hati nurani/suara hati=suara Tuhan???

kakak, aku binggung apakah suara hati kita sama dengan hati nurani???

atau sama dengan roh kita???

atau roh kudus yg di dalam kita??

apa sama dengan suara kita sndiri??

lalu suara Tuhan yg di dalama hati gmna??

kak, lalu pake firman ya…aku mau bener mendalami ini nih

hehehhee…aku mau share sama teman2 ku juga^^

yg lengkap kak…nanti aku masih bnyak lagi pertanyaan ttg ini…hmmm, aku bnggung karena bnyak versi yg menjabarkan ini^^

bnyak yg bilang jangan percaya sama perasaan kita…suara Tuhan cuma didapat dari firman…iya apa??trus ada lagi, hati nurani itu, kalo diasah firman bisa jadi corong nya Tuhan unutk bicara…iya/ engga ya???

buat debby…mengenal suara Tuhan adalah ibarat mendengar suara bapak kita di dunia. Bagaimana kita tahu itu suara papa kita?

Karena kita telah sering bergaul akrab dan sering berkomunikasi dengan dia.
Jadi, bagaimana kita bisa mengerti itu suara Bapa… maka kita patut sering2 menemui Bapa Kita yang ada di Surga itu.

kalo menurut gw sama

seperti kamu bilang memang benar banyak versi yang menjabarkan…
BTW menurut aq si tergantung seberapa kepekaan kamu & “kadar” ROH KUDUS kamu (seperti DEbora bilang semakin karib bergaul dengan Tuhan semakin kita dapat mengenal itu benar/tidaknya)
jadi mendingan kamu uji dulu suara hati itu bener ato nda nya ya otomatis lah pake FA (kalo kamu ga begitu paham FA ya tanya ama orang yang ahli di bidangnya, misal ketua KOmsel, Pendeta, Majelis, or siapa ajalah yang punya kepekaan dan tentu aja kalo yang diajak bicara ama kamu orangnya NYAMBUMG) ;D

nah kalo firmannya yg tentang hal ini ada ga sih kak…yg nyenggol atau secara jelas ngasih tau ini,karena kan firman dasar kita dulu untuk tau kan…firman Tuhannya dimna sih kak, tau ga>>>

trus bahas ttg kadar roh kudus kita nih…itu kan ga bisa diukur…aku ngerasa Tuhan Yesus ada di hati ku…nah, tau sih iman yg percaya ygmembenarkan kita…tapi apa ada penguat ayatnya…bagaimna kalo misalnya aku kan lagi bnggung nih kmaren UPH / atma jaya untuk kuliah aku…nah aku bnyak berdoa trus Tuhan bilang di hati ku dengan aku ngerasa aku itu di UPH…tapi bagaimna dfengan org2 yg bilang kalo"agh, tau dari mana itu suara Tuhan itu kan bisa aja perasaaan aja"…trus cntoh lagi kalo kita misalnya di doain pelepasan / apa, gtu…trus knpa kita ga bisa ngerasain apa2 trus mesti imani kita uda dilepas…nah apa beda perasaan itu dengan suara Tuhan…namabh pertanyaan apa Tuhan juga pake perasaa>>>???untuk kasih tau kita,ada yg bilang jgn percaya perasaan karena bisa dipake Iblis juga untuk menipu.,.bnggung kak

kak, yg saya pengen tau lebih justru saya pengen gali topic ini disini…dengan kakak2 rohani di greja lain lagi nanti^^…saya mau bawain firman ini…dan saya pun tau hal ini dari Tuhan…yah sulit mngapa juga saya perlu ambil ini^^…wkwkwkkw…makannya sayapun bnggung saya cuma bisa berdoa dan usaha untuk cari tau mnta Tuhan bukakan …smoga kakak2 ada yg diberi hati dan terbeban membantu saya^^…wkwkkwkw…saya juga pengen bgt ada ga sih topic ini di alkitab^^

Pada prinsipnya ada 3 suara yg akan selalu mempengaruhi setiap keputusan kita:

  1. Suara hati nurani (Kardia = Yunani)
  2. Suara Tuhan
  3. Suara setan :fighting0028:

Suara hati nurani manusia Cenderung Jahat/Negatif:
"Ketika TUHAN mencium persembahan yang harum itu, berfirmanlah TUHAN dalam hati-Nya: “Aku takkan mengutuk bumi ini lagi karena manusia, sekalipun yang ditimbulkan hatinya adalah jahat dari sejak kecilnya, dan Aku takkan membinasakan lagi segala yang hidup seperti yang telah Kulakukan.” (Kejadian 8:21)

Agar hati nurani dapat kembali peka membedakan jahat dgn baik, kehendak Tuhan atau kehendak daging/keduniawian, maka kita harus meminta TUHAN untuk:

  1. Mentahirkan hati kita (Mazmur 51:12).
  2. Membersihkan hati kita dari kejahatan (Yeremia 4:14; Ibrani 10:22)
  3. Memberikan hati yg baru dan taat (Yehezkiel 36:26)

Kesimpulan:

  1. Ketika hati nurani telah disucikan dan dibarui maka kamu akan peka dgn suara Tuhan bro.
  2. Hati nurani BUKAN suara Tuhan

Blessings,

Bobby

http://www.rotihidup.co.cc
(Blog about Youth life n love, Bible study, family and especially about JESUS)

SOAL AYAT pendukung si kayaknya udh dijawab ama ROTI HIDUP, ALICE, en mungkin rekan FK yang lainnya nanti.
tapi sedikit kesaksian/cerita (ato apalah namanya) ttg hidup ku.
pertama mo sekul ke UGM pertama aq ditentang Papa, katanya ntar sulit, dsb, dsb (isu SARA)
tapi next setelah saya doakan, saya bisa masuk dengan mulus, ga ada hambatan… sampai
smtr 2, papa sakit lalu meninggal di yogya (kepaksa sering bolos kuliah, ngerjain tugas sambil nunggu papa di RS)
smtr 3, baru ketemu dosen yang aneh… nilai saya drop,
smtr 4, bimbingan tesis, trus bisa lulus (dengan berbagai hambatan cari data, hasil risetnya) gitu…
Sempat si aku nyesel ini jangan" karena bukan kehendak Tuhan (aku sharingkan juga ke teman komsel, dkk) tapi mereka ga setuju… mereka bilang kalo kehendak Tuhan bukan berarti SEGALA SESUATUnya akan berjalan MULUS, tapi justru disitulah bagaimana kita diasah spy semakin dekat, mengadalkan DIA.
banyak lagi si kalo mo diceritain…
semoga membantu dek David.
toh yang mau menjalani kan David sendiri kan? bukan orang lain?

wah kakak, itu bgus bgt penjabarannya ada firman dan jelas hehehe…

hmm, kak, maaf juga uda mengungkit itu…

duh kak slamat berjuang, ya…di UGM…tp aku jg percaya itu rencana tuhan dgn cobaan itu yg mmbntuk kita^^,eheheeh

kakak2 ada yg punya firman yg lain ga ??hehehhee

kakak, gmna dgn suara TUhan apakah yg audible itu gmna sih??heheheheh, trus untuk bedain suara TUhan ma kita ma setan gmna sih???

kalo suara di hati itu ttg bunuh pasti dari setan nah …skarang kalo lagi di persimpangan cntoh pilih univestas, kan imbang tu antara suara TUhan dan setan dan bahkan suara kita yg isinya keinginan kita^^…hehehhe

kak lanjut lebih dalam ciri org yg diperbaharui hati oleh tuhan iut yg kya gmna sih??ciri nya ada ga???

kayanya suara hati itu sgt berhubungan dgn dengan IMAN…jadi suaranya ya kita imani gtu…ya…wkwkwkkwkw…maybe bbrapa hal kali ya^^

[quote author=david yuwono link=topic=4177.msg41635#msg41635 date=1226398459]
kakak, gmna dgn suara TUhan apakah yg audible itu gmna sih??heheheheh, trus untuk bedain suara TUhan ma kita ma setan gmna sih??? ih serem kalo audible :cheesy:
bedain ya itu… kepekaan dek… gampang-gampang susah
kalo suara di hati itu ttg bunuh pasti dari setan nah …skarang kalo lagi di persimpangan cntoh pilih univestas, kan imbang tu antara suara TUhan dan setan dan bahkan suara kita yg isinya keinginan kita^^…hehehhe ya pertimbangkan segi positif & negatifnya, ga cuma faktor komunitas tapi biaya, kualitas, bagaimana kamu nanti bisa jadi TERANG, pelayanan kamu, wah banyak deh…

kak lanjut lebih dalam ciri org yg diperbaharui hati oleh tuhan iut yg kya gmna sih??ciri nya ada ga???
dibaptis, bertobat, + dipenuhi Roh Kudus cirinya… YANG JELAS perilaku dia tidak menjadi batu sandungan bagi orang lain… bisa jadi TERANG.

kayanya suara hati itu sgt berhubungan dgn dengan IMAN…jadi suaranya ya kita imani gtu…ya…wkwkwkkwkw…maybe bbrapa hal kali ya^^
bisa juga, terutama iman yang timbul dari pendengaran FA

GOOD LUCK buat dek David! dimanapun kamu sekul, semoga bisa jadi yang terbaik bagi kemuliaan Tuhan aja.
BTW, PUJI TUHAN saya udah lulus dek…

owuh thanks kak…tapi bukannya memang ada ya kak, ttg audible itu^^

iya koq kak ada…hehhehe…

thanks ya kakak2 aku sekarang jelas ada tambahan ga kak??

Kira-in aq suara hati nurani / Roh Kudus mengenai apa yang benar dan tidak benar. Namun ternyata suara hati dalam hal memilih kampus mana yang harus ditempuh. :ashamed0004:

Kalo soal itu, kumpulin ajah informasi sebanyak2nya mengenai kedua kampus itu. Bisa dari googling, dari para alumni, dari akreditasi, dari prestasi akademik, dari “mutu” para alumni kedua kampus, dari sejarah kampus. Entah itu kuliah di Atmajaya ato UPH Tuhan akan menyertai kamu. Kampus bagus engga selalu menghasilkan dokter yang bagus. Oke-lah sang alumnus sukses menjadi dokter yang mumpuni. Tapi itu bukan jaminan dia menjadi dokter yang mumpuni dalam Kristus. :coolsmiley:

ngomong" ini pengalaman lukas dulu ya?

Maksud sista, Lukas sang Tabib penulis Alkitab? :coolsmiley:

Emang siy belio dokter, tapi dulu pan belon ada UPH. Atmajaya? Kayaknya belon ada jugah… :happy0062:

thanks kak…bukan emang aku mau tau suara hati itu gmna ya…kan rada rancu gtu kan…hehehhe…aku uda tau koq kak, aku masuk UPH…hehhee…aku lagi cari bahan2 ttg hati nurani ini…kakak…hehehe…maksudnya lukas itu apa ya kak???lukas yg di alkitab…ya kak???

lukas yang ikutan post donk…
kayaknya topik ini udh ga perlu gue komentari lagi dh… udah jelaskan David?
soalnya ntar takut malah ngelantur kemana-mana.
semoga sekulmu berhasil ya dek…
salam ya buat Agnes Monica… kan ntar kamu ketemu doi di sana. :cheesy: ;D

hahahhaa, kakak…ada2 aja…agnes monica…nti aku salamin degh…nti dia bnggung kakak, siapa…aku juga siapa…wkwkkwkw