Hidup Bersama Dalam PERBEDAAN

Bro Krispus, komentar anda saya buatkan thread tersendiri agar tidak OOT dengan topik sebelumnya, yaitu Katolik Menanti Kedatangan Yesus ke-4.

Saya setuju dengan beberapa point yang anda sampaikan, misalnya mengenai persatuan jemaat dari berbagai golongan dalam kekristenan awal. Persatuan yang dimaksudkan oleh Yesus dan para rasul bukanlah persatuan umat secara organisasi, namun SATU TUBUH dengan Kristus sebagai KEPALA JEMAAT.

Bagi Katolik, hal ini tidak benar mengingat Gereja Katolik mengklaim Yesus hanya mendirikan SATU GEREJA, yaitu Gereja Katolik dengan PAUS sebagai VICAR OF CHRIST. Apakah hanya ini saja perbedaan antara Gereja Katolik dan berbagai golongan pengikut Kristus dalam kekristenan awal? tentu tidak bukan. Seperti yang kita ketahui bersama, Gereja Katolik dan Non Katolik BERBEDA di hampir setiap sendi, baik itu ajaran maupun hirarki Gereja.

Thread ini tidak dimaksudkan untuk membahas satu persatu PERBEDAAN yang ada antara Gereja Katolik dan Non Katolik. Thread ini saya buat agar kita semua memahami bahwa memang ADA PERBEDAAN, namun bisa hidup bersama dalam kesadaran adanya perbedaan itu.

Apakah berarti saya sedang mempertajam PERBEDAAN yang sudah ada? sama sekali tidak. Perbedaan itu sudah ada sejak awal mulanya, hanya kurang begitu diketahui oleh sebagian besar umat awam.

Kalau kita melihat kembali sejarah kelam kemanusiaan, dimana Gereja Katolik berhasil menyeret umatnya melakukan pembantaian dan penyiksaan, hal ini menurut saya dikarenakan umat diajarkan TIDAK BISA MENERIMA PERBEDAAN. Apa yang berbeda dari golongannya, maka terhitung sebagai musuh yang harus dibinasakan.

Sekalipun hal ini sangat mungkin terjadi kembali di masa yang akan datang, jika dalam lingkungan kita sudah dibiasakan sejak awal hidup dalam PERBEDAAN, tentu tidak akan mudah untuk dihasut ataupun disesatkan oleh pihak-pihak yang mengupayakan hal ini terjadi lagi di kemudian hari.

Tidak ada masalah dengan adanya PERBEDAAN menurut saya. Kalau tidak mengerti bahwa memang ada perbedaan selama ini, bisa memicu timbulnya salah persepsi ketika tahu adanya perbedaan. Hal ini masih bisa diperkeruh lagi dengan kesamaan nama atau istilah dalam masing-masing golongan, namun BERBEDA pengertian.

Contohnya mengenai Gereja. Umat Katolik diajarkan Yesus datang ke dunia mendirikan Gereja Katolik. Sedang pengertian jemaat umat percaya Kristus menurut Alkitab bukanlah semacam organisasi. Jika masing-masing umat mengetahui perbedaan yang ada, maka mereka tidak akan terkejut ketika mengetahui perbedaan yang sangat mendasar ini.

Kalau perbedaan yang ada bukannya diberitahukan, tapi malah ditutup-tutupi, nanti bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena masing-masing pihak mengira tidak ada perbedaan. Contohnya nih, Perjamuan Kudus dan Ekaristi adalah dua hal yang SANGAT BERBEDA. Kita tidak mau kan kalau ada umat Protestan yang pergi beribadah di Gereja Katolik kemudian ikut2an menerima hosti atau bertanya kenapa tidak diberi anggur?

Jadi pengetahuan dan kesadaran bahwa PERBEDAAN itu memang ada, sangat berguna bagi kedua belah pihak untuk bisa hidup bersama dalam perbedaan. Mungkin ada yang ingin memberikan saran lain?

Yang selama ini rajin menanamkan ide adanya perpecahan dan kebencian pada kemana semua ya?

ituloh, yang biasa teriak2 ABK, ABM

sudah lah tidak usah jadi provokator :mad0261:

Sebaliknya mod, saya justru ingin agar para provokator itu nggak terus2 menebarkan permusuhan dan isu2 pecah belah seperti yang selama ini mereka tunjukkan.

Hanya karena berbeda, nggak berarti saling membenci seperti kata mereka bukan?

Belakangan ini mereka malah menanamkan ide kalau gak bersatu dengan organisasi mereka, itu berarti gak satu tubuh dengan apa yg mereka artikan sebagai gereja satu-satunya yang sah menurut Paus pimpinan GRK.