Hidup dibawah Hukum Taurat = Pelanggar Taurat !

Galatia 4:21 : Katakanlah kepadaku, hai kamu yang mau hidup di bawah hukum Taurat, tidakkah kamu mendengarkan hukum Taurat?

Sejumlah orang ditegur oleh Paulus : Tidakkah kamu mendengar Taurat? Jelas kelompok orang ini adalah pelanggar Taurat. Kalau penurut Taurat kan gak mungkin dipertanyakan kenapa tidak dengar Taurat…Nah, kelompok ini dicap Paulus sebagai hidup dibawah Hukum Taurat.

Anda yang gak mau dengar Taurat/menolak Taurat, tentu saja masuk dalam kelompok “Hidup dibawah Hukum Taurat”

Saya pernah bertanya kepada teman yang ahli Hukum. “Eh kawan, kalau kita sebut ‘Hidup dibawah Hukum Pidana’…siapkah mereka itu ?” Dia kemudian menjawab : “Itulah mereka yang ada dalam penjara, karena mereka melanggar Hukum Pidana, jadi kena sangsi Hukum itu sendiri yakni masuk penjara.”

Jelas, pengertian ini sama dgn “Hidup dibawah Hukum Taurat”…dan Galatia 5:18 katakan bahwa kita yang dipimpin Roh, gak boleh hidup dibawah Hukum Taurat(melanggar Taurat)…

Bagaimana komentar anda ?

Salam damai sejahtera dalam Kristus Yesus.

Ingat kisah seorang muda yang datang kepada Yesus?

Hidup di bawah sepuluh perintah menurut hukum Taurat adalah boleh; sesuai perkataan Yesus kepada seorang muda dalam Injil, hanya saja tidak boleh beranggapan bahwa hidup dalam hukum Taurat itu adalah yang terutama.

Karena setiap orang yang percaya kepada Kristus tahu bahwa jika mau sempurna maka adalah menerima bahwa Dua Kasih Terutama adalah jalan dan kebenaran dan hidup.

Bagaimana Yesus Kristus bisa selalu hadir di dunia?
Ia selalu hadir dalam bentuk Firman Allah. Dan kita menyadari bahwa tidak semua orang melakukannya, maksudku membaca kitab suci.

Bro, dimanakah ayatnya yg menyatakan bahwa Hidup dibawah Hukum Taurat boleh ?
Coba baca baik2 semua ayat yg sy sebutkan…

Orang muda yg kaya itu mengaku sbg penurut HT sejak kecil (artinya dia tidak hidup dibawah HT). Tapi nyatanya dia melanggar HT ke-1 yaitu jangan ada ilah lain. Dia punya ilah lain yaitu hartanya. Artinya bahwa dia melanggar HT atau Hidup dibawah HT bro… Dan ternyata dia menjauh dari YESUS…

GBU.

Berbahaya memenggal kalimat dan mencuplik satu ayat menafsirkan sendiri terlepas dari seluruh isi surat.

Katakanlah kepadaku, hai kamu yang mau hidup di bawah hukum Taurat, tidakkah kamu mendengarkan hukum Taurat? Bukankah ada tertulis, bahwa Abraham mempunyai dua anak, seorang dari perempuan yang menjadi hambanya dan seorang dari perempuan yang merdeka?… dst

Nasihat ini disampaikan kepada jemaat Kristus di Galelia yang mau hidup dibawah tuntunan teks-teks hukum Taurat, padalah didalam Kristus sudah tidak lagi dituntun oleh teks-teks Taurat yang mengharuskan ini dan itu secara jasmani.

Awal teguran ditulis dalam ayat 9-11, karena meraka hidup secara jasmani seperti dibawah ini,

Tetapi sekarang sesudah kamu mengenal Allah, atau lebih baik, sesudah kamu dikenal Allah, bagaimanakah kamu berbalik lagi kepada roh-roh dunia yang lemah dan miskin dan mau mulai memperhambakan diri lagi kepadanya? Kamu dengan teliti memelihara hari-hari tertentu, bulan-bulan, masa-masa yang tetap dan tahun-tahun. Aku kuatir kalau-kalau susah payahku untuk kamu telah sia-sia. Aku minta kepadamu, saudara-saudara, jadilah sama seperti aku,

Paulus menjelaskan bahwa siapa yang didalam Kristus itu telah dimerdekakan dari tuntutan teks-teks hukum Taurat harus ini dan itu secara jasmani, bukan lagi diperhamba oleh teks-teks yang membawa hukuman.

Dijelaskan dengan ayat yang anda kutip dan saya lengkapi agar kita tidak menafsirkan sembarangan diluar konteksnya, maka seterusnya dipertegas dengan kesimpulan tentang perempuan merdeka dan perempuan perhambaan sebagai berikut;

Karena itu, saudara-saudara, kita bukanlah anak-anak hamba perempuan, melainkan anak-anak perempuan merdeka. Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan.

Tuntutan teks-teks hukum Taurat adalah perhambaan, yang memaksa penurutnya untuk melakukan dibawah ancaman hukuman, sementara kita adalah orang yang merdeka tidak lagi dibawah tuntutan hukuman, sehingga kita menjalankan hukum Taurat bukan lagi secara jasmani tetapi secara rohani didalam Kristus.

Dilanjutkan dengan penjelasan contoh oleh Paulus dalam ayat-ayat selanjutnya berikut ini;

Sesungguhnya, aku, Paulus, berkata kepadamu: jikalau kamu menyunatkan dirimu, Kristus sama sekali tidak akan berguna bagimu. Sekali lagi aku katakan kepada setiap orang yang menyunatkan dirinya, bahwa ia wajib melakukan seluruh hukum Taurat. Kamu lepas dari Kristus, jikalau kamu mengharapkan kebenaran oleh hukum Taurat; kamu hidup di luar kasih karunia.

Jika seseorang karena teks-teks dalam hukum Taurat lantas menyunatkan dirinya mengenapi perintah yang tertulis disana untuk dilakukan secara jasmani, maka orang tersebut mengharapkan kebenaran dari mentaati perintah jasmani teks-teks hukum Taurat, maka orang tersebut hidup diluar Kristus, tetapi dibawah hukum Taurat. Karena mereka menganggap melakukan apa yang diperintahkan secara jasmani dalam hukum Taurat mendatangkan kekudusan dan pembenaran oleh Allah.

Sementara kita dibenarkan bukan karena melakukan perintah teks-teks hukum Taurat yang bersifat jasmani tetapi kita dibenarkan karena Kristus telah menggantikan kesalahan kita sehingga kita dibebaskan dari segala dosa dan tuntutannya didalam Kristus.

Jika ada yang menganggap mentaati teks-teks perintah hukum Taurat secara jasmani atau lahiriah, maka orang tersebut harus mentaati seluruhnya bukan dipilih-pilih sesuka hati yang bisa dilakukan saja.

Hidup dibawah hukum Taurat artinya hidup dibawah naungan hukum Taurat, dimana hukum Taurat menjadi hukum positif bagi orang yang hidup dibawahnya. Seperti hidup di bawah hukum Indonesia, artinya kita dibawah naungan hukum Indonesia, berbeda dengan dibawah hukuman KUHP, artinya seorang menjadi terpidana pasal-pasal KUHP. Teman anda masih mahasiwa atau sudah jadi pengacara, jaksa atau notaris???

Terimakasih bro Krispus. Syallom. Mari kita saling berbagi.

Begini bro. Aturan Tuhan memang kita ketahui semuanya dalam bentuk teks…lalu apa yang anda maksudkan seolah dulu pakai teks, sekarang tidak lagi…mohon diperjelas bro.

Untuk brkomen thd pernytaan bro slnjtnya, sy ingin bro bc dulu pnjlsan sy ttg apa itu HT.
HT itu diberikan kpd Israel, layaknya sebuah Kerajaan sbg pedoman bangsa yg trpilih. Inti dari HT itu sndiri adalah Kasih. Klau dijabarkan, HT mereka trdiri dari 2 bagian. I . Peraturan : 1. Kasih kpd Tuhan, 2. ksh pd sesama manusia, 3.ksh kpd diri sndri(kesehatan) 4. ksh kpd negara/pmrnth(sipil). 5. menyngkut meterai/tanda/paspor/identitas kewargaan(sunat).
II. Sangsi/dakwaan/Kuk dan peraturannya : 1. Kalau sengaja harus mati dibunuh 2. Tidak sengaja-melakukan korban domba/merpati…Ada uraiannya lagi khusus untuk yg ke-2 ini. Ritual pgorbanan domba harian, bulanan dan tahunan. Kalau melanggar peraturan pada 1-4, maka tiap org harus laksanakan ritual potong domba hari itu juga. Utk dosa2 yg tidak disadari telah dilakukan maka mrk hrs potong domba massal setiap hari Sabat tahunan(saat hr raya Paskah, serunai, pendamaian, roti tak beragi)…ada aturan tentang makanan dan minuman yg boleh dan tidak bagi imam dan bg jemaah.

Utk bagian ke II, mrpkn sangsi/kuk/dakwaan/tuntutan/kutukannya bagi pelanggar bagian I(ada 5 jenis). Tujuan sangsi/kuk/dakwaan/tuntutan dijalankan sbg SIMBOL BAYANGAN agar mrk boleh DIBENARKAN KEMBALI, dapat PENGAMPUNAN dosa. Domba yg dikorbankan adalah simbol bayangan ttg Yesus.

Bagaimana pelaksanaan hukum2 ini sesudah Yesus mati ?

Bagian I : 1. Kasih kpd Allah 2. Kasih kpd manusia 3 ksh kpd dirisndri(kshtn) tentu masih berlaku. Sedangkan 4 ksh kpd negara/pmrintah(hkm sipil) kita takluk pd KUHP Indonesia, kecuali dari segi agama. Juga ke 5, sunat sbg tanda warga Israel, menjadi : scr bgsa jasmani adalah KTP Indonesia/Paspor RI sedangkan secara bgs rohani adalah baptisan

Bag 2. Merupakan bgian Taurat yg mmbygkan ttg kmtian Yesus, yg skrg telah DIGENAPI. Dulu BAYANGAN lewat ritual korban. Skrg SUDAH DIHAPUSKAN. Jadi, kalau kita melanggar bgian I, maka kita disbt berdosa, mlggr Hukum Allah. Kita prlu pgmpunan yakni meminta ampun kpd Yesus…cukup. gak prlu jalani aturan ritual yang dulu diisi dgn (baca Imamat 23): ritual merendahkan diri, puasa, menaruh debu di kepala…dsb…

Nah, Itulah sebabnya, klo Istilah Hukum Taurat dlm PB, kita mesti melihat apakah merupakan bagian I atau ke II. Kalau bagian I Hukum Kasih kpd Allah, manusia, diri sndiri? ataukah berhubungan dgn ke5 yakni sunat yg sudah tak prlu lagi ataukah berhubungan dgn bagian ke II.

Kalau brhubgn dgn Hukum Ksh kpd Allah/sesama/diri sndri–itu melahirkan dosa. Hkm itu menunjukkan kpd kita ttg dosa. Jadi Roma 3:31 katakan HT ini tambah teguh.

Kalau brhbgn dgn Sunat, Efesus 2:15 bilang HT ini sdh batal. Kenapa karena Sunat sbg tanda pemisah apkh seseorg mrpkn bgsa terpilih Israel atau bukan, Yahudi atau Yunani. Sesudah Yesus mati, Kita disatukan oleh darahNya.

Kalau brhbgn dgn bgian II yakni Hkm Sangsi yaitu dlm istilah “dakwaan/ancaman” (Kolose2:14)atau “ada karena pelanggaran”(Gal 3:19),'kutukannya"(Gal3:11),bayangan-korban tubuh Yesus(Kol 2:16), kuk(maaf sy lupa ayatnya). menurut ayat2 bgian HT tsb sdh tak dipakai lagi.

Mungkin bila bro meneliti baik-baik tulisan sy ini, maka akan lebih paham mksud sy dalam menggambrkan status Taurat jaman Israel lama dan skrg sbg Israel baru. Sekaligus mnjwb komentar bro diatas.

Silahkan brkomentar bro. Syallom.

@Krispus

Berbahaya memenggal kalimat dan mencuplik satu ayat menafsirkan sendiri terlepas dari seluruh isi surat.

Katakanlah kepadaku, hai kamu yang mau hidup di bawah hukum Taurat, tidakkah kamu mendengarkan hukum Taurat? Bukankah ada tertulis, bahwa Abraham mempunyai dua anak, seorang dari perempuan yang menjadi hambanya dan seorang dari perempuan yang merdeka?.. dst

Nasihat ini disampaikan kepada jemaat KRISTUS di Galelia yang mau hidup dibawah tuntunan teks-teks hukum Taurat, padalah didalam KRISTUS sudah tidak lagi dituntun oleh teks-teks Taurat yang mengharuskan ini dan itu secara jasmani.

Awal teguran ditulis dalam ayat 9-11, karena meraka hidup secara jasmani seperti dibawah ini,

Tetapi sekarang sesudah kamu mengenal Allah, atau lebih baik, sesudah kamu dikenal Allah, bagaimanakah kamu berbalik lagi kepada roh-roh dunia yang lemah dan miskin dan mau mulai memperhambakan diri lagi kepadanya? Kamu dengan teliti memelihara hari-hari tertentu, bulan-bulan, masa-masa yang tetap dan tahun-tahun. Aku kuatir kalau-kalau susah payahku untuk kamu telah sia-sia. Aku minta kepadamu, saudara-saudara, jadilah sama seperti aku,

Paulus menjelaskan bahwa siapa yang didalam KRISTUS itu telah dimerdekakan dari tuntutan teks-teks hukum Taurat harus ini dan itu secara jasmani, bukan lagi diperhamba oleh teks-teks yang membawa hukuman.

Dijelaskan dengan ayat yang anda kutip dan saya lengkapi agar kita tidak menafsirkan sembarangan diluar konteksnya, maka seterusnya dipertegas dengan kesimpulan tentang perempuan merdeka dan perempuan perhambaan sebagai berikut;

Karena itu, saudara-saudara, kita bukanlah anak-anak hamba perempuan, melainkan anak-anak perempuan merdeka. Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, KRISTUS telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan.

Tuntutan teks-teks hukum Taurat adalah perhambaan, yang memaksa penurutnya untuk melakukan dibawah ancaman hukuman, sementara kita adalah orang yang merdeka tidak lagi dibawah tuntutan hukuman, sehingga kita menjalankan hukum Taurat bukan lagi secara jasmani tetapi secara rohani didalam KRISTUS.

Dilanjutkan dengan penjelasan contoh oleh Paulus dalam ayat-ayat selanjutnya berikut ini;

Sesungguhnya, aku, Paulus, berkata kepadamu: jikalau kamu menyunatkan dirimu, KRISTUS sama sekali tidak akan berguna bagimu. Sekali lagi aku katakan kepada setiap orang yang menyunatkan dirinya, bahwa ia wajib melakukan seluruh hukum Taurat. Kamu lepas dari KRISTUS, jikalau kamu mengharapkan kebenaran oleh hukum Taurat; kamu hidup di luar kasih karunia.

Jika seseorang karena teks-teks dalam hukum Taurat lantas menyunatkan dirinya mengenapi perintah yang tertulis disana untuk dilakukan secara jasmani, maka orang tersebut mengharapkan kebenaran dari mentaati perintah jasmani teks-teks hukum Taurat, maka orang tersebut hidup diluar KRISTUS, tetapi dibawah hukum Taurat. Karena mereka menganggap melakukan apa yang diperintahkan secara jasmani dalam hukum Taurat mendatangkan kekudusan dan pembenaran oleh Allah.

Sementara kita dibenarkan bukan karena melakukan perintah teks-teks hukum Taurat yang bersifat jasmani tetapi kita dibenarkan karena KRISTUS telah menggantikan kesalahan kita sehingga kita dibebaskan dari segala dosa dan tuntutannya didalam KRISTUS.

Jika ada yang menganggap mentaati teks-teks perintah hukum Taurat secara jasmani atau lahiriah, maka orang tersebut harus mentaati seluruhnya bukan dipilih-pilih sesuka hati yang bisa dilakukan saja.

Sebuah jawaban yag lengkap dan sangat jelas. Dan menjadikan thread ini dengan judul ‘Hidup dibawah Hukum Taurat = Pelanggar Taurat !’ menjadi sudah terjawab

Syalom

Kristus adalah taurat full version dalam kemasan baru, bukan tertulis dikertas, tapi dlm hati manusia yg percaya…
Tuhan memang hebat!! :afro:

Salam

Salam damai sejahtera dalam Kristus Yesus untuk semua

Matius 19:21a Kata Yesus kepadanya: "Jikalau engkau hendak sempurna,

Jadi boleh saja hidup di bawah hukum Taurat. Tetapi setiap orang yang di bawah hukum Taurat itu tidak memiliki kuasa menghakimi orang lain dengan hukum Taurat itu.

Harus diingat perintah memberitakan Injil adalah dimulai dari Yerusalem dan menjauh sampai ke ujung bumi, supaya setiap orang berkesempatan satu kali untuk menerima Dua Kasih Terutama.

Aku menyampaikan ketetapan dan kehendak Allah bahwa setiap remaja harus menerima bahwa mereka harus hidup dibawah kuasa Sepuluh Perintah menurut hukum Taurat; kecuali orangtua mereka hidup dalam Dua Kasih Terutama.

Jika orangtua mereka hidup dalam pernikahan yang menghidupi Dua Kasih Terutama maka pada saat seorang anak remaja yaitu usia tiga belas tahun maka ayahnya yang berkuasa atas hidup mati anaknya, bukan Sepuluh Perintah menurut hukum Taurat.

Tetapi mereka yaitu remaja-remaja itu tidak akan selamanya dibawah kuasa Sepuluh Perintah menurut hukum Taurat maupun dibawah kuasa ayahnya, karena setelah dewasa yaitu usia duapuluh tahun ke atas mereka berhak berada memperoleh kuasa manusia atas manusia dalam Dua Kasih Terutama.

Hidup dibawah taurat artinya tunduk / mengikuti peraturan Taurat
Hidup dibawah kasih karunia berarti taat kepada kedua hukumkasih karunia

GBUt