help me please

perkenalkan kami …
Perkenalkan namaku : Persekutuan Warga Kristen RW 05 : disingkat PWK RW 05
Posisiku : Di Kelurahan Airlangga RW 05
Kecamatan Gubeng , S u r a b a y a

yang menjadi masalah kami adalah :
1.Siapakah yang mau menaungi kami secara organisasi?
2.Siapakah teman2 kami?
3.Siapa yang mau menggembalakan kami?
4.Bagaimana kami bisa maju??

kondisi kami adalah:

Keluarga besar sebanyak 100 KK didalam RW 05 .
terdiri dari beberapa gereja :
G B I “ Elim “
G K J W “ Gubeng “
G P I B “ Torsina “
G B I “ Dian “
Gereja Katholik .
GKPB “ MDC “
GBI. Kristus Anak Domba
“ Bethany “
GPPS

kerinduan kami adalah :
Agar setiap orang kristen mengenal satu dengan yang lain
Agar setiap orang kristen saling membantu
Agar setiap orang kristen saling mengasihi
Agar setiap orang kristen saling menguatkan
Agar setiap orang kristen bertumbuh dalam iman dan berbuah

hingga tercipta suatu kesatuan dan kerukunan setiap orang kristen serta menjadi contoh untuk masyarakat.

untuk itu :
gerakkan kakimu untuk mendapati kami
gerakkan tanganmu untuk memapah kami
buka hatimu untuk kami.

salam kasih dalam TUHAN YESUS.

lah Yesus lah naungan kalian…

bukankah iman kalian adalah besar??

sbab apapun yang ada didunia ini tidak akan mampu meluputkan segala sesuatu dalam diri kalian…

salam…

Biasanya organisasi gereja tidak mau menaungi persekutuan campur seperti itu, sebab menghindari benturan pengelolaan dengan sinode yang lainnya.

Jadi anda dapat mandiri membuat paguyuban atau organisasi masyarakat. Jika anda tidak berencana membuat gereja maka saya kira ijinnya juga tidak sulit.

Pengembalaan hanya dilakukan oleh gereja masing-masing, bukan oleh persekutuan seperti bentukan anda.

Anda bisa maju kalau anda menghendaki dan berusaha maju…

Dari apa yg ditulis, sy mencoba menangkap gagasannya:

  1. ingin membentuk satu komunitas dari beberapa organisasi gereja tsb.
  2. pasti ada yg bersedia menggembalakannya.
  3. bila dari KK yg terkumpul itu berkomitmen u/ melakukan satu tujuan seperti yg sdh disepakati
  4. bila berminat & membutuhkan info ttg penggembalaan, silakan hubungi [email protected]

membuat Gereja Gabungan ? sangat sulit karena masing2 Gereja punya aturan masing2
membuat Persekutuan Gabungan ? sangat sulit karena masing2 Gereja punya doktrin masing2
membuat Kegiatan Bersama ? sangat mudah dan sangat bagus dan sangat bermanfaat untuk semua

persekutuan tidak harus selalu dalam bentuk ibadah
persekutuan bisa dalam bentuk kegiatan bersama

jadi saya sarankan P = Persekutuan diganti jadi P = Persatuan
jadi Persatuan Warga Kristen RW 05 : disingkat PWK RW 05

bagaimana organisasi dan acara apa silakan tanyakan semua warga Kristen sana
dari musyawarah bersama pendapat didengar diseleksi dipilih diatur dilaksanakan

Fakta lapangan membuktikan:

  1. Jemaat dari gereja yang dilayani berteologia liberal=semi liberal yg tidak mengakui Alkitab=Firman Tuhan, hanya percaya menjadi Firman Tuhan.
  2. Denominasi yg berpendapat punya Roh Kudus, yg lain tidak rohaniwan+keluarga+aktifisnya rakus masalah harta duniawi.
  3. Keuangan gereja tidak akuntabel+tidak transparan.
  4. Jemaat ditelantarkan.
  5. Khotbah mingguan hanya membacakan teks khotbah yg sdh tercetak rapi untuk jangka waktu 3/6/12 bulan.
  6. Pemberhalaan kebudayaan setempat/sinkritisme yg bertentangan dg ajaran Alkitab.

Kemudian keluarga jemaat yg dlm situasi demikian selalu mencari wadah dan tempat ibadah yg menurutnya sesuai dg ajaran Alkitab yg diimaninya.

Banyak contoh di Jkart/Surabaya/Medan/Palembang/Babel/Jateng/dls kemudian mereka membentuk gereja sendiri. Itu jauh lebih baik dan biasanya lebih mengutamakan jiwa baru/petobat baru/penginjilan/kesaksian/dls.

kalau boleh aku berpendapat " apa yg menjadi menjadi masalah diatas adalah :

  • mereka bukan mau bikin gereja
    mereka hanya ingin ada yang memperhatikan dan menaungi baik itu lembaga pemerintah atau lembaga kerohanian spt gereja misalnya ( kira2 hanya dalm bentuk pengajaran firman tuhan,karena lbh baik klo orang2 yang lebih mumpuni yang mengajarkan )

mereka hanya ingin mengenal saudara2 seiman lebih dekat dan itu memang baik dilakukan karena kita bisa saling mengisi , saling menolong ,saling mengingatkan

nah…seharusnya kita bisa meniru ide yang spt itu…bukankah indah klo saudara seiman hidup dalam persatuan

Gini aja deh…
Kan justru enak sharingin ttg ajaran gereja masing-masing. Nah kesempatan ini baik sekali, tapi jangan jadi ajang cari-cari jemaat dari Gereja lain.
Udah bosen saya (mungkin Tuhan sendiri juga) bahwa Gereja hanya memindah-mindahkan Jemaat, bukan lagi menyelamatkan JIWA Baru. Jemaat Gereja lain dikatakan Jiwa Baru, wtf???!! :char12:
Kembali ke persoalan tadi, pasti di Gereja masing-masing kan banyak MK (Persekutuan kecil), kenapa g ikut d situ?(Bukannya melarang aktifitas ini loh… tapi kita perlu dengar alasannya supaya bisa ngasih masukan yg lebih tepat)

GBU :afro:

@pwkrw5 :
Lebih baik jika komunitasnya diarahkan untuk membantu kegiatan-kegiatan sosial yg sudah umum di lingkungan RW, misalnya jaga malam, kebersihan atau olahraga sedangkan untuk pertumbuhan rohani, dikembalikan kepada gereja masing-masing. Karena spt kata @jadiforumkusaja, beda denominasi beda pula pengajarannya.

gw setuju ama ini, jadi komunitas kristen yg berdampak di lingkungan…

kl memang mau dibina secara rohani yah setiap anggotanya harus menerima setiap ajaran2 masing2 denom kl engga nantinya jadi pecah, yg jadi pertanyaa uda siap blum dengan hal ini, kl blum siap yah spt kata shadowing balikin lg ke gereja masing2…

mgkn komunitas yg anda buat lbh ke praktek kasih yg Tuhan udah ajarkan

:afro: satu impian yang bagus sodaraku!! Saya juga punya kerinduan yang sama dengan saudara. Saya pribadi, bergabung dengan Menara Doa Kota. Di sana, kami melepaskan semua atribut kami menyatukan fokus kami untuk berdoa bagi kota, Indonesia, dan dunia. Jika saudara ingin membuat persekutuan gabungan, saya pernah mengusahakannya di salah satu wilayah di Jogja saat itu antara Katholik dengan Kristen. Wuiiih… mustahil banget yak :tongue: Tapi, nyatanya mereka mau tuh diajak persekutuan. Lagunya, campuran dari dua merek itu. Kotbahnya gantian. Minggu ini dari Katholik, besok dari Kristen. Tapi, karena nggak ada penggeraknya (karena saya sebentar di situ) ya mati dah. :afro: :afro: :afro: :afro: buat Sodara! Maju terus, pantang mundur !!