-6 itu sdh sangat jelas, sehingga tdk perlu ditafsirkan lagi, terserah anda kalau tdk mau menerimanya sbg kebenaran mutlak, anda mempunyai freewill bukan? GBU

ya sy percaya freewill, tp percaya jg penebusanNya mengatasi segala dosa, di segala waktu. amen??

OK ga masalah, kita berbeda tapi kita tetap berada dlm kedamaian dan tdk usah saling memaki karena itulah tanda2 bahwa kita sdh ditebus oleh Darah-Nya, see u & GBU

Hallo Bro Pa_ul…syallom…
Ayat yang mungkin juga sangat jelas adalah Wahyu 22:18-20.
Jangan tambah-tambah dan jangan kurangin ajaran yang telah ada dalam Kitab suci. Resikonya kena semua malapetaka yang tertulis dan BAGIAN kita di KOTA KUDUS/Surga atau Keselamatan kita akan diambil kembali…!

GBU.

Tks Bro Nikolaus,
silakan kalau teman2 yg lain punya ayat2 lain yg menjelaskan bahwa keselamatan bisa hilang, sehingga kita harus sangat hati2, GBU

Lihat konteks dan alurnya, surat Ibrani ditujukan kepada orang Yahudi.
Ini penjelasan saya dari trit sebelah:

Jadi surat Ibrani itu gak berlaku utk kita ? ;D
Berarti surat2 kiriman R.Paulus itu juga gak berlaku utk kita? ajaran mana pula ini? :smiley:
Gak usah lihat link nya juga sdh tahu gak benernya.
GBU

Baca baik-baik tulisan saya, “Surat Ibrani ditujukan kepada orang Yahudi”.
Baca alkitab jangan lepas dari konteks…apa kalau alkitab mencatat Yudas gantung diri, anda juga harus gantung diri?
Apa alkitab mencatat Allah memerintahkan Hosea mengawini perempuan sundal, anda juga harus menuruti?
Ajaran mana pula ini?

Penafsiran anda yg ngawur dan gak pake aturan,
kalau gak percaya apa yg dituliskan di Ibrani ya abaikan saja trit ini, gt aja kok repot?

Saya ulangi lagi, “Surat Ibrani ditujukan kepada orang Yahudi”.
Saya gak bilang, “tidak percaya” atau “tidak berlaku lagi”. Itu kesimpulan anda.
Anda menafsir alkitab seenak anda sendiri. Dan kalau anda bikin trit ini cuma untuk pengumuman, tanpa mau mendengar pendapat orang lain, saran saya sebaiknya di kasih tag [Pengumuman] atau [Bukan untuk diskusi]… sehingga orang gak salah sangka…

Terus maksudnya apa? sampaikan dong!!!

Lah, sudah dikasih link aja gak mau dibaca…

Penjelasan yg nanggung dan prematur, lagi bahas trit ini kok suruh pindah trit?
ya sdhlah, see u n GBU

yaudah ini saya bantuin kopas:

[quote="don_silver"] ** ayat Ibrani 6:6.. juga mengenai org percaya yg sudah di dalam YESUS.. kata kuncinya ada di ayat 1 dan 2 tuh fren.. perhatikan yg saya bold merah di ayat di bawah ini juga..

Ibrani 6:1-2 Sebab itu marilah kita tinggalkan asas-asas pertama dari ajaran tentang KRISTUS dan beralih kepada perkembangannya yang penuh. Janganlah kita meletakkan lagi dasar pertobatan dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, dan dasar kepercayaan kepada Allah, yaitu ajaran tentang pelbagai pembaptisan, penumpangan tangan, kebangkitan orang-orang mati dan hukuman kekal.
[/quote]
Perhatikan yang saya bold, asas-asas pertama dari ajaran tentang KRISTUS (Mesias = yang diurapi) adalah berdasarkan perbuatan yang sia-sia. Orang Yahudi sejak awal sudah tahu tentang konsep Mesias dari Hukum taurat, tapi tidak tahu penggenapannya adalah dalam diri YESUS.
Esensi dari hukum taurat adalah keselamatan melalui perbuatan, yang ditulis sebagai susu, di ayat sebelumnya.

Menurut saya dalam menafsir surat harus ditemukan alurnya. Surat Ibrani ini tema utamanya adalah memberitahu kepada orang Yahudi tentang Perjanjian baru. Maka ditemukan banyak perbandingan antara perjanjian lama dan baru. Seperti imam Harun dan Melkisedek, Nabi di PL dan Anak Allah di PB, darah lembu dan darah KRISTUS. Makanya agak aneh kalau tiba-tiba penulis ngomong tentang kemurtadan orang yang sudah ditebus.

Perjanjian Lama yang berdasar atas darah binatang aja bisa menutup dosa selama setahun, masa darah KRISTUS yang katanya bisa menghapus dosa bisa langsung hilang efeknya kalau orangnya murtad?

Lukas 12:10
Menghujat ROH KUDUS adalah menolak kesaksian yang dibawa oleh ROH KUDUS yaitu keselamatan melalui darah KRISTUS.
Tidak ada dosa yang terlalu harganya terlalu besar sehingga tidak terbayar oleh darah KRISTUS.
Satu-satunya dosa yang tidak terampuni adalah menolak pengampunan itu sendiri.

Ibrani 10:26-27
Baca konteksnya, kitab Ibrani ditulis untuk orang Ibrani, disini penulis membandingkan antara darah lembu dan domba dengan darah KRISTUS.
Kalau darah lembu dan domba dapat menutupi dosa selama setahun, darah KRISTUS hanya cukup sekali selamanya untuk menhapuskan dosa.
KRISTUS adalah final sacrifice, Ibr 10:9 …"“Sungguh, Aku datang untuk melakukan kehendak-Mu.” Yang pertama Ia hapuskan, supaya menegakkan yang kedua."
Yang pertama (taurat) sudah dihapuskan. Kalau orang Yahudi mengerti kebenaran ini dan berbuat dosa lagi, dia tidak dapat berbalik lagi kepada darah lembu dan domba. Allah tidak menerima korban apapun lagi selain KRISTUS.

Ibrani 6:6
Ini sama, konteksnya adalah bangsa Yahudi, mereka pernah diterangi hatinya, pernah mengecap karunia sorgawi, pernah mendapat bagian dalam ROH KUDUS, dan yang mengecap firman.
Perhatikan, sebelumnya penulis menulis tentang susu (kebenaran melalui perbuatan/taurat) dan makanan orang dewasa (kebenaran melalui iman/kasih karunia).
Bangsa Yahudi yang sudah mengenal taurat tapi tidak mau menerima KRISTUS, seperti akan menyalibkan Anak Allah lagi, yang mana tidak mungkin, karena KRISTUS sudah disalibkan.

Rencana Tuhan semua baik…
Keselamatan diperuntukan bagi semua orang, tetapi sebagian orang ada yang menolak (menghilangkan) dan sebagian lagi menerima…

Tks Bro alephtav, utk copas nya.

Bro alephtav,
Ibrani 6 itu bukan kelanjutan dari Ibrani 5, anda yg sembarangan tuh menafsirkannya. Ibrani 6 itu sdh sangat jelas gak perlu lagi ditafsirkan.
Memang Surat Ibrani itu ditujukan kpd org2 Yahudi yg tinggal di Roma. Beberapa org yahudi yg sdh menerima Yesus yg tinggal disana, mereka mulai menunjukan tanda2 bahwa mereka akan kembali pada ajaran Yahudi sebelumnya. Penyebabnya adalah karena mereka merasa tdk tahan atas aniaya yg mereka terima , sehingga mereka putus asa.
Oleh sebab itu penulis Ibrani (yg di percaya adalah Lukas krn gaya bahasa dan tutur katanya yg halus) menulis pasal 6 ini utk memperingatkan mereka spy mereka tdk murtad.

Kalau tdk mau menerima Yesus itu bukan murtad Bro, justru yg sdh menerima Yesus kembali ke ajaran mereka semula itu yg disebut murtad (4 Sebab mereka yang pernah diterangi hatinya, yang pernah mengecap karunia sorgawi, dan yang pernah mendapat bagian dalam Roh Kudus, 5 dan yang mengecap firman yang baik dari Allah dan karunia-karunia dunia yang akan datang = yg sdh percaya Yesus).

Begitu lho Bro, jadi gak perlu ditafsirkan lagi Ibrani 6:4-6 itu, malah jadi berantakan dan gak nyambung tuh, atau spy memenuhi tuntutan pandangan anda bahwa keselamatan tdk bisa hilang?
Hati2 lho bro dlm memberikan penafsiran, kalau salah anda sangat bertanggung jawab utk kesesatan yg ditimbulkannya. GBU