Help me!

syalom…

Percaya itu kayak gimana sih?
dah kira" 8 bulan saya menjadi Kristen…
saya selalu diombang ambingkan…
ketika saya yakin saya percaya, ternyata yang saya yakini salah…
dan begitu juga sebaliknya…

ditambah lagi, saya sudah cukup capek namanya percaya… akhirnya juga mengecewakan…
bagaimana saya bisa percaya sama Tuhan yang ngga keliatan, sedangkan sama yang keliatan aja saya selalu kecewa …

berbahagialah mereka yang tidak melihat namun percaya (lupa ayatnya dimana) ;D

Syalom tony32…

boleh nanya ya ? dulu waktu pertama kali terima Tuhan Yesus apakah lewat teman atau siapa ?
Kalau lewat teman coba diskusikan dengan teman itu kenapa saat ini kamu bimbang ?
Kalau sudah benar2 terima Tuhan Yesus (bukan sekedar menjadi kristen saja) pasti ada Roh Kudus yang akan menuntun kamu.

Thx, GBU

Ada artikel yang baik untuk dibaca dan direnungkan…: EMPAT HUKUM ROHANI - Ajaran Kristen - ForumKristen.com

Salam

dulu lewat ketua sel saya…
yang masih saya ingat, dulu saya terima Yesus itu saya dituntun doa terima Tuhan Yesus itu…
benar" terima seperti apa ya? tanda tanya bueesar dalam hidup saya…
mau lepas dari pergumulan saya sampai sekarang blm bisa… :’(

Kalo gitu coba sharing aja sama ketua sel, tanyakan kenapa saya saat ini ragu atas apa yang sudah saya ucapkan dulu untuk menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat saya pribadi, mungkin ketua sel tony32 akan menjelaskan kembali dari awal mulanya kenapa kita harus percaya dan beriman kepada Tuhan Yesus. Kalo tony32 belum juga ngerti ya katakan saja, ada kemungkinan kamu akan dibawa pada orang yang lebih bisa menjelaskan oleh ketua sel kamu
Tapi seandainya belum juga mengerti, coba berdoa seperti ini (sudah bisa doa sendiri apa belum) ; Tuhan Yesus saya tidak mengerti bahkan ragu saat mengikuti Engkau bahkan tidak mengerti apa yang sudah saya akui lewat bibirku sendiri 8 bulan yang lalu saat saya menerima engkau sebagai Tuhan dan Juru Selamat ku pribadi.
Tolonglah aku Tuhan Yesus, beri aku bukti bahwa Engkau hanyalah satu-satuNya Allah yang layak disembah, dan Allah yang punya Kuasa di langit dan dibumi, tolonglah aku yang kurang percaya ini Tuhan. amien

Saya juga akan berdoa secara pribadi untuk tony32.
Tuhan memberkati…

Ada banyak org2 yg mengaku kristen tapi masih dlm status spt Bro tony32,
ini semua karena tidak tuntasnya pembimbing dlm memberikan penjelasan mengapa seseorg harus percaya Yesus, sehingga Bro tony32 dkk lebih percaya bila apa yg diharapkannya dpt menjadi kenyataan.
Iman spt itu yg justru hanya memperalat Yesus utk tujuan2/ambisi2 pribadinya, dan merupakan iman yg salah.

Iman yg benar adalah percaya bahwa dgn percaya Yesus sbg Tuhan dan Juruselamat, maka kita juga percaya bahwa segala sesuatu hanya terjadi apabila Tuhan Yesus mengijinkannya terjadi. Didalam iman yg benar maka kita tdk pernah akan memaksakan ambisi kita, boleh memohon akan tetapi apabila yg terjadi tdk sesuai dgn harapan kita maka kita harus percaya bahwa itu adalah yg terbaik, krn itulah yg Tuhan Yesus ijinkan terjadi.

Percaya kpd Tuhan Yesus bukan hanya sekedar mengucapkan/menirukan doa spt yg diinstruksikan oleh seseorg, krn utk dpt percaya sebenarnya diperlukan pengertian mengapa kita memerlukan Yesus?
Semoga jawaban ini dpt sedikit membantu menjawab kebimbangan Bro tony32, kiranya Tuhan Yesus memberikan penjelasan sesuai dgn yang anda butuhkan.

sedikit share juga…
ketua sel saya dan yang sekarang berbeda…
jadi sejak sel bermultiplikasi, ketua sel pun juga baru…
ya memang saya lbh banyak belajar banyak hal dari ketua sel saya yang baru…
meskipun byk kekurangan mereka…

so, aku dah jalan 8 bulan aku mengganggap ini semuanya ya sia" aja…
intinya selalu berputar gini:

  1. apa yang saya anggap/lakukan itu sudah benar, => salah
  2. jika salah, kembali ke no 1 tadi…

bagaimana pergumulan saya sendiri sejak kecil yang masih sampai sekarang… dan ga ada solusi…
ketua sel pun jg ga bisa apa"… karena mereka sendiri ngga ngalami yang kualami…
betapa saya ngga bisa terima diri saya sendiri, jijik iya…

layak ngga saya di mataNya? Tuihan bilang aku biji mataNya… tapi kenapa aku mengalami hal yang saya alami…
nobody support me, semuanya munafik di mataku…

kalo yg bisa lepasin aku dari semua ini cuma Tuhan, so… manakah Dia? → benar" pertanyaan orang yg ga percaya kan?

sbnrnya saya belum resmi Kristen bro,
saya dulunya Katolik tapi dah lama ke gereja Kristen karena saya menemukan sesuatu yang waw about God dan sya mencari terus… :smiley:

Kenapa pakai istilah belum resmi kristen? istilah kristen itu kan sebenarnya adalah “pengikut Kristus” /org yg percaya Kristus gak peduli gerejanya.

“Menemukan sesuatu yg waw” apakah hanya terbatas ketika berada dalam tempat/suasana ibadah atau gak peduli dimanapun berada? banyak kali org hanya menemukan suasana spt itu ketika berada di dlm gedung gereja, padahal hubungan dengan Yesus adalah hub. pribadi yg harus terus dijaga ke-intimannya sehingga dpt merasakan hadirat-Nya, kuasa-nya dlm setiap saat, shg sesuatu yg waw itu dpt terus terasa.

Maju terus, gumulkan/doakan apa yg Bro tony32 rindukan, maka Dia akan memberikannya sesuai dgn kerinduan kita.
GBU

minta Roh Kudus, bro. saya dulu pertama2 menjadi kristen juga seperti yang bro tony alami, sebelumnya saya ateis, kemudian saya minta Roh Kudus (atau kalau Roh Kudus sudah ada di saya, saya minta bisa merasakannya) terus, hingga suatu saat saya merasakan kehadiran Roh Kudus di hati saya. kalau saya ada semacam sesuatu yang luar biasa di hati saya, sesuatu yang hangat, penuh kasih, damai sejahtera dan tidak terucapkan dengan kata2 dan tidak pernah saya rasakan sebelumnya di hati saya, bukan kegembiraan tapi karena ada sesuatu itu saya jadi ada perasaan gembira dan bersyukur.

tidak berhenti disitu bro, aku bahkan terus cari pribadi itu… ya dulunya aku tanpa arah saat mencariNya… tapi ketika aq ditempatkan di tempat yang tepat, dan saya bisa bertumbuh, saya jadi mengenalNya dan bahkan ingin lebih…
namun kenyataannya saya selalu jatuh dalam pergumulan saya…
saya kadang takut… takut yang saya lakukan salah, mau lakukan ini takut orang lain lihat gimana, takut gimana takut gini gitu… dan lain sebagainya…

jujur saja, saya mengalami hal yang waw yang aku ngga yakin separuh yakin…
jadi kira" bulan november lalu sepertinya, kurang ingat tepatnya…
jadi waktu itu saya rindu sekali dan saya minta Roh Kudus hadir di dalam saya… dan baru saat itu penantian saya terwujud… jadi waktu itu ceritanya waktu ibadah, dilakukan doa berdua-dua… dan di saat itu terjadi lidah saya seperti bergetar mengucapkan sesuatu… cuma yang saya dengar dari mulut saya cuma “lalalallala”… saya juga bingung apa saya terima apa tidak… dan seringkali ketika aq jatuh dari pergumulan saya, saya ngga sanggup, saya jadi tawar hati, kecewa, dan bahkan kehilangan damai sukacita, hadiratNya lenyap sekejap… saya ingin bangkit, tapi saya ngga ada semangat meski dalam hati bilang “MAU”…

ya benar, selama saya meluangkan waktu buat berhubungan dengan Tuhan di pagi hari, saya rasakan itu… bersukacita, bersyukur… saya rindu banget bisa kembali dalam hadiratNya…

ya karena bro sudah punya pengalaman akan hadirat Roh Kudus (itu menurut saya, entah benar atau tidak), ya coba diingat terus pengalaman itu, dan berusaha dapat pengalaman seperti itu lagi.
sama, saya juga sering seperti itu, jatuh bangun, coba ingat2 kebaikan Tuhan dalam hidup bro sepanjang hari ini, sepanjang minggu ini, sepanjang bulan ini dan seterusnya. kalau saya, yang membuat saya bangkit biasanya rasa syukur itu, kadang waktu saya berdoa/saat teduh, ingat apa yang Tuhan berikan pada saya. kadang waktu saya menyanyi lagu rohani, mendengar liriknya jadi ingat lagi kebaikan Tuhan dan bersyukur, saat hati dipenuhi rasa syukur jadi bersemangat lagi untuk bangkit dan berjalan (atau mungkin berlari). kadang memang susah untuk bersyukur karena logika/pemikiran kita menutupi hati kita.
maaf kalau saya tidak punya ayat yang tepat untuk menguatkan, karena ini dari pengalaman pribadi saya, tapi biasanya waktu saya jatuh dalam pergumulan atau merasa letih secara rohani, saya sering baca mazmur 23 dan baca ayat itu saya jadi ada rasa syukur lagi

hadirat Tuhan tetap ada dalam diri kita jika kita menyadari kehadiran Tuhan bro
jd setiap saat ingatlah bahwa ada Tuhan Yesus dalam diri kita

kita akan kehilangan sukacita ketika kita tidak menyadari kehadiran Tuhan itu, jadi intinya…kitalah yang harus menyadari kehadiran Tuhan tsb :slight_smile:

mungkin terkadang saya kurang peka kali ya… Tuhan begitu baik dalam hidupku, tapi saya merasa itu biasa saja… hmm… :huh: