Hipnotis dalam pandangan Kristen

Ada 2 macam hipnotis.

  1. Hipnotis Psikologis
  2. Hipnotis Sihir (gendam)

Hipnotis psikologis dilakukan dengan tahapan-tahapan dan memerlukan kesediaan dari si hipnotee. Prinsip dari hipnotis psikologis berkaitan dengan aspek biologis dari otak.
Hipnotis jenis ini karena berlangsung dalam tahapan, maka prosesnya akan lama tergantung dari sejauh mana si hipnotee bisa disugesti (semakin mudah tersugesti, semakin cepat prosesnya).
Efek dari hipnotis jenis ini relatif berlangsung lama karena akan tertanam di alam bawah sadar.

Hipnotis sihir dilakukan dengan campur tangan kuasa gelap. Ini ga perlu proses lama maupun tahapan, cukup menggunakan media (entah rokok, bacaan, suara, tatapan mata, tepukan, dll).
Ini pun tidak memerlukan kesediaan or level sugesti dari hipnotee.
Efeknya jangka pendek saja.

Dilihat dari kedua jenis hipnotis itu, jelas sudah bahwa yang sering digunakan untuk kejahatan adalah Hipnotis jenis sihir (gendam).
Di sisi lain, yang sering digunakan untuk seminar-seminar adalah jenis yang psikologis.

Orang Kristen tidak mempan dihipnotis dengan jenis sihir karena Roh Kudus dalam diri kita lebih besar dari roh dalam dunia.
Tapi, orang Kristen bisa dihipnotis dengan jenis psikologis yaitu bila kita memberikan diri kita dengan rela untuk dihipnotis.

Hipnotis jenis psikologis sebenarnya penggunaannya sudah cukup luas di masyarakat tapi kita ga sadar aja.
Misal,
Diskotik adalah contoh tempat yang paling banyak menggunakan teknik hipnotis psikologis.
Beberapa iklan televisi juga sudah mencoba menggunakan teknik hipnotis psikologis.

hipnotis psiologi dapat mengenai anak TUHAN loh
kenapa ya binggung juga

Menurut gw seh, karena tubuh dan jiwa kita lebih dominan. Seharusnya manusia Roh kita (dlm bahasa inggris disebut Heavenlyman) yang harusnya lebih dominan, sehingga kecenderungan yang muncul dalam alam bawah sadar kita adalah perkara2 sorga, bukan perkara2 yang menyenangkan keinginan daging (tubuh & jiwa).

Prinsip dari hipnotis psikologis berkaitan dengan aspek biologis dari otak.

Ini sifatnya biologis sehingga bisa berlaku bagi siapa saja yang membuka dirinya.

Menurut saya,
Jangan biarkan diri kita dihipnotis orang lain.

1Ptr. 5:8
Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

Tuhan meminta kita untuk terus dan tetap sadar.

Hipnotis ditujukan untuk masuk ke alam bawah sadar manusia.

Ketika manusia masuk alam bawah sadar, ia menjadi tidak sadar.
Karena itu, orang lain akan berkuasa atas alam bawah sadarnya dan orang itu bisa memasukkan apa saja yang ia inginkan ke alam bawah sadarnya, yang nantinya akan mempengaruhi perilaku di alam sadar.

Bahaya!!!

makasih bro… :afro:

sdh sering juga ya dengar kata hipnotis ini,tapi lom pernah jadi korban.
so…ketika mendengar brita korban terhipnotis…
aku hanya selalu teringat firmanNYA…
berjaga-jagalah!!!..ya inilah pentingnya DOA setiap saat. :happy0062:
bukan setiap waktu. :wink:

apakah dalam keadaan seseorang tidur bisa dihipnotis? saat orang tertidur itu saat orang berada di alam bawah sadar, begitu juga dengan seseorang yang pingsan. bisakah kita terkena hipnotis?

apakah dalam keadaan seseorang tidur bisa dihipnotis? saat orang tertidur itu saat orang berada di alam bawah sadar, begitu juga dengan seseorang yang pingsan. bisakah kita terkena hipnotis?

Begini Sist. Erzet,

Dalam hipnotis, penghipnotis berusaha memasuki alam bawah sadar dari hipnotee melalui kondisi ‘pra-sadar’.

Kondisi ‘pra-sadar’ adalah kondisi diantara ‘sadar’ dan ‘tidak sadar’.
Dengan kata lain : Setengah sadar.

Orang tidur atau pingsan tidak sadar sama sekali.
Bisakah dihipnotis?

Saya belum menemukan ajaran resmi yang menyatakan bisa.
Tapi juga tidak menutup kemungkinan bahwa segala kata sugesti yang diberikan pada orang yang sedang tidur / pingsan bisa saja masuk ke alam bawah sadarnya tapi tahapannya mungkin berlangsung lebih lama daripada prosedur hipnotis normal.

Aku pernah baca di majalah, ternyata bisa kalu orang tidur di hipnotis (tul ga tuh yah, ada yang punya pengalaman sprti itu ?) tp don’t worry be happy , Roh yang ada didalam kita lebih besar kok dari roh lain yang ada didunia :afro:

Betul…! setuju ma bu Ik3…! :afro: :afro: don’t worry be happy…! ;D ;D

Aku pernah baca di majalah, ternyata bisa kalu orang tidur di hipnotis (tul ga tuh yah, ada yang punya pengalaman sprti itu ?) tp don't worry be happy , Roh yang ada didalam kita lebih besar kok dari roh lain yang ada didunia

Ini masih kontroversial.
Kemungkinan ini fenomena spt bicara pada orang yang sedang mati suri di RS.

Dalam kasus di atas,
Probabilitanya adalah kita sedang bicara pada roh orang yang sedang mati suri itu.

Ini baru kemungkinan saja…

Hmmmm…repot juga ya
mudah2an gw gak dihipnotis ;D

He…he…he…setodjo bro modah2an dirimu kaga dihipnotis.
Eh…tapi…apa ada orang yaq yang mau menghipnotis dirimu? ;D

Roh yg hidup di dlm kita memang lebih besar tp tolong itu ditanggapi dengan khidmat ama kebijaksanaan.bukan berarti kita bole nantang org buat hipnotis kita…kita juga kudu waspada… ^^

Yup, dilarang tantang-menantang, sok jago banged sich kata preman pasar…wakakakaka

hmmm…hipnotis psikoligi…

menarik buat dipelajari!

Tidak ada yang namanya hipnotis gendam, itu hanya mitos. Jadi tidak peduli agama apapun, setiap orang bisa dihipnosis jika memang mau.

Roh yang ada pada kita lebih besar daripada Roh yang ada di dunia ini

klo anda meyakinkan itu…kuasa hipnotis atau segalanya … saya percaya tidak akan mempan :slight_smile:

Gbu

sayang sekali Kekristenan bukan AGAMA, Kristen adalah orang2 yg percaya Yesus, dibenarkan oleh Yesus karena Yesus kebenaran adaNya, orang2 yg diangkat Anak oleh Allah, anak2 Allah, murid2 Yesus.
Agama adalah BUATAN manusia (dibuat agar manusia tidak hidup dlm kekacauan), jd jangan samakan keKRISTENan dng AGAMA

Jlu bro n sis

Jangan samakan pula hipnosis dengan gendam.
Hipnosis= orang yang dihipnosis harus bersedia dulu (sugestibilitas harus tinggi)
Gendam= kuasa gelap, mempengaruhi ketidaksadaran secara paksa.

Ijinkan saya menerangkan tentang hypnosis sebab saya juga antusias hypnosis.

Hypnosis berasal dari kata “Hypnos” yang merupakan nama dewa tidur.

Apa itu Hypnosis?
Hypnosis adalah suatu keadaan dimana pikiran sangat terfokus pada sesuatu dan tingkat sugestibilitas dalam keadaan tinggi.

Orang yang melakukan Hypnosis/hipnosis disebut Hipnotis/Hypnotist

Jadi anda harus bisa membedakan hypnosis (state) dengan hypnotist (people).

Apakah hypnosis sama dengan tidur? Serupa tapi tidak sama.
Orang yang tidur tidak dapat merespon apa yang kita ucapkan, berbeda dengan keadaan hypnosis (trance) meskipun kelihatannya tidur, orang itu sebenarnya menjadi sangat peka akan kondisi sekitarnya. Sehingga sugesti yang diberikan akan langsung ditanggap dan dilakukan.

Apakah semua sugesti yang diberikan bisa dilakukan? Tidak semuanya bisa! Sugesti memang bekerja di pikiran bawah sadar namun ada batasan2 dalam pikiran bawah sadar. Sugesti tidak bisa terlalu menyimpang dari logika manusia. Menyimpang sedikit masih bisa tetapi tidak bisa sampai terlalu jauh. Misalnya anda sugestikan orang itu bahwa angka 5 itu hilang, jari anda ada sebelas, sugesti ini masih bisa terjadi. Tetapi jika anda sugestikan orang itu dapat terbang, jelas akan gagal total karena terlalu jauh dari logika. Sugesti juga tidak dapat terjadi jika melampaui batas norma, etika, susila, dan agama.

Apakah hypnosis dapat mengubah kepribadian seseorang? Tidak bisa kalau sugesti yang diberikan bersifat negatif! Mengapa? Pikiran bawah sadar mempunyai filternya sendiri. Setiap ucapan orang lain akan di filter oleh pikiran bawah sadar. Memang sugesti negatif (hiburan) akan dilakukan tapi efeknya tidak akan bertahan lama. Pikiran bawah sadar akan menghapus “program” tersebut karena tujuan dari filter itu sendiri adalah untuk melindungi orang itu sendiri. Bayangkan saja jika setiap ucapan diterima langsung tertanam di pikiran bawah sadar, akibatnya akan fatal.

Katanya hypnosis langsung ke pikiran bawah sadar, kok masih bisa ditolak?
Itu karena ada “program” yang lebih kuat tertanam dalam pikiran bawah sadar. Saya beri contoh begini :
Sugesti yang masuk ke pikiran bawah sadar adalah jari ada sebelas. Sugesti ini memang bekerja, orang itu menghitung jarinya ada sebelas. Namun sugesti ini tidak akan bertahan lama, sebab pikiran bawah sadar membandingkan dengan “program” yang sudah ditanamkan bahwa jari tangan ada sepuluh. Maka sugesti ini akan ditolak dan tidak akan pernah ditanamkan ke pikiran bawah sadar. Orang tersebut akan sadar sendirinya.
Semakin lama suatu “program” tertanam dalam pikiran maka akan semakin kuat pengaruhnya.

Anda tahu mengenai Hypnotherapy? Hypnotherapy adalah sebuah metode terapi mental dengan menggunakan hypnosis. Ada kasus seperti orang yang kecanduan merokok. Dalam pikiran bawah sadarnya sudah tertanam program : jika saya merokok maka saya akan bergairah, jika tidak merokok maka saya akan lesu. Untuk itu seorang hypnoterapis harus bekerja keras untuk “mencabut” program yang tertanam dan menggantinya dengan program yang baru. Semakin lama program itu berkutat maka akan semakin susah untuk mencabutnya.

Bisakah hypnosis dipergunakan untuk kejahatan? Tidak! Hypnosis tidak bisa digunakan untuk kejahatan. Mengapa? Sebab hypnosis hanya bekerja jika sang suyet bersedia untuk dihypnosis. Jika suyet tidak mengijinkan, maka gerbang pikiran bawah sadarnya akan tertutup rapat dan menolak setiap perkataan dari sang hypnotist. Yang anda lihat dalam kejahatan itu bukanlah hypnosis tetapi gendam.

Hal yang harus anda ketahui dari hypnosis :

  1. Hypnosis adalah kondisi alami manusia, semua orang pernah mengalami. Saya beri contoh ketika anda menonton film. Saking terfokusnya anda pada film, anda kadang tidak mempedulikan suara2 di luar suara film, anda kadang mengacuhkan handphone anda, anda kadang tidak mendengar suara orang memanggil anda. Ketika anda menonton film, emosi anda juga bermain. Ketika anda melihat bahwa sang hero ditindas anda mungkin merasa marah, atau ketika anda menonton film horror, anda merasa ketakutan. Bukankah itu hanyalah film? Mengapa anda seakan-akan merasa bermain juga di dalam film? Apakah anda terhypnosis oleh film? Tidak! Anda terhypnosis alur film bukan oleh film itu.

  2. Hypnosis tidak bisa dipaksakan.

  3. Hypnosis bukan ilmu hitam tetapi ilmiah.